cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
TEKNIK INFORMATIKA
ISSN : 19799160     EISSN : 25497901     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Teknik Informatika merupakan wadah bagi insan peneliti, dosen, praktisi, mahasiswa dan masyarakat ilmiah lainnya untuk mempublikasikan artikel hasil penelitian, rekayasa dan kajian di bidang Teknologi Informasi. Jurnal Teknik Informatika diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 262 Documents
PENERAPAN SIMULASI GARDU TOL KONVENSIONAL DAN OTOMATIS PADA GERBANG TOL FATMAWATI 2 Wulandari Retno Ningsih; Lukman Hakim; Nashrul Hakiem
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 11, No 1 (2018): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Department of Informatics, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1269.937 KB) | DOI: 10.15408/jti.v11i1.7032

Abstract

ABSTRAK Jalan tol adalah bagian dari Jalan Nasional yang perlu dijaga agar tetap berfungsi optimal. Penelitian ini dilakukan di Gerbang Fatmawati 2, yang merupakan salah satu segmen jalan tol terbesar pada bulan Agustus 2017 dan hanya memfasilitasi 2 gardu layanan konvensional yang mengakibatkan penumpukan antrian. Untuk upaya untuk mengurangi panjang antrian di Gerbang Tol, dilakukan simulasi perbandingan antara penggunaan gardu tol konvensional dengan otomatis. Metode yang digunakan dalam simulasi ini adalah metode antrian. Simulasi dilakukan menggunakan perangkat lunak promodel dengan 3 skenario yaitu Konvensional Tube-Konvensional, Konvensional-Otomatis dan Otomatis-Otomatis. Kemudian hasil simulasi di uji dengan perbandingan lebih dari 2 sistem yaitu tes bonferroni. Dari hasil tes Bonferroni dapat disimpulkan dari tiga skenario di atas bahwa gardu tol-otomatis konvensional memiliki hasil terbaik karena dengan panjang dan panjang waktu antrian yang ada memiliki hasil utilitas yang memadai.  ABSTRACT The toll road is part of the National Road which needs to be maintained in order to keep it functioning optimally. The study was conducted at Fatmawati 2 Gate, which is one of the largest toll road segments in August 2017 and only facilitated 2 conventional service substations resulting in the buildup of queues. In order to reduce the length of the queue at the Toll Gate, a simulation which compared the use of conventional toll with automatic toll was conduct. Method used using queuing method. The simulation is done using promodel software with 3 scenarios are Conventional Tube-Conventional, Conventional-Automatic and Automatic-Automatic. Then the result of simulation in test with comparison more than 2 system that is Bonferroni test. From the bonferroni test results can be deduced from the three scenarios above that conventional toll-automatic substations have the best results because with the length and length of time the existing queue has sufficient utility results. How To Cite : Ningsih, W.R. Hakim, L. Hakiem, N. (2018). PENERAPAN SIMULASI GARDU TOL KONVENSIONAL DAN OTOMATIS PADA GERBANG TOL FATMAWATI 2. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 95-108.  doi 10.15408/jti.v11i1.7032 Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/jti.v11i1.7032 
PERANCANGAN PROTOTYPE TAMPILAN ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI WEB KAMARDAGANG.COM DENGAN TEKNIK FLAT DESIGN PADA PT. SELARAS UTAMA INTERNASIONAL Syifa Fauzia; Fenty Eka; Undang Syaripudin; Yuditha Ichsani
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Department of Informatics, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (934.919 KB) | DOI: 10.15408/jti.v9i2.5606

Abstract

ABSTRAK Meskipun pertumbuhan e-commerce di Indonesia terbilang pesat namun tidak semua tampilan antarmuka pengguna aplikasi web e-commerce di Indoensia memiliki karakteristik yang user friendly. Padahal setiap user tentu mengharapkan tampilan antarmuka pengguna dengan kategori user experience yang memuaskan terutama dalam bidang e-commerce. Salah satu web e-commerce yang tampilan antarmuka penggunanya masih dibuat sederhana dan belum memenuhi kriteria user friendly yaitu kamardagang.com. Web tersebut milik PT. Selaras Utama Internasional yang menjadi tempat bagi penulis dalam melaksanakan penelitian, dengan melakukan perancangan prototype tampilan antarmuka pengguna terlebih dahulu pada web kamardagang.com tentunya dengan memanfaatkan kelebihan dari Flat Design diharapkan akan memudahkan para front end programmer untuk membangun suatu tampilan antarmuka aplikasi web yang sebenarnya dengan mengaplikasikan desain prototype yang telah dibuat. Di dalam paper ini telah dirancang Prototype Tampilan Antarmuka Pengguna Aplikasi Web Kamardagang.com dengan teknik Flat Design pada PT. Selaras Utama Internasional. Kata Kunci: flat design, user interface, website
HUMAN-ROBOT INTERACTION: LANGUAGE ACQUISITION WITH NEURAL NETWORK Alvin Rindra Fazrie
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 11, No 1 (2018): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Department of Informatics, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (858.101 KB) | DOI: 10.15408/jti.v11i1.6093

Abstract

ABSTRACT The paper gives an overview about the process between two language processing methods towards Human-robot interaction. In this paper, Echo State Networks and Stochastic-learning grammar are explored in order to get an idea about generating human’s natural language and the possibilities of integrating these methods to make the communication process between robot to robot or robot to human to be more natural in dialogic syntactic language game. The methods integration could give several benefits such as improving the communicative efficiency and producing the more natural communication sentence.   ABSTRAK Tulisan ini memberikan penjabaran mengenai dua metode pemrosesan bahasa alami pada interaksi Manusia dan Robot. Echo State Networks adalah salah satu arsitektur dari Jaringan Syaraf Tiruan yang berdasarkan prinsip Supervised Learning untuk Recurrent Neural Network, dieksplorasi bersama Stochastic-learning Grammar yaitu salah satu framework tata bahasa dengan konsep probabilistik yang bertujuan untuk mendapatkan ide bagaimana proses bahasa alami dari manusia dan kemungkinannya mengintegrasikan dua metode tersebut untuk membuat proses komunikasi antara robot dengan robot atau robot dengan manusia menjadi lebih natural dalam dialogic syntactic language game. Metode integrasi dapat memberikan beberapa keuntungan seperti meningkatkan komunikasi yang efisien dan dapat membuat konstruksi kalimat saat komunikasi menjadi lebih natural. How To Cite : Fazrie, A.R. (2018). HUMAN-ROBOT INTERACTION: LANGUAGE ACQUISITION WITH NEURAL NETWORK. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 75-84.  doi 10.15408/jti.v11i1.6093 Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/jti.v11i1.6093 
ANALISIS DAN PEMBUATAN RIGGING KARAKTER 3D PADA ANIMASI 3D “JANGAN BOHONG DONG” Aski Satriawan; Meyti Eka Apriyani
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Department of Informatics, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.693 KB) | DOI: 10.15408/jti.v9i1.5580

Abstract

Dalam pembuatan animasi 3D terdapat proses yang disebut rigging. Rigging adalah metode pemberian atau pemasangan tulang pada karakter animasi agar bisa digerakkan. Tetapi jika dalam animasi 3D sebuah model karakter 3D tidak menggunakan rigging, apakah model karakter 3D tersebut dapat digerakkan dan dapat membuat sebuah gerakan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi karakter 3D yang menggunakan rigging dan tidak menggunakan rigging. Untuk itu dibuatlah penelitian pada karakter 3D yang menggunakan rigging dan tidak menggunakan rigging. Penelitian ini menggunakan sepuluh karakter dan beberapa gerakan sebagai bahan pengujian. Metode pengujian yang digunakan terdiri dari jumlah keyframe yang dipakai dalam membuat sebuah gerakan, jumlah objek yang diberikan keyframe dan waktu yang dibutuhkan dalam membuat sebuah gerakan. Hasil dari pengujian membuktikan bahwa karakter yang menggunakan rigging dapat membuat proses animating menjadi lebih efektif.  Kata Kunci:Animasi 3D, Karakter 3D, Rigging, Keyframe
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ELECTRONIC NEW STUDENT REGISTRATION STUDI KASUS LEMBAGA BAHASA DAN PENDIDIKAN PROFESIONAL (LBPP) LIA PRAMUKA JAKARTA Tri Hartati
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 12, No 2 (2019): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA
Publisher : Department of Informatics, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1142.16 KB) | DOI: 10.15408/jti.v12i2.11076

Abstract

The rapid development of information technology can meet a variety of human activities and needs, the use of computers can provide the effectiveness of a good life for humans, besides that with a computer someone is able to create a useful technological system. Today's internet technology has the privilege of finding information in other parts of the world without being hindered by distance, time and place. Based on the background stated above, with this the author tries to design a new student registration website, so that it can partially replace the role of the new student registration officer. The design of this web application will provide many conveniences in the process of registering new students, especially for students or parents who have a busy schedule so that registration of prospective students can be done online. This system provides an information that is registration activities for prospective new students, LIA profiles, verification and announcements of level placement at the Institute of Language and Professional Education (LBPP) LIA Pramuka Jakarta.
PREDIKSI SERANGAN HAMA PADA TANAMAN PADI MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION Teguh Budi Wibowo
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 9, No 2 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Department of Informatics, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (737.8 KB) | DOI: 10.15408/jti.v9i2.5597

Abstract

ABSTRAK Pemanasan global telah mengakibatkan perubahan iklim yang ekstrim, diantaranya berdampak pada kenaikan suhu, perubahan curah hujan dan kelembaban udara. Sektor pertanian rentan terhadap dampak perubahan iklim karena mampu menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Hama wereng dan hama tikus merupakan salah satu OPT pada tanaman padi. Prediksi serangan hama dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan memantau kemunculan serangan hama sehingga luas serangan hama dapat diantisipasi dan dapat dilakukan pencegahan. Metode yang dibutuhkan untuk melakukan prediksi adalah metode yang kompleks dan dapat mempelajari ketidakpastian dalam setiap periode yang dapat diakomodasi dengan Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Salah satu algoritma JST yaitu backpropagation, yang dapat diaplikasikan dengan baik dalam peramalan karena memiliki nilai akurasi yang tinggi. Data histori klimatologi per bulan digunakan sebagai masukan dengan luas serangan hama pada satu bulan ke depan sebagai keluaran. Arsitektur backpropagation menggunakan tiga masukan, satu layar tersembunyi dengan jumlah neuron yang dapat diubah-ubah dan satu unit keluaran. Percobaan dilakukan dengan menggunakan alfa (laju pemahaman) dari 0.3 sampai 0.7 dengan peningkatan 0.1, nilai momentum 0.8, jumlah neuron tersembunyi 10 sampai 100 dengan peningkatan 10, maksimum epoch 100000, dan minimum error 0.000001. Hasil percobaan pelatihan pada hama wereng diperoleh arsitektur jaringan terbaik adalah alfa 0.7, jumlah neuron tersembunyi 20 dengan MSE sebesar 0.0000000027 dan pada proses pengujian diperoleh nilai MSE sebesar 0.0000005542. Percobaan pelatihan pada hama tikus diperoleh arsitektur jaringan terbaik adalah alfa 0.4, jumlah neuron tersembunyi 40 dengan MSE sebesar 0.0000009995 dan pada proses pengujian diperoleh nilai MSE sebesar 0.0830858393. Kata kunci : Perubahan iklim, organisme pengganggu tanaman, klimatologi, jaringan syaraf tiruan, backpropagation
Perancangan Sistem Informasi Koperasi Syariah Berbasis Web Riri Safitri
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 12, No 1 (2019): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA
Publisher : Department of Informatics, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (782.494 KB) | DOI: 10.15408/jti.v12i1.9084

Abstract

Jampang Village is one of the villages assisted by the Lembaga Amil Zakat Al Azhar  Peduli Umat (LAZ APU) in the form of Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). The people in Jampang village have various jobs, including fish farmers, broiler breeders, doorman craftsmen, plant seed sellers and others. The Foundation provides funding or capital assistance to the community through a sharia microfinance institution that collects and distributes public funds in accordance with Islamic law. Koperasi Syariah Desa Jampang is currently still operating manually. Registration process, member information, amount of funds and reports are still done manually and stored in a notebook. This causes the operational process not to run properly, because the data is not organized and stored neatly. Based on the above conditions, a financial information system is designed that is a web-based Islamic cooperative, so that the operational processes and reports to members and administrators can run better and faster. Information systems are designed using SDLC through the stages of user requirements and analysis. With this method, it is expected that information systems are designed according to user needs.
ANALISIS KEAMANAN INFORMASI DATA CENTER MENGGUNAKAN COBIT 5 Iik Muhamad Malik Matin; Arini Arini; Luh Kesuma Wardhani
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 10, No 2 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Department of Informatics, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.878 KB) | DOI: 10.15408/jti.v10i2.7026

Abstract

ABSTRAK Data center pada sebuah institusi telah di amati dan dianalisa untuk mendapatkan deskripsi mengenai keamamanan informasinya. Data center pernah mengalami insiden keamanan informasi berupa Shell Injection. Akibatnya, beberapa situs web tidak dapat diakses beberapa saat. Insiden ini dapat memperngaruhi proses bisnis institusi. Untuk menghindari masalah ini di masa depan, diperlukan audit keamanan informasi. Audit ini dapat dilakukan dengan menggunakan framework COBIT 5. Dalam penelitian ini, audit keamanan indormasi dilakukan terhadap keamanan informasi data center dengan fokus pada proses APO13 (Manage Security) dan DSS05 (Manage Security Service). Penelitian ini Penelitian ini dilakukan melalui tahap Initiation, Planning the Assessment, Briefing, Data Collection, Data Validation, Process Attribute Level dan Reporting the Result. Hasil penelitian ini diketahui tingkat kemampuan APO13 dan DSS05 pada saat ini (As Is) bernilai 1,54 dan 1,68 atau pada level 2, yang berarti proses APO13 dan DSS05 telah dilakukan dan dipelihara sesuai dengan rencana kerja. Oleh karena itu tingkat berikutnya (to be) ditetapkan pada level 3. Untuk mencapai level 3, beberapa rekomendasi diberikan untuk menutupi gap yang telah ditentukan dalam proses APO13 dan DSS05. Data center harus membuat rencana kerja yang rinci, data center yang dikelola dengan baik dan memiliki standar yang jelas untuk diterapkan agar dapat mencapai tujuan bisnis   ABSTRACT A data center of an institution was observed and analyzed in order to get description about its information security.  The data center had ever experienced incidents of information security which is shell injection. As a result, some websites were not accessible for a moment. This incidents can affect business processes of the institution. In order to avoid this problem in the future, this institution needs information security audit. This audit can be done by using Framework COBIT 5. In this research,  an information security audit was conducted to Data Center Information Security by using Framework COBIT 5, focus on the process DSS05 (Manage Security Service) and APO13 (Manage Security). This research was conducted through some stages of initiation, planning the assessment, briefing, data collection, data validation, process attribute level and reporting the result. Form this research, the capability level of APO13 and DSS05 at this moment (as is) worth 1.54 and 1.68 or at level 2, which means process of APO13 and DSS05 had been done and maintained in accordance with the work plan. Therefore the next level (to be) set at level 3. In order to achieve level 3, some recommendations provided to cover the gap that has been determined in the process APO13 and DSS05. The data center have to make a detail work plan, well managed data center and have clear standard to be implemented in order to reach the business goal.How to Cite : Martin, I.M. Arini. Wardani, L. K. (2017). ANALISIS KEAMANAN INFORMASI DATA CENTER  MENGGUNAKAN COBIT 5. Jurnal Teknik Informatika, 10(2), 119-128. doi: 10.15408/jti.v10i2.7026Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/jti.v10i2.7026
EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI E-LEARNING DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG Thoyyibah thoyyibah
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 11, No 2 (2018): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Department of Informatics, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.28 KB) | DOI: 10.15408/jti.v11i2.8036

Abstract

ABSTRAK Universitas Pamulang merupakan salah satu kampus swasta yang telah melaksanakan sistem pembelajaran secara online. Pada sistem pembelajaran online ini atau yang disebut dengan e-learning, terdapat banyak aktivitas antara dosen dan mahasiswa di antaranya diskusi online dan sharing data. Kegiatan e-learning ini tidak terbatas oleh tempat dan waktu. Namun, pada kenyataannya terdapat beberapa mahasiswa yang tidak melakukan e-learning. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan evaluasi usability untuk meningkatkan kepuasan user dalam menggunakan e-learning. Metode penelitian ini yaitu studi pustaka, studi lapangan dan kuesioner SUMI (Software Usability Measurement Inventory). Kuesioner dilakukan terhadap 20 responden, diantanya 10 mahasiswa dan 10 dosen teknik informatika. Kuesioner dilakukan dengan 3 kategori yaitu efektivitas, efisiensi dan kepuasan dengan masing-masing 10 soal sehingga terdapat 60 pertanyaan dan 3 linker yaitu 4 jika setuju semua, 2 jika tidak tahu dan 0 tidak setuju. Hasil perhitungan kuesioner SUMI terhadap e-learning teknik informatika yaitu 92.5; 87.5; 75; 90; 90; 75. Hasil evaluasi usability berada di atas rata-rata artinya usability pada sistem E-learning teknik informatika UNPAM sudah masuk kategori baik.   ABSTRACT PamulangUniversityis one of the private campus that has implemented online learning system. In this online learning system or called e-learning, there are many activities between lecturers and students such as online discussion and data sharing. This e-learning activity is not limited by time and place. However, in reality there are some students who do not do e-learning. The purpose of this study is to evaluate usability to improve user satisfaction in using e-learning. This research method is literature study, field study and questionnaire SUMI (Software Usability Measurement Inventory). Questionnaires were conducted on 20 respondents, including 10 students and 10 lecturers of informatics engineering. Questionnaires were conducted with 3 categories of effectiveness, efficiency and satisfaction with each 10 questions so there are 60 questions and 3 linkers that is 4 if all agree, 2 if not know and 0 disagree. Results of calculation of SUMI questionnaire to e-learning informatics technique that is 92.5; 87.5; 75; 90; 90; 75. The result of usability evaluation is above average means usability on E-learning system of informatics engineering UNPAM has been categorized well.  
IMPLEMENTASI TEKNIK DYNAMIC TIME WARPING (DTW) PADA APLIKASI SPEECH TO TEXT Candra Dinata; Diyah Puspitaningrum; Ernawati Erna
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Department of Informatics, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.685 KB) | DOI: 10.15408/jti.v10i1.6816

Abstract

ABSTRAK Suara/ucapan adalah salah satu cara kita sebagai manusia untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri. Speech to text (ucapan ke text), merupakan salah satu bidang sains computer yaitu bidang pengolahan suara. Speech to text (STT) adalah penerjemahan kalimat (kata yang diucapkan) ke dalam text. STT merupakan proses pengolahan suatu sinyal suara, mengekstrak fitur dari sinyal suara tersebut yang selanjutkan dibandingkan dengan hasil ekstraksi dari sinyal suara yang lain untuk dapat dikenali persamaannya. Penelitian ini merancang dan membangun suatu program aplikasi Speech to Text yang mampu identifikasi suatu sinyal suara menggunakan perangkat lunak simulasi MATLAB R2016a. Terdapat dua proses umum pada bidang pengolahan suara, yaitu ekstraksi fitur dan pencocokan fitur. Pada sistem ini metode mel-frequency cepstral coefficients digunakan untuk mengekstraksi fitur dan metode dynamic time warping digunakan untuk pencocokan fitur. Metode DTW yang digunakan dapat menghitung jarak atau selisih antara dua data yang dibandingkan. Rata-rata akurasi yang didapat setelah dilakukan percobaan pada pengujian kata adalah 95.85% dan pada pengujian kalimat adalah 94%.   ABSTRACT Voice / speech is one of the ways we as human beings to communicate and express themselves. Speech to text (STT), is one of computer science is the field of sound processing. Speech to text (STT) is the translation of the sentence (the spoken word) in the text. STT is a voice signal processing, extracting features from the speech signal and then compared it with the extraction of the other sound signal to recognize the signal similarities. This research design and build an application program Speech to Text that is capable of identifying a sound signal using simulation software MATLAB R2016a. There are two common processes in the field of sound processing, feature extraction and matching features. In this system, the method mel-frequency cepstral coefficients are used to extract features and dynamic time warping method used for matching features. DTW method used can calculate the distance or the difference between the two data being compared. The average accuracy is obtained after experiments on the test word was 95.85% and the testing of the sentence is 94%. How to Cite : Dinata, C. Puspitaningrum, D. Erna, E. (2017). IMPLEMENTASI TEKNIK DYNAMIC TIME WARPING (DTW) PADA APLIKASI SPEECH TO TEXT. Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 49-58. doi:10.15408/jti.v10i1.6816 Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/jti.v10i1.6816

Page 1 of 27 | Total Record : 262