cover
Contact Name
Suwanto
Contact Email
info@nafatimahpustaka.org
Phone
+6281235775561
Journal Mail Official
info@nafatimahpustaka.org
Editorial Address
Pt Nafatimah Gresik Pustaka, DESA PALEBON RT 04 RW 02, Kab. Gresik, Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
ISSN : 30250145     EISSN : 29863163     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal pemberdayaan masyarakat nusantara merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan hasil kegiatan pemberdayaan masayarakat nusantara yang telah dilakukan oleh dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan sehingga dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat nusantara. Jurnal pemberdayaan masyarakat nusantara dikelolah oleh PT NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA diterbitkan 4 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember Artikel yang dipublikasikan pada jurnal tersebut meliputi bidang ilmu antara lain : kesehatan, ekonomi dan bisnis, pendidikan, sains, teknik, sosial humaniora, dan pertanian
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 4 (2024): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara" : 5 Documents clear
WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN MEDIA AJAR BERBASIS MODEL VARK UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DI KELAS RENDAH DI MI JANNATUS SHIBYAN Rani Arifa, Tutus; Kumala, Sari; Jumiati
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 2 No 4 (2024): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media Ajar Berbasis Model Vark merupakan salah satu bagian dari beberapa media yang menyatukan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik baik secara langsung maupun melalui pengenalan dunia digital. Model Ajar Berbasis Model Vark (Visual (V), Auditing (A), read/Write (R),and Kinestetic (K)) untuk keterampilan membaca dan menulis permulaan di Kelas Rendah ( Kelas I,II dan III) didalam workshop dan pendampingan yang diadakan di MI Jannatus Shibyan Desa Gudang Hirang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, melalui workshop dan pendampingan kepada Guru menghasilkan kontribusi yang positif dalam pengenalan gaya belajar peserta didik yang disesuaikan dengan kebiasaan,pengalaman belajar serta menghubungkan antara metode ajar dengan tujuan pembelajaran melalui keterampilan menulis membaca dan keterampilan menulis dikelas rendah.
PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN POSYANDU BERBASIS DIGITAL UNTUK MENDUKUNG KABUPATEN BANDUNG BARAT MENUJU ZERO NEW STUNTING Rahmiyati, Ayu Laili; Susilowati; Akmal, Dzul; Marlina, Dini
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 2 No 4 (2024): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Stunting merupakan masalah kesehatan serius di Indonesia, Prevalensi stunting di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 21,6%. Kabupaten Bandung Barat menempati urutan ketiga tertinggi di Provinsi Jawa Barat. Posyandu memiliki peran penting dalam mendeteksi dan menangani stunting. Namun, pencatatan manual di Posyandu Gelatik RW 12 menghambat kecepatan dan akuratan pelaporan data. Tujuan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah sosialisasi pencatatan dan pelaporan data stunting berbasis digital. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan penggunaan Google Form, serta pendampingan dalam implementasi sistem. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan kader menggunakan teknologi digital, dengan 85% kader mampu melakukan pencatatan secara digital. Waktu pengolahan data yang semula memakan waktu hingga tiga hari berkurang menjadi satu hari dengan akurasi lebih tinggi. Pembahasan menunjukkan bahwa sistem ini mempercepat akses dan analisis data, meminimalkan kesalahan pencatatan, serta mempermudah proses pengambilan keputusan. Kesimpulannya, penerapan sistem ini efektif dalam meningkatkan efisiensi posyandu. Saran untuk pengembangan selanjutnya adalah memperluas implementasi ke posyandu lain dan memperkuat infrastruktur teknologi.
POLA KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI ANAK USIA DINI UNTUK MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH Kasmiati; Indryani
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 2 No 4 (2024): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri siswa menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung perkembangan mereka secara optimal. Penelitian ini berfokus pada peran guru dan sekolah dalam menciptakan lingkungan yang mendukung tercapainya kebutuhan tersebut. Dengan memenuhi kebutuhan seperti penghargaan, otonomi, dan motivasi berprestasi, siswa dapat belajar secara maksimal dan mengembangkan potensi mereka secara menyeluruh. Sekolah memiliki tanggung jawab untuk menjadi tempat yang dirancang guna mengakomodasi kebutuhan siswa, baik dalam proses pembelajaran maupun pengembangan diri. Guru diharapkan mampu memahami kebutuhan siswa dan memilih metode pembelajaran yang tepat, sehingga proses pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga mendukung pertumbuhan siswa secara emosional dan sosial. Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas interaksi antara guru dan siswa memegang peranan penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Dengan pendekatan yang tepat, kebutuhan siswa dapat terpenuhi, sehingga mereka dapat berkembang menjadi individu yang percaya diri dan siap menghadapi tantangan di masa depan.
PENERAPAN METODE SOSIALISASI DALAM MENGURANGI PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK PEMBINA 2 Pangaribuan, Tumewa; Yusra, Affan; Kasmiati
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 2 No 4 (2024): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mendukung perkembangan sosial anak perlu adanya wadah/tempat untuk tempat berlatih mengembangkannya, salah satu yaitu sekolah. Pada usia dini atau disebut juga dengan usia pra sekolah, segala pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi. Akhir-akhir ini perkembangan sosial anak-anak sudah mulai tidak berkembang secara optimal termasuk didalamnya anak usia dini/pra sekolah/TK. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknlogi yang sangat pesat seperti samrtphone yang menimbulkan dampak yang sangat luas seperti kecanduan game, individualis dan tidak peduli dengan lingkungannya. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sosialisasi dalam mengurangi pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini di TK pembina 2 Kota Jambi. Sasaran dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru TK Pembina 2 Kota Jambi yang akan dilatih dalam menerapkan metode sosialisasi pada anak didik. Jenis pengabdian ini adalah studi kasus dengan menggunakan metode sosialisasi. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan ini didapatkan hasil bahwasanya pelaksanaan kegiatan ini dapat membantu pemahaman guru TK Negeri Pembina 2 tentang pemanfaatan metode sosialisasi dalam mengurangi pengaruh gadget pada anak. kecanduan. Selain itu, Pemahaman dan keterampilan guru TK Negeri Pembina 2 berkembang sehingga dapat membantu pelaksanaan kegiatan di TK Negeri Pembina 2 mengenai cara pengurangan pengaruh gadget pada anak TK dengan metode sosialisasi.
PELATIHAN KETERAMPILAN DIALECTICAL BEHAVIOR THERAPY BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI DINAS PENDIDIKAN MUARO JAMBI Rasimin; Yusra, Affan; Annisa Walindarahma, Sri; Puspita Sari, Ega
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 2 No 4 (2024): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Muaro Jambi terdapat Sebagian telah memiliki guru bimbingan dan konseling, namun terdapat pula sekolah yang guru bimbingan dan konseling nya bukan berlatar belakang bimbingan dan konseling dan terdapat juga sekolah yang belum memiliki guru bimbingan dan konseling. beberapa guru bimbingan dan konseling berpendapat bahwa rendahnya: 1. pemahaman hakikat dan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah paradigma baru dan 2. keterampilan bimbingan kelompok merupakan masalah yang paling urgen untuk segera diselesaikan. Adapun metode yang digunakan metode worksop suatu bentuk kegiatan yang mana ada beberapa orang ahli bidang tertentu dan berkumpul dengan sekelompok orang dengan latar belakang maupun profesi yang sama serta melakukan kegiatan interaksi secara bersama untuk membahas suatu masalah tertentu. Dalam proses pelaksanaannya, kegiatan workshop ini biasanya akan lebih fokus untuk membahas berbagai masalah tertentu yang disertai dengan pelatihan. Para peserta di dalamnya akan mendapatkan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat dan juga bisa diterapkan sesuai dengan bidang profesi yang dimilikinya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5