cover
Contact Name
Nurul Arifiyanti
Contact Email
nurularifiyanti@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpafip@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 23026804     EISSN : 25794531     DOI : 10.21831
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Anak" : 9 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBILANG BENDA SEKITAR - Hidayat; Eka Cahya Maulidiyah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i2.12376

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan membilang dan peningkatan kemampuan kognitif siswa melalui kegiatan membilang. Penelitian ini dilaksanakan di TK Budi Utomo Lamongan. Penelitian  dilaksanakan pada bulan april 2015. Penelitian tindakan (action research) ini menggunakan metode Kemmis dan Mc Taggart, melalui dua siklus yang tediri dari siklus I dan siklus II yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah 15 anak Kelompok B TK Budi Utomo Lamongan yang berusia 5-6 tahun. Data diperoleh dengan berpedoman pada lembar observasi kemampuan kognitif konsep bilangan dan lambang bilangan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak yang dibuktikan pada perolehan skor kemampuan kognitif rata-rata siswa. Sebelum penelitian skor rata-rata adalah 60.4%. Setelah dilaksanakan siklus I terjadi perubahan skor kemampuan kognitif rata-rata kelas menjadi 85.9%. Pada siklus II perubahan skor kemampuan kognitif rata-rata kelas menjadi 97.04%. Pada siklus II seluruh siswa telah memenuhi kriteria kesuksesan sehingga penelitian ini dicukupkan dengan pelaksanaan dua siklus. Katakunci: kemampuan kognitif, kegiatan membilang
PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS BUDAYA Joko Pamungkas; Nur Hayati; Ika Budi Maryatun
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i2.12389

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru TK tentang kurikulum 2013. Tujuan yang kedua dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru TK dalam membuat rancangan Tema, RPPM berbasis budaya.Pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan hasil PPM Joko Pamungkas pada tahun 2015 dimana belum semua guru mampu secara mandiri mengembangkan RPP sesuai kurikulum 2013. Tema budaya termasuk masih jarang digunakan dalam tema pembelajaran di PAUD karena dirasa sulit dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran  anak usia dini.Metode dalam pelatihan ini berupa ceramah dan workshop. metode ceramah berisi tentang materi budaya, materi pendekatan saintifik dan materi pengembangan RPP kurikulum 2013. Khalayak  sasaran adalah guru-guru TK yang ada di wilayah DIY berjumlah 37 orang.Hasil dari PPM ini antara lain guru dapat mengembangkan RPP berbasis budaya. Tema budaya yang dapat dikembangkan yaitu tema budaya, ramadhan dan rekreasi. Lebih dari 75% peserta sudah memahami pengembangan kurikulum 2013 sesuai dengan materi dalam pelatihan ini. Kata kunci: kurikulum, PAUD, budaya.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUIMEDIA BALOK HURUF PADA KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA BANTUL Syari’ati Masyithoh
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i2.12377

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui balok huruf pada kelompok B1 TK Negeri Pembina Bantul. Kemampuan membaca permulaan yang ditingkatkan ialah menyebutkan bunyi huruf yang ada didalam kata, menyebutkan kata dengan jelas, dan menyusun huruf membentuk kata yang memiliki makna. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Negeri Pembina Bantul sebanyak 17 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan  dapat meningkat setelah diberikan tindakan dengan menggunakan balok huruf yang diberi penyangga sehingga memudahkan anak untuk mencoba menyusun huruf dengan cara diputar dan memberikan tantangan pada anak yang dilakukan secara bersamaan dengan teman menyerupai perlombaan, serta pemberian reward secara kongkret yakni menggambar bintang pada punggung telapak tangan anak.Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media balok huruf, kelompok B.
PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN ATURAN MAIN PADA KEGIATAN BERMAIN DI SENTRA KELOMPOK A2 TK ABA JOGOKARYAN Tsany Nur Farhani
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i2.12390

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok A2 di TK ABA Jogokaryan Jogjakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A2 di TK ABA Jogokaryan Jogjakarta yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan aturan main pada kegiatan bermain di sentra dapat meningkatkan keterampilan sosial anak A2 di TK ABA Jogokaryan Jogjakarta. Peningkatan dari pra tindakan ke Siklus I sebesar 33,3% dan dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebanyak 20%. Anak yang berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan pada Siklus II sebesar 80%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) menyiapkan media di setiap sentra (2) memberikan kesempatan kepada anak untuk berekspolasi sesuai gagasannya di setiap sentar (3) menerapkan aturan main yang telah disepakati bersama di sentar (4) memberi reward bagi yang mengikuti aturan main di sentra (5) memberi punishment bagi yang belum mengikuti aturan main. Kata kunci: keterampilan sosial, aturan bermain di sentra
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA PADA KELOMPOK A1TK MADUKISMO Risky Ramadani
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i2.12378

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara pada anak-anak di TK Madukismo, Bantul, Yogyakarta melalui penggunaan media panggung boneka. Keterampilan berbicara pada anak-anak dilihat dari kemampuan anak dalam ikut aktif berpartisipasi mengungkapkan ide/gagasan dan menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa dan dimana. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif, Subjek yang diteliti anak-anak dari kelompok A1 TK Madukismo yang berjumlah 17 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data  menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif  kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada anak, hal ini dibuktikan pada kemampuan awal keterampilan berbicara yaitu 52,8% termasuk dalam kriteria kurang baik, pada Siklus I meningkat 12,8% menjadi 65,6% termasuk dalam kriteria cukup, dan pada Siklus II meningkat 22,5% menjadi 88,1% termasuk dalam kriteria baik. Langkah-langkah yang dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara yaitu guru bercerita, tanya jawab tentang cerita yang dibawakan guru, anak mengulang cerita yang dibawakan guru, guru memberi motivasi kepada anak untuk ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan. Kata Kunci: keterampilan berbicara, panggung boneka, kelompok A1
ANALISIS KEMAMPUAN PENGGUNAAN KATA KERJA PADA ANAK USIA 5 TAHUN Yubaedi Siron
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i2.12391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak usia 5 tahun dalam menggunakan kata kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini anak usia 5 tahun yang ada di kompleks jalan pemuda II kelurahan Rawamangun Jakarta Timur. Data dianalisis dengan mereduksi data, display data dan verifikasi data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kata yang dihasilkan oleh anak usia dini sangat banyak. Kata kerja yang diucapkan sudah dapat diketahui dan dipahami oleh teman bermainnya. Data yang muncul, pada tahap ini anak dalam menggunakan kata kerja masih menggunakan kata dasar. Pengucapan anak dalam menggunakan kalimat beberapa masih belum jelas. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan kata kerja pada anak usia 5 tahun tidak diimbangi dengan penggunaan kalimat yang lengkap/kompleks. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa anak usia 5 tahun sudah mulai dapat bercanda dengan kata-kata. Kata Kunci: kemampuan, kata kerja, anak usia lima tahun.
PELATIHAN PENGEMBANGAN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK - Muthmainnah; Budi Astuti; Arumi Savitri Fatimaningrum
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i2.12379

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang ragam permainan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Perkembangan sosial emosional yang dikembangkan meliputi percaya diri, tanggung jawab, komunikatif, kerjasama, kegigihan, dan kepedulian sosial. Kegiatan dilaksanakan melalui metode ceramah, tanya jawab, praktek/simulasi, dan pendampingan. Khalayak sasaran yang dituju dalam pelatihan ini adalah guru-guru TK di wilayah Imogiri yang berjumlah 30 guru.Evaluasi yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu evaluasi penyelenggaraan dan evaluasi kemampuan guru dalam mempraktekkan permainan untuk anak. Untuk evaluasi penyelenggaraan digunakan angket yang diisi oleh peserta dan hasilnya 90 % guru TK merasa materi yang disampaikan sesuai dan bermanfaat. Sedangkan evaluasi kemampuan guru dalam mempraktekkan permainan diperoleh hasil melebihi  80 %. Adapun permainan yang disimulasikan sebanyak 26 permainan. Kata kunci: pelatihan, permainan, sosial emosional
EVALUASI KETERCAPAIAN STANDAR ISI PERKEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI PADA SEMESTER GASSAL 2016/2017 KB/TK PEDAGOGIA Amir Syamsudin
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i2.12374

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi ketercapaian indikator-indikator teoretik nilai-nilai agama dan moral anak usia dini yang diekpresikan anak dalam perilaku selama proses pembelajaran. Langkah-langkah penelitian meliputi kajian literatur, menyusun kerangka konseptual hubungan antara substansi dan perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini, menyusun definisi operasional, merumuskan indikator perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini, menyusun draft model faktorial nilai-nilai agama dan moral beserta seluruh indikator teoretiknya, pengumpulan data penelitian, dan analisis data menggunakan confirmatory factor analyses. Subjek penelitian berjumlah 71 anak dari rentang usia 3-6 tahun. Hasil penelitian menemukan 27 indikator perkembangan NAM anak usia 5-6 tahun, 20 indikator untuk anak usia 4-5 tahun, dan 10 indikator untuk anak usia 3-4 tahun telah dikukuhkan oleh data empirik. Kata kunci: perkembangan, nilai agama dan moral, anak usia dini.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI MEDIA GAMBAR ANAK KELOMPOK B I DI TK TKK TUNAS KARTINI MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA - Supriyanti
Jurnal Pendidikan Anak Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v5i2.12380

Abstract

Artikel  ini membahas tentang cara meningkatkan kemampuan berbahasa melalui media gambar. Fokus kajian di lakukan di TK PKK TUNAS KARTINI Moyudan Sleman Yogyakarta  dengan Pembelajaran Kemampuan membaca melalui media gambar, secara individu anak diajak untuk permainan mencocokan gambar dengan kata  dan  guru bertindak sebagaifasilitator. Diharapkan dengan media gambar kemampuanmembaca anak menjadi meningkat serta suasana pembelajaranmenjadimenarikdanmenyenangkan. Kata kunci :Membaca Permulaan, Media Gambar.

Page 1 of 1 | Total Record : 9