Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial menyambut baik seluruh masyarakat, terutama akademisi dan peneliti, untuk menyumbangkan dedikasi intelektualnya dalam bentuk artikel asli yang diterbitkan dalam jurnal ini yang belum pernah dipublikasikan di media manapun. Artikel dapat berupa hasil penelitian maupun kajian ilmiah lainnya.
Articles
18 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi"
:
18 Documents
clear
PENGARUH MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DYENS OLEH-OLEH LAMPUNG
Syahril Daud;
Devia Sonia Anisya;
Marlinda
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v12i10.9309
Industri oleh-oleh di daerah mengalami pertumbuhan pesat seiring dengan meningkatnya minat wisatawan domestik maupun mancanegara dalam menjelajahi destinasi wisata di Indonesia. Dyens Oleh-Oleh Lampung adalah salah satu usaha daerah yang menonjolkan identitas budaya dan kekhasan Lampung melalui produk-produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh merek dan harga terhadap keputusan pembelian di Dyens Oleh-Oleh Lampung. Menggunakan pendekatan kuantitaif dengan data yang diolah menggunakan SPSS 25, penelitian dilakukan melalui survei dengan skala Likert. Hasil temuan menjlaskan jika merek dan harga secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian baik secara individu maupun simultan. Merek yang kuat tidak hanya mencerminkan kualitas produk tetapi juga identitas budaya lokal yang menarik bagi konsumen. Harga yang kompetitif juga memainkan peran penting dengan memberikan persepsi nilai yang sesuai dengan harapan pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami dinamika keputusan pembelian di industri oleh-oleh yang memiliki karakteristik unik, khususnya pada konteks daerah.
EFEKTIVITAS MARKETING KOMUNIKASI TERHADAP SIKAP FOMO FOLLOWERS BROSIS.PKU
Darmawati, Darmawati;
Karisma, Devi
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v12i11.9311
This study aims to analyze the effectiveness of marketing communication on FOMO (Fear of Missing Out) attitudes among followers of Brosis.pku, an active community on social media. Utilizing a mixed-methods approach, this research is divided into two parts: first, in-depth interviews with followers to explore their attitudes and the factors influencing their interaction behavior; second, a quantitative survey that collects data from 200 active respondents. The obtained data are analyzed using descriptive and inferential statistics. The results indicate that 85% of respondents feel influenced by the marketing communication strategies employed by Brosis.pku. Additionally, 70% of respondents express anxiety about not keeping up with the latest updates from the account, reflecting a significant influence from the visual elements and storytelling employed in the content. Furthermore, FOMO is amplified by social interaction and exclusive content, with 80% of respondents feeling more compelled to participate when offered special access or deals. These findings suggest that effective marketing communication can create a sense of urgency that encourages follower participation in events or promotions. This study recommends that Brosis.pku continues to develop more effective marketing strategies to enhance follower loyalty and engagement. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas marketing komunikasi terhadap sikap FOMO (Fear of Missing Out) di kalangan followers Brosis.pku, sebuah komunitas aktif di media sosial. Dengan menggunakan pendekatan campuran, penelitian ini dibagi menjadi dua bagian: pertama, wawancara mendalam dengan followers untuk menggali sikap dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku interaksi mereka; kedua, survei kuantitatif yang mengumpulkan data dari 200 responden aktif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% responden merasa terpengaruh oleh strategi marketing komunikasi yang diterapkan oleh Brosis.pku. Sebanyak 70% dari responden menunjukkan kecemasan jika tidak mengikuti perkembangan terbaru dari akun tersebut, mencerminkan pengaruh signifikan dari elemen visual dan storytelling yang diterapkan dalam konten. Selain itu, FOMO diperkuat oleh interaksi sosial dan konten eksklusif, di mana 80% responden merasa lebih terdorong untuk berpartisipasi jika mendapatkan akses atau tawaran khusus. Temuan ini mengindikasikan bahwa marketing komunikasi yang efektif dapat menciptakan rasa urgensi yang mendorong partisipasi followers dalam acara atau promosi. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi Brosis.pku untuk terus mengembangkan strategi marketing yang lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pengikut.
PENERAPAN PERENCANAAN PAJAK ATAS PAJAK PENGHASILAN BADAN PADA LAZISMU
Diana Fitri Hermanita;
Dinda Ayu Tri Lestari;
Sherin Amirtha Liyonna;
Anichah Isma Ardani
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v12i11.9318
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak wajib pajak orang pribadi pada kantor LAZISMU, serta menganalisis entitas penghambat yang dihadapi, serta entitas pendorong bagi kantor LAZSIMU dalam melaksanakan kebijakan zakat. kebijakan zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak wajib pajak orang pribadi di kantor LAZISMU menurut enam faktor yang penulis gunakan, ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, komunikasi antar organisasi, karakter agen pelaksana, disposisi (kecenderungan/sikap) pelaksana, lingkungan sosial, ekonomi, dan politik telah terpenuhi. Namun masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi LAZISMU dalam melaksanakan kebijakan zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak, seperti ukuran dan tujuan kebijakan, kondisi lingkungan sosial dan politik, serta dukungan dan partisipasi wajib pajak dalam mendukung kebijakan tersebut. Oleh karena itu pemerintah harus mengevaluasi dan mengatasi hambatan-hambatan dalam implementasi kebijakan zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak.
PENGARUH STRES AKADEMIK TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA: SEBUAH KAJIAN TENTANG TANTANGAN DALAM MENGELOLA KEUANGAN DI TENGAH TEKANAN STUDI
Ardeti, Revita Maya;
Gading, Aura
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v12i11.9325
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres akademik terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa.Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa di berbagai universitas,sementara sampel sebanyak 103 dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner,sedangkan metode analisis data yang digunakan meliputi uji validitas,uji reliabilitas,uji normalitas,uji multikolinieritas,uji heteroskendastisitas,dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian stres akademik memiliki hubungan negatif yang signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa.
PERGANTIAN AUDITOR DAN TEKANAN EKSTERNAL SEBAGAI DETERMINAN DALAM KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN
Putri, Moudy Aldasari;
Machdar, Nera Marinda
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v12i11.9328
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pergantian auditor dan tekanan eksternal terhadap kecurangan laporan keuangan, fenomena yang sering terjadi pada perusahaan. Pergantian auditor dapat menjadi indikator upaya untuk menyembunyikan jejak kecurangan dari auditor sebelumnya, sedangkan tekanan eksternal, seperti tuntutan investor dan kreditor, dapat mendorong manipulasi laporan keuangan untuk memenuhi ekspektasi. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui tinjauan literatur dari 40 artikel terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergantian auditor memiliki pengaruh positif terhadap kecurangan laporan keuangan karena auditor baru membutuhkan waktu untuk mengenali perusahaan, sehingga memberikan peluang bagi manajemen untuk menyembunyikan kecurangan. Sementara itu, tekanan eksternal menunjukkan hasil yang beragam: beberapa penelitian menyatakan adanya hubungan positif, sedangkan yang lain menyebutkan hubungan negatif atau tidak signifikan, tergantung pada kondisi perusahaan. Temuan ini menegaskan pentingnya pengawasan internal yang kuat, independensi auditor, dan penerapan sistem pengendalian internal yang efektif untuk memitigasi risiko kecurangan laporan keuangan.
AUDIT INTERNAL, PENGENDALIAN INTERNAL, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI DETERMINAN KINERJA KEUANGAN
Yani, Sabilah Ayu Adinda;
Machdar, Nera Marinda
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v12i11.9329
Kinerja keuangan suatu perusahaan merupakan salah satu indikator utama yang mencerminkan kesehatan dan keberlanjutan suatu organisasi. Dalam konteks sektor perbankan, kinerja keuangan dapat diukur dengan menggunakan berbagai rasio dan indikator seperti return on assets (ROA), return on equity (ROE), dan net interest margin (NIM). Kinerja bisnis yang unggul tidak hanya mencerminkan profitabilitas perusahaan, namun juga efisiensi operasional dan kemampuan manajemen risiko. Penelitian ini menganalisis dampak audit internal, pengendalian internal, dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini menguji hipotesis bahwa audit internal yang efektif, sistem pengendalian internal yang kuat, dan penerapan praktik GCG yang baik berkorelasi positif dengan peningkatan kinerja keuangan. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian literatur dan memanfaatkan berbagai jurnal, buku, dan laporan penelitian relevan yang dapat diakses melalui platform online seperti Google Scholar dan website lainnya. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam analisis data. Temuan menunjukkan bahwa audit internal, pengendalian internal, dan GCG mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi manajemen untuk meningkatkan praktik audit internal, GCG, dan pengendalian internal untuk mencapai kinerja keuangan yang optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur dengan memperluas pemahaman hubungan antara variabel-variabel tersebut dalam konteks perusahaan perbankan Indonesia.
KEPUTUSAN INVESTASI DAN KEBIJAKAN DIVIDEN: DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN
Sulistyanto, Sofyan Aditya;
Machdar, Nera Marinda
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v12i11.9331
Perusahaan perlu meningkatkan nilai mereka untuk bersaing di pasar yang semakin ketat, menarik investor, dan memastikan keberlangsungan bisnis. Keputusan investasi dan kebijakan dividen memainkan peran penting dalam mencerminkan prospek dan stabilitas perusahaan. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami bagaimana kedua faktor tersebut dapat berdampak pada nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan metode tinjauan pustaka yang menggunakan sumber dari jurnal ilmiah, buku, dan referensi terpercaya. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengevaluasi hubungan antara keputusan investasi, kebijakan dividen, dan nilai perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan investasi yang baik dapat meningkatkan nilai perusahaan, namun apabila investasi tidak dikelola dengan baik akan berdampak negatif atau bahkan tidak berpengaruh. Kebijakan dividen yang stabil dapat meningkatkan kepercayaan pada investor yang akan meningkatkan nilai suatu perusahaan melalui harga saham yang mengalami peningkatan. Namun jika perusahaan terlalu fokus pada dividen akan melewatkan kesempatan investasi yang penting dan dapat menghambat pertumbuhan perushaaan. Perusahaan perlu menyeimbangkan antara keputusan investasi & kebijakan dividen guna memastikan pertumbuhan nilai yang berkelanjutan. Literatur review ini diharapkan bisa membantu manajemen untuk merancang taktik yang sesuai dengan tujuan perusahaan dan kebutuhan investor.
PERANAN DESAIN KEMASAN PRODUK CERIPING GEDHANG DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PT BUMAY KACBAWJAYA
Yolandha Cindy Kafita;
Ni Made Ida Pratiwi
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v12i11.9337
Banana is a plant whose fruit is often consumed by the people of Indonesia. There are many types of bananas in Indonesia, such as Ambon bananas, King bananas, Horn bananas, and many other types. Not only processed by frying, Indonesians are also very happy with banana chips. The process of making banana chips is actually not too difficult, but it requires patience, time, and special attention so that the banana chips can be successful. From this, many Indonesians prefer to buy banana chips instead of making their own. Product packaging design is one of the factors in supporting consumer purchasing interest. Product Packaging Design must also be carefully thought out by entrepreneurs because it contains important elements in attract consumers' attention and influence their purchasing decisions such as product information, functionality, visual appeal, and message clarity.
PENGARUH REWARD, PUNISHMENT, DAN INSENTIF TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA, TBK (ALFAMART)
Ahmad Kurniawan;
Khansa Khoirunisa;
Nisrina Ashari Lubis;
Ahmad Gunawan
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v12i11.9339
Penelitian ini membahas pengaruh reward, punishment, dan insentif terhadap kinerja karyawan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart), sebuah perusahaan ritel yang bergerak di bidang perdagangan kebutuhan sehari-hari. Sumber daya manusia (SDM) berperan penting dalam mencapai tujuan organisasi, termasuk di Alfamart yang menghadapi persaingan ketat di sektor ritel. Reward, punishment, dan insentif menjadi alat manajemen untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan. Reward bertujuan untuk memberikan penghargaan atas kinerja positif dan mendorong karyawan agar lebih termotivasi dalam mencapai target perusahaan. Punishment digunakan untuk mengatasi pelanggaran dan mencegah perilaku yang merugikan perusahaan, dengan sanksi yang bervariasi sesuai dengan tingkat kesalahan. Sedangkan insentif merupakan tambahan penghasilan yang diberikan kepada karyawan yang berhasil melampaui target kinerja, sehingga mendorong mereka untuk bekerja lebih baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan strategi SDM di Alfamart dengan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung produktivitas dan loyalitas karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan analisis data yang berfokus pada interaksi reward, punishment, dan insentif terhadap motivasi kerja karyawan, serta dampaknya pada kinerja dan pencapaian tujuan organisasi.
ANALISIS PERENCANAAN PERSEDIAAN (UMKM) USAHA BUKET BUNGA SANFLORIA.FLORIST DI CIKARANG UTARA
Sania, Sania;
Alifia Putri Nurliani;
Fitria Handayani;
Alfi Laila Maghfiroh;
Rismawati, Rismawati
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 12 No. 11 (2024): Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v12i11.9343
Penelitian ini menganalisis sistem perencanaan persediaan pada UMKM Sanfloria.Florist, sebuah usaha buket bunga yang berlokasi di Cikarang Utara. Tujuan penelitian adalah mengoptimalkan sistem persediaan melalui evaluasi sistem yang berjalan, identifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi kinerja, dan pengembangan sistem perencanaan persediaan yang efektif. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan studi lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi sistematis dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem perencanaan persediaan digital secara signifikan meningkatkan akurasi pencatatan, menurunkan tingkat stockout, dan meningkatkan efisiensi biaya inventaris. Analisis ABC (Activity Based Costing) mengungkapkan bahwa sebagian kecil jenis bahan baku menyumbang mayoritas dari total nilai persediaan. Sistem baru juga berkontribusi pada peningkatan substansial dalam layanan pelanggan dengan menurunkan tingkat keterlambatan pesanan secara bermakna. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang optimalisasi manajemen persediaan untuk UMKM di sektor kreatif.