cover
Contact Name
M. Miftach Fakhri
Contact Email
fakhri@unm.ac.id
Phone
+6285656227888
Journal Mail Official
fakhri@unm.ac.id
Editorial Address
JL. Daeng Tata Raya, Kel. Parangtambung, Kec. Tamalate, Kota Makassar , Kode Pos 90244
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal MediaTIK
ISSN : 26561247     EISSN : 27155919     DOI : https://doi.org/10.59562/mediatik
Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer Engineering Education from students, lecturers, and practitioners from universities or research institutions. Jurnal MediaTIK already has a print version ISSN with the number 2656-1247 in 2019 and an online version ISSN with the number 2715-5919. MediaTIK Journal contains articles on informatics and computer engineering education in particular: Instructional Technology and Vocational Multimedia Learning, E-learning or blended learning, Information System, artificial intelligence dan robotics, embedded expert system, big data dan machine learning, software dan network engineering
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Volume 1 Issue 1 (2018)" : 9 Documents clear
Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Alat Berat pada CV. Tri Daya Jaya Makassar Haslinda; Hasrul Bakri; Haripuddin
Jurnal MediaTIK Volume 1 Issue 1 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem penyewaan alat berat online berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dan Database MySql. Penelitian ini dilakukan di CV. Tri Daya Jaya Jl. Ir. Sutami, Makassar, Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunaka pada penelitian ini adalah R&D (Research anda Development). Metode pengembangan aplikasi adala metode pengembangan SDLC (System Developmen Life Cycle) yaitu prototype yang terdiri dari beberapa tahapan-tahapan: pengumpulan kebutuhanm membangun prototyping, evaluasi prototyping, mengkodekan sistem, evaluasi system, menggunakan system. Hasil yang diperoleh dari perancangan sistem penyewaan alat berat berbasis web adalah sebuah sistem penyewaan alat berat. Yang diharapkan dapat mempermudah pengguna untuk menyewa alat berat yang diinginkan secara Online, baik mengenai harga dan jenis alat berat. Dari hasil uji coba dan validasi aplikasi diperoleh kesimpulan bahwa kualitas sistem ini adalah baik. Kemudian hasil uji coba menggunakan pengujian Black Box diperoleh kesimpulan bahwa sistem ini layak digunakan
Rancang Bangun Aplikasi Kamus Dua Bahasa Mandar- Indonesia Muhammad Rizal Amin; Haripuddin Haripuddin; Firdaus Firdaus
Jurnal MediaTIK Volume 1 Issue 1 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem penyewaan alat berat online berbasis web menggunakanbahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dan Database MySql. Penelitian ini dilakukan di CV. Tri Daya Jaya Jl.Ir. Sutami, Makassar, Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunaka pada penelitian ini adalah R&D (Research andaDevelopment). Metode pengembangan aplikasi adala metode pengembangan SDLC (System Developmen Life Cycle) yaituprototype yang terdiri dari beberapa tahapan-tahapan: pengumpulan kebutuhanm membangun prototyping, evaluasiprototyping, mengkodekan sistem, evaluasi system, menggunakan system. Hasil yang diperoleh dari perancangan sistempenyewaan alat berat berbasis web adalah sebuah sistem penyewaan alat berat. Yang diharapkan dapat mempermudahpengguna untuk menyewa alat berat yang diinginkan secara Online, baik mengenai harga dan jenis alat berat. Dari hasil ujicoba dan validasi aplikasi diperoleh kesimpulan bahwa kualitas sistem ini adalah baik. Kemudian hasil uji cobamenggunakan pengujian Black Box diperoleh kesimpulan bahwa sistem ini layak digunakan.
Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Berbasis E-Xam Caraka Di SMK Negeri 1 Bantaeng Alfian Muhammad; Muhammad Yusuf Mappease; Anas Arfandi
Jurnal MediaTIK Volume 1 Issue 1 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis e-Xam Carada padamata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Bantaeng. Instrument penilaian hasil belajar siswa berbasis e-Xam Caraka inidigunakan untuk melihat hasil belajar siswa yang sesungguhnya secara akurat dengan sistem tes komputerisasi mengantikanpenilaian konversional berbasis kertas (paperbased test). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjekpenelitian berjumlah 25 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R dan D)dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop dan disseminate) jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif.Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah media dan penyebaran angket untuk mengetahuipandangan siswa terhadap media evaluasi e-Xam Caraka.
Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 8 Mallawa Nur Fitri; Syahrul Syahrul; Mustari Lamada
Jurnal MediaTIK Volume 1 Issue 1 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran TPS terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK kelas VII SMP Negeri 8 Mallawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control design, yang sampelnya 27 siswa untuk kelas eksperimen dan 27 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal-soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PANGGUNG PAHLAWAN UNTK ANAK SEKOLAH DASAR Nurhamidah Nurhamidah; Al Imran; Mustamin Mustamin
Jurnal MediaTIK Volume 1 Issue 1 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pengembangan game edukasi panggung pahlawan untuk anak sekolah dasar dan mengetahui tanggapan responden terhadap game edukasi panggung pahlawan untuk anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan mengacu pada model pengembangan 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (dissemination). Pengujian perangkat lunak menggunakan ISO 9126 yang berfokus pada karakterisik functionality, portability,usability, dan maintaibility. Pengujian aspek functionality dilakukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi menunjukkan bahwa aplikasi layak untuk digunakan. Pengujian portability pada beberapa jenis Laptop dengan sistem operasi yang berbeda dan hasilnya menunjukkan bahwa kualitas perangkat lunak dari sisi portability mempunyai skala sangat baik. Pengujian usability menggunakan angket kepada 20 siswa-siswi SD Kartika Wirambuana Kota Makassar, dari hasil pengujian tersebut diperoleh tanggapan yang sangat baik terhadap penggunaan aplikasi. Pengujian maintainability dilakukan dengan menguji perangkat lunak pada aspek analyzability dan aspek changebility dan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari sisi maintainability aplikasi sudah sangat baik untuk digunakan. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa user memiliki tanggapan yang sangat baik terhadap media ini
Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Edukasi Masyarakat Terhadap Gizi Buruk Muh Nasrullah; Muh Nasir Malik; Muliadi Muliadi
Jurnal MediaTIK Volume 1 Issue 1 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi edukasi masyarakat terhadap gizi buruk dengan menggunakan teknologi Augmented Reality dan menyajikan informasi yang dapat mengedukasi masyarakat terhadap permasalahan gizi buruk serta untuk mengetahui tanggapan pengguna terhadap pengembangan apikasi augmented reality sebagai media edukasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototipe yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: Communication, Quick Plan, Modelling Quick Design, Construction of Prototype, dan tahapan terakhir yakni Deployment, Delivery and Feedback. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Aplikasi Edukasi Masyarakat Terhadap Permasalahan Gizi terutama Gizi Buruk (Augmentazi) pada smartphone platform android. 2) Bentuk penyajian informasi untuk mengedukasi masyarakat terhadap permasalahan gizi buruk yakni dalam bentuk aplikasi dengan marker katalog beserta poster sebagai media penginformasian. 3) Aplikasi Augmentazi mendapatkan tanggapan yang sangat baik oleh pengguna berdasarkan pengujian perangkat lunak menggunakan ISO 9126 pada aspek usability
Pengembangan Aplikasi Modul Pembelajaran Desain Grafis Berbasis Android M. Haider Ali; Alimuddin Sa'ban Miru; Satria Gunawan Zain
Jurnal MediaTIK Volume 1 Issue 1 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan Aplikasi berbasis Android yang berisi materi desain grafis dan mengetahui hasil uji kelayakan menggunakan standarisasi ISO 9126 dari aspek Functionality, Reliability, Usability, dan Portability. Aplikasi ini dibangun menggunakan Adobe Flash Professional CS6. Pengembangan perangkat lunak ini menggunakan model ADDEI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan tanggapan dari mahasiswa terhadap aplikasi modul pembelajaran desain grafis berbasis android ini dapat disimpulkan dari hasil pengujian ISO 9126 diperoleh dari aspek pengujian usability diperhitungan hasil kuesioner diperoleh rata- rata skor SUS “78,16%” dengan kategori acceptable, hal ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang dapat diterima oleh pengguna akhir dengan baik ditinjau dari aspek usability
Analisis Unjuk Kerja Akses Internet di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Fitratul Ulfa; Ruslan Ruslan; Muliadi Muliadi
Jurnal MediaTIK Volume 1 Issue 1 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja akses internet di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makssar. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif, dengan jumlah populasi 5425, jumlah sampel sebanyak 100 orang yang dipilih secara simple random sampling. Data penelitian diperoleh dengan teknik pengambilan data sampel menggunakan Angket, Pengujian Parameter QoS, Dokumentasi dan Wawancara. Teknik analisis menggunakan Analisis Deskriptif dengan Persentase. Berdasarkan hasil pengolahan angket disimpulkan bahwa persentase Analisis Unjuk Kerja Akses Jaringan Internet di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar yaitu 50% mempunyai kecendrungan dalam kategori kurang baik. Untuk pengolahan data tiap indikator sebagai berikut: (1). Penggunaan koneksi jaringan internet kampus oleh mahasiswa sebesar 53% mempunyai kecendrungan dalam kategori kurang baik; (2). Kecepatan jaringan akses internet sebesar 45% kecendrungan dalam kategori cukup baik; dan (3). Evaluasi kinerja jaringan akses internet dengan parameter Quality of Service (QoS) di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar sebesar 57% dalam kategori kurang baik. Sedangkan berdasarkan pengujian parameter QoS di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar menunjukan kecendrungan dalam kategori cukup bagus dengan indeks 3,75. Berdasarkan hasil penelitian tersebut Kualitas Unjuk Kerja Akses Internet di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar cukup baik
Pengembangan System Informasi Keuangan Masjid Babul Muttaqien Parang Tambung Kota Makassar A Mutia Bulaeng; Hasrul Bakri; Udin Sidik Sidin
Jurnal MediaTIK Volume 1 Issue 1 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian perangkat lunak yang bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi keuanganMasjid Babul Muttaqien Parang Tambung Kota Makassar dan menguji kualitas sistem informasi tersebut berdasarkan standarkualitas ISO 9126. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototyping dengan tahapan: pengumpulankebutuhan, perancangan cepat, evaluasi prototype oleh pengguna, perancangan skala besar, pengujian dan implementasi sistem.Data dikumpulkan dengan menggunakan Teknik wawancara, dokumnetasi dan angket. Sistem divalidasi oleh dua orang ahli dansatu orang pengguna. Sistem dievaluasi oleh 25 orang jamaah masjid. Data dianalisis menggunakan Teknik analisis statistikdeskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan sebuah sistem informasi keuangan yang dapat digunakan untuk mengelolakeuangan masjid mulai dari pengelolaan pemasukkan, donasi, aliran kas, dan pengeluaran yang dikelola secara online.Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil: a) functionality dengan nilai 1atau dengan kategori sangat baik; b) reliabilitydengan nilai 100% atau dengan kategori sangat tinggi; c) portability dengan nilai 1atau dengan kategori sangat baik; dan d)usability dengan nilai 92.92% atau dengan kategori sangat baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 9