cover
Contact Name
Muhammad Bagas F
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6282161984112
Journal Mail Official
research.yana@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja Nomor 171, Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara, 20552
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Algebra
ISSN : 2807663X     EISSN : 2807629X     DOI : https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS" : 8 Documents clear
EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMBELI PADA PRODUK MSGLOW DI KALANGAN KONSUMEN Salsabila, Fahira; Sinulingga, Bastanta; Hasibuan, M. Hizbullah; Siregar, Ahmad Rajin
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 3 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i3.557

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui efektivitas media sosial Instagram sebagai media promosi dalam meningkatkan minat beli konsumen pada produk Ms. Glow. Objek yang diteliti ialah reseller Ms. Glow pada akun @msglowbeauty.mdn. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif akan digunakan untuk menjelaskan data – data yang dikumpulkan pada penelitian ini. Dimana metode kualitatif ini selanjutnya akan ditelaah lebih lanjut mengenai tema penelitian yang dilakukan pendekatan menggunakan metode kualitatif berbentuk studi kasus yang mendalami unit sosial tertenu. Jika dikaitkan dengan masalah pokok penelitian mengenai komunikasi pemasaran seperti apa yang diterapkan oleh akun @msglowbeauty.mdn dalam upaya meningkatkan daya minat beli konsumen, maka dengan menggunakan teknik studi kasus untuk mendalami suatu media sosial agar dapat mengekstrak data – data yang diperlukan untuk kepentingan penelitian. Penelitian ini memiliki komposisi tentang strategi komunikasi pemasaran yang diawali dengan teknik pemasaran yang berdasarkan aspek 4P yaitu product, price, place dan promotion, jenis aktivitas promosi yang dilakukan dan tingkat hasil kepuasan dari konsumen. Kata kunci : komunikasi pemasaran; efektivitas; media sosial; instagram; interaksi.   ABSTRACT The purpose of this study is to find out the effectiveness of Instagram social media as a promotional medium in increasing consumer buying interest in Ms. Glow products. The object studied was reseller Ms. Glow on @msglowbeauty.mdn account. In this study, the authors used qualitative methods. Qualitative methods will be used to explain the data collected in this study. Where this qualitative method will then be examined further on the theme of research conducted by approach using qualitative methods in the form of case studies that explore the most important social units. If it is associated with the main problem of research regarding marketing communications such as what is applied by @msglowbeauty.mdn account in an effort to increase the purchasing interest power of consumers, then by using case study techniques to explore a social media in order to extract data - data needed for research purposes. This research has a composition of marketing communication strategies that begins with marketing techniques based on 4P aspects, namely product, price, place and promotion, types of promotional activities carried out and the level of satisfaction results from consumers.. Keywords: marketing communication; effectiveness; social media; Instagram; interaction.
LINTAS KOMUNIKASI MULTIKULTURAL DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI KEBUDAYAAN Siregar, Rizqi Aziz
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 3 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i3.568

Abstract

ABSTRAK Komunikasi multikultural merupakan proses komunikasi yang terjadi di dalam  masyarakat yang berbagai suku, agama dan budaya. Dalam kehidupan masyarakat terjadi interaksi antara individu atau kelompok bahkan antar masyarakat. Berdasarkan penelitian tersebut penulis tertarik untuk mengetahui proses komunikasi multicultural yang dilakukan oleh mahasiswa ilmu komunikasi UINSU Medan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teori yang digunakan merupakan teori akomodasi oleh Richard and Turner yakni sebagai kemampuan untuk menyesuaikan, memodifikasi atau mengatur perilaku seseorang dan responnya terhadap orang lain, sehingga pendekatan tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini. Kata Kunci : Komunikasi; Budaya; Akomodasi; Multikultural.   ABSTRACT Multicultural communication is a communication process that occurs in communities of various ethnicities, religions and cultures. In social life, interactions occur between individuals or groups and even between communities. Based on this research, the author is interested in knowing the multicultural communication process carried out by communication science students at UINSU Medan. The method used is qualitative research. Meanwhile, data collection techniques use interviews, documentation and observation. The theory used is the accommodation theory by Richard and Turner, namely the ability to adjust, modify or regulate one's behavior and responses to other people, so this approach is the background for this research. Keywords: Communication; Culture; Accommodation; Multicultural.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MAN SE-KOTA MEDAN Bahri, Al Fajri; Mardianto; Daulay, Nurika Khalila
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 3 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Peran guru dalam pelaksanaan pendidikan sangat besar terhadap pencapaian kualitas pendidikan dikarenakan gurulah yang berhadapan secara langsung dengan peserta didik. Pencapaian keberhasilan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh kinerja guru. Seorang guru diharuskan mempunyai keahlian dalam merencanakan dan mengelola program pembelajaran sehingga peserta didik dapat belajar secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan, 2) Pengaruh yang signifikan dari supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan dan 3) Pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis explanatory research dan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MAN se-kota Medan yang berjumlah 365 orang dan sampel penelitian berjumlah 55 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan dengan nilai signifikansi 0,049 < 0,05, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Kata Kunci: Kinerja, Gaya Kepemimpinan, Supervisi   ABSTRACT The role of the teacher in the implementation of education is very large in achieving the quality of education because it is the teacher who deals directly with students. The achievement of educational success in schools is largely determined by the teacher's performance. A teacher is required to have expertise in planning and managing learning programs so that students can learn optimally. This study aims to determine 1) the significant effect of the principal's leadership style on the performance of MAN teachers in Medan city, 2) the significant effect of the supervision of the madrasa head on the performance of MAN teachers in Medan city and 3) the significant effect of the leadership style and supervision of the madrasa head together on the performance of MAN teachers in the city of Medan. This research method uses quantitative research with explanatory research and an ex post facto approach. The population in this study were all MAN teachers in the city of Medan, totaling 365 people and the research sample was 55 people. The instrument in this study used a questionnaire sheet. The data analysis technique in this study used multiple regression analysis. The results showed that 1) There was a significant influence of the leadership style of the madrasah principal on the performance of MAN teachers in Medan city with a significance value of 0.001 < 0.05, 2) There was a significant influence of the supervision of the madrasah head on the performance of MAN teachers in Medan city with a significance value of 0.049 < 0.05, 3) There is a significant influence of the leadership style and supervision of the madrasa head together on the performance of MAN teachers throughout Medan with a significance value of 0.001 < 0.05. Keywords: Performance, Leadership Style, Supervision
PERAN PANWASLU KECAMATAN MEDAN MAIMUN PADA PENYELENGGARAAN PEMILU TAHUN 2024 Bahri, Al Fajri
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 3 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i3.1077

Abstract

ABSTRAK Pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) secara spesifik dilakukan oleh Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa serta Pengawas Tempat Pemungutan Suara. Peran Bawaslu dalam pengawasan pemilu demi terwujudnya Pemilu yang jujur, adil dan demokratis menjadi sangat penting, mengingat Pemilu telah berkembang menjadi bagian penting kehidupan sebuah sistem politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Panwaslu Kecamatan Maimun pada penyelenggaraan Pemilu tahun 2024. Jenis penelitian ini termasuk penelitian field research dengan cara survei yaitu penelitian yang dilaksanakan di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan alat pengumpul data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dilihat dari sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Panwaslu Kecamatan Medan Maimun dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajibannya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Selain itu, Panwaslu Kecamatan Medan Maimun melakukan kegiatan pencegahan secara terus menerus sesuai dengan tahapan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu. Sebagaimana hasil pengawasan yang telah dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan Medan Maimun, penilaian terhadap proses penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kecamatan Medan Maimun berjalan dengan kondusif, lancar dan baik walaupun terdapat beberapa kendala yang mungkin dapat menghambat proses pengawasan. Kata kunci: Peran, Panwaslu Kecamatan, Penyelenggaraan Pemilu   ABSTRACT General Election Supervision is specifically carried out by Bawaslu, Provincial Bawaslu, District/City Bawaslu, District Panwaslu and Village / Village Panwaslu as well as Polling Place Supervisors.  Bawaslu's role in supervising elections in order to realize honest, fair and democratic elections is very important, considering that elections have developed into an important part of the life of a political system. This research aims to determine the role of the Maimun District Panwaslu in holding the 2024 General Election. This type of research includes field research by means of a survey, namely research carried out in the field to obtain the necessary data so that it can solve the problems faced by using data collection tools in the form of interviews, observation and documentation. Meanwhile, in terms of its nature, this research is descriptive. The research results show that the role of the Medan Maimun District Panwaslu in carrying out its duties, authority and obligations is in accordance with Law Number 7 of 2017 concerning General Elections. Apart from that, the Medan Maimun District Panwaslu carries out preventive activities continuously according to the stages to minimize the occurrence of election violations. As a result of the supervision carried out by the Medan Maimun District Panwaslu, the assessment of the process of holding the 2024 General Election in Medan Maimun District went conducive, smoothly and well even though there were several obstacles that might hamper the supervision process. Keywords: Role, Subdistrict Panwaslu, Election Implementation
EFEKTIVITAS PERMAINAN OUTDOOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK Salsabila, Putri; Humaidah Br. Hasibuan
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 3 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i3.1113

Abstract

ABSTRAK Permainan outdoor memiliki peran yang sangat penting terhadap motivasi belajar anak. Motivasi belajar sangat dibutuhkan anak, apabila anak memiliki motivasi belajar pada dirinya maka anak akan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Anak akan sangat senang mengikuti belajar dari awal sampai akhir pembelajaran. Motivasi belajar dapat diberikan dengan berbagai strategi, salah satunya memberikan permainan outdoor yang efektif pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan semua data-data di lapangan. Dari hasil penelitian kita ketahui bahwa sekolah TK Al-Qhofari sangat baik dalam merancang sebuah permainan otdoor yang memberikan pengaruh motivasi belajar kepada anak. Anak sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran outdoor yang diberikan oleh guru. Dalam permainan outdoor yang baik, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan. Seperti, tempat atau lokasi yang tidak membahayakan anak, media pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak. Kata Kunci: Efektivitas, Permainan Outdoor, Motivasi Belajar   ABSTRACT Outdoor games have a very important role in children's learning motivation. Children really need motivation to learn, if children have the motivation to learn themselves then the child will be enthusiastic about participating in the learning process. Children will be very happy to learn from the beginning to the end of the lesson. Motivation for learning can be provided with various strategies, one of which is providing children with effective outdoor games. This research uses quantitative methods by collecting all data in the field. From the research results, we know that the Al-Qhofari Kindergarten school is very good at designing outdoor games that influence children's learning motivation. Children are very enthusiastic about participating in outdoor learning provided by the teacher. In good outdoor games, there are things that must be considered. For example, places or locations that do not endanger children, learning media that can attract children's attention. Keywords: Effectiveness, Outdoor Games, Learning Motivation
CONCEIVE-DESIGN-IMPLEMENT-OPERATE (CDIO) INNOVATIVE TEACHING METHODS IN REAL ESTATE EDUCATION Mat Noor, Noorsidi Aizuddin; Diana Deris, Farhana; Omar, Mustafa; Abdul Hamid, Hamdi; Mokhtar, Afizan
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 3 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i3.1120

Abstract

ABSTRAK The presented research aims to investigate the impact of the CDIO framework on changing the existing learning-teaching paradigm in real estate education in Malaysia to improve learning engagement and students’ critical thinking skills. On this note, the use of traditional teaching approaches that involve lectures in real estate education is found to be lacking in meeting the needs of the dynamic market, therefore calling for innovation. This research uses quantitative and qualitative data from 150 students from three universities: pre and post intervention questionnaires, focus group discussions, and class observations. The studies reveal that after intervention, the extent of students’ participation increased from 35% to 75%, and there are improvements in students’ critical thinking skills; the average scores from pre-tests of 60% rose to 80% post-tests. From the students’ perspective, CDIO promoted meaningful learning based on project-centred learning activities done in a contextual manner, improving the perceived relevancy of learning activities. Therefore, the present research substantiates that CDIO methodologies integrate practice and research to positively transform student learning experiences, activity levels, and critical analysis, strongly advocating for real estate educational reform in the Malaysian context. It means the focus on project-based active learning prepares students to solve actual problems that affect them and brings education and skills in line with the requirements of the given sphere. Based on the findings of this study, the following recommendations should be made for future research: The effectiveness of CDIO integration and its long-term implications should be investigated. Broader implications point to the idea that implementing CDIO-inspired approaches provides a workforce that is more competent and better synchronised, which is imperative in a continuously transforming real estate market within Malaysia and other states.
PENGARUH KONSUMSI JUS JAMBU BIJI MERAH DAN TABLET TAMBAH DARAH TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL Triani, Devi; Hastuti, Novi; Novianti, Nurafni; Maulinda Rhafdiani, Dian; Marzuarini, Intan
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 3 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i3.1147

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh konsumsi jus jambu biji merah dan tablet tambah darah (Fe) terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil dengan anemia ringan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi eksperimental dengan rancangan Pretest Posttest With Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang     mengalami anemia pada bulan Juni s/d Agustus 2024 sebanyak 38 orang, teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test, dengan hasil penelitian rata-rata kadar HB pada kelompok intervensi pretest 10,24gr%  dan posttest 12,49gr%, pada kelompok kontrol pretest 10,32gr% dan posttest 10,96gr%. Ada pengaruh konsumsi jus jambu biji merah dan tablet tambah darah (Fe) terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil dengan anemia ringan dengan nilai p.value 0,000 dari hasil uji paired sample test dan 0,001 dari hasil uji independent sample t-test. Kesimpulan dan Saran dari penelitian ini yaitu  Ada pengaruh konsumsi jus jambu biji merah dan tablet tambah darah (Fe) terhadap  peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil dengan anemia ringan di Puskesmas Saketi, dan diharapkan bidan memberikan masukan dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil untuk menyarankan ibu hamil mengkonsumsi jus jambu biji merah dan tablet tambah darah (Fe) untuk mencegah anemia. Kata Kunci : Kadar HB; Jus Jambu Biji Merah; Tablet Tambah Darah   ABSTRACT The purpose of this study is to determine the effect of consumption of guava juice and blood-boosting tablets (Fe) on increasing hemoglobin levels in pregnant women with mild anemia. This study uses an experimental Quasi research method with a Pretest Posttest With Control Group Design. The sample in this study was all pregnant women who experienced anemia from June to August 2024 as many as 38 people, the sampling technique was total sampling with paired sample t-test and independent sample t-test, with the average HB levels in the pretest intervention group of 10.24gr% and posttest 12.49gr%, in the control group pretest 10.32gr% and posttest 10.96gr%. There was an effect of consumption of guava juice and blood-boosting tablets (Fe) on the increase in hemoglobin levels in pregnant women with mild anemia with a p.value of 0.000 from the results of the paired sample test and 0.001 from the results of the independent sample t-test. The conclusions and suggestions from this study are that there is an effect of consumption of guava juice and blood supplement tablets (Fe) on the increase in hemoglobin levels in pregnant women with mild anemia at the Saketi Health Center, and it is hoped that midwives will provide input in efforts to improve health services to pregnant women to suggest pregnant women consume guava juice and blood supplement tablets (Fe) to prevent anemia. Keywords: HB Level; guava juice; Blood Booster Tablets
ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SD ALWASHLIYAH ISMAILIYAH Saleh, Syafira Sahara; Sapri; Halimsyah Rambe, Andina
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 4 No 3 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58432/algebra.v4i3.1162

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran bahasa Indonesia mengajarkan peserta didik keterampilan berbahasa yang baik dan benar sesuai dengan tujuan dan fungsinya, keterampilan membaca sangat penting bagi peserta didik, karena salah satu cara untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan. Kesulitan membaca adalah yang paling mendasar, karena membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dimiliki siswa, bersama dengan menyimak, berbicara, dan menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik kelas III SD Alwashliyah. Metode Penelitian ini adalah jenis kualitatif yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil Penelitian ini juga mengungkapkan Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut yaitu: perserta didik di ajak dalam pengenalan huruf menggunakan media kartu bergambar, guru memberikan les tambahan di luar dari jam Pelajaran, guru memberikan dukungan juga motivasi kepada peserta didik. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang kesulitan membaca di SD Al Washliyah dan menawarkan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Kata Kunci: Analisis; Bahasa Indonesia; Kesulitan membaca.   ABSTRACT Learning Indonesian teaches students good and correct language skills in accordance with its purpose and function. Reading skills are very important for students, because it is one way to gain knowledge and knowledge. Reading difficulties are the most basic, because reading is one of the four language skills that students must have, along with listening, speaking and writing. The aim of this research is to analyze the efforts made by teachers in overcoming the reading difficulties of class III students at Alwashliyah Elementary School. This research method is a qualitative type carried out using data collection techniques, namely observation, interviews and documentation. The results of this research also reveal the efforts made by teachers to overcome this problem, namely: students are invited to recognize letters using picture cards, teachers provide additional tutoring outside of class hours, teachers provide support and motivation to students. It is hoped that the research results will provide an in-depth understanding of reading difficulties at Al Washliyah Elementary School and offer effective solutions to overcome this problem. Keywords: Analysis; Indonesian; Difficulty reading.

Page 1 of 1 | Total Record : 8