cover
Contact Name
Juliana Fisaini
Contact Email
j.fisaini@usk.ac.id
Phone
+6281377412304
Journal Mail Official
jurnaltekniksipil@usk.ac.id
Editorial Address
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala Jl. Syech Abdurrauf No. 7 Darussalam, Banda Aceh 23111
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 20889321     EISSN : 25025295     DOI : http://dx.doi.org/10.24815/jts.v12i2.30788
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Sipil (Journal of Civil Engineering) Universitas Syiah Kuala is a scientific journal, published by Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Syiah Kuala. It is aimed at disseminating research results related to civil engineering fields, where readers of the journal are expected from civil engineering researchers/scientists, students in related fields, engineers, and practitioners in this field. Jurnal Teknik Sipil (Journal of Civil Engineering) Universitas Syiah Kuala publishes the scientific articles in area of civil engineering, as follows. Structural Engineering, Water Resources Engineering, Transportation Engineering, Geotechnical Engineering, Construction Engineering & Management, Urban Planning Geospatial and Geomatics Engineering, and Ocean Engineering
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016" : 10 Documents clear
ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN ALTERNATIF DI KOTA IDI PROVINSI ACEH Zubir Zubir; Sofyan M. Saleh; Renni Anggraini
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Various efforts by the government in order to maintain the performance of the road in order to still be able to serve demand of the population that is increasingly larger. The effort could take the form improvement of road network and improvement in traffic management and system transportation and movement. In the regions outside of Java such as on the island of Sumatra, with a relatively low population density, the most common form of the actions carried out is the improvement of existing roads and construction of new road sections. Construction of alternative roads Idi city for the purpose to avoid the problem of congestion around the city idi, road construction has been started since 2010 with a length of 14.13 km, while the length of 13.35 km of existing roads. Construction will be implemented in 2017 to 2020, for 2015 is planned for completion at the stage of land acquisition.The purpose of this study was to evaluate of demand for an alternative way idi city based on the degree of saturation and predictive traffic flow. Calculating the Vehicle Operating Costs (VOC) and travel time savings. The results obtained for the evaluation of demand based on predictions of traffic that the vehicle growth rate reached 10,60 % every year, then the degree of saturation 2015 = 0,35, 2023 = 0,78, thus the alternative road Idi city is needed to be built in order to avoid capacity problems in the coming years on existing roads. Based on the evaluation of the benefits of saving Vehicle Operating Costs (VOC) of Rp 321 /veh/km for passenger cars, buses Rp. 2.017 /veh/km and trucks Rp. 1.925 /veh/km. Saving time value of Rp. 6.040 /veh, for vehicle passenger cars, Rp. 39.643 /veh, for buses, Rp. 4.303 /veh for trucks.Keywords : Evaluation of demand, degree of saturation, vehicle operating costsAbstrak: Berbagai usaha dilakukan pemerintah dalam rangka mempertahankan kinerja jalan agar tetap dapat melayani kebutuhan transportasi penduduk yang kian hari kian meningkat. Usaha tersebut bisa berbentuk perbaikan sistem jaringan jalan maupun perbaikan pada manajemen lalu lintas dan sistem perangkutan dan pergerakan. Pada wilayah-wilayah di luar pulau Jawa seperti di pulau Sumatera, dengan kepadatan penduduk yang relatif rendah maka bentuk tindakan yang paling umum dilakukan adalah dengan peningkatan jalan yang ada dan pembangunan ruas-ruas jalan baru. Pembangunan jalan alternatif kota Idi bertujuan untuk menghindari masalah kemacetan di sekitar kota idi, pembangunan jalan tersebut telah dimulai sejak tahun 2010 dengan panjang 14,13 Km, sedangkan panjang ruas jalan existing 13,35 Km.Konstruksi akan dilaksanakan pada tahun 2017 hingga tahun 2020, untuk tahun 2015 direncanakan selesai pada tahap pembebasan lahan.Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi kebutuhan jalan alternatif kota idi berdasarkan derajat kejenuhan, prediksi arus lalu lintas, menghitung Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan penghematan waktu perjalanan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk evaluasi kebutuhan berdasarkan prediksi arus lalu lintas yaitu tingkat pertumbuhan kendaraan mencapai 10,60% per tahun, maka derajat kejenuhan pada tahun 2015 = 0,35, tahun 2023 = 0,78. Berdasarkan manfaat berupa penghematan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) sebesar Rp 321 /kend/km untuk mobil penumpang, bus sebesar Rp. 2.017 /kend/km dan truk sebesar Rp. 1.925 /kend/km. Penghematan nilai waktu Rp.6.040/kend, untuk kendaraan mobil penumpang, Rp. 39.643 /kend, untuk kendaraan bus, Rp. 4.303 /kend untuk kendaraantruk.Kata kunci : Evaluasi kebutuhan, derajat kejenuhan, biaya operasional kendaraan
PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN DI PERSIMPANGAN TIPE Y (Studi Kasus Simpang Pelor - Meulaboh) Bambang Tripoli; Sofyan M. Saleh; Muhammad Isya
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract:Meulaboh city has several intersections or junction one of them is Simpang Pelor Meulaboh which have 3 arms signalized between National Road, Iskandar Muda Street, and Teuku Umar Street. The problem statements in this research are how to determine side barriers, adequacy for parking space and the shape of corner at the outer side of the road, traffic volume and the level of service road. The purpose of the study are to estimate how complex side barriers, adequacy for parking space and the shape of corner parking, traffic volume and also the level of service to road performances. The method based on MKJI 1997. Based on the results weighted frequencies of occurrence the side barriers "high", with a weight of events National Road 650/hour, Teuku Umar Street 655/hour and Iskandar Muda Street 625/hour. The capacity of the parking lot placed on the position boundary lines and building in the form of angle parking position 300, with the amount of two-wheeled vehicle 6,397 units four-wheeled and six-wheeled 674 units. Traffic volumes occurred on Wednesday with a green and missing time 16 seconds while the time cycle 119 seconds, for National Road (saturation flow 1,342 smp/hour, the volume of traffic flow 255 smp/hour, green time 26 sec, capacity 291 smp/hour and average on delay 20.685 sec/smp), Teuku Umar Street (saturation flow 1,271 smp/hour, the volume of traffic flow 434 smp/hour, green time 46 sec, capacity 496 smp/hour and average on delay 24.988 sec/smp), while for Iskandar Muda Street (saturation flow 1,342 smp/hour, the volume of traffic flow 288 smp/hour, green time 31 sec, capacity 329 smp/hour and average on delay 21.582 sec/smp), the degree of saturation of each arm numbered at 0.88. Related to the result analysis shows the level of service E, where the flow unstable due to the volume of traffic was almost at capacity with speeds sometimes stalled.Keywords : side barriers, parking, street performanceAbstrak:Kota Meulaboh mempunyai beberapa pertemuan jalan atau persimpangan salah satunya Simpang Pelor Meulaboh yang bersinyal memiliki 3 lengan jalan antara Jalan Nasional, Jalan Iskandar Muda dan Jalan Teuku Umar.Rumusan masalah dalam penelitian bagaimana menentukan hambatan samping, kebutuhan ruang parkir serta bentuk sudut parkir di sisi luar badan jalan, volume lalu lintas dan tingkat pelayanan terhadap kinerja jalan. Tujuan penelitian memperkirakan seberapa besar hambatan samping, kebutuhan ruang parkir dan bentuk sudut parkir, mengevaluasi volume lalu lintas serta tingkat pelayanan terhadap kinerja jalan. Metode yang digunakan berdasarkan MKJI 1997. Berdasarkan hasil frekwensi berbobot kejadian hambatan samping ”tinggi”, dengan bobot kejadian Jalan Nasional 650/jam, Jalan Teuku Umar 655/jam dan Jalan Iskandar Muda 625/jam. Kapasitas lahan parkir di tempatkan pada posisi garis sempadan bangunan dalam bentuk sudut 300 posisi parkir, dengan jumlah kendaraan roda dua 6.397 unit sedangkan roda 4 dan roda enam 674 unit. Volume lalu lintas terjadi hari Rabu dengan waktu antar hijau dan waktu hilang 16 detik sedangkan waktu siklus 119 detik, untuk Jalan Nasional (arus jenuh 1.342 smp/jam, volume arus lalu lintas 255 smp/jam, waktu hijau 26 det, kapasitas 291 smp/jam dan tundaan rata-rata 20,685 det/smp), Jalan Teuku Umar (arus jenuh 1.271 smp/jam, volume arus lalu lintas 434 smp/jam, waktu hijau 46 det, kapasitas 496 smp/jam dan tundaan rata-rata 24,988 det/smp), sedangkan untuk Jalan Iskandar Muda (arus jenuh 1.342 smp/jam, volume arus 288 smp/jam, waktu hijau 31 det, kapasitas 329 smp/jam dan tundaan rata-rata 21,582 det/smp), yang derajat kejenuhan setiap lengan berjumlah sama 0,88. Terkait hasil analisis menunjukkan tingkat pelayanan E, dimana arus kurang stabil karena volume lalu lintas berada hampir pada kapasitas dengan kecepatan terkadang terhenti.Kata kunci : hambatan samping, parkir, kinerja jalan
KAJIAN AWAL PERENCANAAN LENTUR JEMBATAN MENGGUNAKAN GELAGAR FERRO FOAM CONCRETE Syarifah Asria Nanda; Mochammad Afifuddin; Teuku Budi Aulia
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Generally girder are made of reinforced concrete which is relatively heavy, that make it  requires many molds (formwork) and scaffolding to hold the load during the execution. To overcome this used ferro foam concrete material with profile I as a girder. The purpose of this study was to determine the amount of carrying capacity arising under variation girder high for for a few short span .High variation girder under review was 150 mm, 200 mm and 300 mm. Some spans that will be reviewed is 1.5 meters, 2 meters, 2.5 meters, 3 meters, 3.5 meters, 4 meters, 5 meters, and 6 meters. The results showed that the nominal moment is greater than the ultimate moment. for a maximum span length of 2 meters on the type of bridge traffic light. While on the pedestrian bridge shows that the nominal moment is greater than the ultimate moment for a maximum span length of 5 meters.  Value nominal moment resistance (ФMn) was 1.1 tm for the girder size 15x20 cm, 1.6 tm for  size 20x20 cm, and 2.8 tm for size 30x20 cm. Girder large dimensions also affect the amount of deflection, the higher the girder, the smaller flexural.Keywords : profile I, ferro foam concreteAbstrak: Umumnya gelagar terbuat dari beton bertulang yang relatif berat, yang dalam pelaksanaannya membutuhkan cetakan (bekisting) dan penyokong yang relatif banyak untuk menahan beban selama pelaksanaan. Untuk mengatasi hal ini digunakan material ferro foam concrete dengan bentuk profil I sebagai gelagar.  Tujuan penelitian ini adalah mengetahui besarnya kapasitas daya dukung yang timbul berdasarkan variasi tinggi gelagar untuk bentang-bentang pendek. Variasi tinggi gelagar yang ditinjau adalah 150 mm, 200 mm dan 300 mm. Bentang-bentang yang akan ditinjau yaitu 1,5 meter, 2 meter, 2,5 meter, 3 meter, 3,5 meter, 4 meter, 5 meter, dan 6 meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa momen nominal lebih besar dari momen ultimit untuk panjang bentang maksimum 2 meter pada tipe jembatan lalu lintas ringan. Sedangkan pada jembatan pedestrian menunjukkan bahwa momen nominal lebih besar dari momen ultimit untuk panjang bentang maksimum 5 meter. Nilai momen nominal tahanan (ФMn) untuk gelagar ukuran 15x20 cm diperoleh ФMn sebesar 1,1 ton, ukuran 20x20 cm diperoleh ФMn sebesar 1.6 ton, dan ukuran 30x20 cm diperoleh ФMn sebesar 2.8 ton. Besar dimensi gelagar juga mempengaruhi besarnya lendutan, semakin tinggi gelagar maka semakin kecil lendutannya.Kata kunci : Profil I, ferro foam concrete
KEKUATAN STRUKTUR BANGUNAN PENYELAMAT TSUNAMI AKIBAT BEBAN GEMPA DI KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH Sanneti Hevianis; Abdullah Abdullah; Teuku Budi Aulia
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : Banda Aceh suffered extensive damage due to earthquake and tsunami that hit on December 26, 2004. Kuta Alam district, one of area in Banda Aceh that consist of 11 villages, only 2 of them were not affected by the tsunami. Many of people were affected due to the lack of early warning and escape building. Nowadays, there is no escape building in this area make spatial planning based disaster mitigation is not implemented properly. According to the prior research, there are 45 buildings which can be an alternative escape building when the tsunami hit; but the safety of buildings were not guaranteed, because the durability toward seismic threat was not known. Therefore, this study was aim to determine the strength of buildings structure. This study was conducted on 5 public buildings, which are included to the highest risk area of tsunami to moderate. The buildings are : SMPN 9 Banda Aceh, SDN 36 Banda Aceh, Ar-Rahman mosque SD Kartika XVI-1 Banda Aceh, SMA Safiatuddin Banda Aceh, and SDN 45 Banda Aceh. All of them were a reinforced concrete and two-story builiding. Stage of this study were conduct visual observation for the whole buildings; calculating the structual strength of the buildings with Structural Analysis Programming (SAP2000), the seismic load by referring to Indonesian National Standard (SNI 03-1726-2012). The result of this study showed the buildings are still in very good condition, SAP2000 calculation result also showed the buildings still have good strength even when they were loaded by seismic loads.Keywords : Earthquake, Tsunami, Escape BuildingAbstrak : Akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Aceh pada tanggal 26 Desember 2004, Kota Banda Aceh mengalami kerusakan infrastuktur yang sangat berat. Kecamatan Kuta Alam, salah satu Kecamatan di Kota Banda Aceh yang terdiri dari 11 desa, hanya 2 diantaranya yang tidak terkena dampak tsunami; banyaknya korban jiwa yang timbul karena tidak adanya peringatan dini dan bangunan untuk tempat berlindung. Saat ini tidak adanya bangunan escape building di wilayah ini membuat perencanaan tata ruang wilayah yang berbasis mitigasi bencana belum dapat terlaksana dengan baik. Berdasarkan penelitian sebelumnya, terdapat 45 bangunan yang dapat menjadi alternatif sebagai bangunan penyelamat ketika terjadinya tsunami, namun hal inipun belum menjamin keamanannya, karena belum diketahui standar daya tahan bangunan tersebut terhadap ancaman gempa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan struktur bangunan. Penelitian dilaksanakan pada 5 bangunan publik, yang termasuk dalam wilayah yang memiliki risiko paling tinggi hingga sedang akibat bencana tsunami. Bangunan tersebut antara lain : SMPN 9 Banda Aceh, SDN 36 Banda Aceh, Mesjid Ar-Rahman SD Kartika XVI-1 Banda Aceh, SMA Safiatuddin Banda Aceh, dan SDN 45 Banda Aceh. Semua bangunan tersebut merupakan konstruksi beton bertulang dan berlantai 2. Tahapan penelitian ini adalah dengan melakukan pengamatan secara visual untuk keseluruhan bangunan; melakukan perhitungan kekuatan untuk kondisi eksisting bangunan dengan Structural Analysis Programming (SAP2000), beban gempa rencana sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-1726-2012. Hasil penelitian menunjukkan kelima bangunan tersebut masih dalam kondisi yang sangat bagus, hasil perhitungan SAP2000 juga menunjukkan bangunan tersebut masih memiliki kekuatan yang cukup baik ketika dibebani beban gempa.Kata kunci : Gempa bumi, Tsunami, Bangunan Penyelamat Tsunami
PENGARUH KADAR AIR SISI KERING DAN SISI BASAH TERHADAP PARAMETER KUAT GESER TANAH EKSPANSIF Rina Yuliet
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : If the clay soil has been compacted on dry side of optimum moisture content, then the composition of the soil will not depend on the kind of compacting. Otherwise if the soil has been compacted on the wet side of optimum moisture content, it will affect the composition, shear strength and compressibility properties of soil. The aims of this study are to determine the effect of moisture content at dry side of optimum and wet side of optimum on the  shear strength parameters for expansive soil. Expansive soil which is used as the sample is originally found in the area of Karangnunggal Tasikmalaya, West Java. The results of triaxial test conditions of unconsolidated - undrained without saturation and with saturation, shows that the clay soil compacted on the wet side of optimum will have a shear strength parameters lower than compacted soil on the dry side of optimum. It can be seen from the results of triaxial test conditions of unconsolidated - undrained without saturation on the dry side of optimum, the value of cohesion (c) is 1,2 kg / cm2 and the value of the friction angle (f) is  0.921o . Whereas on the wet side of optimum, shear strength parameters is 0.485 kg/cm2 and 0.348o for cohesion (c) and friction angle (f) respectively. Moreover,  the results of triaxial test conditions of unconsolidated - undrained with saturation on the dry side of optimum yield the cohesion value ( c ) is 1,006 kg/cm2 and the value of the friction angle ( f ) 0.684o. While, on the wet side of  optimum, the shear strength parameters is decreasing to 0148 kg/cm2 and 0.455o for cohesion (c) and friction angle (f) respectively.Keywords : dry side of optimum, wet side of optimum, shear strength, expansive soil.Abstrak : Jika tanah lempung dipadatkan pada kadar air sisi kering optimum, maka susunan tanah tidak akan bergantung pada macam pemadatannya, sedangkan bila tanah dipadatkan pada kadar air sisi basah optimum maka akan mempengaruhi susunan, kuat geser dan sifat kemampatan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar air sisi kering dan sisi basah optimum terhadap parameter kuat geser tanah lempung ekspansif. Tanah lempung ekspansif yang dijadikan sampel uji adalah tanah lempung di daerah Karangnunggal Tasikmalaya Jawa Barat. Hasil uji triaksial kondisi tak terkonsolidasi - tak teralirkan tanpa penjenuhan dan dengan penjenuhan, menunjukan bahwa tanah lempung yang dipadatkan pada sisi basah optimum akan memiliki parameter kuat geser yang lebih kecil dibandingkan tanah yang dipadatkan pada sisi kering optimum. Ini dapat dilihat dari hasil uji triaksial tak terkonsolidasi – tak teralirkan kondisi tanpa penjenuhan pada sisi kering optimum, nilai cohesi (c ) 1,2 kg/cm2 dan nilai sudut geser dalam (f) 0,921o. Sedangkan pada sisi basah optimum terjadi penurunan nilai  parameter kuat geser tanah dimana nilai cohesi (c ) adalah 0,485 kg/cm2 dan nilai sudut geser dalam (f) adalah 0,348o.  Hasil uji triaksial takterkonsolidasi – takteralirkan dengan penjenuhan pada sisi kering optimum  nilai cohesi (c ) 1,006 kg/cm2 dan nilai sudut geser dalam (f) 0,684o. Sedangkan pada kondisi basah optimum terjadi penurunan nilai parameter kuat geser tanah dimana nilai cohesi (c ) 0,148 kg/cm2 dan nilai sudut geser dalam (f) 0,455o.Kata kunci : sisi kering optimum,  sisi basah optimum,  kuat geser, lempung ekspansif
PEMODELAN ESTIMASI BIAYA REHABILITASI RUMAH DI BENER MERIAH PROVINSI ACEH AKIBAT GEMPA BUMI Sidro Mujahid; Abdullah Abdullah; Mochammad Afifuddin
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : The cost factor has important role in house rehabilitation proccess.The issues in this research is how rehabilitation cost model for house affected by earthquake on Bener Meriah District. The scope of this research is focuses to houses with slightly damage and moderately damage category on Bener Meriah District. The research used secondary data from The District Agency for Disaster Mitigation (BPBD), contains districts, villageand level of damage level. Rehabilitation cost model analysis by multiple linear regression. Furthermore, to estimate rehabilitationcost model by using the five components that are column (X1), beam (X2), ringbalk (X3), wall (X4), and floor (X5). Cost rehabilitation model for the slightly damaged is Y = 4.061.668,397 + 6.072.240,232X1 + 1.524.303,402X2 + 2.478.430,286X3 + 137.274,165X4 + 54.753,273X5, with coeficient of correlation is0,997 and coeficient of determination is 0,997. The result cost rehabilitation modelling for house can recommended to moderately damage category is Y = 12.222.684,300 + 10.668.667,117X1 + 8.092.078,132X2 + 7.553.578,581X3 + 162.746,522X4 + 143.723,019X5, with coeficient of correlation 0,995and coeficient of determination is 0,990.Keywords : Rehabilitation cost, volume of damage, modellingAbstrak : Faktor biaya memiliki peranan yang sangat kuat dalam penyelenggaran rehabilitasi suatu bangunan.Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah model biaya rehabilitasi rumah tinggal pasca gempa di Kabupaten Bener Meriah. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada rumah tinggal dengan kategori rusak ringan dan rusak sedang di Kabupaten Bener Meriah. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data rumah rusak setiap kecamatan,desa dan tingkat klasifikasi kerusakan rumah tinggal. Model estimasi biaya rehabilitasi dilakukan dengan metode analisa regresi linier berganda. Selanjutnya menentukan model biaya perbaikan menggunakan volume kerusakan dari lima komponen pekerjaan yaitu kolom (X1), balok latai (X2), ringbalk (X3), dinding (X4), dan lantai (X5). Hasil pemodelan biaya rehabilitasi rumah tinggal yang dapat direkomendasikan untuk kategori rusak ringan adalah Y = 4.061.668,397 + 6.072.240,232X1 + 1.524.303,402X2 + 2.478.430,286X3 + 137.274,165X4 + 54.753,273X5, dengan koefisien korelasi sebesar 0,998 dan koefisien determinasi sebesar 0,997. Hasil model biaya perbaikan rumah tinggal yang dapat direkomendasikan untuk mengestimasi biaya perbaikan rumah tinggal kategori rusak sedang adalah Y = 12.222.684,300 + 10.668.667,117X1 + 8.092.078,13X2 + 7.553.578,58X3 + 162.746,52X4 + 143.723,019X5, dengan koefisien korelasi sebesar 0,995 dan koefisien determinasi sebesar 0,990.Kata kunci : Biaya Rehabilitasi, Volume kerusakan, Pemodelan
DAMPAK NEGATIF PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS ANDALAS DARI PERSEPSI MASYARAKAT Yervi Hesna; Budi Satria Naro
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Activity in construction projects can give  adverse impacts on the environment and the surrounding community. One example is in the construction of Andalas University Teaching Hospital. This research was conducted by interviewing 6 respondents, people who live in Housing Lecturer of the University of Andalas Padan,g directly affected from the project development. This interview aims to analyze what is happening and its impact source  from the implementation of Andalas University Teaching Hospital building project. Interviews indicate the presence of project development causing problems for the environment and the community around the project. Shape of the effects such as flooding due to runoff of water in the area of human settlements, landslides, noise, fences and dirty of the house walls and damage to access roads even lead to people falling when driving due to the muddy and slippery. This is caused by  poor management of the contractor.Keywords : Impact, project, construction, environment, social, communityAbstrak: Aktivitas pelaksanaan proyek konstruksi dapat menimbulkan dampak yang merugikan terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.  Salah satu contohnya adalah pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan 6 responden yaitu masyarakat yang tinggal di Perumahan Dosen Universitas Andalas Padang yang terkena langsung dampak dari pembangunan proyek. Wawancara ini bertujuan untuk menganalisa apa saja dampak yang terjadi beserta sumber dampak akibat pelaksanaan proyek pembangunan gedung Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas. Wawancara menunjukkan dengan adanya proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas Padang, menimbulkan permasalahan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar proyek.Bentuk dampak yang timbul seperti terjadinya banjir akibat limpasan air proyek di daerah pemukiman masyarakat, longsor, kebisingan, pagar dan dinding rumah menjadi kotor dan rusaknya akses jalan yang bahkan mengakibatkan masyarakat terjatuh saat berkendara akibat jalan yang berlumpur dan licin.Hal tersebut diakibatkan karena manajemen yang buruk dari pihak kontraktor.Kata kunci : dampak, proyek, konstruksi, lingkungan, sosial, masyarakat
PENGARUH SUBSTITUSI PARSIAL AGREGAT DAN ADITIF TERHADAP SIFAT MEKANIS BETON MUTU TINGGI Muhammad Zacky Ardhyan; Teuku Budi Aulia; Muttaqin Hasan
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : The development of concrete technology is absolutely necessary at this time, is related to the many requests from buildings with large mass and a storey. One of them is the development in the field of high-quality concrete. Composing materials that consist of cement concrete, split, sand, water and other additives with good quality is absolutely necessary in the manufacture of high-quality concrete. Speaking about the split and sand, we definitely know the impact it has on the watershed on mining was done. For that we need research on the use of alternative materials to replace sand and split in the manufacture of high-quality concrete. Natural pozzolan sand and palm shell crust combustion products can be used to replace sand and split. The use of natural pozzolan sand and slag from the burning of palm shells on the manufacture of high-quality concrete is expected to produce high-quality concrete quality and cheap. The research objective is to analyze the effect of the use of combustion waste palm shells and sand natural pozzolan as a substitute for sand aggregate as well as the use of ash as a pozzolan cement replacement additives. In this study, the percentage of usage of alternative aggregate as much as 10%, 20%, 30%, 40% and 50% of the total aggregate needed. Gray sand for use as a pozzolan cement replacement additives as much as 5%, 10% and 15% of the total cement used. Concrete mix is planned to hold the load pressure of 70 MPa with a total cement consumption of 600 kg / m3. Superplasticizer used is viscocrete 10. From the results of experimental studies use chunks of palm shells and sand pozzolan as a substitute as well as the use of pozzolan ash as an additive can improve the compressive strength. The percentage of optimum use of palm shells as a substitute chunks of coarse aggregate and sand pozzolan as a substitute fine aggregate is 10%, while the percentage of optimum use of ash as a pozzolan additive is 10%.Keywords : High Strength Concrete, Boulders Palm Shells, Shell Fragments Palm, Pozzolan Sand, Pozzolan Ash, SuperplasticizerAbstrak : Perkembangan dari teknologi beton saat ini mutlak diperlukan, ini terkait dari banyaknya permintaan bangunan dengan massa yang besar dan berlantai banyak. Salah satunya adalah perkembangan dibidang beton bermutu tinggi. Material penyusun beton yang terdiri dari semen, split, pasir, air dan zat additive dengan kualitas yang baik mutlak diperlukan pada pembuatan beton bermutu tinggi. Berbicara tentang split dan pasir, kita pasti mengetahui dampak yang ditimbulkan bagi daerah aliran sungai atas penambangan yang dilakukan. Untuk itu diperlukan penelitian tentang pemakaian material alternatif untuk menggantikan posisi pasir dan split pada pembuatan beton bermutu tinggi. Pasir pozzolan alami dan kerak hasil pembakaran cangkang sawit dapat dipakai untuk menggantikan pasir dan split. Penggunaan pasir pozzolan alami dan kerak dari hasil pembakaran cangkang sawit pada pembuatan beton bermutu tinggi diharapkan dapat menghasilkan beton bermutu tinggi yang berkualitas dan murah. Tujuan penelitian yaitu menganalisis pengaruh penggunaan limbah hasil pembakaran cangkang sawit dan pasir pozzolan alami sebagai pengganti agregat serta penggunaan abu pasir pozzolan sebagai aditif pengganti semen. Pada penelitian ini persentase pemakaian agregat alternatif sebanyak 10%, 20%, 30%, 40% dan 50% dari total agregat yang dibutuhkan. Untuk pemakaian abu pasir pozzolan sebagai aditif pengganti semen sebanyak 5%, 10% dan 15% dari total semen yang dipakai. Campuran beton direncanakan untuk menahan beban tekanan sebesar 70 MPa dengan total pemakaian semen sebanyak 600 kg/m3. Superplasticizer yang dipakai adalah viscocrete 10. Dari hasil kajian eksperimental pemakaian bongkahan cangkang sawit dan pasir pozzolan sebagai substitusi serta pemakaian abu pozzolan sebagai aditif dapat meningkatkan nilai kuat tekan. Persentase optimum pemakaian bongkahan cangkang sawit sebagai substitusi agregat kasar dan pasir pozzolan sebagai substitusi agregat halus adalah sebesar 10%, sedangkan untuk persentase optimum pemakaian abu pozzolan sebagai additif adalah sebesar 10%.Kata kunci : Beton, Bongkah Cangkang Sawit, Pecahan Cangkang Sawit, Pasir Pozzolan, Abu Pasir Pozzolan, Superplasticizer.
KAJIAN KESTABILAN LERENG GALIAN TAMBANG TERBUKA BERDASARKAN ASPEK GEOTEKNIK DAN KESELAMATAN KERJA (STUDI KASUS PERTAMBANGAN BATUBARA PT. MIFA BERSAUDARA DI KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT) Dian Febrianti; Munirwansyah Munirwansyah; Halida Yunita
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : Accident caused by the instability of slope have an impact on the safety of mineworkers, equipment, company, and the environment. That may lead to a loss of company and hinder the production process of minerals. This research is conducted to assess the stability of the slope in the coalmines excavations located in the excavated area Pit B at the area of Desa Sumber Batu, Meurebo District, West Aceh which is owned by PT Mifa Bersaudara. This research uses two methods for comparison, those are Limit Equilibrum calculated manually, and Plaxis with computing system aimed to describe the pattern of slope collapse. The use of both methods may solve the problem of slope stability easily and accurately to meet the security requirements of slope stability. In this research, there are two variants of model that is a variant of shear angle (θ) and variant of cohesion (c). The results of analysis by using LEM (Limit Equilibrum) and Plaxis program on slope excavation of coalmine produce two variants of model namely shear angle variant (θ) and variant of cohesion (c).the shear angle variant model shows that the smaller the slope angle of escarpment (α), then the value of safety factor obtained will be greater. While the result of analysis by using variant cohesion shows that the smaller the angle of slope of the escarpment, the value of safety factor will also be greater. The conclusion derived from this research is that the planning of an open pit excavation, the angle of slope of escarpment should be made as declivitous as possible to reduce the slide of the slope excavation Abstrak: Kecelakaan yang diakibatkan oleh ketidakstabilan lereng akan berdampak pada keselamatan pekerja, peralatan, perusahaan dan lingkungan. Hal ini dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan dan menghambat proses produksi bahan galian. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji kestabilan lereng galian tambang batubara yang terletak di area galian Pit B di wilayah Desa Sumber Batu, Kecamatan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat milik PT Mifa Bersaudara. Pada penelitian ini menggunakan dua metode sebagai pembanding yaitu metode LEM (Limit Equilibrum) yang dihitung secara manual dan Plaxis dengan sistim komputasi. Penggunaan kedua metode tersebut telah memberikan kemudahan dan keakuratan dalam pemecahan masalah kestabilan lereng untuk memenuhi persyaratan keamanan kestabilan lereng. Pada penelitian ini terdapat dua varian pemodelan yaitu varian sudut geser (θ) dan varian kohesi (c). Pada pemodelan varian sudut geser (θ) memberikan hasil bahwa semakin kecil sudut kemiringan lereng (α) maka nilai faktor keamanan yang diperoleh akan semakin besar, begitu juga pada varian kohesi (c) semakin kecil sudut kemiringan lereng (α) maka nilai faktor keamanan yang didapat akan semakin besar. Kesimpulan yang dapat di ambil dari penelitian ini adalah dalam perencanaan galian tambang terbuka sudut kemiringan pada lereng dibuat selandai mungkin untuk mengurangi kelongsoran pada lereng galian.
PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH KERAK TANUR CANGKANG SAWIT DENGAN BAHAN PENGIKAT RETONA BLEND 55 TERHADAP CAMPURAN LASTON AC-WC Chaira Chaira; Muhammad Isya; Sofyan M. Saleh
JURNAL TEKNIK SIPIL Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Indonesia is an area that has oil palm plantations are quite extensive.Aceh Barat is one of the districts in the Province of Aceh which is boastful of palm oil industry.  Palm oil production generates waste including palm kernel shells and palm pulp; which is used to fuel the furnace/boiler/steam boiler during the extraction process of Crude Palm Oil (CPO). Shells and pulps that has been burned at high temperature ranging between 500°C to 700°C will deform into clinker which is later known as Palm Oil Clinker (POC). This study aims to investigate the physical properties of the POC to use as substitutes of fine aggregate in asphalt concrete mixture. The study also inspects the Marshall characteristics and the performance characteristics of the mixture of Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) constituted of partial replacement of its fine aggregate.Furnace crush will be crushed where the results of the collision must pass the filter 8 (2.36 mm) and retained on a sieve No. 200 in accordance with the specifications for fine aggregate issued by Department of Public Work 2010.Results of the study displays that there are characteristics value of the AC-WC mixture which compliant with the Specification for Asphalt Concrete Mix by Department of Public Work 2010. The highest stability value revealed at 100/0 percentage furnace crust and split variation of the AC-WC mixture; however, this variant bears the lowest flow value with the consequences that the asphalt concrete mix is potentially high in crack failure thus it is unacceptable to use. An array of tests revealed that the ideal value for optimum durability of asphalt concrete mixture is at ≥75%; therefore, the mixture of AC-WC with 75/25 of percentage furnace crush and split variation is recommended by the study.Keywords : Palm oil furnace crust, Marshall characteristics, Retona Blend 55Abstrak: Indonesia merupakan daerah yang memiliki areal perkebunan kelapa sawit yang cukup luas. Aceh Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh merupakan daerah penghasil minyak kelapa sawit dengan limbah diantaranya cangkang kelapa sawit dan serat buah kelapa sawit. Limbah ini digunakan sebagai bahan bakar tanur/boiler/ketel uap yang digunakan dalam proses ekstraksi buah kelapa sawit menjadi crude palm oil (CPO). Cangkang dan serat sawit yang telah digunakan sebagai bahan bakar dapur tungku tanur dengan pemanasan 500o – 700o nantinya akan menjadi limbah tanur berupa kerak tanur cangkang sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat-sifat fisis material alternatif, dan mengetahui karekteristik Marshall serta mengetahui kinerja Campuran aspal beton AC-WC (Asphalt Concrete-Wearing Course) dengan menggunakan material alternatif sebagai pengganti sebagian agregat halus.Kerak tanur akan ditumbuk dimana hasil tumbukan harus lolos saringan No.8 (2,36 mm) dan tertahan pada saringan No. 200 sesuai dengan spesifikasi untuk agregat halus yang dikeluarkan oleh Bina Marga. Dari Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai karakteristik pada campuran AC-WC memenuhi persyaratan. Nilai stabilitas tertinggi padavariasi perbandingan persentase penggunaan kerak tanur dan batu pecah 100/0 pada campuran AC-WC, tetapi mempunyai nilai flow terendah sehingga campuran beton aspal mudah mengalami keretakan sehingga tidak layak digunakan. Nilai durabilitas untuk campuran aspal beton AC-WC masih memenuhi persyaratan ≥ 75% dan dapat dianjurkan untuk campuran beton aspal AC-WC dengan variasi perbandingan persentase penggunaan kerak tanur dan batu pecah75/25%, karena memiliki nilai durabilitas tertinggi.Kata kunci : Kerak Tanur Cangkang Sawit,Karakteristik Marshall, Retona Blend 55

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 1 (2025): Volume 14 Nomor 1 Mei 2025 Vol 13, No 2 (2024): Volume 13 Nomor 2 November 2024 Vol 13, No 1 (2024): Volume 13 Nomor 1 Mei 2024 Vol 12, No 2 (2023): Volume 12 Nomor 2 November 2023 Vol 12, No 1 (2023): Volume 12 Nomor 1 Mei 2023 Vol 11, No 2 (2022): Volume 11 Nomor 2 November 2022 Vol 11, No 1 (2022): Volume 11 Nomor 1 Mei 2022 Vol 10, No 2 (2021): Volume 10 Nomor 2 November 2021 Vol 10, No 1 (2021): Volume 10 Nomor 1 Mei 2021 Vol 9, No 2 (2020): Volume 9, Nomor 2, November 2020 Vol 9, No 1 (2020): Volume 9 Nomor 1 Mei 2020 Vol 8, No 2 (2019): Volume 8, Nomor 2, November 2019 Vol 8, No 1 (2019): Volume 8, Nomor 1, Mei 2019 Vol 7, No 2 (2018): Volume 7, Nomor 2, November 2018 Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Mei 2018 Vol 1, No 4 (2018): Volume 1 Special Issue, Nomor 4, Februari 2018 Vol 1, No 3 (2018): Volume 1 Special Issue, Nomor 3, Januari 2018 Vol 6, No 3 (2017): Volume 6, Nomor 3, Mei 2017 Vol 6, No 2 (2017): Volume 6, Nomor 2, Januari 2017 Vol 1, No 2 (2017): Volume 1 Special Issue, Nomor 2, Desember 2017 Vol 1, No 1 (2017): Volume 1 Special Issue, Nomor 1, September 2017 Vol 6, No 1 (2016): Volume 6, Nomor 1, September 2016 Vol 5, No 3 (2016): Volume 5, Nomor 3, Mei 2016 Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Januari 2016 Vol 4, No 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Mei 2015 Vol 3, No 2 (2014): Volume 3, Nomor 2, Januari 2014 Vol 3, No 1 (2013): Jurnal Teknik Sipil Volume 3, Nomor 1, September 2013 Vol 2, No 2 (2013): Volume 2, Nomor 2, januari 2013 Vol 2, No 3 (2013) Vol 2, No 1 (2012): Volume 2, Nomor 1, September 2012 Vol 1, No 3 (2012): Volume 1, Nomor 2, Mei 2012 Vol 1, No 2 (2012): Volume 1, Nomor 2, Januari 2012 Vol 1, No 1 (2011): Volume 1, Nomor 1, September 2011 More Issue