cover
Contact Name
Elfina O P Damanik
Contact Email
jurnalmanajemenfeusi@gmail.com
Phone
+6281396573732
Journal Mail Official
jurnalmanajemenfeusi@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Manajemen - Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun (USI) Jl. Sisingamangaraja No 1 Pematangsiaantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Manajemen : Jurnal Ekonomi
Published by Universitas Simalungun
ISSN : -     EISSN : 23025964     DOI : https://doi.org/10.36985
Core Subject : Economy,
Manajemen : Jurnal Ekonomi (EISSN: 2302-5964), adalah jurnal online nasional dengan sistem peer-review, yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun, Indonesia. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ekonomi, Bisnis dan Kewirausahaan. Manajemen : jurnal Ekonomi telah terdaftar di LIPI sejak tahun 2012, SK no.005.096/JI.3.2/SK.ISSN/2012. 10-25 2012. Namun dalam perkembangan nya terjadi masalah teknis sehingga tidak pernah ada publikasi jurnal. Pada tahun 2019 Manjemen : Jurnal Ekonomi telah aktif kembal
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2025): Manajemen : Jurnal Ekonomi (Special Issue)" : 22 Documents clear
ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL PADA UMKM  TEMPE DI KAMPUNG TEMPE TENGGILIS MEJOYO UNTUK MENENTUKAN STRATEGI ALTERNATIF DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN MATRIKS IE Wardahiljannah, Salsabila Virda; Salsabila, Annisa; Aualina , Khalifatul
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 7 No 2 (2025): Manajemen : Jurnal Ekonomi (Special Issue)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/cr05e106

Abstract

Perencanaan strategis sangat penting bagi suatu usaha guna memberikan kerangka dasar terhadap perencanaan lainnya agar dapat mengantisipasi ekonomi nasional dan global yang disebabkan oleh semakin meluasnya kompleksitas dan ketidakpastian situasi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi alternatif yang dapat diambil untuk kedepannya melalui hasil analisis dari matriks SWOT dan matriks IE dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk hasil dari penelitian ini diuraikan mengikuti tahapan model interaktif Miles dan Huberman (1984), yaitu tahap pertama pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mengenai kondisi usaha dengan menganalisis faktor internal dan eksternal. Tahap kedua, reduksi data dengan menggunakan matriks IFE dan matriks EFE dengan hasil perhitungan untuk matrik IFE sebesar 2,81 dan matrik EFE sebesar 2,84. Tahap ketiga, penyajian data menggunakan hasil pencocokan dari matriks SWOT dan matriks IE. Berdasarkan hasil analisis data matriks SWOT menghasilkan strategi SO dan hasil analisis data menggunakan matriks IE menghasilkan posisi pada kuadran V yaitu hold and mantaian atau menjaga dan mempertahankan. Dan tahap terakhir, yaitu penarikan kesimpulan untuk menghasilkan strategi alternatif yang dapat diterapkan oleh UMKM Tempe untuk kedepannya
PENGARUH PENETAPAN BIAYA PEMBELIAN JASA FOTOGRAFI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA BINTANG TERANG PRODUCTION) Sihombing, Agnes Greta; Hasibuan, Siti Nurhayamah; Siregar, Iqbal; Damanik, Fahrezi; Sihombing, Santi Monika; Gultom, Reynold; Ananda, Rizky; Situmorang, Mutiara
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 7 No 2 (2025): Manajemen : Jurnal Ekonomi (Special Issue)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/f905tb82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penetapan biaya pembelian jasa fotografi terhadap kepuasan konsumen pada Bintang Terang Production. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif didalam metode studi kasus. Data tersebut dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada enam informan yang relevan dan observasi terhadap strategi kepuasan konsumen. Melalui data wawancara terhadap jasa fotografi tersebut, penelitian ini menemukan bahwa biaya yang transparan dan sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan dapat meningkatkan kepuasan konsumen secara signifikan. Temuan ini menyoroti pentingnya komunikasi yang efektif antara fotografer dan konsumen mengenai biaya dan layanan yang ditawarkan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas layanan dan komunikasi yang baik memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa fotografer dan perusahaan jasa fotografi perlu mempertimbangkan penetapan biaya yang sesuai dan meningkatkan kualitas layanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana strategi penetapan biaya dan kualitas layanan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dalam konteks jasa fotografi. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi praktisi dan peneliti dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif
Pengaruh work life balance dan beban kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Megah Offset Mandiri Jember Indira, Indira Chandra Devi; Devi, Indira Chandra; Dewi, Ira Puspita; Umamy, Septy Holisa
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 7 No 2 (2025): Manajemen : Jurnal Ekonomi (Special Issue)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/ahnt3y82

Abstract

CV. Megah Offset Mandiri Jember memiliki upaya dalam meningkatkan kinerja karyawanya dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya dengan menanamkan kondisi lingkungan pekerjaan yang optimal sehingga dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh work life balance dan beban kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Megah Offset Mandiri Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode kuantitatif. Selain itu penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, secara khusus penelitian ini bertujuan untuk lebih memahami gambaran terkait kinerja karyawan Data yang terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah work life balance tidak berpengaruh dengan hasil thitung -0,191< 2,034 dengan signifikansi 0,849, Artinya semakin menurun nya work life balance maka kinerja karyawan akan semakin meningkat hal ini dikarenakan ketika para karyawan terlalu banyak menghabiskan waktunya dengan bekerja dan memiliki waktu yang lebih sedikit dengan kehidupan pribadinya membuat para karyawan tetap bersemangat dalam melakukan pekerjaan nya. Beban kerja berpengaruh signifikan dengan hasil thitung 2,810 > 2,034 dengan signifikansi 0,009, Artinya semakin banyak beban kerja yang diberikan perusahaan kepada karyawan untuk mencapai target yang diinginkan hal ini dapat meningkatkan kinerja karyawan. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini bahwa work life balance tidak berpengaruh secara positif terhadap kinerja karyawan dan beban kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan pada CV. Megah Offset Mandiri Jember. Bagi perusahaan sebaiknya pimpinan selalu memberikan motivasi dan dukungan kepada para karyawanya agar dapat meningkatkan performa para karyawanya
Pengaruh Literasi Keuangan,  Financial Technology  dan Self Control  Terhadap Perilaku Keunagan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kabupaten Bondowoso Holiseh, Holiseh; Supeni, Retno Endah; Sari , Maheni Ika
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 7 No 2 (2025): Manajemen : Jurnal Ekonomi (Special Issue)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/64agg257

Abstract

Studi ini bertujuan menganalisis dampak literasi keuangan, penggunaan teknologi finansial (fintech), serta kemampuan mengontrol diri terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa di wilayah Kabupaten Bondowoso. Penelitian berfokus pada identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kebiasaan finansial individu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 10.145 mahasiswa dan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda melalui SPPS 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi keuangan, fintech, dan pengendalian diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pola perilaku keuangan mahasiswa di Kabupaten Bondowoso
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE  TERHADAP FINANCIAL DISTRESS MODE ALTMAN Z-SCORE PADA SEKTOR CONSUMER CYCLICALS DI INDONESIA Azyyati, Nur Isnaini; Pribadi, Muhammad Iqbal; Anshari, Rahman
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 7 No 2 (2025): Manajemen : Jurnal Ekonomi (Special Issue)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/kjtq1b56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap risiko Financial Distress pada perusahaan sektor consumer cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2021 – 2023. Dalam penelitian ini, Financial Distress diukur menggunakan model Altman Z-Score, yang merupakan alat prediksi kebangkrutan berbasis rasio keuangan. Sampel yang digunakan sebanyak 101 perusahaan selama tiga tahun pengamatan, menghasilkan total 303 observasi. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan regresi data panel. Setelah melalui uji Chow dan Hausman, model Random Effect Model (REM) dipilih sebagai model terbaik. Hasil estimasi menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan leverage memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap nilai Z-Score, yang berarti semakin besar ukuran perusahaan dan semakin tinggi tingkat utang (leverage), maka semakin besar kemungkinan perusahaan mengalami Financial Distress. Temuan ini sejalan dengan teori Moral Hazard, yang menyatakan bahwa perusahaan besar rentan terhadap pengelolaan yang tidak efektif, serta Trade-off Theory yang menyatakan bahwa leverage yang tinggi meningkatkan risiko kebangkrutan. Studi ini menekankan pentingnya efisiensi dalam pengelolaan aset dan pengendalian struktur modal. Oleh karena itu, disarankan agar perusahaan mengelola ukuran operasional secara optimal dan menjaga proporsi utang terhadap ekuitas dalam batas yang wajar, serta meningkatkan pengawasan keuangan internal guna menjaga kesehatan finansial dan mengurangi potensi distress. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi manajemen, investor, regulator, dan akademisi dalam memahami dinamika risiko keuangan di sektor consumer cyclicals
PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN LABA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Puttiri, Puttiri; Puttiri; Jamal, Sri Wahyuni; Rahmah, Asmadhini Handayani
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 7 No 2 (2025): Manajemen : Jurnal Ekonomi (Special Issue)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/qeedc877

Abstract

Perusahaan pertambangan memiliki peran utama dalam mengambil sumber daya alam dan memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Kebijakan tersebut berpengaruh besar terhadap perusahaan yang mana negara mulai mengurangi penggunaan bahan bakar untuk mengurangi emisi karbon di dunia sehingga hal tersebut mengakibatkan turunnya jumlah permintaan terutama pada sub sektor batu bara. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal dan pertumbuhan laba terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis studi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling sebagai penentuan kriteria sampel. Data dalam studi ini berjumlah 170 data (34 sampel studi dengan periode 2019-2023) teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data studi ialah teknik dokumentasi. Hasil studi ini menunjukkan bahwa struktur modal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil studi pada pertumbuhan laba membuktikan bahwa secara signifikan tidak memengaruhi nilai perusahaan
EFISIENSI MODAL KERJA UNTUK PERTUMBUHAN BISNIS BERKELANJUTAN Fadhilah, Ikrimah Nur; Sari, Maheni Ika; Wijayantini, Bayu
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 7 No 2 (2025): Manajemen : Jurnal Ekonomi (Special Issue)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/dqqc1k71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pengelolaan modal kerja pada Unit Usaha Kopi Argopuro, yang dikelola oleh BUMDesma Delapan Pilar Tanggul. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan populasi laporan keuangan unit usaha Kopi Argopuro dan sampelnya yaitu laporan penjualan kopi argopuro selama periode tahun 2024. Dianalisis dengan menggunakan metode least square (ramalan penjualan), penyusunan anggaran biaya dan penyusunan rencana kebutuhan modal kerja. Penelitian ini menemukan bahwa kebutuhan modal kerja mencapai Rp 75.994.461. Jumlah tersebut menunjukkan pentingnya perencanaan modal kerja yang tepat dan pengelolaan arus kas yang konsisten. Efisiensi pengelolaan modal kerja berperan dalam menjaga kelangsungan usaha sekaligus mendukung pertumbuhan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Unit Usaha Kopi Argopuro telah menerapkan prinsip efisiensi finansial, yaitu melalui pengaturan persediaan, pengendalian piutang, dan penguatan likuiditas. Meski demikian, efisiensi belum maksimal karena masih ditemukan kendala pada sistem pencatatan keuangan dan pengelolaan stok. Oleh karena itu, digitalisasi sistem dan kerja sama dengan saluran distribusi modern menjadi solusi penting. Pengelolaan modal kerja yang efisien menjadi kunci bagi usaha desa seperti Kopi Argopuro untuk tetap adaptif, berdaya saing, dan berorientasi pada keberlanjutan jangka panjang
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SECARA ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP VOLUME PENJUALAN Ummi Hasanah; Pulungan , Ummi Hasanah; Setyowati, Trias; Rusdiyanto, Rusdiyanto
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 7 No 2 (2025): Manajemen : Jurnal Ekonomi (Special Issue)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/mx4cn511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemasaran digital pada usaha kilang padi UD AM Fokus Jaya. Penelitian yang sedang dilakukan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tujuan utama penelitian kualitatif yaitu untuk memahami dan mengeksplorasi fenomena yang terjadi sehingga menemukan suatu hal baru yang unik. yaitu menggunakan sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap UD AM Fokus Jaya, dapat disimpulkan bahwa perusahaan berada pada posisi pertumbuhan selektif (Sel V) dalam Matriks IE, dengan skor IFE sebesar 2,17 dan skor EFE sebesar 2,90. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan internal perusahaan cukup mendukung dan lingkungan eksternal sangat potensial untuk mendorong pertumbuhan. Faktor kekuatan utama meliputi lokasi usaha yang strategis, kepemilikan merek dagang, serta kerja sama dengan banyak mitra petani. Sementara itu, kelemahan utama terletak pada sistem pembukuan yang masih manual dan keterbatasan kapasitas produksi. Peluang yang dimiliki UD AM Fokus Jaya meliputi meluasnya pasar digital, kemudahan memperoleh bahan baku, serta meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap beras
PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA PEMASARAN(Studi Kasus Industri Kripik Tempe Pecah 1000 di Desa Kaliboto Lor, Lumajang) Alvy Hidayah; Hidayah, Alvy; Rahayu, Jekti; Winahyu, Pawestri
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 7 No 2 (2025): Manajemen : Jurnal Ekonomi (Special Issue)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/dk2j9b09

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan kompetensi wirausaha terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Kripik Tempe Pecah 10000. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan konsumen UMKM Kripik Tempe Pecah 1000 yang mengikuti atau yang bertransaksi dengan UMKM Kripik Tempe Pecah 1000 melalui media sosial WhatsApp dan Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan digital marketing dan kompetensi wirausaha memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Kripik Tempe Pecah 1000. UMKM Kripik Tempe Pecah 1000 disarankan lebih optimal dan meningkatkan dalam menggunakan digital marketing yang dapat mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi pembelian atau untuk mengetahui informasi mengenai UMKM Kripik Tempe Pecah 1000. Sehingga dapat meningkatkan kinerja pemasaran
pengaruh influencer marketing,diskon,online customer review terhadap keputusan pembelian skincare Skintific pada Tiktokshop studi kasus masyarakat konsumen kabupaten Jember Siham, Nur Vikiyah Amalina; Suharto , Akhmad; Tyas, Wenny Murtalining
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 7 No 2 (2025): Manajemen : Jurnal Ekonomi (Special Issue)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/6gsm6775

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh influencer marketing, diskon, dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific di TikTokShop dengan studi kasus pada masyarakat konsumen di Kabupaten Jember. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda melalui bantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil uji t menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Influencer Marketing (X1) memiliki nilai thitung sebesar 7.644 > ttabel 1.985 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Diskon (X2) memperoleh thitung sebesar 3.436 > 1.985 dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Online Customer Review (X3) menunjukkan thitung 2.954 > 1.985 dengan signifikansi 0,004 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa ketiga variabel tersebut secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Selain itu, nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,717 menunjukkan bahwa 71,7% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen, sementara sisanya sebesar 28,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini memperkuat bahwa strategi pemasaran digital sangat relevan dalam mempengaruhi perilaku konsumen di era e-commerce.

Page 1 of 3 | Total Record : 22