cover
Contact Name
Rudi Abdullah
Contact Email
info@azramediaindonesia.com
Phone
+6285277555155
Journal Mail Official
rudiazra9140@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kijang Perumnas Poasia Blok B 31, Kelurahan Rahandouna. Kecamatan Poasia. Kota Kendari. Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Multidisipliner Kapalamada
ISSN : -     EISSN : 28284194     DOI : -
KAPALAMADA JURNAL MULTIDISIPLINER is a quarterly journal that is published in Maret, Juni, September, and Desember. KAPALAMADA JURNAL MULTIDISIPLINER seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities; Life Sciences; Health Science; Physical, Chemical Science and Engineering. The Journal invites original Research Papers, Review articles, Technical or Case reports and Short communications that are not published or not being considered for publication. This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. Jurnal Multidisipliner Kapalamada seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities: Arts and Humanities, Business Management, Hotel Management, Management, Tourism, Accounting, Decision Science, Education, Economics, Law, Finance, Psychology, Political Science, Physical Education, English Literature, Social Work and History. Life Sciences: Agricultural, Biological Sciences, Biotechnology, Biochemistry, Genetics, Molecular Biology, Environmental Science, Ecology, Arachnology, Biodiversity and Conservation, Entomology, Limnology, Ichthyology, Malacology, Immunology and Microbiology, Neuroscience, Marine Biology. Health Science: Medicine and Dentistry, Nursing and Health Professions, Pharmacology and Toxicology, Pharmaceutical Science, Veterinary Science, Veterinary Medicine. Physical, Chemical Science and Engineering: Chemical Engineering, Chemistry, Computer Science, Earth and Planetary Science, Energy, Mathematics, Physics and Astronomy, Engineering, Material Science, Statistics. The Journal invites original Research Papers, Review articles, Technical or Case reports and Short communications that are not published or not being considered for publication.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 02 (2023): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA" : 9 Documents clear
ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA GAUL KE DALAM BAHASA INDONESIA DIKALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR Jadidah, Ines Tasya; Tazkia, Najah; Agustin, Dela; Isnaini, Fitriah; Dita, Etiara Neva
Jurnal Multidisipliner Kapalamada Vol. 2 No. 02 (2023): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA
Publisher : Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62668/kapalamada.v2i02.409

Abstract

Dalam arus globalisasi pada saat ini pengaruh bahasa asing terlebih utama bahasa gaul yang digunakan oleh anak-anak zaman sekarang. Indonesia sendiri ialah negara yang mempunyai pulau-pulau besar dan banyak. Maka dari itu Indonesia tergolong dalam negara yang mempunyai banyak suku, bangsa dan Bahasa. Bahasa dapat kita pahami sebagai sarana atau alat untuk berkomunikasi, mengungkapkan pemikiran atau perkataan seseorang atau kelompok. Namun penggunaan bahasa asing atau bahasa gaul semakin merajalela seiring dengan kemajuan teknologi masa kini, hal ini karena hegemoni yang telah ada dimana-mana dan hampir menyentuh segala aspek pemakaian Bahasa Indonesia. Hal ini tidak dapat didiamkan saja karena mampu merusak eksistensi dalam perkembangan Bahasa Indonesia. Untuk itu, sikap positif dari masyarakat Indonesia harus didorong untuk tetap loyal terhadap Bahasa nasionalnya. Penelitian yang digunakan yakni dengan metode kualitatif. Melalui hasil penelitian ini diharapkan mampu menciptakan kesadaran bagi masyarakat supaya menjunjung tinggi bahasa Indonesia yang merupakan identitas bangsa.
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Adelia, Masayu; Wulandari, Retno
Jurnal Multidisipliner Kapalamada Vol. 2 No. 02 (2023): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA
Publisher : Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62668/kapalamada.v2i02.431

Abstract

Proses pendidikan anak usia dini tidak terlepas dari peran pendidik dan tenaga kependidikan yang melakukan proses pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan anak. Maka dari itu, pendidik dan tenaga kependidikan menentukan mutu pendidikan untuk anak sehinga diperlukan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkompeten. Artikel ini bertujuan agar lembaga PAUD yang akan melakukan penerimaan pendidik dan tenaga kependidikan yang baru haruslah memenuhi standar yang ditentukan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai dengan indicator perkembangan anak. Metode yang digunakan yaitu kualitatif jenis studi literatur dengan mengumpulan data dari berbagai sumber seberti buku,jurnal, karya ilmiah dan sumber lainnya yang berhubungan dengan topik pembahasan. Hasil yang diperoleh bahwa pendidik maupun tenaga kependidikan memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi tersendiri. Pendidik terdiri atas Guru PAUD minimal Diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1), Guru pendamping minimal Diploma dua (D-II), dan guru pendamping muda minimal lulusan sekolah menengah atas (SMA) yang mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Sedangkan tenaga kependidikan terdiri atas pengawas/pemiliki satuan PAUD minimal Diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1), Kepala satuan PAUD seperti guru PAUD untuk formal dan guru pendamping untuk non-formal serta Tenaga Administrasi minimal lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mencakup kompetensi kepribadian, kompeteni sosial, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi penelitian dan pengembangan, kompetensi supervisi akademik dan kompetensi evaluasi pendidikan.
PENGELOLAAN PEMASARAN KELOMPOK BERMAIN Yuniarti, Rizkia; Wulandari, Retno
Jurnal Multidisipliner Kapalamada Vol. 2 No. 02 (2023): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA
Publisher : Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62668/kapalamada.v2i02.432

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengelolaan pemasaran di lembaga Kelompok Bermain. Pada zaman sekarang lembaga pendidikan dituntut harus bisa bersaing dengan baik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai konsumen dalam bidang  jasa pendidikan. Oleh sebab itu pengelolaan pemasaran lembaga kelompok bemain harus dikelola dengan sebenar-benarnya agar dapat bersaing dengan lembaa pendidikan lainnya Dalam pengelolaan pemasaran pendidikan terdapat bauran (alat) pemasaran jasa pendidikan yaitu: produk, harga, tempat/lokasi, promosi, sumber daya manusia, nukti fisik (sarana prasarana). Sedangkan strategi pemasaran pendidikan yaitu: Strategi produk, strategi biaya dan distribusi informasi. Pemasaran lembaga KB menggunakan media poster, brosur dan iklan cetak, yang menjadi target atau konsumen yaitu orang tua yang memiliki anak usia 3-4 tahun. Dalam hal ini pemasaran bukan dilakukan untuk mencari keuntungan finansial yang berakhir pada kebutuhan komesrsil pendidikan. Akan tetapi dilakukan semata-mata untuk layanan pendidikan sejak usia dini di lembaga Kelompok Bermain suatu wilayah terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, tujuan dari pemasaran lembaga Kelompok Bemian ini ialah sosialisasi pogram dan pentingnya memberi layanan pendidikan pada anak-anak sejak usia dini. Mengingat Kelompok Bermain juga termasuk sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yaitu memberikan layananan pendidikan untuk anak dari usia 3 sampai 4 tahun (Usia Prioritas). Dengan pandangan lembaga Kelompok Bermain sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa maka pelaksanaan proses penyelenggaraan  secara profesional dan tentunya dapat dipertanggung jawabkan kepada khalayak masyarakat.
PENGELOLAAN HUBUNGAN MASYARAKAT DI KELOMPOK BERMAIN Aryanti, Aryanti; Wulandari, Retno
Jurnal Multidisipliner Kapalamada Vol. 2 No. 02 (2023): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA
Publisher : Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62668/kapalamada.v2i02.433

Abstract

Hubungan Masyarakat berperan penting apabila perannya sesuai dan terlaksana dengan baik.Hubungan masyarakat di lembaga pendidikan terutama di Kelompok Bermain memiliki posisi yang strategis untuk membentuk opini masyarakat umum atau membentuk kerja sama yang tidak mengikat dengan berbagai pihak. Pendapat dan kerjasama masyarakat yang positif, diharapkan akan muncul adanya suatu pengertian, dan kemauan menerima  maksud dan tujuan dari adanya Kelompok Bermain di masyarakat. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis library research. Yaitu metode yang menciptakan data yaitu tulisan ataupun perkataan dan tingkah laku seseorang yang diamati dalam kondisi tertentu. Kemudian untuk teknik pengumpulan datanya dilakukan  dengan mencari  bahan dari berbagai sumber baik dari artikel ilmiah, buku, jurnal ataupun literatur lainnya. Hubungan masyarakat itu sendiri merupakan suatu kegiatan yang membantu mengembangkan hubungan baik didalam suatu lembaga baik dari segi publik internal ataupun eksternalnya. Hubungan Masyarakat itu sendiri yang membangun hubungan yang baik dengan masyarakat lain, untuk mendapatkan apa yang diinginkan, membangun citra, menghadapi rumor, berita dan juga kejadian yang tidak diinginkan. Humas juga mempunyai fungsi sebagai publikasi, yaitu orang yang mendapat tugas untuk mempublikasikan hasil dari aktivitas-aktivitas dari sekolah ke masyarakat. Sehingga dapat membantu membangun  koneksi yang baik dari sekolah yang mewakili dengan masyarakat, melaksanakan kerjasama dan sikap saling menghormati antar sekolah dengan masyarakat.
MEDIA PEMBELAJARAN DI KELOMPOK BERMAIN Sari, Lia Dian; Wulandari, Retno
Jurnal Multidisipliner Kapalamada Vol. 2 No. 02 (2023): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA
Publisher : Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62668/kapalamada.v2i02.442

Abstract

Media pembelajaran yang di gunakan oleh guru saat melakukan proses belajar mengajar memberikan pengalaman yang baik untuk anak. Artikel ini memaparkan, dan melihat apakah media pembelajaran yang di siapkan oleh guru dapat meningkatkan minat belajar anak serta melihat apakah media pembelajaran ini memiliki fungsi utama dari media pembelajaran,seberapa pentingnhya media pembelajaran dalam proses belajar, karena kita ketahu bahwasanya anak usia dini itu cendrung mudah bosan saat belajar dan kita ketahui juga bahwasanya anak usia dini itu identik dengan belajar sambil bermain bahkan terkadang jika salah dalam pemilihan media pembelajaran untuk anak saja itu bisa berdampak bagi anak oleh karena itu la pentingnya mempelajari media pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunkan metedo library research. Proses belajar mengajar menggunkan media pembelajaran ini memberikan dampak yang positif dan memberikan manfaat yang baik bagi anak di karena dengan belajar menggunkan media pembelajaran yang menarik dapat mempermudah anak dalam menerima serta menginggat pembelajaran yang telah di berikan oleh guru sehingga dalam proses belajar mengajar tersut apa bila anak suda mengingat dan mamahami pembelajaran yang di berikan oleh guru, dapat di katan pemberan materi sudh berjalan dengan baik sesaui apa yang di rencanakan oleh guru.  Anak akan semanggat belajar serta dari media ini juga mempermuda guru untuk menyampaikan materi yang telah di siapkan.
PENGELOLAAN KELAS PADA KELOMPOK BERMAIN (KB) Larasati, Woro Endah; Wulandari, Retno
Jurnal Multidisipliner Kapalamada Vol. 2 No. 02 (2023): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA
Publisher : Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62668/kapalamada.v2i02.518

Abstract

mendukung kualitas hasil pembelajaran anak oleh karena itu pendidik harus mempunyai peran dan kompetensi. Pengelolaan lingkungan sekolah yang menjadi tempat anak mengembangkan kemampuannya perlu dikelola sedemikian rupa supaya pembelajaran dapat di lakukan dengan baik. artikel ini membahas cakupan pengelolaan kelas yang menjadi faktor dari keberhasilan pembelajaran dalam suasana kelas yang mendukung kesesuaian penataan ruang kelas sebagai tujuan capaian kegiatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan metode library research (penelitian kepustakaan). Artikel ini di landaskan pada informasi bersifat ilmiah yang di dapat dari jurnal penelitian dan buku yang berisi tentang pengelolaan kelas pada kelompok bermain (KB). Pengumpulan data di lakukan dengan memilih artikel ilmiah dalam jurnal online dengan menggunakan website google scholar dan mengacu pada sketsa yang di teliti tanpa harus terjun langsung kelapangan. Pengelolaan kelas tentunya harus ada beberapa yang perlu di ketahui terlebih dahulu agar menciptakan suasana kelas yang baik. Pengelolaan kelas penting di lakukan agar terciptanya suasana kelas yang baik demi keberlangsungan pembelajaran, pengelolaan kelas yang di mulai dari memperhatikan prinsip, bentuk kelas, serta ruang lingkup akan membantu terciptanya suasana kelas yang nyaman bagi anak dan membantu pengembangan kemampuannya.
PENGELOLAAN PROSES PEMBELAJARAN DI KELOMPOK BERMAIN Agustini, Annisa’A; Wulandari, Retno
Jurnal Multidisipliner Kapalamada Vol. 2 No. 02 (2023): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA
Publisher : Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62668/kapalamada.v2i02.519

Abstract

Proses pengelolaan pembelajaran KB sangat penting karena ini berfungsi untuk menyusun proses pembelajaran pada anak usia dini sehingga dapat tersusun sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah di rancang sebelumnya. Proses pengelolaan pembelajaran yang tepat dapat menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu. Penilaian pembelajaran di kelompok bermain di lakukan dengan teknik-teknik penilaian, berupa percakapan, penugasan, unjuk kerja, penilaian hasil karya, pencatatan anekdot, serta pencatatan anekdot. Pada pelaksanaan pembelajaran di kelompok bermain pun menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, sumber dan media yang di sesuaikan dengan umur serta tingkat perkembangan peserta didik. Serta rencana pelaksaan pembelajaran di bagi menjadi tiga berupa kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup.Penilaian pembelajaran di kelompok bermain tertuju untuk memperhitungkan proses serta hasil belajar peserta didik secara terukur,berkelanjutan, menyeluruh, dan sistematis mengenai pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Guna  dari penilaian ini sebagai memantau kemajuan belajar, hasil belajar, dan perbaikan hasil aktivitas  belajar peserta didik secara terus-menerus. Selanjutnya artikel ini memaparkan  untuk menjelaskan perencanaan pengelolaan proses pembelajaran di kelompok bermain, serta membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh aspek perkembangan peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan berupa proses membaca sejumlah referensi(baik buku, jurnal, artikel, serta lain-lainnya) yang nantinya di jadikan sebagai sumber rujukan. Hasil  peneltian ini pentingnya pengelolaan proses pembelajaran di kelompok bermain, dengan menggunakan metode,model, media serta sumber yang tepat guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, serta memiliki tiga kegiatan yang harus dilakukan.
IDENTIFIKASI SENYAWA ALFA-PINENE PADA MINYAK KAYU PUTIH MENGGUNAKAN FTIR Salsabila, Putri; Wulandari, Retno
Jurnal Multidisipliner Kapalamada Vol. 2 No. 02 (2023): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA
Publisher : Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62668/kapalamada.v2i02.575

Abstract

Artikel ini untuk menganalisis pengelolaan peserta didik di kelompok bermain, dan juga artikel bertujuan  memaparkan hasil dari pengelolaan peserta didik pada kelompok bermain untuk mengetatahui bagaimana pengelolaan peserta didik ini mencakup tentang tujuan ,fungsi ,ruang lingkup serta pendekatan untuk pengelolaan peserta didik, serta  proses pengelolaan peserta didik pada umummnya dalam pembelajaran yang terfokus pada peserta didik agar peserta didik memiliki kemampuan seperti nilai-nilai agama nya,kecerdasan pada dirinya serta menciptakan akhlakhul kharimah dan keterampilan dalam melakukan kegiatan,penelitian ini menggunakan metode library research yang dimana sudah dikutip dengan menggunakan  Artikel, jurnal serta buku-buku yang sudah pasti dari penelitian sebelumnya,proses pengelolaan peserta didik di kelompok bermain ini menghasilkan bahwa pengelolaan peserta didik agar pembelajaran nya berjalan dengan baik dari awal peserta didik masuk sekolah sampai keluar dari lembaga sekolah tersebut. Pendidikan merupakan upaya untuk mengusahakan kehidupan bangsa,didalam pendidikan yang baik di hasilkan orang-orang berkualitas serta mempunyai kemampuan membagikan partisipasi terhadap bangsa serta negara,pendapatan di dalam UUD 1945 sangat membutuhkan dari pandangan sudut aspek termasuk pengelolaan peserta didik,pengelolaan diartikan suatu kegiatan yang dapat dilakukan dengan aturan dalam mencapai suatu tujuan ( Suminar:2018).selain itu peserta didik merupakan seseorang yang sudah mendaftarkan diri sendiri nya terhadap  pendidikan lembaga sekolah guna untuk mengembangkan kemampuan dari peserta didik tersebut .
The ANALISIS SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DAN ASAL-USUL BANGSA MELAYU DI NUSANTARA (INDONESIA): Perkembangan Islam di Indonesia Kurniawati, Wa Ode Intan; Yusuf, Niken Yulian
Jurnal Multidisipliner Kapalamada Vol. 2 No. 02 (2023): JURNAL MULTIDISIPLINER KAPALAMADA
Publisher : Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62668/kapalamada.v2i02.789

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris menggunakan pendekatan teoritis. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan, dan bahan hukum primer bahan yang diperoleh melalui wawancara di lokasi penelitian, dianalisis,kualitatif dengan menggunakan teori-teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi, ekonomi,dan sosial budaya menjadi faktor penyebab kegiatan penambangan emas ilegal diKabupaten Bombana. Adanya syarat-syarat yang sulit dipenuhi olehmasyarakat untuk memperoleh izin usaha pertambangan, tidak adanya sumber lainpendapatan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, dan prinsip bertanitanah diperoleh secara turun temurun, sehingga pembiayaan semakin meningkatkegiatan penambangan emas tanpa izin di Kabupaten Bombana. Oleh karena itu, solusinya ditawarkan oleh penulis dalam mencegah kegiatan penambangan emas tanpa izin di Bombana Pemkab harus menegakkan hukum baik secara preventif maupun represif.

Page 1 of 1 | Total Record : 9