cover
Contact Name
Elisabeth Tantiana Ngura
Contact Email
elisabethngura@gmail.com
Phone
+6285338387959
Journal Mail Official
jurnal.jcpa@gmail.com
Editorial Address
Jalan Trans Bajawa-Ende, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Citra Pendidikan Anak
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : -     EISSN : 28305671     DOI : https://doi.org/10.38048
Core Subject : Education,
Jurnal Citra Pendidikan Anak disingkat JCPA adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil pemikiran dan penelitian dalam bidang kajian anak usia dini dan pendidikan dasar. JCPA diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. JCPA terbit 4 kali dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Jurnal Citra Pendidikan Anak mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 3. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 4. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 5. Isu isu Terkini dalam Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak" : 9 Documents clear
MEMBANGUN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGEMBANGKANKARAKTER ANAK USIA DINI DI TKK BOUBOU Bhubhu, Maria Rosalina
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i3.842

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk menambah wawasan tentang profesionalismeguru dalam membangun karakter Siswa serta Membentuk nilai dan karakter siswa yang bermanfaat. Artikel ini berusaha menguraikan profesionalisme guru membangun karakter siswa berdasarkan argumentasi penulis. Guru memiliki tugas penting dalam membangun karakter siswa melalui proses pembelajaran. Oleh sebab itu, guru dituntut secara professional dalam membentuk nilai dan karakter siswa agar kepribadiannya menjadi lebih baik. Hal lain yang menjadi perhatian ialah keberhasilan pembelajaran nilai dan karakter siswa disekolah salah satunya ditentukan oleh penerapan metode pembelajaran. Kata Kunci : Profesionalisme, Guru , Karakter, Siswa.
STRATEGI PEMBELAJARAN YANG DILAKUKAN OLEH GURU DAN ORANG TUA TKK KOELODA PADA MASA PANDEMI COVID 19 Tai, Maria Yulianti
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i3.845

Abstract

Pandemi covid-19 membuat berbagai perubahan pada setiap aspek kehidupan, salah satunya pendidikan.Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengukur kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 dan mendeskripsikan peran orang tua pada saat mendampingi anak dalam pembelajaran dirumah dan menemukan kendala pada saat pembelajaran di rumah.Penggunaan metode dalam penelitian ini yaitu metode deskripsi. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menjukkan peran serta orang tua sangat mendukung keberhasilan prestasi anak. Selalu memotivasi dan memberikan inovasi-inovasi dalam membimbing anak, agar anak tidak jenuh dalam belajar, harus adanya kordinasi yang baik antara orang tua dan guru. Di TK Koeloda pihak sekolah yaitu para pendidik tidak melakukan pembelajaran secara online/daring melainkan guru-guru melakukan kunjungan rumah.Kunjungan rumah yang dilakukan sesuai dengan jam pembelajaran di sekolah dan guru-guru tetap mematuhi protokol kesehatan. Diperlukannya evaluasi agar bisa meningkatkan hasil prestasi siswa. berbagai kendala orang tua dalam pembelajaran daring diantaranya,tidak memiliki hanphone sendiri hanphone dibawa orangtua kerja , sinyal internet yang terkadang susah, kuota yang mahal, orang tua kurang bisa membimbing dan memahami materi secara penuh, sehingga tidak bisa maksimal dalam mengajari anak. Akhir dalam penelitihan ini adalah guru dituntut untuk memiliki kompetensi guna menunjang peserta didik pada masa pandemi karena gug berperan mengawasi dan mengevaluasi peserta didik dan berupaya membuat pembelajaran lebih baik agar peserta didik tuntas dalam belajar. Peran orang tua juga sangat penting dalam mendukung pembelajaran anak di rumah, hal ini bukan hanya penting bagi lembaga kependidikan anak usia dini namun juga pada orang tua peserta didik tentunya.
MOTIVASI DAN KINERJA GURU PAUD DI TKK SATAP RUTOSORO Juita, Angelina Kurnia; Mau Gili, Angela Marici; Seneng, Maria Theresia
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i3.905

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi mengenai, jabatan profesional dan peran dari seorang guru Paud di TKK Satap Rutosoro. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Filed research) yang bersifat kualitatif, dengan tujuan yang akan dicapai peneliti adalah suatu gambaran secara faktual dengan pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh langsung di lapangan. Adapun hasil peneliti yang diperoleh dalam pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru Paud pada satuan pendidikan di TKK Satap Rutosoro yaitu dilakukan dengan berbagai program yaitu upaya membangun kerja sama dengan orang tua, masyarakat dan lingkungan terkait dalam rangka pengelolaan Paud (TK) yang profesional, akuntabel, dan berdaya saing nasional dan juga guru-guru disiplin dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Akhir dari penelitian ini bahwa kepala sekolah dan guru adalah pemeran yang berada di garda terdepan dalam menentukan keberhasilan peserta didik dalam sebuah lembaga pendidik. Motivasi guru dalam melaksanakan tugas menjadi jembatan untuk mengukur kinerja guru untuk menciptakan motivasi dan kinerja guru yang diharapkan maka dibutuhkan kepala sekolah yang memiliki kemampuan sebagai pemimpin dan guru yang profesional. Kata kunci: motivasi guru, kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme.
PENTINGNYA KONSEP DIRI UNTUK PENINGKATAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI Nua, Agustina; Ngura, Elisabeth Tantiana
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i3.911

Abstract

Saat ini, arah pendidikan menuju pembelajaran yang merdeka. Kurikulum merdeka hadir untuk menjawab tantangan global, yang mengacu pada pembelajaran yang mengadopsi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Era ini mengajak setiap individu untuk menguasi paling sedikit emapt kemampuan, seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berkolaborasi, dan kemampuan memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode review literatur. Metode ini menggunakan penelusuran kajian Pustaka, dengan menggali secara mendalam kajian secara teoritis dan empiris yang terkait dengan topik penulisan. Topik penulisan dalam hal ini adalah kajian tentang konsep diri dan kajian tentang aspek perkembangan anak usia dini. Dari kajian telaah Pustaka, diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Konsep diri seseorang dinyatakan melalui sikap dirinya yang merupakan aktualisasi orang tersebut. Konsep diri pada anak adalah suatu persepsi tentang diri dan kemampuan anak yang merupakan suatu kenyataan bagaimana mereka memandang dan menilai diri mereka sendiri yang berpengaruh pada sikap yang mereka tampilkan. (2) Lingkup perkembangan sesuai tingkat usia anak meliputi aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni . (3) Pembentukan konsep diri anak usia dini dipengaruhi faktor usia, sistem Pendidikan, faktor hubungan antara guru dan anak. Hal-hal yang membentuk konsep diri anak yaitu dari proses pembelajaran, peranan guru. Guru sangat berpern penting dalam membentuk konsep diri anak. Guru menjadi panutan dan model bagi anak
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KOMPETENSI MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPA 5 SMA NEGERI 4 SINGARAJA Marsilawati, Ni Made Sri
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i3.913

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 36 orang dengan 19 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar matematikan dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitiannya yaitu: 1) Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja. 2) Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kompetensi matematika siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja. 3) Respon siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dalam pembelajaran matematika adalah positif. Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan komptensi matematika siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/ 2017.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS XII P 1 SMKN 1 SUKASADA Sekarini, Ni Nengah
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i3.914

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XII P1 SMKN 1 Sukasada pada pembelajaran PPKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XII P 1 SMKN 1 Sukasada yang berjumlah 35 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar pada setiap siklusnya
KONSEP PERKEMBANGAN PROFESI TENAGA KEPEMIMPINAN GURU PAUD DI TKK NEGERI DOLUPORE Anu, Maria Susanti
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i3.915

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang visi misi,struktur kelembagaan,sistem pengelolahan,jabatan profesi keguruan yang ada di TK Dolupore. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah guru PAUD yang ada di TK Dolupore sudah memiliki perkembangan kemampuan dan profesi tenaga kepemimpinan yang baik dalam mendidik dan mengasuh anak usia dini. Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa konsep perkembangan profesi tenaga kepemimpinan adalah proses dimana guru bisa mempengaruhi anak untuk meraih tujuan bersama,dengan fungsi kepemimpinan yaitu dimana guru berusaha untuk mengarahkan anak agar memiliki semangat yang tinggi dan bekerja sebaik mungkin.
PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA 4.0 Una, Luxcya Martir Wona; Laksana, Dek Ngurah Laba
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i3.916

Abstract

Perkembangan dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 ini ditandai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga semua orang dapat dengan mudah mengakses apapun, dimana pun dan kapan pun. Fenomena yang terjadi saat ini yaitu siswa menjadi lebih mudah untuk mengakses informasi, sehingga berdampak pada perilaku siswa yang ikut meniru perbuatan kurang baik. Oleh karena itu pendidikan pada era 4.0 di Sekolah Dasar perlu diimbangi dengan pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan proses penanaman moral dan agama yang diberikan kepada siswa dengan cara pembiasaan sejak dini, penguatan dan pengembangan perilaku. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan era revolusi 4.0, mendeskripsikan pentingnya pendidikan karakter pada siswa Sekolah Dasar di era 4.0 dan mendeskripsikan cara mengimplementasikan pendidikan karakter pada siswa Sekolah Dasar untuk menghadapi era 4.0. Hasil studi menunjukkan bahwa pendidikan karakter begitu penting untuk menghadapi degradasi akhlak, moral dan budi pekerti di era 4.0, sehingga pendidikan karakter perlu ditanamkan sejak dini.
PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIA VIDEO GANESHA PUBLIC SPEAKING SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA (BERPIDATO) PADA PEMBELAJARAN EKSPOSISI SISWA KELAS X MULTIMEDIA 2 SMK NEGERI 1 SUKASADA Widiani, Ni Made
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i3.917

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sukasada pada siswa kelas XI TB 1 tahun pelajaran 2021/2022 dengan mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan aplikasi model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dalam meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerpen secara lisan pada siswa kelas XI TB 1 SMK Negeri 1 Sukasada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode Tes dan Observasi dengan instrumen yang dipergunakan adalah tes dan lembar observasi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis dengan statistik menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan di SMK Negeri 1 Sukasada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen secara lisan. Pada siklus I rata-rata kemampuan siswa adalah 60,11 dengan ketuntasan sebesar 35,13% yang tergolong rendah dan target keberhasilan belum tercapai, sedangkan pada siklus II rata-rata kemampuan siswa meningkat menjadi 64,8 dengan ketuntasan sebesar 60%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen secara lisan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9