cover
Contact Name
Ismail Fikri Natadiwijaya
Contact Email
tpack.ipa@uny.ac.id
Phone
+6285717351210
Journal Mail Official
tpack.ipa@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Technological Pedagogical Content Knowledge
ISSN : -     EISSN : 30327164     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science subjects.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025)" : 6 Documents clear
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN POTENSI LOKAL INDUSTRI TAHU PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP Sugiyarto, Andria Widyaswari; Hastuti, Purwanti Widhy
Jurnal TPACK IPA Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning mengolah potensi lokal industri tahu dengan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning , dan (2) menganalisis pengaruh model Problem Based Learning mengolah potensi lokal industri tahu terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan desain penelitian berupa nonequivalent control group pretest-posttest design . Populasi penelitian ini mencakup seluruh kelas VII SMP Negeri 6 Yogyakarta (VII A-VII H). Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas VII C (kontrol) dan VII A (eksperimen). Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kritis dan non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran meliputi modul ajar dan LKPD yang telah divalidasi secara konstruktif oleh ahli, sedangkan instrumen tes telah dianalisis menggunakan software Quest . Teknik analisis data dilakukan melalui uji independen sample T test , uji effect size , dan uji N-Gain Score . Hasil uji independen sample t-test soal pretest memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,425 ( 0,05) menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji independen sample t-test soal posttest memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 ( 0,05) menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Besarnya pengaruh perlakuan diukur dengan uji effect size , diperoleh nilai sebesar 1,170 dalam kategori kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah yang menggunakan potensi lokal industri tahu berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII pada materi pencemaran lingkungan.
Pengaruh Model Case Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII MTsN 3 Padang Ningsih, Dwi Retno; Putri, Rahmah Evita; Sari, Widia Kemala; Arif, Khairil
Jurnal TPACK IPA Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berpikir. kritis merupakan salah satu dari keterampilan 6C yang perlu dikuasai peserta didik pada abad ke-21, terutama dalam pembelajaran IPA untuk menafsirkan informasi, menemukan solusi, serta mengidentifikasi masalah. Hasil observasi di MTsN 3 Padang menunjukkan keterampilan berpikir kritis peserta didik belum optimal karena pembelajaran masih didominasi oleh guru dan belum pada siswa, sehingga diperlukan inovasi melalui model CBL yang menekankan analisis kasus nyata melalui diskusi. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain non-equivalent.control group design . Sampel penelitian ditetapkan dengan teknik purposive sampling, yakni kelas VIII.6 sebagai kontrol dan VIII.8 sebagai.eksperimen. Instrumen tes berupa tes uraian (esai), lembar observasi, dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial melalui uji-t. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa CBL berdampak positif terhadap keterampilan berpikir kritis dengan capaian tertinggi pada indikator evaluasi (83,59%) dan terendah pada indikator eksplanasi (78,51%), keterlaksanaan pembelajaran tergolong sangat baik (95,8%), serta respon siswa mayoritas positif. Dengan demikian, CBL terbukti mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, baik dari segi pemahaman konsep, analisis informasi, maupun partisipasi aktif dalam pembelajaran.
Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Phet Simulation Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Anggraeni, Ratih Vicha; Natadiwijaya, Ismail Fikri; Setyawarno, Didik
Jurnal TPACK IPA Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET Simulation terhadap kemampuan berpikir komputasional peserta didik pada materi gerak dan gaya. Pendekatan kuasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group digunakan dalam penelitian ini. Sampel terdiri dari 64 peserta didik yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran PBL berbantuan PhET Simulation, sementara kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning. Instrumen penelitian berupa tes pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan effect size. Hasil menunjukkan adanya perbedaan signifikan kemampuan berpikir komputasional antara kedua kelas (p = 0,001 0,05), dengan nilai effect size sebesar 0,74 (kategori sedang ke tinggi). Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 83,59, meningkat dari 58,13, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 57,81 menjadi 79,22. Indikator berpikir komputasional dengan peningkatan tertinggi adalah pengenalan pola. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL berbantuan PhET Simulation efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasional dan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran inovatif di era abad ke-21.
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI POTENSI PANTAI TRISIK PADA TEMA KEHIDUPAN HARMONIS DALAM EKOSISTEM ALAM TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS VII SMP Zuhriyanti, Asni; Tyas, Rizki Arumning
Jurnal TPACK IPA Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains siswa antara model discovery learning terintegrasi potensi Pantai Trisik dengan model direct instruction; (2) Mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terintegrasi potensi Pantai Trisik terhadap literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design, dengan kelompok eksperimen menggunakan model discovery learning dan kelompok kontrol menggunakan model direct instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrument tes berupa soal pilihan ganda pretest-posttest domain kognitif literasi sains sedangkan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket pretest-posttest domain afektif literasi sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran; analisis deskriptif; uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas; dan uji hipotesis meliputi uji independent sample t-test, uji effect size, serta uji korelasi terkait hubungan antara domain kognitif dan afektif literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan literasi sains peserta didik antara pembelajaran model discovery learning terintegrasi potensi Pantai Trisik dengan model direct instruction; (2) Terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model discovery learning terintegrasi potensi Pantai Trisik terhadap literasi sains siswa.
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN HOTS SISWA Dean, Deva Ar; Rahmawati, Laifa
Jurnal TPACK IPA Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan media augmented reality (AR) dengan pembelajaran model discovery learning yang tidak berbantuan media augmented reality (AR) pada siswa kelas VIII pada materi struktur fungsi tumbuhan. (2) mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media AR terhadap kemampuan HOTS siswa kelas VIII pada materi struktur fungsi tumbuhan. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen yang merupakan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes berupa soal pilihan ganda pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji independent sample t test, dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan HOTS antara siswa yang dalam pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan media AR dengan yang hanya menggunakan model discovery learning tanpa berbantuan media AR dengan nilai t-test sebesar 0,000, (2) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media AR terhadap kemampuan HOTS siswa kelas VIII pada materi struktur fungsi tumbuhan dengan nilai effect sieze sebesar 0,93 yang masuk dalam kategori besar.
IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA Hamidah, Idah
Jurnal TPACK IPA Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Pancasila student profile is one of the efforts to improve the quality of education in Indonesia that prioritizes character building. However, this has not been optimally realized. This study aims to describe the implementation of project-based learning in realizing the profile of Pancasila students in biodiversity materials. This study uses a descriptive type of research using quantitative research methods. The population in this study is class X7 SMAN 1 Jatibarang with a total of 28 students. The instrument used is for the element of critical thinking using 5 questions in the form of an essay test to measure students' critical thinking ability with the criteria of C3-C5 questions. And to find out the results of student independence, namely using questionnaires and observer assessments. As well as to find out the creativity of students using the assessment of the product produced, namely in the form of posters in accordance with the assessment that has been determined. Based on the results of research and data analysis using the PJBL model to realize several elements in the Pancasila student profile, namely critical reasoning, independence, and creativity, it can be concluded that students' critical thinking skills are obtained from the average data of the critical thinking ability of all students, which is 79% in the good category, and the results of the independence questionnaire obtained 84% data with the very good category. The results of the independence observer assessment obtained 88% data and the last result of the product assessment to measure student creativity was 89% with the good category. Keywords: Pancasila Student Profile, Creativity, Learning Model, PJBL, Biodiversity

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025) Vol 9, No 1 (2025): Jurnal TPACK IPA (January,2025) Vol 8, No 2 (2024): Jurnal TPACK IPA (August,2024) Vol 8, No 1 (2024): Jurnal TPACK IPA (January, 2024) Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018) Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018) Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018) Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018) Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (August, 2018) Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (July, 2018) Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018) Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (May, 2018) Vol 6, No 8 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2017) Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (September, 2017) Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2017) Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2017) Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2017) Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2017) Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2017) Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (January, 2017) Vol 5, No 9 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (December, 2016) Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2016) Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2016) Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (November, 2016) Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2016) Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2016) Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2016) Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2016) Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (February, 2016) More Issue