cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi" : 7 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP LITERASI KESEHATAN SISWA Isnaini, Azizah Nur; Rahayu, Tutiek
Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v9i2.19233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Biologi berbasis socio scientific issues (SSI) topik sistem reproduksi terhadap literasi kesehatan siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experiment yang melibatkan dua kelas masing-masing sebagai kelas eksperimen (E) dan kelas kontrol (C). Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan yaitu socio scientific issues (SSI) untuk kelas eksperimen dan metode pembelajaran cooperative learning STAD untuk kelas kontrol. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan literasi kesehatan siswa. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah samanya pendidik, materi yang diajarkan, alokasi waktu pembelajaran, dan alat evaluasi yang digunakan pada kedua kelas. Data kemampuan literasi kesehatan siswa didapatkan dengan tes dalam bentuk soal uraian dan data keterlaksanaan pembelajaran didapatkan dengan lembar observasi yang telah divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis socio scientific issues (SSI) terhadap kemampuan literasi kesehatan siswa adalah paired sample t-test, independent sample t-test, normalitas gain, dan effect size.  Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi berbasis socio scientific issues (SSI) topik sistem reproduksi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi kesehatan siswa. Besar pengaruh pembelajaran SSI melalui uji normalitas gain sebesar 0,38 (sedang) dan uji effect size sebesar 2,122 (large effect).  
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-ATLAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA Nur, Muhammad Rasyid
Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v9i2.19277

Abstract

E-Atlas was assessed using an assessment instrument in the form of a product quality assessment questionnaire by 1 media expert, 1 material expert, and paired t-test of 15 class XI students at SMA. The results of the E-Atlas of So (Scleroderma aurantium) Morphological Character assessment by media experts obtained an average score of 83.75% with quality in the feasible category, material experts scored 89.6% with quality in the very feasible category, and the biology teacher's assessment get a value of 96.25% with quality in the very decent category. The results of the paired t-test were found to be Sig.(2-tailed) of 0.000 0.05, so it can be concluded that there is a significant difference between the results of data collection before and after being given E-Atlas media.
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTU CONCEPT MAPPING MATERI SISTEM EKSKRESI Mahardita, Valenta Rias; Pratama, Anggi Tias
Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v9i2.19473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik produk pengembangan LKPD berbasis guided discovery learning berbantu concept mapping pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan kemampuan menganalisis siswa kelas XI SMA, 2) mengetahui kelayakan produk pengembangan LKPD, dan 3) mengetahui kepraktisan produk pengembangan LKPD. Produk dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE (Dick Carry, 1996). Namun, karena adanya keterbatasan penelitian sehingga hanya sampai pada tahap development. Instrumen yang digunakan berupa angket. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri di Bantul, Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan observasi dan angket. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) produk LKPD hasil pengembangan berbentuk cetak yang dapat memacu siswa untuk aktif mencari pengetahuannya sendiri melalui tahapan model pembelajaran guided discovery learning yang dibantu dengan adanya peta konsep. Selain itu, konten LKPD juga “sangat sesuai” untuk mendorong kemampuan menganalisis siswa dari penilaian dosen ahli materi dan guru. 2) Produk LKPD dinilai layak digunakan dalam pembelajaran dengan kategori “layak” oleh dosen ahli materi dan “sangat layak” oleh dosen ahli media. 3) Produk LKPD dinilai “sangat praktis” untuk digunakan berdasarkan respons guru dan respons siswa.This study aims to 1) determine the characteristics of worksheet development products based on guided discovery learning assisted by concept mapping on excretion system materials to improve the analytical skills of 11th grade high school students, 2) determine the feasibility of worksheet development products, 3) determine the practicality of worksheet development products. The product was developed with the ADDIE development model (Dick Carry, 1996). However, due to the limitations of research so that it only reaches the development stage. The instrument used is in the form of a questionnaire. The subjects of the study were 36 students of grade 11 science 2 high school in Bantul, Yogyakarta. Data was collected by observation and questionnaire. The data were then analyzed using descriptive analysis techniques. The results of the research are: 1) printed worksheet products that can encourage students to actively seek their own knowledge through the stages of the guided discovery learning model assisted by concept maps. In addition, the content of the worksheet is also "very suitable" to encourage students' ability to analyze based on the assessment of material expert lecturers and teachers. 2) Worksheet products are considered feasible for use in learning with the category "feasible" by material expert lecturers and "very feasible" by media expert lecturers. 3) Worksheet products are considered "very practical" to use based on teacher responses and student responses.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM REGULASI DENGAN ORIENTASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA N 1 KROYA Krisgiyanti, Novita Ardian; Pratama, Anggi Tias
Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v9i2.19490

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas dari Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Regulasi dengan Orientasi Hasil Belajar Peserta Didik SMA N 1 Kroya. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (RnD) dengan menggunakan model 4-D. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kroya. Sampel penelitian yang diambil sebanyak satu kelas yaitu kelas XI MIPA 1 berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektivan dengan menggunakan hasil pretest dan posttest. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKPD berbasis model PBL (Problem Based Learning). Hasil dari lembar validasi LKPD menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 91,7%. Dinyatakan sangat praktis dengan persentase 86,25%. Kemudian dikatakan efektif dengan melihat hasil perolehan N-Gain yang dihitung menggunakan SPSS didapatkan kategori efektif 78,0667% dengan nilai mean pada N-Gain score 0,7807. Berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Problem Based Learning pada materi Sistem Regulasi dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai alat bantu ajar biologi. Kata kunci: LKPD; problem based learning; sistem regulasi
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL ADDIE PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS 11 Madrasah Aliyah Laboratorium Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Purba, Balqis Putri Wardana; Afrianti, Billah; Saragih, Fany Erlangga; Nabilla, Mutiara Nabilla; Adlini, Miza Nina; Rifda, Rifda
Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v9i2.19893

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengembangkan media video pembelajaran pada mata pelajaran Biologi dengan materi sistem pernapasan Kelas XI MAL (Madrasah Aliyah Laboratorium ) .Penelitian ini dilakukan pada hari Sabtu ,20 Mei 2023.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media videopembelajaran pada mata pelajaran biologi dengan materi sistem pernapasan dan untuk mengetahui validasi media video pembelajaran pada materi sistem pernapasan menurut ahli media ,ahli materi dan guru biologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara .Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli,lembar penilaian guru dan angket untuk siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil validasi ahli media sebesar 89% atau layak digunakan dan hasil validasi ahli pemateri 84,25% atau sangat layak digunakan .dan hasil penilaian oleh guru menunjukkan media pembelajaran ini sangatlayak sebagai media pembelajaran biologi .Siswa juga memberikan respon sangat baik terhadap media video pembelajaran pada mata pelajaran Biologi dengan materi pernapasan,dan setelah menerapkan media ini hasil belajar siswa meningkat dan semangat belajarnya juga meningkat dan siswa lebih mudah memahami materiyang telah diajarkan.
FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA Farahani, Narulita; Fitri, Rahmadhani; Selaras, Ganda Hijrah; Farma, Siska Alicia
Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v9i2.19519

Abstract

Biologi merupakan pelajaran yang kompleks sehingga membuat beberapa kesulitan siswa dalam proses pembelajaran terhadap mata pelajaran tersebut, kesulitan tersebut dapat dipengaruhi oleh kondisi siswa itu sendiri dan kondisi lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan dalam proses belajar yang dihadapi siswa pada mata pelajaran biologi SMA. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang menggunakan metode literature review, Subjek dalam penelitian ini berupa artikel-artikel ilmiah yang berhubungan dengan judul penelitian. Data analisis penelitian ini adalah artikel-artikel yang sampelnya terdiri dari 5 artikel.Hasil penelitian kesulitan menunjukkan dalam proses belajar pada mata pelajaran biologi dikategorisasikan tinggi yang dipengaruhi oleh kondisi siswa maupun kondisi lingkungan sekitar.
IMPROVING CRITICAL THINKING ABILITY AND BIOLOGY LEARNING OUTCOMES IN SENIOR HIGH SCHOOL WITH THE SCIENCE TECHNOLOGY AND SOCIETY APPROACH WITH THE ASSISTANCE OF E-LKPD Yuniastuti, Nanik
Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v9i2.18741

Abstract

The aim of this research is to explain the application of the STS (Science, Technology, and Society) approach with the assistance of E-LKPD to improve critical thinking skills and Biology learning outcomes for class XI PMIIA5 students on immune system material at SMA Negeri 2 Yogyakarta in the 2020/2021 academic year. The type of research carried out is Classroom Action Research (CAR) which follows the model of Stephen Kemmis and Robin McTaggart, through the stages of planning, action, observation, and reflection (reflecting). The approach of Science, Technology, and Society Assisted by E-LKPD is carried out by following stages 1) invitation; 2) exploration (exploration); 3) explanations and solutions (proposing explanations and solutions); and 4) taking action. The results of the action showed that all indicators of critical thinking skills increased in cycle 2. The average indicator of critical thinking skills increased by 0.14 points from 2.89 to 3.03 in cycle 2. The indicator of rejecting incorrect and irrelevant information increased from 3.14 to 3.25 in cycle 2. The indicator of detecting and correcting conceptual errors increased from 2.77 to 2.83 in cycle 2. The indicator of seeking new solutions increased from 2.64 to 2.96 in cycle 2. While the indicator made a decision or conclusion after collecting the facts increased from 3.01 to 3.08 in cycle 2. Learning outcomes data showed that the average value of student evaluation increased by 12.37 points from 62.8 to 75.17 in cycle 2. The percentage of class completeness increased by 44 points from 33% to 77% in cycle 2. While the percentage of class incompleteness decreased by 44 points from 67% to 23% in cycle 2. In general, the average value of all poster assessment indicators increased by 1.23 points from 94.7 7 becomes 96.00 in cycle 2.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017 Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017 Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No 8 tahun 2016 Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi More Issue