cover
Contact Name
Wufron
Contact Email
wufron@uniga.ac.id
Phone
+6282240045491
Journal Mail Official
jwa@fekon.uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang No. 52A Telp. (0262) 234857 Fax. (0262) 239126
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Knowledge Management
Published by Universitas Garut
ISSN : -     EISSN : 29645522     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jkm.v17i1
Core Subject : Economy, Science,
Journal of Knowledge Management is a scientific media aimed at helping accelerate the dissemination of scientific information regarding the development of science and research in the management field. Journal of Knowledge Management presents scientific articles, which are built based on research and conceptual frameworks in the development of accounting science as an analytical tool in decision making.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 2 (2023): Journal of Knowledge Management" : 4 Documents clear
Analisis Kesiapan UMKM Terhadap Smart Economy di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Elvania, Arinda; Susilawati, Wati; Prawitasari, Intan Tenisia
Journal of Knowledge Management Vol 17 No 2 (2023): Journal of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini tingkat kesiapan UMKM dan pengaruhnya terhadap Smart Economy. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kecamatan Banyuresmi dengan jumlah 910 dengan teknik pengambilan purposive sampling dengan rumus slovin dan sampel menjadi 90 UMKM atau usaha kecil di Kecamatan Banyuresmi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala interval dan diukur menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan metode TRI (Technology Readiness Index) serta menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan kesiapan UMKM berada pada tingkat high technology readiness yang memiliki arti bahwa pelaku UMKM di Kecamatan Banyuresmi siap dalam menghadapi dan beradaptasi dengan konsep smart economy. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan optimism, innovativeness, discomfort, dan insecurity berpengaruh terhadap smart economy baik secara simultan dan parsial. Untuk hasil hipotesis pertama terdapat pengaruh optimism terhadap smart economy, hipotesis kedua terdapat pengaruh innovativeness terhadap smart economy, hipotesis ketiga tidak terdapat pengaruh discomfort terhadap smart economy, hipotesis keempat terdapat pengaruh insecurity terhadap smart economy, hipotesis kelima terdapat pengaruh optimism, innovativeness, discomfort, dan insecurity terhadap smart economy di Kabupaten Garut Kecamatan Banyuresmi.
Pengaruh Service Quality, Customer Perception dan Price Terhadap Customer Satisfaction di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan Garut Febrianto, Daffa Falih; Setiawan, Rahyuniati; Cupiadi, Hedi
Journal of Knowledge Management Vol 17 No 2 (2023): Journal of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kabupaten Garut menawarkan pemandangan pegunungan dan keindahan alam yang menakjubkan, namun menghadapi tantangan dalam meningkatkan kapasitas layanan dan kepuasan pengunjung. Service Quality, Customer Perception, dan Price memiliki peran penting dalam menentukan Customer Satisfaction di tempat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan pengunjung terhadap ketiga faktor tersebut serta dampaknya terhadap Customer Satisfaction. Melalui pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif, melibatkan 100 responden pengunjung, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Partial Least Square – Structural Equation Modelling dengan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Service Quality berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction dengan menunjukkan bahwa layanan yang baik dapat secara signifikan meningkatkan kepuasan pengunjung. Customer Perception yang positif juga mempengaruhi Customer Satisfaction dengan menekankan bahwa bagaimana pengunjung memandang dan merasakan pengalaman mereka di tempat wisata ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan mereka. Selain itu, Price berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, menunjukkan bahwa harga yang dianggap sebanding dengan nilai yang diterima dapat meningkatkan kepuasan pengunjung. Implikasi dari penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk Taman Wisata Alam Gunung Papandayan dan untuk memajukan destinasi wisata di Kabupaten Garut secara keseluruhan.
Pengaruh Work-Life Balance Terhadap Produktivitas dengan Persepsi Dukungan Organisasi sebagai Variabel Mediasi Pada Tenaga Kerja Perempuan CV Budi Jaya Abadi Rosita, Iis; Budiman, Budiman; Muharam, Husni
Journal of Knowledge Management Vol 17 No 2 (2023): Journal of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sektor manufaktur memberikan kontribusi yang cukup besar pada perekonomian Negara. Industri tekstil dan garmen adalah bagian dari suatu pilar utama dan prioritas nasional yang terus bertambah sejalan dengan meningkatnya kebutuhan penduduk dan besarnya jumlah penduduk. Industri ini menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Keadaan ini mengakibatkan persaingan yang sangat ketat dalam industri garmen. Tantangan yang cukup berat, khususnya terkait dengan upaya meningkatkan daya saing dan produktivitas melalui pemberdayaan sumber daya manusia. Objek pada penelitian yaitu CV. Budi Jaya Abadi yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Garut yang berfokus pada industri manufaktur garmen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh mengetahui bagaimana pengaruh work-life balance terhadap produktivitas secara langsung dan tidak langsung yang dimediasi oleh variabel persepsi dukungan organisasi pada tenaga kerja perempuan di CV Budi Jaya Abadi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden tenaga kerja perempuan CV Budi Jaya Abadi dengan menggunakan metode probability sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan PLS-SEM. Hasil analisis menunjukan bahwa work-life balance berpengaruh pada produktivitas secara langsung akan tetapi tidak berpengaruh secara tidak langsung yang dimediasi oleh variabel persepsi dukungan organisasi pada tenaga kerja perempuan di CV Budi Jaya Abadi.
Dampak Membangun Personal Branding Terhadap Peluang Kerja Menggunakan LinkedIn dengan Metode Penekatan TAM (Technology Acceptance Models) Pada Alumni di Universitas Garut Utami, Wulan Sri; Susilawati , Wati; Roji, Fikri Fahru
Journal of Knowledge Management Vol 17 No 2 (2023): Journal of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi linkedin merupakan aplikasi yang saat ini popular sebagai aplikasi professional yang menampilkan berbagai informasi salah satunya mengenai peluang kerja, hal ini menjadikan aplikasi ini banyak diminati oleh seorang pencari kerja, aplikasi yang populer pada tahun 2010 ini mulai banyak diminati pengguna nya salah satunya alumni di Universitas Garut. Untuk mendapatkan akses peluang kerja di linkedin maka diperlukan sebuah personal branding yang baik. Penelitian ini menggunakan Teknik technology acceptance modelsd (TAM) untuk menyelidiki bagaimana pengembangan personal branding seseorang mempengaruhi prospek kerja dengan menggunakan aplikasi linkedin. Metode yang dilakukan merupakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif, data yang dikumpulkan sebanyak 100 responden dengan menyebarkan kuisioner kepada Alumni Universitas garut yang menggunakan Linkedin, data dikumpulkan melalui kuisioner yang dirancang berdasarkan kerangka kerja TAM yang mencakup persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, sikap terhadap penggunaan dan juga niat untuk menggunakan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data SEM-PLS. Hasil analisis menunjukan bahwa personal branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap peluang kerja di platform Linkedin menggunakan pendekatan TAM pada alumni di Universitas Garut.

Page 1 of 1 | Total Record : 4