cover
Contact Name
Andre Suryaningprang
Contact Email
inabajournals@inaba.ac.id
Phone
+62895405780777
Journal Mail Official
inabajournals@inaba.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No. 448, Batununggal, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40266, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Of Digital Communication Science
ISSN : 29636019     EISSN : 29643333     DOI : https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.217
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Digital Communication Science opens for manuscript that had focus on the following issues: Management Communication Digital Public Relations Mass Media Marketing and Business Communication Cultural Communication Online Media Political Communication Organizational Communication
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): Journal of Digital Communication Science" : 5 Documents clear
Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce Terhadap Logo Perusahaan Goto Indonesia Jaya, Raymond Clement; Aprilia, Adinda Putri; Ramdani, Adisti Citra; Aqila, Amyra Amalia; Rinendaputri, Alyssa Azka; Aulia, Karina; Amanda Putri, Tasha Suciati; Hafiar, Hanny
Journal of Digital Communication Science Vol. 2 No. 1 (2024): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v2i1.238

Abstract

Logo adalah suatu gambar, simbol, atau lambang yang memiliki arti dan makna tertentu yang mewakili suatu perusahaan, organisasi, lembaga, ataupun produk. Setiap logo tentu memiliki filosofi, dasar, serta tujuan mengenai terbuatnya logo tersebut. Mengingat hal tersebut, GoTo atau Gojek dan Tokopedia sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia juga turut menciptakan logo yang menjadi identitas perusahaannya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ditujukan untuk mengenal dan mengetahui makna, tanda, maupun simbol-simbol sekaligus mengetahui makna ikon, indeks, dan simbol yang ditemukan dalam logo perusahaan GoTo. Melalui analisis semiotika, peneliti menggunakan metode kualitatif interpretatif dengan teori analisis dari Charles Sanders Pierce atau “Grand Theory” yang bersifat menyeluruh, deskripsi struktural dari semua penandaan. Hasilnya, logo GoTo memiliki bentuk abstrak dan konkret yang terdiri dari Picture Marks dan Typographic Logo. Logo GoTo menggunakan dua warna yang nyaman dan tegas untuk dilihat, yakni warna hijau dan hitam, dengan arti pertumbuhan dan kesan formal yang elegan. Dapat diinterpretasikan, bahwa logo GoTo menggambarkan persatuan antar dua perusahaan yakni Gojek dan Tokopedia yang mampu membentuk pemikiran persatuan antara perbedaan namun tetap bisa bekerjasama untuk mencapai tujuan yang baik.
Analisis Media Monitoring Brand Nokia pada Era Disrupsi melalui Pemantauan Brand24 Mustikawati, Sri Mega; Hafiar, Hanny; Priyatna, Centurion Chandratama
Journal of Digital Communication Science Vol. 2 No. 1 (2024): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v2i1.271

Abstract

Era disrupsi bergerak sangat cepat dan mempengaruhi seluruh tatanan fundamental manusia, salah satunya pada perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih. Fenomena ini tidak dapat dihindari, melainkan perlu adanya adaptasi yang tepat pada setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi. Nokia adalah salah satu perusahaan yang pernah mendominasi pasar pada awal tahun 2000-an, namun sayangnya Nokia tidak dapat mempertahankan daya saingnya untuk waktu yang lama karena kegagalan mereka dalam menghadapi era disrupsi. Kondisi tersebut membuat Nokia berusaha untuk bisa bertahan dan meningkatkan eksistensinya sebagai brand smartphone di tengah gempuran kompetitornya. Hal tersebut mendorong pelaksanaan media monitoring, guna memantau pemberitaan dan insights brand Nokia pada media online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan media monitoring analytical tools, Brand24. Data yang dihimpun pada Brand24 adalah data pada media online dengan segmentasi lini masa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nokia memiliki berbagai pemberitaan dengan dominasi berita bersentimen positif dan menunjukkan jumlah insights dari setiap penyebutan pada media online yang beragam.
Analisis Aksesibilitas Website Kementerian di Indonesia Sebagai Implementasi dari E-Government Lestari, Dini Tri; Hafiar, Hanny; Priyatna, Centurion Chandratama
Journal of Digital Communication Science Vol. 2 No. 1 (2024): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v2i1.274

Abstract

Perkembangan di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi atau TIK di Indonesia terus mengalami peningkatan. Keadaan tersebut mendorong pemerintah untuk mengadaptasi teknologi digital ke dalam pelayanan publik dengan penerapan e- government. Salah satu implementasi dari e-government yaitu melalui pengelolaan website. Namun, tidak semua publik dapat menikmati akses informasi melalui website dengan mudah. Ada kalangan yang tidak dapat menikmati informasi dikarenakan keterbatasan yang dimilikinya, yaitu kalangan disabilitas. Sebagian besar website dari kementerian-kementerian di Indonesia masih belum memiliki fitur aksesibilitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat aksesibilitas website kementerian-kementerian di Indonesia serta pentingnya memastikan bahwa website tersebut dapat diakses oleh semua kalangan, termasuk penyandang disabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Evaluasi dilakukan dengan alat otomatis aXe DevTools dari Deque dan berpedoman pada pedoman aksesibilitas website WCAG atau web content accessibility guidelines. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara umum kementerian-kementerian di Indonesia masih belum memperhatikan kepentingan aksesibilitas pada website-nya sehingga peninjauan ulang terhadap aksesibilitas website perlu untuk dilakukan.
Analisis Sentimen Terhadap Brand Daihatsu Berdasarkan Pemberitaan Online pada Maret 2023 Nurusyifa, Delia; Hafiar, Hanny; Priyatna, Centurion Chandratama
Journal of Digital Communication Science Vol. 2 No. 1 (2024): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v2i1.275

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan dunia industri, membuat persaingan antar pelaku usaha semakin ketat. Tak terkecuali pada industri otomotif yang pertumbuhannya meningkat secara signifikan pada tahun 2022 yang dengan pertumbuhan 14,20% di TW I , TW II 2022 sebesar 7,35%, dan TW III 2022 sebesar 10,26% (Gaikindo, 2022). Daihatsu merupakan salah satu perusahaan otomotif dengan kapasitas produksi terbesar dan terkenal di Indonesia yang dibuktikan dengan kemampuannya dalam mempertahankan posisi nomor 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut. Hal tersebut membuat Daihatsu menjadi salah satu brand otomotif yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat dan diberitakan di media massa khususnya pada media online, sehingga diperlukan kegiatan media monitoring guna melacak dan memantau sentimen masyarakat terhadap merek dan produk Daihatsu di media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif jenis netnografi dengan mengumpulkan data yang dihimpun melalui media monitoring tools Brand24. Hasil dari analisis selama bulan Maret 2023 menunjukkan bahwa penyebutan kata Daihatsu didominasi dengan sentimen netral dengan jumlah 1654 berita, disusul dengan pemberitaan dengan sentimen positif sebanyak 114 berita dan terakhir sentimen negatif sebanyak 6 berita. Angka tersebut sudah termasuk cukup aman untuk kestabilan reputasi dan citra merek dari Daihatsu karena tidak ada pemberitaan negatif yang berpotensi menjadi sebuah krisis besar bagi Daihatsu pada periode selanjutnya
Analisis Word Of Mouth (Wom) Sebagai Strategi Branding Rizkiana Poedjadi, Maudy; Tawaqal, Rizki Surya; Surya Putra, Dice; Latifah Salim Nur Rohman, Siti; Ramdan, Ahmad Taufiq Maulana
Journal of Digital Communication Science Vol. 2 No. 1 (2024): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v2i1.290

Abstract

Pada penelitian efektivitas Word of Mouth (WOM) sebagai strategi branding ini adalah untuk mengetahui sebesar besar dampak dari WOM sebagai strategi branding. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian literatur dan sampelyang digunakan adalah efek dari WOM dalam perilaku membeli konsumen, Membentuk WOM sebagai strategi marketing dalam klub Kesehatan independent, Efek kredibilitas merk kepada WOM melalui kepuasan pelangan dan kesetian pelanggan di hypermart Cyberpark Karawaci, dan dampak WOM dalam keputusan membeli di Yordania. Sampel ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan metode campuran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah WOM berdampak signifikan dalam mempengaruhi seseorang untuk membeli barang. WOM sendiri tidak terbatas pada umur dan jenis kelamis sehingga WOM sangat efektif sebagai strategi branding murah. Melalui penelitian ini, WOM menjadi strategi branding yang di rekomendasikan mengingat biaya yang sangat murah dan memberikan dampak yang pesat. Namun, dalam menggunakan WOM perlu adanya kehati-hatian. Jika konsumen telah memberikan ulasan buruk, maka WOM menjadi strategi branding yang perlu dihindari sebab konsumen lebih mempertimbangkan ulasan buruk di bandingkan ulasan bagus.

Page 1 of 1 | Total Record : 5