cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi" : 6 Documents clear
KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN SISWA SD BERDASARKAN ASPEK GENDER Opi Mawarsari; Bambang Subali; yuni Wibowo
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i3.4522

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran atau deskripsi kemampuan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV sekolah dasar di kota Yogyakarta ditinjau berdasarkan aspek gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebesar 551 siswa kelas IV dari 12 sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV di Kota Yogyakarta tergolong rendah. Skor KKPSAK perempuan lebih tinggi daripada skor KKPSAK laki-laki. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa terdapat keterkaitan antara kemampuan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Yogyakarta yang ditinjau berdasarkan aspek gender dengan faktor kefavoritan sekolah dan urutan kelahiran anak. Kata kunci: kreativitas, keterampilan proses sains, gender
IDENTIFIKASI LANGGAM BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMPELAJARI BIOLOGI MENGGUNAKAN LSI KOLB Rizky Purnawati; Paidi .; Sukarni Hidayati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i3.4524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe langgam belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta dalam mempelajari biologi berdasarkan Learning Style Inventory Model Kolb. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Sampel penelitian sejumlah 236 siswa kelas X dan Kelas XI dari empat sekolah di Kota Yogyakarta ditentukan secara purposive sampling. Data kemampuan utama siswa diperoleh menggunakan angket Learning Style Inventory Kolb. Analisis data menggunakan pedoman penskoran Kolb, diagram Kolb dan statistika deskriptif untuk memperoleh data frekuensi kemampuan siswa dan tipe langgam belajar. Hasil analisis menunjukkan dalam pembelajaran biologi, tipe langgam belajar yang ditemukan yaitu tipe accommodator, converger, assimilator, dan diverger. Tipe yang paling banyak ditemukan adalah tipe converger dan accomodator. Selain empat tipe langgam belajar ditemukan tipe yang tidak tergolongkan. Terdapat perbedaan dominansi tipe langgam belajar yang digunakan berdasarkan tingkat kelas dan gender. Kata kunci: langgam belajar, learning style inventory Kolb, SMA Negeri Kota Yogyakarta
KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V BERDASARKAN AKREDITASI SEKOLAH DI KABUPATEN BANTUL DAN KABUPATEN SLEMAN Putri Komalaninggar; Bambang Subali; Siti Mariyam
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i3.4493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Keterampilan Proses Sains Aspek Kehidupan pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV dan V berdasarkan Akreditasi Sekolah di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV dan V SD terakreditasi di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu 1305 siswa kelas IV dan V SD yang berasal dari 24 SD yang tersebar di UPTD Bantul, UPTD Piyungan, UPTD Sleman, dan UPTD Kalasan. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu akreditasi sekolah yang terdiri dari akreditasi A dan akreditasi B. Variabel tergayutnya adalah kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan siswa SD kelas IV dan V di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan. Teknik analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V baik di Kabupaten Bantul maupun Kabupaten Sleman yang bersekolah di sekolah yang berakreditasi A lebih rendah dibandingkan dengan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V yang bersekolah di sekolah berakreditasi B. Meskipun demikian secara keseluruhan skor kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V yang bersekolah di sekolah baik yang berakreditasi A maupun B masih tergolong rendah.Kata kunci: kreativitas, keterampilan proses sains, akreditasi sekolah.
KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI SISWA SD BERDASARKAN GENDER Adika Hermawati Pratama; Bambang Subali; yuni Wibowo
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i3.4525

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains (KBDKPS) aspek biologi siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) ditinjau berdasarkan aspek gender serta kaitannya dengan aspek urutan kelahiran dan pekerjaan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Penelitian ini terintegrasi dalam penelitian Bambang Subali, dkk., (2015) mengenai kreativitas keterampilan proses sains siswa SD di DIY. Sampel penelitian adalah 603 siswa SD kelas VI dari 18 sekolah di Kabupaten Bantul yang ditentukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa perangkat tes KKPSAK yang telah divalidasi dan dibakukan oleh Bambang (2015), angket, serta lembar wawancara. Analisis data menggunakan pedoman penskroran dan statistika deskriptif menunjukkan rerata skor KBDKPS testi tergolong rendah. Terdapat perbedaan KBDKPS antara siswa laki-laki dan perempuan. Siswa perempuan memperoleh rerata skor KBDKPS lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki (18,6216,61). Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan adanya keterkaitan aspek urutan kelahiran dan pekerjaan orang tua dengan KBDKPS siswa berdasarkan gender. Kata kunci: berpikir divergen, keterampilan proses sains, gender
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUNGSI EKSKRETORIK GINJAL MANUSIA BERBASIS LECTORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI Agustina Budi Lestari; Paidi .; Ciptono .
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i3.4499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan mengetahui kelayakan, (2) mengetahui efektifitas media pembelajaran fungsi ekskretorik pada ginjal manusia berbasis Lectora untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN Yogyakarta 1.Penelitian ini merupakan penelitian research and development (RD) dengan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 33 siswa untuk kelas eksperimen dan 33 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa angket penilaian kualitas media pembelajaran oleh reviewer; angket tanggapan siswa, dan soal evaluasi hasil belajar. Angket dianalisis dengan modus dan perbedaan  hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dan kontrol dianalisis dengan uji Ancova dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan media pembelajaran sebagian besar sangat baik dan respon siswa menunjukkan sebagian besar siswa sangat setuju sehingga layak digunakan, (2) media pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan p 0,05 dan terjadi peningkatan hasil belajar kategori sedang. Media pembelajaran fungsi ekskretorik pada ginjal manusia berbasis Lectora ini layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Kata kunci: fungsi ekskertorik pada ginjal manusia, hasil belajar biologi, lectora.
KETERKAITAN ANTARA LANGGAM BELAJAR DENGAN KARAKTER ILMIAH YANG MUNCUL DALAM PERKULIAHAN KESEHATAN LINGKUNGAN MATERI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNY Fatharani Yurian Wahid; Yuliati M.Kes; Tutiek Rahayu
Jurnal Edukasi Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v5i3.4515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam langgam belajar, karakter ilmiah, dan keterkaitan antara langgam belajar dengan karakter ilmiah yang muncul pada mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, di mana peneliti akan melihat bagaimana pola antara karakteristik setiap macam langgam belajar yang dimiliki mahasiswa Pendidikan Biologi FMIPA UNY dengan karakter ilmiah yang muncul dalam perkuliahan Kesehatan Lingkungan dengan materi PHBS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase langgam belajar yang paling banyak dimiliki adalah Asimilasi sebesar 36,67%. Diantara kedelapan karakter ilmiah yang muncul, belum semua mahasiswa dapat mencapai kategori Mulai Konsisten pada karakter ilmiah Kreatif dan Rasa Ingin Tahu. Terdapat kecenderungan karakter ilmiah berpengaruh terhadap macam langgam belajar yang dimiliki mahasiswa. Terdapat kesesuaian antara karakteristik mahasiswa MIPA secara umum dengan karakteristik langgam belajar Asimilasi.Kata kunci: karakter ilmiah, langgam belajar, mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017 Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017 Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No 8 tahun 2016 Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi More Issue