cover
Contact Name
Prima Mytra
Contact Email
mytraprima@gmail.com
Phone
+6285239211417
Journal Mail Official
mytraprima@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sultan Hasanuddin No. 20, Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Al-Ilmi
ISSN : 27765059     EISSN : 27751503     DOI : https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v4i1
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Ilmi adalah Jurnal Program Pascasarjana Prodi PAI yang dikelolah oleh Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Ahmad Dahlan yang memuat penelitian tentang Pendidikan Agama Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 02 (2024): Maret" : 8 Documents clear
ASPEK KELUARGA SAKINAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN Zulkarnain, Zulkarnain Mubhar; Radina
Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 4 No 02 (2024): Maret
Publisher : Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/al-ilmi.v4i02.1875

Abstract

Pendidikan Islam (agama) dalam keluarga meliputi segala aspek, bukan hanya dalam konteks ritual ibadah melainkan di segala aspek penunjang keluarga. Misal, suami istri harus paham pendidikan seks menurut Islam agar suami dalam “mencampuri” istrinya tetap memperhatikan etika dan hukum tentang hal-hal yang dibolehkan serta hal-hal yang diharamkan agar hal ini bukan hanya ajang pelampiasan seks semata tetapi bernilai ibadah dan mendapatkan pahala di sisi Allah swt. kenapa hal ini perlu diketahui? Karena halhal yang dianggap sepele bisa menjadi masalah besar di kemudian hari apabila tidak dipahami dengan jelas. Begitu pula halnya dengan pendidikan lain. Di sinilah peranaan pendidikan Islam (agama) sebagai pondasi diperlukan.
S Strategi guru pendidikan agama islam dalam membina akhlakul karimah siswa di SDN 01 Bligorejo Khoiru Nada, Lailatul; Puspitaningrum, Diah
Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 4 No 02 (2024): Maret
Publisher : Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/al-ilmi.v4i02.2061

Abstract

Seluruh lembaga pendidikan berusaha menjadikan seluruh siswanya berakhlak dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam hal tersebut, membutuhkan peran guru dalam berproses, terutama guru Pendidikan agama islam. Saat kegiatan pembelajaran, guru tidak hanya memberikan materi saja, namun juga menunjukkan aspek mendidik akhlak kepada siswa. Oleh sebab itu, strategi yang dimiliki guru dalam membentuk akhlakul karimah harus tepat agar proses pembelajaran lebih berhasil dan berguna. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru Pendidikan agama islam dalam membina akhlakul karimah siswa di SDN 01 Bligorejo. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu melalui wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi yang digunakan guru Pendidikan agama islam di SDN 01 Bligorejo mampu diimplementasikan oleh siswa baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Dilihat dari segi tingkah laku, penampilan, maupun cara bicara siswa SDN 01 Bligorejo, Mereka sudah memiliki akhakul karimah sesuai yang diajarkan. Guru juga selalu memantau perkembangan setiap siswa di kelas. Selain itu, guru juga melakukan pembiasaan pagi yang selalu dilakukan baik itu baca surat-surat pendek, asmaul khusna, maupun berjabat tangan dengan ibu atau bapak guru. Kata kunci : Strategi, Akhlakul Karimah, Akhlak Siswa. Abstract All educational institutions try to make all their students have morals and believe in God Almighty. In this case, it requires the teacher's role in the process, especially PAI teachers. During learning activities, the teacher not only provides material, but also shows aspects of educating morals to students. Therefore, the teacher's strategy in forming good morals must be appropriate so that the learning process is more successful and useful. This study aims to determine the strategies used by PAI teachers in fostering students' morals at SDN 01 Bligorejo. This research method uses qualitative research methods, namely through interviews and observation. The results of this study are that the strategies used by PAI teachers at SDN 01 Bligorejo are able to be implemented by students both in the school environment and in the community. In terms of behavior, appearance, and the way of speaking the students of SDN 01 Bligorejo, they already have good morals according to what is being taught. The teacher also always monitors the progress of each student in the class. Apart from that, the teacher also does morning habits which are always done whether it's reading short letters, Asmaul Khusna, or shaking hands with the teacher's mother or father. Keywords: Strategy, Akhlakul Karimah, Student Morals.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN POWERT POINT DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF Anriani, Ririn; Jamaluddin; Anna Primadoniati
Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 4 No 02 (2024): Maret
Publisher : Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/al-ilmi.v4i02.2242

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitasmodel pembelajaran scramble berbantuan powert point dalam meningkatkanminat belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqhi kelas IX di MTs Nurul Izzah Kalamisu, efektivitasmodel pembelajaran scramble berbantuan powert point terhadap peningkatanhasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran fiqhi kelas IX di MTs Nurul Izzah Kalamisu. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan pendekatan kuantitatif.Adapun populasi pada riset ini adalah 30 orang.Langkah teknis pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket/kuesioner, soal test dan dokumen.Selanjutnya untuk analisis data digunakan program Spss versi 22.Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa 1) Berdasarkan hasil analisis bahwa pembelajaran dengan menggunakan model scramble berbantuan powert point efektif terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig. (2-tailed) 0.000 dimana nilai tersebut ˂ 0.05, maka Ha diterima dan H0 di tolak dan hasil uji pairet simple t test bahwa sebelum diterapkan model pembelajaran scramble berbantuan powert point dalam meningkatkan minat belajar peserta didik adalah rata-rata 43,47 setelah diterapkan minat belajar peserta didik adalah rata-rata 60,93 artinya model pembelajaran Scramble berbantuan powert point cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik mata pelajaran fiqhi. 2) Berdasarkan hasil analisis bahwa pembelajaran dengan menggunakan model scramble berbantuan powert point efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran fiqih. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig. (2-tailed) 0.000 dimana nilai tersebut ˂ 0.05, serta dapat dilihat dari skor rata-rata yang didapatkan pada hasil posttest dengan nilai 79.3333 lebih besar dari nilai rata-rata hasil pretest dengan nilai 61.3333. Maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat model pembelajaran Scramble berbantuan powert point cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik mata pelajaran fiqhi.
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATERI PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 35 SINJAI Suriyati, Suriyati; Mytra, Prima; Jaya Nur, Makmur; Wahdania, Wahdania
Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 4 No 02 (2024): Maret
Publisher : Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/al-ilmi.v4i02.2597

Abstract

Learning facilities are an important aspect in the educational process, where educators use various media as tools to convey material so that students can understand it more effectively. The aim of this research is to evaluate the application of audio-visual based learning media using teaching aids in Islamic Religious Education material at SMP Negeri 35 Sinjai. The research method used is qualitative, with the researcher as the main instrument and using interviews as a data collection technique. This research also includes collecting information regarding the experiences of class VIII junior high school students regarding the application of audiovisual media. The research results show that the development of information technology has a positive impact on the education sector, where media plays a crucial role in the learning process. The use of learning tools by teachers as communication tools during learning helps students understand the material better. The use of teaching aids also makes a major contribution to the teacher's ability to develop teaching materials, encourage creativity and innovation in the teaching process.
Pengaruh One Day One Ayat Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Spiritual Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Subehiradi, Subehiradi; Judrah, Muh; Fatmawati, Hj.; Syamsir, Syamsir
Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 4 No 02 (2024): Maret
Publisher : Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/al-ilmi.v4i02.2701

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh one day one ayat (ODOA) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai. (2) Pengaruh one day one ayat (ODOA) terhadap sikap spiritual pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits siswa kelas XI madrasah aliyah negeri 2 sinjai. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 44 siswa. Tehnik pengambilan sampel dilakukan secara Proportionate Stratified Random Sampling dimana sampel diambil dengan menggunakan acak dalam strata sehingga terpilih 36 siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian ex post vacto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. adapun metode pengumpulan data yaitu dengan teknik angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif statistic melalui program SPSS 20 pada taraf signifikan α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ada pengaruh one day one ayat (ODOA) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al qur’an hadits siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai dengan nilai 0.000<0.05. Adapun besar pengaruh sebesar 39,3%. Ke dua, ada pengaruh one day one ayat (ODOA) terhadap sikap spiritual siswa pada mata pelajaran al qur’an hadits siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Sinjai dengan nilai 0.000<0.05. Adapun besar pengaruh sebesar 37,4%.
Pengaruh Kegiatan Muhadharah Terhadap Kecerdasan Linguistik dan Kepercayaan Diri Peserta Didik Faramita, Faramita; Firdaus, Firdaus; Nazaruddin, Nazaruddin
Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 4 No 02 (2024): Maret
Publisher : Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/al-ilmi.v4i02.2702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) membuktikan pengaruh kegiatan muhadharah terhadap kecerdasan lingustik, 2) untuk membuktikan pengaruh kegiatan muhadharah terhadap kepercayaan diri peserta didik di MA Tahfidz Kaisa Kecamatan Tonra Kab. Bone.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto menggunakan causal comparative research (penelitian kausal komparatif). Pendekatan penelitian pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian yakni peserta didik kelas XI MA Tahfidz Kaisa Kecamatan Tonra Kab. Bone. Pengumpulan data yang digunakan angket. Tekik analisis data yang digunakan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian yaitu: 1) Kegiatan Muhadharah berpengaruh terhadap Kecerdasan Kecerdasan Linguistik sebesar 62,0% pada kategori tinggi. 2) Kegiatan Muhadharah berpengaruh terhadap Kecerdasan kepercayaan diri sebesar 78,8% pada kategori Tinggi.
Evaluasi Model Pembelajaran Hybrid Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Yusniar, Yusniar; Ismail, Ismail; Rahmatullah, Rahmatullah
Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 4 No 02 (2024): Maret
Publisher : Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/al-ilmi.v4i02.2704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi; 1) perencanaan penerapan model pembelajaran Hybrid learning, 2) hasil pelaksanaan penerapan model pembelajaran Hybrid learning dan 3) pembelajaran PAI dengan penerapan model pembelajaran Hybrid learning di SMAN 10 Sinjai. Evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi sumatif. Jenis pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil evaluasi yakni: 1) Perencanaan penerapan model pembelajaran Hybrid learning memperoleh nilai 89,06% dengan kriteria sangat baik, telah memuat; identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kelas atau semester, materi pokok, alokasi waktu, kompetensi inti, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, model, metode dan media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran. 2) Hasil pelaksanaan penerapan model pembelajaran Hybrid learning memperoleh nilai 93,75% dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut dilihat dari penerapan sesuai sintaks model pembelajaran Hybrid learning mulai dari prepare me (persiapan), tell me (presentation), show me (demonstrasi), let me (latihan), check me (evaluasi), support me (dukungan /bantuan), coach me (saling melatih) connect me (kolaborasi). 3) Pembelajaran PAI dengan penerapan model pembelajaran Hybrid learning sebagaimana pengalaman belajar peserta didik memperoleh nilai persentase sebesar 83,45% dengan kriteria sangat baik. Dari model ini, peserta didik tidak hanya dituntut untuk sekedar mengetahui isi materi tetapi peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dan mendapat pengalaman dari segi pemanfaatan fasilitas pembelajaran online, seperti yang terdapat pada smart school yang digunakan sebagai portal dalam proses pembelajaran dengan model Hybrid learning.
Pengaruh Profesionalisme Dan Kedisiplinan Guru Pai Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Gani, Sofyan; Mustamir, Mustamir; Mubhar, Muhammad Zulkarnain
Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam Vol 4 No 02 (2024): Maret
Publisher : Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/al-ilmi.v4i02.2705

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme dan kedisiplinan guru PAI terhadap motivasi mengahafal al-qur’an peserta didik di MIS ikhwanussafa sengkang. Dalam penelitian ini telah dilakukan uji statistik regresi linear berganda untuk uji hipotesis dan diperoleh kesimpulan bahwa profesionalisme dan kedisiplinan guru PAI terhadap motivasi mengahafal al-qur’an peserta didik di MIS ikhwanussafa sengkang terdapat pengaruh. Jenis penelitian ex post facto. Adapun populasi pada riset ini adalah seluruh peserta didik MIS Ikhwanussafa Sengkang yang berjumlah 30 orang. Langkah teknis pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket/kuesioner, dokumen. Selanjutnya untuk analisis data digunakan program Spss versi 22. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa 1) Profesionalisme guru terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik di MIS Ikhwanussafa Sengkang terdapat pengaruh. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi sederhana diperoleh hasil uji T dengan menggunakan SPSS menunjukkan t hitung 3,490 > t tabel 2,048 dan besaran pengaruh berdasarkan uji R- Square yaitu 74,5 % sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa profesionalisme guru PAI berpengaruh terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik. 2) Kedisiplinan guru terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik di MIS Ikhwanussafa Sengkang terdapat pengaruh. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi sederhana diperoleh hasil uji T dengan menggunakan SPSS menunjukkan nilai t hitung 4,026 > t tabel 2,048 dan besaran pengaruh berdasarkan uji R-Square adalah 74,5 % sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti kedisiplinan guru PAI berpengaruh terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik. 3) Profesionalisme dan kedisiplinan guru PAI terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik berpengaruh secara simultan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi berganda diperoleh nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan nilai F hitung 39,345 > F tabel 3.55 sedangkan besaran pengaruh berdasarkan uji R-Square adalah 74,5 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti profesionalisme guru dan kedisiplinan guru PAI secara simultan berpengaruh terhadap motivasi menghaafal Al Qur’an peserta didik

Page 1 of 1 | Total Record : 8