cover
Contact Name
Rabwan Satriawan
Contact Email
jurnalolahragatsb@gmail.com
Phone
+6282323898556
Journal Mail Official
jurnalolahragatsb@gmail.com
Editorial Address
STKIP Taman Siswa Bima Jalan Pendidikan Taman Siswa Bima No. 1 Palibelo, Bima - NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880324     EISSN : 26850125     DOI : https://doi.org/10.37630/jpo
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olahraga is published by STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga are open national scientific journals that collect and disseminate research manuscripts and literature review/articles in the fields of physical education, sports, and health. Multilateral journal specifically concerns on main problem in the critics, analysis, evaluation, and development of physical edcutaion, sport, and health field, namely: SPORTS SCIENCE PHYSICAL EDUCATION SPORTS TOURISM TRADITIONAL SPORTS SPORTS BIOMECANICS SPORT HEALTH SPORTS PSYCHOLOGY SPORTS NUTRITION
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA" : 10 Documents clear
Pengaruh Musik Electronic Dance Music sebagai Media Stimulasi terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Praktek Pembelajaran Atletik Bara, Leonardus Pransus; Manurung, Jack Suman Rulis; Jayadi, Jayadi
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v14i5.1821

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengevaluasi pengaruh musik EDM terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah atletik di Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo. Desain eksperimental pre- and post-test quasi-nonequivalent control group digunakan pada metodologi penelitian ini. Sebanyak 60 mahasiswa jurusan Pendidikan, Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi menjadi subjek penelitian. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen (31 mahasiswa) dan kelas kontrol (29 mahasiswa). Skor Total motivasi belajar diukur menggunakan kuesioner yang sudah dirancang dan divalidasi oleh ahli. Analisis statistik menggunakan uji t berpasangan dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan rata-rata motivasi belajar (sig. 0,001) pada kelompok perlakuan( Eksperimen) dengan mendengarkan musik EDM dan tidak ada perbedaan rata-rata motivasi belajar (sig. 0,930) pada mahasiswa kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan motivasi belajar mahasiswa setelah diberikan perlakuan, yang awalnya hanya diberikan pembelajaran konvensional dengan tidak ada musik EDM. Para mahasiswa menunjukkan semangat dan antusiasme yang lebih tinggi selama mengikuti proses pembelajaran saat kegiatan berlangsung. Oleh sebab itu bisa disimpulkan bahwa mahasiswa PJKR A 2023 Universitas Katolok Santo Agustinus Hippo sangat termotivasi untuk belajar ketika mendengarkan musik EDM.
Kohesivitas Koordinasi Mata Tangan, Kaki, Kelincahan, dan Reaksi terhadap Kemampuan Dig pada Atlet Bolavoli Usia 15-19 Tahun Eriantara, Andhika Ferdian Putra; Pratama, Budiman Agung; Herpandika, Reo Prasetiyo; Firdaus, Mokhammad
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v14i5.1945

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengevaluasi pengaruh musik EDM terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah atletik di Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo. Desain eksperimental pre- and post-test quasi-nonequivalent control group digunakan pada metodologi penelitian ini. Sebanyak 60 mahasiswa jurusan Pendidikan, Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi menjadi subjek penelitian. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen (31 mahasiswa) dan kelas kontrol (29 mahasiswa). Skor Total motivasi belajar diukur menggunakan kuesioner yang sudah dirancang dan divalidasi oleh ahli. Analisis statistik menggunakan uji t berpasangan dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan rata-rata motivasi belajar (sig. 0,001) pada kelompok perlakuan( Eksperimen) dengan mendengarkan musik EDM dan tidak ada perbedaan rata-rata motivasi belajar (sig. 0,930) pada mahasiswa kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan motivasi belajar mahasiswa setelah diberikan perlakuan, yang awalnya hanya diberikan pembelajaran konvensional dengan tidak ada musik EDM. Para mahasiswa menunjukkan semangat dan antusiasme yang lebih tinggi selama mengikuti proses pembelajaran saat kegiatan berlangsung. Oleh sebab itu bisa disimpulkan bahwa mahasiswa PJKR A 2023 Universitas Katolok Santo Agustinus Hippo sangat termotivasi untuk belajar ketika mendengarkan musik EDM.
Hubungan antara Tingkat Konsumsi Makanan, Aktivitas Fisik dan Status Gizi dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Putri, Aliya Yulistiyani; Sulistiyani, Sulistiyani; Adi, Dhuha Itsnanisa
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v14i5.1952

Abstract

Pencak Silat adalah olahraga power yang memiliki intensitas fisik yang tinggi sehingga memerlukan kebugaran jasmani yang baik untuk mencapai sebuah pretasi. Prestasi UKM Pencak Silat Universitas Jember menunjukkan bahwa tidak menyumbangkan prestasi di tingkat internasional pada tahun 2022. Selain itu, masih mengalami penurunan dan peningkatan prestasi pada tahun 2023. Kebugaran jasmani ditentukan oleh konsumsi makanan dan aktivitas fisik serta status gizi. Tujuan penelitian untuk menganalisis korelasi antara konsumsi makanan, aktivitas fisik dan ststus gizi dengan kebugaran jasmani atlet pencak siilat Universitas Jember. Analitik observasional menjadi jenis penelitian ini dimana menggunakan pendekatan cross-sectional pada atlet Pencak Silat Universitas Jember sebanyak 53 atlet. Instrumen penelitian ini berupa wawancara dan pengukuran Food Recall 2x24 jam, Physical Activity Level (PAL), Indeks Massa Tubuh (IMT) dan Cooper Test lari 12 menit. Analisis data memakai uji non parametrik spearman rank. Hasil analisis data didapatkan konsumsii energi, karbohidrat, protein, aktivitas fisik, dan status gizi berkorelasi, sedangkan tingkat konsumsi lemak tidak berkorelasi dengan kebugarannjasmani. Atlet Pencak Silat diharapkan menjaga pola makannya seperti porsi dan frekuensi makan, aktivitas fisik di luar jadwal latihan, meningkatkan wawasan tentang gizi, pengukuran kebugaran jasmani dan status gizi serta pengaturan makanan. Penelitian ini diharapkan dapat berkontibusi sebagai referensi mengenai kebugaran jasmani atlet pencak silat.
Pengaruh Latihan Side Jump Sprint terhadap Kelincahan Pemain Sepakbola Rachman, Aryadi; Ulfah, Amalia; Syarwani, Muhammad
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v14i5.1953

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan side jump sprint terhadap kelincahan pada pemain sepakbola SMA Negeri 1 Daha Utara. Penelitian ini menggunakannya metode pra-eksperimental dengan rancangan penelitiannya yaitu Pretest dan Posttest dalam Satu Kelompok. Populasinya adalah pemain sepakbola SMA Negeri 1 Daha Utara yang berjumlah 20 0rang, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling/sampel jenuh yang mana keseluruhan populasi menjadi sampel penelitian. Instrumennya dalam mengambil data kelincahan dengan tes zig-zag run dan Analisis data yang digunakan berupa uji normalitas X1 dan X2, dengan uji kolmogorov-smirnov test, Uji chi Square, dan paired sample t test. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung adalah sebesar 11.314 dengan Sig. (2-tailed) 0.000. Karena Sig. (2-tailed) 0.000<0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya peningkatan kelincahan pada pemain sepakbola SMA Negeri 1 Daha Utara sebelum dan sesudah diberikan latihan side jump sprint adalah tidak sama (berbeda). Kesimpulan penelitian ada pengaruh latihan side jump sprint terhadap kelincahan pemain sepakbola SMA Negeri 1 Daha Utara.
Komunikasi Interpersonal Manajemen, Pelatih, dan Atlet Bolabasket Putri dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Abinaskholani, Roqi; Nurrachmad, Limpad
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v14i5.1955

Abstract

Kurangnya komunikasi interpersonal yang efektif antara manajemen, pelatih, dan atlet sering kali menjadi faktor penghambat dalam peningkatan motivasi berprestasi atlet putri PERBASI Kota Semarang. Komunikasi yang tidak optimal dapat menyebabkan kesalahpahaman, penurunan rasa percaya diri, serta menurunnya performa atlet dalam pertandingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi interpersonal antara manajemen, pelatih, dan atlet dalam konteks meningkatkan motivasi berprestasi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode naratif, di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Validitas data diperkuat dengan triangulasi sumber dari tiga pihak utama yakni manajemen, pelatih, dan atlet. Analisis dilakukan dengan mengikuti model Miles dan Huberman, mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan dua model komunikasi yang diterapkan, yaitu model interaktif dan model transaksional. Efektivitas komunikasi ini ditunjang oleh lima sikap utama: keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan, yang bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perkembangan tim. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi komunikasi yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi atlet, serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya mengenai peran komunikasi dalam olahraga tim.
Dampak dari Penerapan Metode Gaya Komando terhadap Permainan Bolabasket Muhammad Ferdi Hakim Siregar; Manalu, Nimrot; Barus, Annice Alemina Br; Sitepu, Imelda Br; Karo, Muhammad Nanda Natana Karo
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v14i5.1993

Abstract

Bolabasket merupakan salah satu olahraga yang banyak dimainkan oleh orang secara bersamaan sama seperti permainan lainnya seperti sepakbola dan bolavoli. Metode gaya komando merupakan salah satu pendekatan yang sering diterapkan oleh pelatih maupun guru dalam pelatihan olahraga, termasuk permainan bolabasket. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari penerapan metode gaya komando dalam permainan bolabasket. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, dengan mengumpulkan referensi yang berhubungan dengan variabel penelitian. Dampak dari penerapan metode komando ini dalam proses pembelajaran gerakan dasar pada bolabasket sangat baik dan efektif karena pengajaran jenis perintah ini mempunyai kelebihan dalam hal yang efisiensi, kedisiplinan, dalam hal proses pengajaran, metode komando mempunyai keunggulan bahwa tidak memerlukan terlalu banyak pengetahuan tentang bahan ajar, pelatih mempunyai kendali penuh terhadap arus informasi dan menggunakan waktu dengan relatif efektif.
Peran Psikologi Olahraga dalam Meningkatkan Kinerja Atlet Bulutangkis Simandjuntak, Christin Natalia; Dwi Hanum; Saputri, Nurwan
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v14i5.1997

Abstract

Bulutangkis adalah olahraga populer di Indonesia dan dunia yang kinerjanya dipengaruhi oleh aspek fisik, teknik, dan psikologis. Psikologi olahraga, seperti motivasi, konsentrasi, dan manajemen stres, berperan penting dalam membantu atlet mengatasi tantangan di lapangan dan meningkatkan performa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran psikologi olahraga dalam meningkatkan kinerja atlet bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode literature review untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan dengan topik psikologi olahraga dan kinerja atlet bulutangkis. Referensi yang dipilih berasal dari jurnal nasional dan internasional yang terbit dalam 5 tahun terakhir. Dari 50 referensi awal, 25 referensi diseleksi berdasarkan relevansi, kredibilitas, dan kontribusi teoritis terhadap analisis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi olahraga berperan penting dalam meningkatkan kinerja atlet bulutangkis melalui manajemen stres, motivasi, dan pengembangan kepercayaan diri. Teknik seperti relaksasi dan visualisasi membantu atlet mengelola tekanan kompetisi dan meningkatkan performa di lapangan. Penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman mendalam tentang peran psikologi olahraga dalam meningkatkan kinerja atlet bulutangkis, khususnya dalam manajemen stres, motivasi, dan kepercayaan diri. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pelatih dan atlet untuk mengimplementasikan teknik psikologis yang efektif dalam persiapan kompetisi.
Upaya Meningkatkan Ketepatan Passing Bawah dalam Permainan Bolavoli Melalui Model Latihan Drill Komalasari, Icha; Budi, Budi
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v14i5.2022

Abstract

Passing bawah merupakan teknik dasar dalam permainan bolavoli yang wajib dikuasai oleh setiap pemain dan membutuhkan suatu bentuk latihan yaitu melalui latihan drill. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latihan drill terhadap kemampuan teknik passing bawah bolavoli. Dengan permasalahan yang ditemukan di SDN 2 Sukarapih adalah ketika siswa melakukan teknik passing bawah bolavoli masih belum tercapai. Maka dari itu penulis ingin meneliti untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh latihan drill terhadap kemampuan teknik passing bawah bolavoli. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan rancangan pre experimental design one gorup pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat tes ukur passing bawah bolavoli. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan uji descriptive statistic untuk mengetahui nilai rata-rata, uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian memiliki rata-rata pre-test 27.25 dan post-test 37.08. Kemudian hasil dari uji hipotesis menggunakan uji paried sample T-test nilai signitifikan 0.000, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signitifikan dari latihan drill pada ketepatan passing bawah bolavoli.
Analisis Kualitas Hidup Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Luar Biasa Armanjaya, Satria; Ramadhan, Ziko Fajar; Sari, Felinda; Gumay, Jovana Renaldy; Wiyata, Isnan Rahmat; Akbar, M Fadli
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v14i5.2027

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama sebagai peserta didik pada umumnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kualitas hidup anak berkebutuhan khusus terhadap pembelajaran pendidikan jasmani. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik perhitungan statistik persentase. Sample pada penelitian ini sejumlah 100 responden anak berkebutuhan khusus. Pengambilan data menggunakan kuesioner Word Health Organization Quality of Life (WHOQOL)-BREF terdiri dari 26 pertanyaan yang di bagi menjadi 4 domain penilaian indeks kualitas hidup. Hasil penelitian ini didapat domain fisik di dapat dari 100 siswa, 59 siswa hasil persentase 59% kategori baik, Domain psikologi 40 siswa hasil persentase 40% kategori sangat baik, Domain Hubungan sosial 43 siswa hasil persentase 43% kategori sangat baik, Domain lingkungan 35 siswa hasil persentase 35% kategori sangat baik, dengan hasil yang didapat dari kuisioner terdiri dari 4 domain mendapatkan hasil rata rata baik. Kesimpulan penelitian, siswa berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah khusus dapat menjalani kehidupan yang lebih baik jika mereka menerima instruksi pendidikan jasmani yang tepat.
Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Passing Permainan Bolabasket Hita, I Putu Agus Dharma; Dewi, Komang Ayu Krisna; Pambayu, Septadi Hanif
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v14i5.2045

Abstract

Kemampuan passing dalam permainan bolabasket merupakan keterampilan motorik dasar yang sangat penting, namun hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan passing peserta didik di Golden Basketball Academy, Jembrana, Bali, masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan passing tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain pretest-posttest one group, di mana 21 peserta didik diberikan perlakuan berupa pembelajaran passing menggunakan pendekatan berbasis masalah selama 12 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan passing sebelum dan sesudah perlakuan, dan dianalisis menggunakan uji statistik Paired Sample T-Test dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan passing peserta didik setelah diberikan pembelajaran berbasis masalah, dengan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan passing pada peserta didik, yang menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat diimplementasikan secara lebih luas dalam konteks pendidikan jasmani dan olahraga. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang bagaimana metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan motorik dasar pada anak-anak. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi penerapan pembelajaran berbasis masalah pada keterampilan olahraga lainnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 5 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 6 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 6 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 13 No. 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 12 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 12 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 11 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 10 No. 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 10 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 10 No. 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 9 No. 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 9 No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 9 No. 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 8 No. 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 8 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 7 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 7 No. 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKANOLAHRAGA Vol. 7 No. 1 (2017): JURNAL PENDIDIKANOLAHRAGA More Issue