cover
Contact Name
Rabwan Satriawan
Contact Email
jurnalolahragatsb@gmail.com
Phone
+6282323898556
Journal Mail Official
jurnalolahragatsb@gmail.com
Editorial Address
STKIP Taman Siswa Bima Jalan Pendidikan Taman Siswa Bima No. 1 Palibelo, Bima - NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880324     EISSN : 26850125     DOI : https://doi.org/10.37630/jpo
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olahraga is published by STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga are open national scientific journals that collect and disseminate research manuscripts and literature review/articles in the fields of physical education, sports, and health. Multilateral journal specifically concerns on main problem in the critics, analysis, evaluation, and development of physical edcutaion, sport, and health field, namely: SPORTS SCIENCE PHYSICAL EDUCATION SPORTS TOURISM TRADITIONAL SPORTS SPORTS BIOMECANICS SPORT HEALTH SPORTS PSYCHOLOGY SPORTS NUTRITION
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA" : 10 Documents clear
Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Smash Bolavoli Akhmady, Alief Lam; Adam, Syahril
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i1.2211

Abstract

Smash dalam permainan bolavoli merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mencetak poin dalam setiap pertandingan. Namun, kemampuan setiap pemain dalam melakukan smash bervariasi, hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, faktor-faktor tersebut diantaranya adalah dayak ledak otot tungkai, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi daya ledak otot tungkai terhadap smash bolavoli pada siswa kelas X SMA Al-Kharat Labuha. Penelitian dilakukan pada X SMA Al-Kharat Labuha karena mempertimbangkan partisipasi siswa putra dalam setiap kegiatan ekstra dan non ekstra kurikuler sekolah mendapat perhatian dan antusias yang lebih. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa putra SMA Al-Kharat Labuha yang berjumlah 34 siswa. Instrumen pada penelitian ini tes vertical jump dan tes kemampuan smash bolavoli. Teknik pengumpulan data adalah tes dan pengukuran. Teknik analisis data uji korelasi sederhana dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai r adalah 0,484 dan nilai signifikansi (Sig.) mencapai 0,004 < α 0,05, dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotisis yang diajukan diterima, yang menunjukan adanya kontribusi daya ledak otot tungkai terhadap smash bolavoli pada siswa kelas X SMA Al-Khairat Labuha menunjukan hasil yang menarik. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan terdapat kontribusi yang signifikan daya ledak otot tungkai terhadap smash bolavoli pada siswa kelas X SMA Al-Khairat Labuha.
Implementasi Model Pembelajaran Culturally Responsive Teaching pada Mata Pelajaran PJOK Kelas VII SMP Harfia, Amira Zerlin; Kusumawardana, Buyung
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i1.2380

Abstract

Penelitian di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Hal ini disebabkan karena aktivitas pembelajaran yang diberikan oleh guru seringkali bersifat monoton sehingga membuat peserta didik bosan dan berpengaruh pada minat belajar peserta didik. Penelitian dilakukan agar diketahui peningkatan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 15 Semarang. Aktivitas pembelajaran dilakukan dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Cultural Responsive Thingking (CRT) materi Bola Basket yaitu menggunakan budaya daerah yang ada di kota Semarang. Budaya yang digunakan dalam pembelajaran yaitu menggunakan Bahasa Semarangan dan menyanyikan lagu daerah. Siswa reguler dan juga khususnya bagi ABK dapat berjalan dengan lancar. Dalam menerapkan metode pembelajaran ini pada mata Pelajaran PJOK, dapat mengajarkan peserta didik untuk melestarikan budaya daerah. Sehingga dengan hal tersebut guru bisa lebih kreatif dan inovatif dalam membuat metode dan pendekatan pembelajaran agar semua siswa dapat paham terhadap materi yang diajarkan. Kesimpulan dari implementasi pendekatan Cultural Responsive Thingking (CRT) bagi siswa dalam materi bola basket kelas VII SMP Negeri 15 Semarang tahun ajaran 2024/2025 adalah siswa dapat mengikuti pembelajaran PJOK materi bola basket dengan menggunakan budaya daerah yaitu bahasa daerah “Semarangan” dan menyanyikan lagu daerah bersama teman dan guru.
Pengaruh Screen Time terhadap Kemampuan Motorik Siswa SMP Sakinah, Atika Nur; Indahwati, Nanik
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i1.2388

Abstract

Era digital yang semakin meningkat dengan penggunaan perangkat elektronika misalnya gawai, laptop, dan komputer tidak bisa dilepaskan pada kehidupan sehari-hari pada semua kalangan, termasuk pada kalangan remaja. Meskipun menaruh kemudahan akses berita dan hiburan, peningkatan waktu layar diduga bisa berdampak negatif terhadap aspek fisik, salah satunya yaitu kemampuan motorik. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh antara screen time terhadap kemampuan motorik di SMP Negeri 23 Surabaya. Metode penelitian ini dengan Cross Sectional Study, menggunakan sampel sebanyak 129 anak dengan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian dari uji korelasi menunjukkan antara screen time dan standing board jump memiliki kolerasi dengan nilai koefisien korelasi -0,170 pada signifikasi <0,01. Standing board jump dengan zig-zag run dengan skor (-0,711; p<0,01) dan medicine ball put (0,60; p< 0,01). Yang artinya screen time tidak berkolerasi secara langsung dengan kelincahan dan kekuatan tubuh bagian atas. Dari hasil penelitian menunjukkan korelasi antara screen time terhadap kekuatan tubuh bagian bawah pada usia remaja. Didapatkan nilai signifikasi p=0,000. Dengan tingkat korelasi bernilai r = -0,170 yaitu bernilai negatif yang artinya semakin meningkat nilai dari variabel bebas “screen time” maka nilai variabel terikat “kemampuan motorik” menurun.
Pengaruh Aktivitas Fisik terhadap Kesahatan Mental Siswa SMP Anggiana, Yustika; Indahwati, Nanik
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i1.2389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas fisik terhadap kesehatan mental siswa SMP Lab School Unesa. Aktivitas fisik yang dilakukan siswa mencakup olahraga terstruktur seperti pola permainan lapangan dan game online. Aktivitas bermain diluar jam pelajaran seperti ekstrakurikuler bola voli, sepak bola ataupun basket. Metode: Penelitian ini menggunakan metode cluster sampling, Sampel ini terdiri dari 90 siswa. Data aktivitas fisik dikumpulkan melalui kuesioner International Physical Activity Questionnaire (IPAQ), Sedangkan data kesehatan mental dikumpulkan menggunakan kuesioner The Mental Health Quality of Life Questionnaire-MHQoL. Analisis statistik menggunakan uji non parametrik,yaitu Uji Man-Whitney U. Hasil secara statistik menunjukan (0,667 > 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa aktifitas fisik saja tidak secara langsung dapat menyebabkan kesehatan mental menjadi meningkat di SMP Lab School Unesa.
Pengaruh Latihan Bola Gantung terhadap Kestabilan Servis Atas Sepak Takraw Suprianto, Suprianto; Darminto, Andi Ogo; Rijaluddin, Khalid
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i1.2418

Abstract

Sepak takraw merupakan salah satu permainan beregu yang perlu banyak latihan terutama dalam melakukan servis, hal ini dikarenakan terdapat beberapa tekong yang masih kurang maksimal dalam melakukan servis atas mengakibatkan bola terkadang tidak tepat sasaran, sehingga perlunya latihan terutama menggunakan bola gantung untuk mendapat teknik servis yang baik. Peneliti berasumsi melakukan penelitian untuk menindaklanjut apakah terdapat pengaruh menggunakan bola gantung terhadap kestabilan servis atas sepak takraw. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan teknik pengumpulan data berupa Pre-test dan Post-Test, serta analisis data berupa statistik deskriptif dan analisis data inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Paired sampel test. Sampel penelitian ini diambil sesuai Random sampling yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan olahan data SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa setelah memberikan perlakuan didapatkan nilai rata rata sebesar 44,9 berada pada kategori cukup. Sehingga dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bola gantung terhadap kestabilan servis atas sepak takraw atlet PSTI Bone.
Hubungan antara Kondisi Ekonomi Siswa dengan Hasil Belajar Olahraga Siswa Syahid, Wildan Shofarrizqa; Hendrayana, Yudy; Cariswan, Cariswan; Hambali, Burhan
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i1.2519

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat indeks pembangunan olahraga siswa di MTs di Jawa Barat dilhat dari kondisi ekonomi siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan melibatkan 266 siswa MTs se-Jawa Barat sebagai partisipan, terdiri dari 157 siswa laki-laki (59%) dan 109 siswa perempuan (41%), dengan rentang usia antara 13 hingga 16 tahun. Data dikumpulkan melalui angket atau kuesioner dan menggunakan teknik sampling jenuh serta analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan peralatan olahraga yang dibeli cukup tinggi, dengan 62% partisipan mengeluarkan nilai 166, sementara 38% siswa mengalami keterbatasan finansial dengan nilai 100 dari total sampel 266 siswa. Rata-rata pengeluaran untuk membeli kebutuhan olahraga adalah kurang dari 200 ribu rupiah, dimana 50% siswa menunjukkan nilai di bawah angka tersebut; perlengkapan yang paling banyak dibeli adalah sepatu (31%), diikuti dengan pembayaran untuk tempat latihan (26%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kondisi ekonomi berhubungan dengan kegiatan olahraga di MTs di Jawa Barat masih tergolong rendah.
Pengembangan Model Permainan Kebugaran Jasmani Siswa SMP Asnando, Asnando; Basuki, Basuki; Anggraeni, Dwi Cahyati; Wahyudi, Ade
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i1.2537

Abstract

Penelitian pengembangan model permainan kebugaran jasmani siswa SMP kelas VIII di Kabupaten Banyuwangi memiliki tujuan untuk mengetahui apakah dapat digunakan pada proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan model prosedural yakni model pengembangan (R&D) dari Borg dan Gall dengan tahapan 9 tahapan yaitu; Pengumpulan informasi, (2) Mengembangkan produk, (3) Evaluasi ahli permainan dan 3 orang guru, (4) Uji coba kelompok kecil di SMPN 1 Srono, (5) Revisi model permainan, (6) Uji coba yang dilakukan pada kelompok besar di 3 Sekolah SMPN di area Srono Kabupaten Banyuwangi, (7) Uji kepraktisan, (8) Revisi produk akhir, (9) Produk akhir. Jenis data penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Adapun instrumen untuk memperoleh data menggunakan non tes dan kuesioner (skala likert). Teknik analisis data pada penelitian dan evaluasi yang dilakukan oleh para ahli untuk uji coba produk adalah metode analisis kuantitatif dan kualitatif dalam bentuk persentase. Uji coba penelitian dilakukan di 3 sekolah SMPN Negeri kelas VIII yang berada di Kabupaten Banyuwangi. Hasil data penelitian yang diperoleh diantaranya, hasil data ahli permainan diperoleh presentase 89,58% yang dinyatakan “sangat valid”, hasil tinjauan praktisi diperoleh presentase 82,29% (sangat valid), dan 4,09 bermakna tinggi untuk tingkat keterlaksanaan. Hasil uji kelompok kecil yang diperoleh sebesar 80,51% (sangat valid), dan hasil uji kelompok besar diperoleh presentase 90,5% (sangat valid). Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa model permainan kebugaran jasmani siswa SMP kelas VIII valid dan dapat digunakan.
Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Bolavoli As Sidiq, Ulil Albab; Sumantri, Riyan Jaya
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i1.2542

Abstract

Kemampuan motorik kasar merupakan aspek penting dalam perkembangan anak yang dapat ditingkatkan melalui olahraga, salah satunya melalui pelaksanaan permainan bolavoli. Sedangkan diketahui pada MI Nurul Iman, hasil belajar atas kemampuan motorik kasar yang dimiliki oleh para peserta didiknya masih terbilang rendah. Hal ini kemudian membuat peneliti merumuskan penelitian yang pelaksanaannya ditujukan untuk mampu memperoleh hasil belajar motorik kasar pada peserta didik kelas 4 di MI Nurul Iman, sekaligus meningkatkannya, yang proses pelaksanaannya menggunakan pelaksanaan melalui permainan bolavoli. Dalam penelitian berikut, peneliti memanfaatkan pengamalan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas), yang prosesnya dilaksanakan melalui pelaksanaan dua siklus, dimana pada masing-masing siklus dilaksanakan tahapan refleksi, perencanaan, observasi, dan pelaksanaan tindakan. Proses berjalannya penelitian ini dilaksnakan melalui perlehan data-data yang telah berhasil diperoleh selama masa observasi, dimana peneliti melakukan observasi atas aktivitas belajar peserta didik serta tes aspek pengetahuan, yang kemudian peneliti melaksanakan proses analisis dan data yang diperoleh juga turut dianalisis secara merinci dan deksriptif. Melalui proses analisis tersebut, peneliti mampu memperoleh hasil dimana model pembelajaran yang berlangsung saat mata pelajaran PJOK dilaksanakan, model pembelajaran tersebut mampu memberikan pengaruh dan meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. Jika dilihat dari aspek sikapnya pada siklus 1 dan 2, hampir seluruh peserta didik mencapai kategori ‘baik’ dan sisanya sebanyak 4 orang mencapai kategori ‘sangat baik’. Sedangkan pada aspek keterampilannya, peneliti mendapatkan hasil yang meningkat dari 60% dengan rata-rata 3 menjadi 100% dengan rata-rata 4,1. Dengan demikian, penerapan permainan bolavoli dalam pemebelajaran PJOK terbilang efektif untuk mampu memberikan pengaruh sekaligus meningkatkan hasil belajar para peserta didik kelas 4 MI Nurul Iman, pada segi kemampuan motorik kasar.
Revitalisasi Pendidikan Jasmani Menuju Indonesia Emas Saitya, Imaduddin; Muhadi, Muhadi
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i1.2551

Abstract

Rendahnya tingkat kebugaran jasmani menjadi salah satu hal bahwa belum tercapainya tujuan pendidikan jasmani di sekolah. Hal ini merupakan contoh tidak berdayanya olahraga sebagai instrumen pendidikan untuk membangun jiwa dan raga peserta didik sebagai sosok pribadi yang berkarakter. Tingkat kebugaran jasmani siswa menjadi salah satu indikator tujuan pendidikan jasmani yaitu sehat. Pendidikan Jasmani merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi sehat, bugar secara jasmani berbagai macam aktifitas fisik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Studi literatur merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui teori-teori yang akan dibahas. Pendidikan jasmani memiliki peranan penting dalam membangun sumber daya manusia yang sehat kuat dan bugar melalui proses pembelajaran yeng menekankan pada literasi fisik. Kebugaran jasmani hanya dapat ditingkatkan melalui aktifitas fisik yang teratur, terencana dan terkukur serta berkelanjutan. Keberhasilan proses pembelajaran pendidikan jasmani dapat dilihat dari seberapa banyak partisipasi siswa dalam melakukan aktifitas fisik olahraga diluar waktu sekolah.
Hubungan Panjang Tungkai dan Daya Ledak Otot Kaki terhadap Kemampuan Berubah Arah pada Atlet Bolabasket Aziz, Muhammad Ivan Miftahul; Irawati, Andi Febi
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i1.2584

Abstract

Kemampuan berubah arah (Change of Direction) merupakan faktor penting dalam performa atlet bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara panjang tungkai dan daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan berubah arah pada atlet bola basket BKMF FIK UNM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional pada 30 atlet. Pengukuran dilakukan dengan uji panjang tungkai, Vertical Jump Test untuk daya ledak otot tungkai, dan Illinois Agility Test untuk mengukur kemampuan berubah arah. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa panjang tungkai memiliki hubungan negatif signifikan dengan kemampuan berubah arah (CoD) (r = -0.384, p = 0.018), sedangkan daya ledak otot tungkai memiliki hubungan negatif lebih kuat dengan kemampuan berubah arah (r = -0.646, p = 0.000). Analisis regresi menunjukkan bahwa panjang tungkai dan daya ledak otot tungkai bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap kemampuan berubah arah (CoD) (R² = 0.521, F = 14.694, p = 0.000). Dari koefisien regresi, diketahui bahwa daya ledak otot tungkai memiliki pengaruh lebih besar terhadap kemampuan berubah arah (CoD) dibandingkan panjang tungkai (β = -0.614, p = 0.000 vs. β = -0.324, p = 0.023). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa daya ledak otot tungkai merupakan faktor utama dalam menentukan kemampuan berubah arah, sementara panjang tungkai juga berpengaruh tetapi dalam skala yang lebih kecil. Oleh karena itu, dalam program latihan atlet bola basket, fokus utama sebaiknya diberikan pada pengembangan daya ledak otot tungkai melalui latihan eksplosif seperti plyometrics untuk meningkatkan kemampuan berubah arah (CoD).

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 5 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 6 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 6 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 13 No. 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 12 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 12 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 11 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 10 No. 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 10 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 10 No. 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 9 No. 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 9 No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 9 No. 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 8 No. 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 8 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 7 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 7 No. 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 7 No. 1 (2017): JURNAL PENDIDIKANOLAHRAGA Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKANOLAHRAGA More Issue