cover
Contact Name
Kurnia Suci Titih Angelina
Contact Email
ppm.sps@univpancasila.ac.id
Phone
+6281519642215
Journal Mail Official
ekobisman@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila Jl. Borobudur No. 7, Jakarta Pusat, 10320
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Ekobisman : Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 25284304     EISSN : 25979302     DOI : https://doi.org/10.35814/ekobisman
Core Subject : Economy, Social,
1) Micro and macro economics; 2) Marketing, Finance, Operational, Human Resources and Strategic Management; 3) Business Digital
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 3 (2024): APRIL" : 7 Documents clear
Penerapan Manajemen Strategi Dalam Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Di PT XYZ Tbk Purwonugroho Putro, Albertus; Miranda, Agustinus; Derriawan
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 3 (2024): APRIL
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i3.6609

Abstract

Penelitian tahun 2024 ini berjudul: “Penerapan Manajemen Strategi dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility di PT XYZ Tbk” Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan menemukan penerapan manajemen strategi dalam pelaksanaan program CSR XYZ Nyalakan Ilmu di PT XYZ Tbk; Untuk menganalisis dan menemukan kendala- kendala penerapan manajemen strategi dalam pelaksanaan program CSR XYZ Nyalakan Ilmu di PT XYZ Tbk; dan Untuk menganalisis dan menemukan solusi-solusi yang tepat untuk mengatasi kendala yang ditemukan terhadap penerapan manajemen strategi dalam pelaksanaan program CSR XYZ Nyalakan Ilmu di PT XYZ Tbk. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, dan bersifat deskriptif. Adapun hasil penelitian ini, yaiu: Terdapat manajemen strategi dalam pelaksanaan program CSR XYZ Nyalakan Ilmu di PT XYZ Tbk. Walaupun belum teridentifikasi visi dan misi program CSR XYZ Nyalakan Ilmu secara spesifik, namun pelaksanaan program CSR XYZ Nyalakan Ilmu memiliki acuan pelaksanaan dalam misi poin 4 PT XYZ Tbk, yakni: “mendukung pembangunan masyarakat dan negara”.
Strategi Digital Inovatif Untuk Peningkatan Kinerja: Studi Kasus PT. DariDesa.id Bengkulu Asrial Kurniansyah; Zulkifli; Agustinus Miranda
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 3 (2024): APRIL
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i3.6738

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Teknologi Digital, Inovasi, Kapabilitas Organisasi, dan Intellectual Capital terhadap Digital Marketing dan Kinerja Perusahaan. Studi kasus dilakukan pada PT. DariDesa.id di Provinsi Bengkulu. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada 50 responden yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknologi Digital, Inovasi, Kapabilitas Organisasi, dan Intellectual Capital berpengaruh positif signifikan terhadap Digital Marketing. Namun, hanya Digital Marketing, Inovasi, dan Kapabilitas Organisasi yang berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Perusahaan. Sementara itu, Teknologi Digital dan Intellectual Capital tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan. Implikasi manajerial studi ini adalah perlunya pembinaan aktif terhadap UMKM, inovasi produk dan pelayanan, pengembangan produk pertanian, penggunaan teknologi dalam pertanian, dan pelaksanaan konsep digital marketing secara menyeluruh.
Analisis Pengaruh E-Commerce, Service Quality Dan Trust Terhadap Customer Loyalitas Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Pada Konsumen Electronik City Bogor) Wisnu Ramadhan; Tabroni; Edy Supriyadi
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 3 (2024): APRIL
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i3.6739

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh e-commerce service quality dan trust terhadap customer loyality melalui customer satisfaction (Studi Kasus Pada Konsumen Electronic City Bogor). Penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling terhadap 265 responden yang dilakukan pada e-commerce service quality dan trust terhadap customer loyality melalui customer satisfaction (Studi Kasus Pada Konsumen Electronic City Bogor). Penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) e-commerce berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction (2) Service quality berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction (3) trust berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction (4) e-commerce berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty. (5) service quality berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyality. (6) trust tidak berpengaruh signifikan terhadap customer loyality (7) Customer Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer loyality.
Strategi Peningkatan Kinerja Pemerintah (AKIP) Kabupaten Nias Simon Seprianus Zai; Derriawan; Zulkifli
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 3 (2024): APRIL
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i3.6740

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki strategi peningkatan kinerja pemerintah Kabupaten Nias, wilayah di Sumatera Utara, dalam rentang waktu 2012 hingga 2022. Selama periode tersebut, terjadi perubahan signifikan dalam nilai Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (AKIP), dari predikat C menjadi predikat B. Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) didorong oleh sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. Penelitian ini berfokus pada pengaruh variabel kepemimpinan, sumber daya manusia, kualitas infrastruktur, dan kolaborasi antar departemen terhadap good governance dan kinerja organisasi di Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Metode penelitian melibatkan 490 pegawai pemerintah Kabupaten Nias dan menggunakan analisis jalur parsial berbasis struktur (PLS SEM). Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, kuesioner, dan focus group discussion (FGD) dari berbagai departemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan memiliki pengaruh signifikan terhadap good governance namun bersifat negatif. Kompetensi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap good governance. Kualitas infrastruktur tidak signifikan berpengaruh terhadap good governance. Kolaborasi antar departemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap good governance. Kepemimpinan tidak signifikan berpengaruh terhadap kinerja organisasi, kompetensi berpengaruh signifikan dengan hubungan negatif. Kualitas infrastruktur berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi. Kolaborasi dan good governance antar departemen tidak signifikan berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Pemerintah Kabupaten Nias lebih memfokuskan pada kemitraan swasta, infrastruktur, pariwisata, kualitas hidup, dan mitigasi risiko dalam upaya meningkatkan kinerja mereka.
Strategi Pengembangan Produk Untuk Peningkatkan Reputasi Perusahaan De’Roti PT. Jr Pangan Semesta Wandi Yulius; Zulkifli; Derriawan
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 3 (2024): APRIL
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i3.6741

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Pengembangan Produk untuk meningkatkan reputasi perusahaan De’Roti PT. Jr. Pangan Semesta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (campuran). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang diolah dengan Smart PLS 3.0 untuk analisis kuantitatif, sedangkan untuk analisis kualitatif menggunakan SWOT, CPM, IFE & EFE dan QSPM. Hasil penelitian kuantitatif membuktikan bahwa inovasi, kualitas produk, selera konsumen berpengaruh terhadap reputasi perusahaan. Sedangkan pelayanan pelanggan tidak begitu mempengaruhi reputasi perusahaan. Adapun hasil penelitian analisa strategi melalui tahapan strategi input stage dengan CPM, IFE & EFE matching stage dengan TOWS dan decision stage dengan QSPM maka strategi yang digunakan dari hasil QSPM adalah strategi alternatif pemasaran masif pada jejaring marketplace.
Strategi Transformasi Sumber Daya Manusia Bertalenta untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Dikki Rukmana; Zulkifli; Agustinus Miranda Wijaya
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 3 (2024): APRIL
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i3.6838

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Budaya Adaptif, Digital Leadership, Agilitas Organisasi, Berbagi Pengetahuan dan Transformasi SDM Bertalenta terhadap Kinerja Organisasi secara langsung maupun tidak langsung pada Ditjen Aptika. Sampel penelitian 60 responden pegawai , untuk fokus grup diskusi (FGD) dihadiri oleh Direksi Ditjen Aptika. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan fokus grup diskusi (FGD). Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah dengan software Smart PLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Budaya Adaptif berpengaruh terhadap Transformasi SDM Bertalenta, variabel Digital Leadership berpengaruh terhadap Transformasi SDM Bertalenta, variabel Agillitas Organisasi terhadap Transformasi SDM Bertalenta, variabel Berbagi Pengetahuan tidak berpengaruh terhadap Transformasi SDM Bertalenta, variabel Budaya Adaptif berpengaruh terhadap Kinerja Organisasi, variabel Digital Leadership berpengaruh terhadap Kinerja Organisasi, variabel Agilitas Organisasi berpengaruh terhadap Kinerja Organisasi, variabel Berbagi Pengetahuan berpengaruh terhadap Kinerja Organsiasi dan variabel Transformasi SDM Bertalenta berpengaruh terhadap Kinerja Organisasi. Adapun hasil penelitian analisa strategi melalui tahapan strategi input stage dengan IFE & EFE matching stage dengan TOWS dan decision stage dengan QSPM maka strategi yang digunakan dari hasil QSPM Strategi Transformasi SDM Bertalenta dan Strategi Peningkatan Agilitas Organisasi.
Strategi Produk Regulasi Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Pada Ditjen Aptika Kominfo Bahtiar Minarto; Zulkifli; Agustinus Miranda Wijaya
EKOBISMAN : JURNAL EKONOMI BISNIS MANAJEMEN Vol. 8 No. 3 (2024): APRIL
Publisher : SEKOLAH PASCASARJANA PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/ekobisman.v8i3.6839

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Produk Regulasi Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik pada Ditjen Aptika Kominfo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (campuran). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang diolah dengan Smart PLS 3.0 untuk analisis kuantitatif, sedangkan untuk analisis kualitatif menggunakan SWOT, IFE & EFEdan QSPM. Hasil penelitian kuantitatif membuktikan bahwa Kompetensi SDM, Standar Operasional Prosedur (SOP), Kepemimpinan, dan Produk Regulasi berpengaruh terhadap terhadap kinerja pelayaan publik, sedangkan Kapabilitas Organisasi, tidak berpengaruh terhadap kinerja pelayanan publik. Adapun hasil penelitian analisa strategi melalui tahapan strategi input stage dengan IFE & EFE matching stage dengan TOWS dan decision stage dengan QSPM maka strategi yang digunakan dari hasil QSPM adalah strategi alternatif mengukur keberhasilan regulasi dan terus evaluasi kinerja.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 1 (2025): AGUSTUS Vol. 9 No. 3 (2025): APRIL Vol. 9 No. 2 (2024): DESEMBER Vol 9 No 2 (2024): Desember Vol 9 No 1 (2024): AGUSTUS Vol. 9 No. 1 (2024): AGUSTUS Vol. 8 No. 3 (2024): APRIL Vol 8 No 3 (2024): APRIL Vol 8 No 2 (2023): Desember Vol. 8 No. 2 (2023): DESEMBER Vol 8 No 1 (2023): Agustus Vol. 8 No. 1 (2023): AGUSTUS Vol. 7 No. 3 (2023): APRIL Vol 7 No 3 (2023): APRIL Vol 7 No 2 (2022): DESEMBER Vol. 7 No. 2 (2022): DESEMBER Vol. 7 No. 1 (2022): AGUSTUS Vol 7 No 1 (2022): AGUSTUS Vol. 6 No. 3 (2022): APRIL Vol 6 No 3 (2022): APRIL Vol 6 No 2 (2021): DESEMBER Vol. 6 No. 2 (2021): DESEMBER Vol. 6 No. 1 (2021): AGUSTUS Vol 6 No 1 (2021): AGUSTUS Vol 5 No 3 (2021): APRIL Vol. 5 No. 3 (2021): APRIL Vol 5 No 2 (2020): DESEMBER Vol. 5 No. 2 (2020): DESEMBER Vol. 5 No. 1 (2020): AGUSTUS Vol 5 No 1 (2020): AGUSTUS Vol 4 No 3 (2020): APRIL Vol. 4 No. 3 (2020): APRIL Vol. 4 No. 2 (2019): DESEMBER Vol 4 No 2 (2019): DESEMBER Vol. 4 No. 1 (2019): AGUSTUS Vol 4 No 1 (2019): AGUSTUS Vol 3 No 3 (2019): APRIL Vol. 3 No. 3 (2019): APRIL Vol. 3 No. 2 (2018): DESEMBER Vol 3 No 2 (2018): DESEMBER Vol 3 No 1 (2018): AGUSTUS Vol. 3 No. 1 (2018): AGUSTUS Vol. 2 No. 3 (2018): APRIL Vol 2 No 3 (2018): APRIL Vol. 2 No. 2 (2017): DESEMBER Vol 2 No 2 (2017): DESEMBER Vol 2 No 1 (2017): AGUSTUS Vol. 2 No. 1 (2017): AGUSTUS Vol 1 No 3 (2017): APRIL Vol. 1 No. 3 (2017): APRIL Vol. 1 No. 2 (2016): DESEMBER Vol 1 No 2 (2016): DESEMBER Vol 1 No 1 (2016): AGUSTUS Vol. 1 No. 1 (2016): AGUSTUS More Issue