cover
Contact Name
Imam Ghozali
Contact Email
imam.ghozali@fkip.untan.ac.id
Phone
+6285245261967
Journal Mail Official
tacet@fkip.untan.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni
ISSN : 29886988     EISSN : 29885388     DOI : https://dx.doi.org/10.26418/tacet
Core Subject : Art,
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni menerima artikel ilmiah asli di semua cabang Pendidikan seni dan aplikasinya dari hasil penelitian/non penelitian pendidikan dan kajian seni, dengan topik meliputi: Studi konseptual, Studi teoritis dan eksperimental, Penggunaan metode komputasi, Proses pembelajaran seni, Metode pembelajaran seni, Media pembelajaran seni, Praktik seni, Pergelaran seni, Pameran seni, Etika dan estetika karya seni, globalisasi seni budaya Seni-seni tradisi, dan Studi multidisiplin yang melibatkan seni.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2024): Oktober 2024" : 5 Documents clear
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH Nurhanifah, Nurhanifah; Fadilah, Fadilah; Sahila, Kurnia
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol 3, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tacet.v3i2.81301

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran seni budaya dan prakarya berbasis budaya lokal terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis budaya lokal dan kelompok kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis budaya lokal secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa. Peningkatan ini terlihat pada semua indikator kreativitas yang diukur, yaitu kemampuan berpikir divergen, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi.    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran seni budaya dan prakarya berbasis budaya lokal terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis budaya lokal dan kelompok kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis budaya lokal secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa. Peningkatan ini terlihat pada semua indikator kreativitas yang diukur, yaitu kemampuan berpikir divergen, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi.    
ANALISIS POLA TABUHAN BERUAS PADA MUSIK IRINGAN TARI JEPIN TALI BINTANG DI DESA KALIMAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA Saprani, Saprani; Silaban, Chiristianly Yery
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol 3, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tacet.v3i2.86570

Abstract

Marching Band Bahana Kirana is one of the extracurricular activities that is very popular at Darussalam Sengkubang Islamic Boarding School. In addition, the achievements that have been obtained by Bahana Kirana Darussalam Sengkubang have also reached the West Kalimantan Province level in the highest percussion category. Therefore, the purpose of this research is to find out the basic learning of snare drums in basic double strokes in the extracurricular activities of the Marching Band Bahana Kirana. The method used is qualitative research with purposive sampling model data sources on the Head of Darussalam Sengkubang Islamic Boarding School, marching band coach, and snare drum players. Data collection was used with interview, observation, and documentation techniques. Data analysis uses reduction, presentation, and conclusion drawing and data validity techniques used by Sugiyono's extended observation and data triangulation model. The results revealed that the double stroke technique is a basic pattern commonly played and trained by the Bahana Kirana Marching Band. In addition, warming up is also important before doing a basic double stroke, in this case warming up is done in physical form and percussion instruments (snare drum). The important point of this research is that although the double stroke is a basic stroke, at least with the results of regular training and sufficient physical and instrumental warm-ups, it can produce optimal and maximum learning objectives.
ANALISIS POLA TABUHAN BERUAS PADA MUSIK IRINGAN TARI JEPIN TALI BINTANG DI DESA KALIMAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA Syahbandi, Heri
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol 3, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tacet.v3i2.86569

Abstract

Background of this research is that there are no Beruas musical instruments as accompaniment to Jepin Tali Bintang Dance music, especially in Kalimas Village, Sungai Kakap District, Kubu Raya Regency. This has become an issue and concern of the supporting community for traditional arts because it can experience extinction if it is not maintained and preserved. Through the analysis of Beruas drumming patterns in Jepin Tali Bintang dance accompaniment music, this research aims to describe the variety of drumming patterns in the form of transcripts so that it can be a means for Beruas players and the younger generation who want to learn Beruas instruments. Research method uses descriptive qualitative with a musicological approach. Data collection techniques were observation and interview. The data validity test used source triangulation and extended observation. The results of the study found that there are five types of Beruas beating patterns used in Jepin Tali Bintang Dance accompaniment music, namely extra jepin beating patterns, lapas, tahkto, gencat, and lempas gencat. As for the Beruas beat pattern, there are three Beruas instruments that have rhythmic functions, namely Beruas Induk, Beruas Anak, and Beruas Tingkahan. The characteristics of the Beruas instrument also produce the sound colors dung, tang, and pak. In the future, this research needs to be comprehensively deepened related to the documentation of Beruas drumming patterns and playing techniques so that this study and research becomes complete, especially as a form of preservation of traditional Malay musical instruments.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MUSIK TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KUBU RAYA Listiarini, Yuni
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol 3, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tacet.v3i2.87220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran musik terhadap pengembangan kreativitas siswa di sekolah dasar. Kreativitas adalah kemampuan penting yang mempengaruhi perkembangan kognitif, sosial, dan emosional siswa, serta berperan dalam membantu mereka memecahkan masalah secara inovatif dan berpikir divergen. Musik sebagai bagian dari seni memiliki potensi besar dalam merangsang kreativitas melalui eksplorasi bunyi, ritme, dan improvisasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas 4 di sebuah sekolah dasar dan seorang guru musik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi proses pembelajaran musik, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi hasil karya musik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran musik berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kreativitas siswa. Aktivitas-aktivitas seperti improvisasi, penciptaan lagu, dan eksplorasi ritme memfasilitasi siswa untuk berpikir secara orisinal, fleksibel, dan fluens dalam mengembangkan ide-ide baru. Selain itu, suasana belajar yang menyenangkan melalui musik juga meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap perkembangan kreativitas mereka. Guru memainkan peran penting dalam memberikan kebebasan kepada siswa untuk bereksplorasi dan berekspresi melalui musik, yang memperkuat hubungan antara musik dan kreativitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran musik di sekolah dasar efektif dalam mendukung pengembangan kreativitas siswa. Oleh karena itu, pembelajaran musik perlu diintegrasikan secara lebih intensif dalam kurikulum sekolah dasar sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kreativitas siswa jenjang Pendidikan sekolah dasar di Kabupaten Kubu Raya. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk melihat pengaruh jangka panjang pembelajaran musik terhadap perkembangan kognitif dan sosial siswa
EFEKTIVITAS PELATIHAN KETERAMPILAN SHIBORI BAGI GURU SENI BUDAYA TINGKAT SMA DI JAKARTA BARAT Hazmi, Fariz Al
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol 3, No 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/tacet.v3i2.79695

Abstract

Dalam dunia pendidikan, guru merupakan seorang pendidik yang mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan kreativitas anak didiknya, khususnya dalam pembelajaran kreatif seperti seni dan budaya. Kualitas seorang guru seni budaya ditentukan oleh kemampuannya dalam menguasai keterampilan khusus yang dapat diajarkan kepada peserta didik sehingga guru perlu meningkatkan keterampilannya agar menjadi pendidik yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan shibori menggunakan pewarna alami kulit rambutan dengan peserta guru seni budaya SMA se-Jakarta Barat sebagai upaya meningkatkan keterampilan. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada pelatihan shibori di SMA Negeri 94 Jakarta. Hasil pelatihan menunjukkan seluruh peserta mampu menciptakan karya shibori sesuai tahapan yang telah diajarkan. Hasil penilaian keterampilan menunjukkan rata-rata skor peserta sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik. Proses pengikatan merupakan bagian yang sangat penting dalam menghasilkan motif pada kain, sehingga memerlukan keahlian khusus dalam mengikat kain. Beberapa peserta mengalami kegagalan akibat proses pengikatan yang kurang kuat. Pemanfaatan pewarna alam berupa ekstraksi kulit rambutan dapat menjadi salah satu alternatif guru dalam mengajar kepada siswa di sekolahnya masing-masing karena ramah lingkungan dan mudah didapat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5