cover
Contact Name
Mohamad Roisul Basyar
Contact Email
jurnalgemahripah@gmail.com
Phone
+6282231417458
Journal Mail Official
jurnalgemahripah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nginden Intan Timur XV No. 11 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis
ISSN : -     EISSN : 30218241     DOI : -
Core Subject : Economy,
GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis e-ISSN 3021-8241 diterbitkan oleh Departemen Aksiologi, KELOMPOK KOMUNITAS LABORATORIUM PENELITIAN, yang berkantor di Jl. Nginden Intan Timur XV No. 11 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Phone: WA: +62 813-5938-4011, Email: jurnalgemahripah@gmail.com. Sebagai media komunikasi dan diseminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Bisnis; Manajemen; Sumber Daya; Marketing; Akuntansi; dan Pembangunan. Redaksi GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, e-ISSN 3021-8241 sangat terbuka menerima artikel dan resensi buku terkait ruang lingkup kami di bidang Bisnis.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 01 (2024): EKONOMI DAN BISNIS" : 6 Documents clear
OPTIMALISASI STRATEGI DIGITAL MARKETING GRAHA OFFICE: MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MELALUI SOCIAL MEDIA OPTIMIZATION (SMO) DAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) DI PT OTAK KANAN Putri, Dwi; Pratiwi, Ni Made Ida
ECONOMOS Vol 4 No 01 (2024): EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : KELOMPOK KOMUNITAS LABORATORIUM PENELITIAN (COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/grjb.v4i01.1500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan strategi pemasaran digital di PT Otak Kanan, khususnya dalam konteks Graha Office, dengan fokus pada peningkatan kesadaran merek melalui penerapan Social Media Optimization (SMO) dan Search Engine Optimization (SEO). Metode penelitian meliputi analisis mendalam terhadap platform media sosial yang digunakan dan penerapan teknik-teknik SEO yang relevan dalam meningkatkan visibilitas dan interaksi online. Dalam konteks eksperimen, integrasi strategi SMO dan SEO diterapkan untuk mengukur dampaknya terhadap meningkatnya kesadaran merek perusahaan. Temuan menunjukkan bahwa sinergi antara SMO dan SEO secara signifikan memperkuat eksposur merek di ranah digital, meningkatkan interaksi pelanggan, dan memperluas jangkauan pasar PT Otak Kanan di Graha Office. Penelitian ini memberikan wawasan strategis yang penting bagi PT Otak Kanan untuk menyempurnakan strategi pemasaran digitalnya, meningkatkan kesadaran merek, dan memperluas pangsa pasar melalui platform-platform online yang relevan.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS AGEN ASURANSI TERHADAP LOYALITAS NASABAH: Studikasus di BRILife Syariah Cabang Gatot Subroto Harahap, Muhammad Risalah; Rahma, Tri Inda Fadhila; Syahbudi, Muhammad
ECONOMOS Vol 4 No 01 (2024): EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : KELOMPOK KOMUNITAS LABORATORIUM PENELITIAN (COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/grjb.v4i01.1507

Abstract

Objek penelitian ini adalah BRILife Syariah Cabang Gatot Subroto.Permasalahan penelitian merujuk pada fenomena bisnis BRILife Syariah Cabang Gatot Subroto.Tujuan penelitian dirumuskan untuk menyelidiki pengaruh kualitas produk dan kualitas agen asuransi terhadap loyalitas nasabah.Metode Purposive Sampling telah dipilih untuk memperoleh data yang dibutuhkan pada studi ini.Penelitian ini menggunakan 99 orang responden dan keseluruhan responden adalah nasabah BRILife Syariah Cabang Gatot Subroto.Analisis data menggunakan program computer SPSS 16.0.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk jasa dan agen asuransi berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.Ini dilihat dari nilai koefesien determinasi (R2) sebesar 35% variabel loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan agen asuransi.Serta hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima.Kesimpulan akhir penelitian kualitas produk dan agen asuransi dapat direkomendasikan sebagai masukan bagi pihak perusahaan dalam mempertahankan loyalitas nasabah.
ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS LAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BAKSO SUGIK KECAMATAN SAMBIKEREP SURABAYA Inggit Gunwan, Kunto; Mataji, Mataji; Santoso, Sigit
ECONOMOS Vol 4 No 01 (2024): EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : KELOMPOK KOMUNITAS LABORATORIUM PENELITIAN (COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/grjb.v4i01.1574

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji analisis pengaruh dari variabel persepsi harga, kualitas layanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Bakso Sugik Kecamatan Sambikerep Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk dan seluruh konsumen yang datang lebih dari satu kali di Bakso Sugik Kecamatan Sambikerep.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dimana teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dengan menggunakan perhitungan SPSS versi 26. Hasil dari nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,542 yang artinya besar pengaruh signifikan Persepsi Harga (X1), Kualitas Layanan (X2), dan Kualitas Produk (X3) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) adalah 54,2% sedangkan sisanya sebesar 45,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian ini adalah Persepsi Harga, Kualitas Layanan, dan Kualitas Produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Persepsi Harga (X1), Kualitas Layanan (X2), dan Kualitas Produk (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada Bakso Sugik Kecamatan Sambikerep Surabaya.
ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA PETERNAK BABI DI KECAMATAN ENDE TIMUR KABUPATEN ENDE Agung, Atanasius; Gunawan, Kunto Inggit
ECONOMOS Vol 4 No 01 (2024): EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : KELOMPOK KOMUNITAS LABORATORIUM PENELITIAN (COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/grjb.v4i01.1611

Abstract

Objek penelitian ini adalah pemilik usaha peternak babi dikecamatan Ende Timur Kabupaten Ende. Permasalahan penelitian merujuk pada fenomena usaha peternak babi dikecamatan Ende Timur Kabupaten Ende.Permasalahan. Tujuan penelitian dirumuskan Untuk mengetahui usaha peternak babi di Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende layak untuk diusahakan ditinjau dari objek finansial. Metode wawancara dipilih untuk memperoleh data yang dibutuhkan pada studi ini. Penelitian ini menggunakan 6 orang informan dan keseluruhan informan adalah pemilik usaha ternak babi dikecamatan Ende Timur Kabupaten Ende. Analisis data menggunakan Analisis kelayakan usaha. Hasil dari penelitian ini menunjukkan analisis kelayakan finansial usaha ternak Babi di Kecamatan Ende Timur dengn menggunakan 3 aspek finansial yaiu Benefit Cost Ratio (B/C Ratio), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) dan Break event Point (BEP) menyatakan bahwa usaha ternak babi di kecmatan ende timur layak dikembangkan.Kesimpulan usaha ternak Babi di Kecamatan Ende Timur dinyatakan layak.
PENGARUH KEMISKINAN, STUNTING TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI JAWA TIMUR TAHUN 2019-2023 Syahputra, Muhammad Adievtama; Sitohang, Arga Christian
ECONOMOS Vol 4 No 01 (2024): EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : KELOMPOK KOMUNITAS LABORATORIUM PENELITIAN (COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/grjb.v4i01.1635

Abstract

Penelitian ini di tujukan untuk mengidentifikasi kemiskinan dan stunting terhadap indeks pembangunan manusia pada provinsi Jawa Timur. Di Jawa Timur terdapat 38 kabupaten kota sebagai objek untuk pengambilan data. Pada penelitian kali ini analisis yang di gunakan untuk pengujian instrumen adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda.Teknik pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji parsial (T) dan uji simultan (F). Pada penelitian kali ini di temukan keseluruhan variabel pada uji asumsi klasik 1. kedua regresi terbebas dari multikolinieritas 2. tidak terjadinya Heteroskedasitas 3. Residual model regresi berdistribusi secara menyebar dan normal.
PENGARUH VIRAL MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE THE ORIGINOTE DI SURABAYA Dwi Susanti, Dyah Ayu; Pratiwi, Ni Made Ida; Nasution, Ute Chairuz M.
ECONOMOS Vol 4 No 01 (2024): EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : KELOMPOK KOMUNITAS LABORATORIUM PENELITIAN (COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/grjb.v4i01.1650

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh viral marketing, electronic word-of-mouth (e-WOM), dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk skincare The Originote di Surabaya. Pertumbuhan pesat industri skincare di Indonesia dipicu oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan dan kesehatan kulit. The Originote, merek skincare lokal yang terkenal di media sosial, menarik perhatian karena produk berkualitas dengan harga terjangkau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen The Originote di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, e-WOM tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menekankan pentingnya strategi pemasaran digital yang efektif dan ulasan konsumen yang positif dalam mempengaruhi keputusan pembelian di pasar skincare yang kompetitif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran untuk perusahaan skincare, khususnya dalam memanfaatkan viral marketing dan e-WOM guna meningkatkan penjualan dan kepercayaan konsumen.

Page 1 of 1 | Total Record : 6