cover
Contact Name
ULUM FATMAHANIK
Contact Email
althifl@iainponorogo.ac.id
Phone
+6285608091627
Journal Mail Official
althifl@iainponorogo.ac.id
Editorial Address
Jl. Pramuka 156 Po Box 116 Telp. (0352) 481277 Ponorogo 63471
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 27755436     EISSN : 27755711     DOI : https://doi.org/10.21154
AL THIFL merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo . Jurnal Ilmiah ini berisi kajian atau penelitian para mahasiswa / mahasiswi atau kolaborasi mahasiswa / mahasiswi dan dosen. Bidang yang diangkat dalam kajian ini berupa Kependidikan Dasar Islam khususnya pada ranah Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal ilmiah ini diterbitkan sebanyak dua kali dalam penggunaan pada bulan Februari dan September. Adapun scope dalam jurnal ini antara lain: Hasil Penelitian yang Berbasis Pembelajaran MI atau SD; Hasil Penelitian tentang Perkembangan Siswa MI atau SD; Kajian Teoritikal tentang Kependidikan Dasar.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 31 Documents
Peran Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Komunikasi Siswa Azimah Kusuma Ati; Ali Ba’ul Chusna
AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 1 (2021): Topik: Pengelolaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Komunikasi dan Hasil Belajar
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (858.759 KB) | DOI: 10.21154/thifl.v1i1.46

Abstract

Kemampuan komunikasi siswa merupakan hal yang penting dan harus ditingkatkan. Faktanya, kemampuan komunikasi siswa masih berada di bawa standar yang ditentukan. Hal tersebut nampak ketika guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan, namun siswa tersebut menolak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam melatih kemampuan komunikasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah. (2) Mendeskripsikan dampak kegiatan muhadharah terhadap kemampuan komunikasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokmentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan model Milles Huberman. Adapun tahap- tahapnya yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa telah dilaksanakan kegiatan muhadharah di Madrasah Ibtidaiyah. Ini diawali dengan siswa berpidato di depan teman-temanya. Materi yang dipilih bertema bebas. Kegiatan ini dipandu oleh pembawa acara yang diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan bersholawat. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian pidato dan diakhiri dengan sambutan dan doa oleh guru. Hasil penelitian yang kedua yaitu peningkatan kemampuan komunikasi siswa setelah diadakan kegiatan muhadharah dan pelatihan dari guru.
Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Pembelajaran RME Elin Sapto Rini; Kurnia Hidayati
AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 1 (2021): Topik: Pengelolaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Komunikasi dan Hasil Belajar
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.67 KB) | DOI: 10.21154/thifl.v1i1.47

Abstract

Sentral dari pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah atau yang lebih mengutamakan proses dari hasil. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran matematika seharusnya dikaitkan dengan dunia nyata dan pengalaman belajar yang pernah dialami oleh siswa. Salah satunya bisa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran RME. Namun pada kenyatannya, dalam mengajar guru lebih sering menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan pembelajaran RME pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Mayak Ponorogo, (2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika yang tidak menggunakan pembelajaran RME pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Mayak Ponorogo, (3) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara yang menggunakan dan tidak menggunakan pembelajaran RME pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Mayak Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan 2 variabel penelitian. Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis eksperimen dengan posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan RME dan pembelajaran yang tidak menggunakan RME, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Ma’arif Mayak Ponorogo. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan uji t (polled varians), karena data homogen. Hasil dari penelitian diperoleh nilai rata-rata tes pada kelas kontrol = 46,72 dan rata-rata pada kelas eksperimen = 78,6. Hasil dari pengujian hipotesis pada pengujian nilai tes diperoleh hasil thitung > ttabel = 7,073 > 1,684. Dari pengolahan data dan pengujian hipotesis penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu ditunjukkan dengan nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan juga berdasarkan pengujian hipotesis sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika antara yang menggunakan dan tidak menggunakan pembelajaran RME
Manajemen Kelas Impian dalam Pembelajaran Siswa Apriliyanti Muzayanati; Ali Ba’ul Chusna
AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 1 (2021): Topik: Pengelolaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Komunikasi dan Hasil Belajar
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.439 KB) | DOI: 10.21154/thifl.v1i1.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan program manajemen kelas impan, dampak manajemen kelas impian, kelebihan dan kekurangan dari program manajemen kelas impian. Diamana manajemen kelas impian merupakan suatu inovasi dari manajemen kelas yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang dimulai dari ruang kelas. Dalam manajemen ini menekankan aspek fisik termasuk desain yang ada didalamnya seperti pojok baca, pojok bermain, pojok guru dan pojok kebersihan, aspek sosio-emosional, dan juga aspek organisasional. Selain dari ketiga aspek tersebut dalam manajemen kelas impian ini juga menanamkan akan Good Habit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini antara lain mengenai pelaksanaan manajemen kelas impian dimana dalam pelaksanaannya dilaksanakan oleh wali kelas bekerjasama dengan wali murid, selain itu terdapat dampak dari manajemen kelas impian diantaranya perkembangan siswa baik intelektual maupun sosial, Siswa lebih mudah dikontrol, Kelas menjadi indah dan nyaman, Membentuk good habits. Untuk kelebihan manajemen kelas impian diantaranya memberikan rasa nyaman, siswa lebih mudah berinteraksi antar temanya pada saat pembelajaran, menumbuhkan minat baca, Mengenal permainan-permainan tradisional, Siswa lebih mudah dikontrol. Adapun kekurangan dari kelas impian, diantaranya memerlukan biaya yang cukup besar, ruangan pojok baca tidak digunakan dengan semestinya, kesulitan dalam memebersihkan ruangan apabila penataan meja berdepetan, siswa masih kurang bisa merawat barang-barang yang ada di kelas. Dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas impian ini dapat menunjang dalam pembentukan Good Habits dan pembelajaran siswa baik itu secara sosio-emosional, dan organisasional
Pentingnya Pentingnya Pola Komunikasi Orang Tua dan Wali Kelas dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa melalui Kegiatan Paguyuban : Pentingnya Pola Komunikasi Orang Tua dan Wali Kelas dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa melalui Kegiatan Paguyuban Widya Agustin Ningrum; Miftachul Choiri
AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 1 (2021): Topik: Pengelolaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Komunikasi dan Hasil Belajar
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.689 KB) | DOI: 10.21154/thifl.v1i1.51

Abstract

Pola komunikasi yang sehat, tanggap, dan aktif orang tua dan wali kelas sangat penting kaitannya dengan perkembangan siswa. Orang tua dapat mengetahui tumbuh kembang anak di rumah dan wali kelas dapat melihat tumbuh kembang siswa di sekolah. Dengan adanya kegiatan paguyuban orang tua dan wali kelas dapat mengkomunikasikan lebih jelas tentang perkembangan siswa untuk meningkatkan semangat belajar. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui pola komunikasi yang terjadi antara orang tua siswa dengan wali kelas, mengetahui kegiatan yang dilakukan untuk menjalin komunikasi lebih lanjut antara orang tua siswa dengan wali kelas dalam membangun motivasi belajar siswa, mengetahui dampak komunikasi antara orang tua siswa dengan wali kelas yang terjadi terhadap motivasi belajar siswa, dan mengetahui hambatan komunikasi yang terjadi antara orang tua siswa dengan wali kelas terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data utama penelitian ini yakni kata-kata dan tindakan, selebihnya dokumentasi dan lain-lain. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive dan teknik snowball, dalam memperoleh data pada penelitian untuk pemilihan awal peneliti memilih orang tua, wali kelas yang memiliki anak didik kurang termotivasi dalam belajar. Hasilnya menunjukan bahwa motivasi belajar yang tumbuh dalam diri siswa-siswi sudah tampak. Hal ini tidak bisa dipisahkan dengan diadakannya berbagai jenis komunikasi yang sudah diterapkan antara orang tua dan wali kelas seperti pertemuan setiap bulan program paguyuban karena dalam kegiatan tersebut orang tua dengan wali kelas memiliki wadah setiap bulannya untuk mengetahui dan bertukar informasi tentang tumbuh kembang sang anak.
Penggunaan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran PPKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Rahayu Susanti; Weni Tria Anugrah Putri
AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 2 (2021): Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Era Pandemi 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.173 KB) | DOI: 10.21154/thifl.v1i2.118

Abstract

Metode resitasi merupakan metode yang dilakukan dengan menyajikan bahan pelajaran melalui pemberian tugas kepada siswa untuk dipertanggungjawabkan kepada guru. Metode resitasi diyakini dapat menarik minat dan menambah keaktifan siswa. Sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Khususnya pada pelajaran yang mengandung banyak teori seperti PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui prosedur penggunaan metode resitasi pada mata pelajaran PPKn di kelas VI MI Nurul Iman Pucanganom, (2) mengetahui bahwa penggunaan metode resitasi pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Nurul Iman Pucanganom. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikenalkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Sedangkan metode analisis data yaitu penilaian hasil evaluasi dan ketuntasan klasikal kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) prosedur penggunaan metode resitasi ada tiga fase, yakni fase penugasan, pelaksanaan tugas, dan pertanggungjawaban, (2) Penggunnaan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 81%. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan mengalami peningkatan hingga 100%. Artinya seluruh siswa kelas VI telah tuntas dalam pencapaian hasil belajar PPKn.
Peran Orang Tua dalam Mendukung Pencapaian Kompetensi Keterampilan Siswa pada Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 Effiana Cahya Ningrum; Anis Afifah
AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 2 (2021): Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Era Pandemi 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.549 KB) | DOI: 10.21154/thifl.v1i2.126

Abstract

Peran orang tua sebagai motivator, pembimbing, dan fasilitator sangat penting walaupun kegiatan belajar dilaksanakan dari rumah terutama untuk mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu fenomenologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai motivator dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa pada pembelajaran daring di kelas I SDN Blimbing Gudo Jombang selama pandemi Covid-19. Tujuan kedua yaitu untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai pembimbing dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa pada pembelajaran daring di kelas I SDN Blimbing Gudo Jombang selama pandemi Covid-19. Tujuan ketiga yaitu untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai fasilitator dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa pada pembelajaran daring di kelas I SDN Blimbing Gudo Jombang selama pandemi Covid-19. Hasil penelitian menyatakan bahwa peran orang tua dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa kelas I dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 yang dilakukan di SDN Blimbing Gudo Jombang dalam kategori cukup baik. Meskipun ada hambatan yang dialami para orang tua yang berimbas pada pencapaian kompetensi keterampilan siswa.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Cerita Berdasarkan Taksonomi Solo (Structured of Observed Learning Outcome) di SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo Fitria Widiasari; Kurnia Hidayati
AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 2 (2021): Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Era Pandemi 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.556 KB) | DOI: 10.21154/thifl.v1i2.136

Abstract

Pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN Kutuwetan ditinjau berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Hubermen yaitu (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan simpulan. Subjek penelitian ini berjumlah empat orang siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yang dikategorikan dalam tingkatan menurut taksonomi SOLO yaitu prestructural, unistructural, multistructural, relational, extended abstract. Namun pada penelitian ini subjek hanya mampu mencapai tingkatan relational. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek A dengan level prestructural menunjukkan hanya mampu pada tahap memahami masalah dengan menggunakan sedikit informasi. Subjek B dengan level unistructural mampu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian. Subjek C dengan level multistructural mampu memahami masalah, merencanakan masalah, serta mampu melaksanakan rencana tetapi masih terdapat kegagalan. Subjek D dengan level relational mampu memahami masalah, merencanakan masalah, serta mampu melaksanakan rencana dengan benar namun pada proses evaluasi subjek tidak melaksanakan sehingga mengalami kesalahan.
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Peta Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia pada Siswa Kelas V di SDN Jetis Ponorogo Riska Fitrianingrum; Kurnia Hidayati
AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 2 (2021): Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Era Pandemi 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.213 KB) | DOI: 10.21154/thifl.v1i2.257

Abstract

Pembelajaran di kelas V SDN Jetis Ponorogo selama ini masih dilakukan secara konvensional. Akibatnya siswa kurang tertarik dan mengalami kejenuhan pada saat kegiatan pembelajaran yang dibuktikan dengan hasil tes yang tuntas dengan presentase (44,44%) sedangkan yang tidak tuntas dengan presentase (55,56%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hasil belajar dengan menggunakan media peta tematik pada siswa kelas V di SDN Jetis Ponorogo dengan pokok bahasan sejarah kerajaan Islam di Indonesia. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran inkuiri dengan berbantuan media peta tematik bagi siswa kelas V di SDN Jetis Ponorogo. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan 2 jam pelajaran. Metode penelitian ini dilakukan dengan membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 3 siswa kemudian siswa mendapatkan soal yang harus dijawab dan didiskusikan sesuai dengan yang mereka pahami dari kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti yang berisi tentang kegiatan mengamati, menanya, berdiskusi dan tanya jawab. Hasil penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media peta tematik dapat dilihat dari hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus pertama pecapaian ketuntasan sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata 72,22 dan pada siklus kedua pencapaian ketuntasan sebesar 88,89% dengan nilai rata-rata 84,44
Peran Orang Tua sebagai Pendidik Karismatik pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid- 19 Dwi Lestari Ayuningrum; Ika Rusdiana
AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 1 No. 2 (2021): Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Era Pandemi 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.832 KB) | DOI: 10.21154/thifl.v1i2.436

Abstract

Penerapan pembelajaran daring mengakibatkan anak menggunakan media gadget secara leluasa dalam berbagai kegiatan. Penerapan pembelajaran daring juga berpengaruh pada minat belajar anak di rumah, sehingga peran orang tua sangatlah dibutuhkan dalam mendampingi perkembangan pendidikan anak serta mendampingi penggunaan media yang digunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan karakter positif orang tua sebagai salah satu karakteristik pendidik karismatik dalam membangun hubungan yang positif dengan anak dalam pembelajaran daring, 2) menjelaskan peran orang tua dalam menerapkan metode pengajaran pada pembelajaran daring, dan 3) menggambarkan upaya orang tua untuk memaksimalkan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan dalam bentuk studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan 3 tahapan yaitu, tahap reduksi data, tahap display data dan tahap pengambilan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, ditemukan sebagai berikut, (1) Karakter positif yang diterapkan para orang tua adalah rasa perhatian yang tinggi, kasih sayang yang besar, kesabaran, dan kedisiplinan, (2) Orang tua menerapkan metode ceramah dengan menggunakan bahasa ibu dan disertai pemberian contoh-contoh riil di sekitar anak, (3) Upaya yang dilakukan orang tua untuk memaksimalkan pembelajaran daring antara lain: (a) memenuhi kebutuhan belajar anak; (b) mengikut sertakan anak pada lembaga TPQ atau kegiatan masjid setempat; (c) terlibat secara langsung dalam memantau, membimbing, dan mengajari anak belajar; (d) menjalin komunikasi dengan wali kelas; (e) mengikut sertakan anak pada lembaga les privat; (f) membiasakan anak dengan hal-hal positif; (g) menanamkan sikap kedisiplinan; (h) berusaha menjadi motivator; (i) menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk anak belajar.
Konsep Tauhid dalam Kitab ‘AqῙdatul ‘AwᾹm Karya Syekh Sayid Ahmad Al-Marzuqi serta Relevansinya dengan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Lailatul Fitroh; Miftachul Choiri
AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 2 No. 1 (2022): Wujud Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah maupun
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1230.623 KB) | DOI: 10.21154/thifl.v2i1.960

Abstract

Tauhid adalah bagian dari rukun iman. Rukun iman adalah salah satu pondasi yang harus dimiliki oleh setiap orang yang beragama islam. Dalam memberikan pelajaran tauhid kepada setiap orang islam terdapat salah satu referensi yang dapat dijadikan sumber, yaitu Kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm. Kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm berisi tentang iman kepada Allah, iamn kepada Malaikat-Malaikat Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada Kitab-Kitab Allah, iman kepada hari akhir dan iman kepada sifat bagi Allah. Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat relevansi antara Kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm dengan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui KonsepTauhid dalam Kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm serta relevansinya dengan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah: (1) Untuk mengetahui Konsep Tauhid dalam Kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm karya Syekh Sayyid Ahmad Al-Marzuqi. (2) Untuk mengetahui relevansi konsep tauhid dalam kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm dengan mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah Library Research atau penelitian kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan literatur(kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu. Adapun analisis yang dilakukan menggunakan analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan dara sekunder. Adapun data primer dalam penelitian ini adalah kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm. sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah sumber data tambahan yang menurut peneliti menunjang data pokok. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: Konsep Tauhid dalam kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm yaitu 5 rukun iman dan 20 sifat wajib bagi Allah SWT. Rukun iman yang terdapat dalam kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm adalah iman kepada Allah SWT, Iman kepada Malaikat-Malaikat Allah SWT, Iman kepada Rasul Allah SWT, Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT, Iman kepada Hari Akhir, dan sifat wajib bagi Allah SWT. Sedangkan dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas 3 yaitu bab meneladani malaikat Allah dan tugasnya, Iman adanya surga dan neraka, dan Bab Asma’ul Husna, diantaranya yaitu Ar-Razzaq, Al-Wahhab, Al-Khabῑr dan Al-‘Adhῑm. Relevansi dalam konsep tauhid yang ada dalam kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm dengan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 di MI, Yaitu beberapa sifat wajib bagi Allah SWT dan Beriman kepada malaikat dan sifat-sifatnya

Page 1 of 4 | Total Record : 31