cover
Contact Name
YUDHO PURNOMO
Contact Email
yudhopurnomo@cendekiaku.com
Phone
+6283156985751
Journal Mail Official
p3mcendekiaku@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Logistik
ISSN : 26865882     EISSN : 26865882     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi Logistik adalah publikasi ilmiah yang berfokus pada penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang logistik,ekonomi,manajemen dan akuntansi yang terkait. Jurnal ini berfungsi sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan profesional untuk menyebarkan temuan penelitian, teori baru, serta praktik terbaik dalam manajemen logistik, rantai pasokan, transportasi, distribusi, dan aspek-aspek ekonomi yang mendukung aktivitas logistik.
Articles 60 Documents
Religious Coping Sebagai Strategi Peningkatan Kesejahteraan Karyawan di Era Digital Mohamad Sodikin; Mudrik
E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan lingkungan bisnis yang cepat dan tidak dapat diprediksi dapat mempengaruhi pola kerja dan keberlangsungan organisasi, seperti pada masa pandemi Covid19 dan era digital saat ini. Organisasi dituntut untuk melakukan social distancing dan dapat bekerja dari rumah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu metode bekerja dari rumah adalah dengan menggunakan metode telework. Studi ini menguji pengaruh bekerja dari rumah melalui telework terhadap kesejahteraan pegawai negeri sipil di sektor publik. Penelitian ini melibatkan 150 PNS sebagai responden. Analisis data menggunakan model persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan organisasi digital tidak berpengaruh signifikan terhadap emosi. Strategi koping religius secara signifikan memoderasi hubungan antara emosional dan kesejahteraan karyawan. Selain itu, emosi tidak sepenuhnya memediasi hubungan antara dukungan organisasi digital dan kesejahteraan karyawan. Keterbatasan penelitian, penelitian masa depan dan implikasi manajerial juga dibahas dalam penelitian ini.
Implementasi Pemasaran Sticker Melalui Marketplace Shopee Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Toko Online Manunggal Sticker Wonosobo Salimah; Nafila Tri Wardani; Susilowati
E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Belanja online sekarang sudah menjadi gaya hidup modern, di era digital ini toko online Manunggal Sticker memanfaatkan e-commerce untuk memasarkan produk sticker melalui marketplace Shopee guna memperluas pemasaran dengan tujuan utama meningkatkan omset penjualan. Namun dilihat dari pendapatan toko online Manunggal Sticker di Shopee pada tahun 2021 mengalami ketidakstabilan pendapatan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pagerkukuh, Kecamatan Wonosobo. Pelaksanaan penelitian ini dimulai bulan Agustus sampai dengan bulan November 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara implementasi pemasaran sticker melalui marketplace Shopee untuk meningkatkan omset penjualan pada toko online Manunggal Sticker Wonosobo. Menggunakan metode PDCA dengan tahap kegiatan yaitu perencanaan, pengerjaan nyata, evaluasi kegiatan dan tindak lanjut evaluasi kegiatan. Mengetahui kendalakendala yang terjadi saat proses pelaksanaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penulisan skripsi ini adalah dengan adanya implementasi pemasaran sticker melalui marketplace Shopee, Toko online Manunggal Sticker mampu meningkatkan omset penjualan, menjangkau lebih banyak konsumen dan membantu memperluas bisnis sticker dengan cepat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya implementasi pemasaran sticker melalui marketplace shopee sudah efektif dalam memasarkan produk sticker untuk meningkatkan omset penjualan. Peneliti memberikan saran untuk selalu mempertahankan kualitas layanan dan produk.
Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan LQ45 Yani Susetyo; Andreas Dwi Putera
E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji dampak Covid-19 terhadap kinerja keuangan perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian adalah 28 perusahaan LQ45 yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2018-2021. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang telah diaudit dan diterbitkan oleh perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2018-2021. Dengan kriterianya adalah: 1) Perusahaan dalam kurun waktu empat tahun secara konsisten terindeks LQ45 dari periode 2018 sampai dengan 2021; 2) Perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan tahunan selama periode tahun 2018 sampai dengan 2021 secara berturut-turut; 3) Laporan keuangan disajikan dalam mata uang rupiah. Analisis fundamental yang digunakan ialah EPS, PER, DER, ROA, dan ROE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan perusahaan mengalami kenaikan kinerja yang cukup baik dari periode 2018 hingga 2021. Namun secara parsial pada saat pandemi COVID19 terjadi, perusahaan terdampak dan mengalami penurunan kinerja. Hal ini terlihat pada penurunan PER, EPS, ROA, ROE, dan DER.
Pengaruh Pengendalian Internal Dan Good Corporate Governance Terhadap Pencegahan Fraud Dalam Pengelolaan Dana Desa Suci Rahmadani; Sugiarto
E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa penting pengaruh pengendalian internal dan good corporate governance dalam mencegah adanya fraud dalam mengelola dana desa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan jenis data yang digunakan adalah data primer bersifat cross section yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner, dimana populasinya merupakan aparatur desa yang terlibat dalam pemerintahan desa pada 10 desa yang berada di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Dari populasi tersebut dipilih menggunakan teknik saturation sampling diperoleh sampel dengan jumlah responden sebanyak 100 orang, Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal berpengaruh positif signifikan terhadap pencegahan fraud dalam mengelola dana desa. Serta positif signifikan antara variable good corporate governance terhadap pencegahan fraud dalam mengelola dana desa.
Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kualitas Pelayanan, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pemakai Jasa Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) Pada PT. Trigita Upaya Makmur Semarang Febi Ismi Dhamayanti; Yudho Purnomo
E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh kepercayaan konsumen, kualitas pelayanan, dan fasilitas terhadap kepuasan pemakai jasa. Untuk mengetahui seberapa penting pengaruh kepercayaan konsumen, kualitas pelayanan, dan fasilitas dalam memberikan kepuasan pemakai jasa di perusahaan. Riset ini merupakan riset kuantitatif. Dengan jenis data primer bersifat cross section, dari populasi tersebut dipilih menggunakan teknik random sampling diperoleh sampel dengan jumlah responden sebanyak 100 orang, Analisis yang digunakan dalam riset ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil riset menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan berdampak positif signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa. Kualitas pelayanan berdampak positif signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa. Serta fasilitas berdampak positif signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa. Berdasakan hasil tersebut, diharapkan bagi perusahaan PPJK meningkatkan kepercayaan konsumen, kualitas pelayanan, dan fasilitas. Karena dengan meningkatkan ketiga variable tersebut, maka dapat memaksimalkan peluang bagi perusahaan dalam mempertahankan pelanggan yang bekerjasama dan mendapatkan pelanggan baru untuk menggunakan jasa yang ada pada perusahaan.
Analisis Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Melalui Mutu Layanan Logistik (Studi Kasus Pada Pedagang Sayur Keliling Bermotor) Dirgo Wahyono; Muchayatin
E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Orientasi pasar berkaitan dengan proses kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh informasi pasar tentang kebutuhan konsumen, sikap pesaing dan menginformasikan organisasi pada pasar untuk memprodusir produk yang lebih baik bagi konsumen. Orientasi pasar terdiri dari aspek orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan koordinasi antar fungsi, perlu diintegrasikan dengan strategi pemasaran lainnya guna memenuhi kebutuhan dan menempatkan konsumen sebagai raja yang harus dipenuhi kebutuhannya. Terdapat perbedaan hasil penelitian tentang pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, maka untuk mengatasi kesenjangan hasil penelitian antar peneliti pada variable orientasi pasar, dimasukkan konsep baru Mutu Service Logistic sebagai variabel mediasi antara orientasi pasar dengan kinerja Pemasaran. Mutu Service Logistik berkaitan dengan kemudahan konsumen dalam mengakses sumber informasi saluran, perbedaan produk dan yang ditawarkan, perbedaan harga maupun kualitas layanan. Mutu service logistic diperkirakan akan menjadi kunci penting dalam menciptakan strategi marketing mix. Terbukti adanya pergeseran peningkatan permintaan pelanggan pada paket kecil mendorong perubahan konsep pengiriman barang dengan cara mengelola jarak tempuh yang efisien dalam jumlah besar menjadi paket paket kecil. Pengelolaan mutu service logistic mampu menciptakan nilai keunggulan pada komitmen konsumen untuk loyal pada produk dan service yang diberikan, sehingga memiliki pengaruh pada Kinerja Pemasaran. Hasil pengujian secara parsial Orientasi Pasar (X1) terhadap Mutu Service Logistik diperoleh t hitung 8.922 dan tingkat probabilita 0,000, maka dapat diketahui bahwa secara parsial variable orientasi pasar (X1) mempengaruhi Mutu Service Logistic (Z1). Secara matematis persamaan I dapat dijelaskan sebagai berikut Z1 = 20.559 + 0,698 X1. Hasil pengujian secara parsial Orientasi Pasar (X1) dan Mutu Service Logistic (Z1) terhadap Kinerja Pemasaran diperoleh t hitung 4.201 dan 6.239 pada tingkat probabilita 0,000, maka dapat diketahui bahwa secara parsial variabel Orientasi Pasar (X1) dan Mutu Service Logistic (Z1) mempengaruhi Kinerja Pemasaran (Y1). Secara matematis persamaan II dapat dijelaskan sebagai berikut: Y1 = 0.361 X1 + 0.535 Z1. Pengaruh langsung Orientasi Pasar (X1) terhadap Kinerja Pemasaran (Y1) 0,361 lebih kecil dibanding pengaruh tidak langsung variabel Orientasi Pasar (X1) terhadap KinerjaPemasaran (Y1) 0,373 melalui variabel Mutu Service Logistic (Z1), maka variabel Mutu Service Logistic berfungsi sebagai variabel intervening. Total pengaruh variabel Orientasi Pasar (X1) terhadap Kinerja Pemasaran (Y1) adalah penjumlahan dari pengaruh langsung dan tidak langsung sebesar 0,373. Kondisi ini memberi gambaran bahwa peningkatan kinerja Pemasaran dapat dilakukan dengan membangun Orientasi Pasar dan Mutu Service Logistic secara bersama-sama.
Analisa Perbandingan Penentuan Harga Pokok Penjualan Dengan Metode Full Costing dan Variable Costing Pada Produksi Kopi Bubuk Kalisidi Labib Izil Khilmi; Samto
E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penentuan harga pokok penjualan dengan metode Full costing dan Variable costing pada produksi Kopi Bubuk Kalisidi. Penelitian ini menyimpulkan hasil analisis dan melaporkan hasil dari penelitian yang kemudian mendiskripsikan dan membandingkan dengan konsep teori yang berlaku. Bentuk disain dalam penelitian ini adalah bentuk deskriptif yang dapat melalui cara observasi dan wawancara secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode variable costing menciptakan harga pokok penjualan yang lebih rendah dibanding dengan metode full costing. Selisih harga pokok penjualan produk KOBUKA kemasan 400 gr antara metode full costing dan variable costing sebesar Rp.863,- kemudian kemasan 160 gr selisih sebesar Rp.345,- dan kemasan yang 100 gr terdapat selisih sebesar Rp. 215,. Terjadinya selisih hasil penghitungan disebabkan karena pada metode full costing semua unsur biaya diperhitungkan baik yang bersifat tetap maupun variabel yang menghasilkan HPP yang lebih tinggi sedangkan pada metode variabel costing hanya memperhitungkan biaya yang bersifat veriabel saja, sehingga dapat menghasilkan HPP yang lebih rendah.
Pengaruh Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional - Pendapatan Operasional (BOPO) dan Capital Aadequacy Ratio (CAR) Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada PT BPR BKK Kota Tegal (Perseroda) Salsabila Oktaviana; Sigit Agus Dwi Prasetyo
E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik Vol. 5 No. 1 (2023)
Publisher : E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional - Pendapatan Operasional (BOPO) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap profitabilitas PT BPR BKK Kota Tegal (Perseroda). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang berfokus pada pengelolaan data numerik. Penelitian ini menggunakan data keuangan pada PT BPR BKK KotaTegal (Perseroda). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan pada tahun 2014-2021. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan software SPSS 26. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Non Performing Loan (NPL) berpengaruh negative dan signifikan terhadap profitabilitas, Biaya Operasional - Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas.
PENERAPAN IDENTIFIKASI BAHAYA PENILAIAN DAN PENGENDALIAN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PERKANTORAN (Studi Kasus Pada Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak Dan Gas Bumi (PPSDM MIGAS) Cepu Berdasarkan ISO 45001:2018 Di Era New Normal) M. Shohibul Jamil; Yudho Purnomo; Siti Malikhatun
E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik Vol. 4 No. 1 (2022)
Publisher : E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Identifikasi bahaya, penilaian dan pengendalian risiko merupakan salah satu bagian dari klausul perencanaan ISO 45001:2018 tentang sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang terdapat pada klausul ke 6.1.2.1, 6.1.2.2, dan 6.1.2.3. Hal ini sangat penting untuk tercapainya klausul perencanaan dalam keselamatan dan kesehatan kerja. Rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini ialah terkait penerapan dan tingkat ketercapaian dari identifikasi bahaya, penilaian dan pengendalian risiko dari keselamatan dan kesehatan kerja perkantoran pada Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM MIGAS) Cepu berdasarkan ISO 45001:2018 di era new normal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yang berarti analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data. Hasil penelitian didapatkan bahwa bahaya yang teridentifikasi berjumlah 18 aktivitas, Penilaian risiko bahaya dikategorikan dengan tingkatan 1 sangat jarang, 2 jarang terjadi, 3 kadang-kadang terjadi, 4 sering terjadi, dan 5 selalu terjadi. Pengendalian risiko dilakukan dengan cara 2 hirarki pengendalian yaitu secara administrasi dan secara rekayasa teknis. Tingkat ketercapaian dari penerapan tersebut secara keseluruhan sudah baik. Dari potensi bahaya yang ditemukan yang paling harus diperhatikan ialah potensi bahaya yang memiliki level risiko kategori high risk di era new normal ini yaitu terkait penyebaran virus Covid-19.
ANALISIS ASPEK KELEMBAGAAN (STUDI KASUS PADA PEMERINGKATAN KOPERASI DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020) Dirgo Wahyono; Muchayatin
E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik Vol. 4 No. 1 (2022)
Publisher : E-logis : Jurnal Ekonomi Logistik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang perorangan atau badan hukum koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi dan UMKM memiliki peran yang lebih besar terhadap PDB dibanding unit usaha besar. Berbagai kebijakan untuk mengembangkan UMKM mulai dari subsidi bunga pinjaman, restrukturisasi kredit, pemberian jaminan modal kerja dan insentif perpajakan sampai berbagai pembinaan ketrampilan dan manajemen. Menurut Kementerian Koperasi dan UMKM dalam Abi Pratiwa Siregar (2020) tidak sedikit koperasi yang mati suri, hal ini menunjukkan masih terdapat persoalan UMKM yang perlu mendapat prioritas penyelesaian agar lebih berkontribusi pada perekonomian nasional. Permasalahan koperasi di luar bidang keuangan antara lain kualitas dan kontinuitas produksi, akses pemasaran, packaging product, kualitas SDM/ pelaku UMKM di bidang manajerial, keuangan dan produksi. Berdasarkan fenomena gap tersebut, penelitian mengambil tema Analisis Aspek Kelembagaan (Studi Kasus Pada Pemeringkatan Koperasi di Kabupaten Semarang Tahun 2020). Populasi dalam penelitian ini adalah Koperasi di Kabupaten Semarang yang terdaftar di Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sample menggunakan sampel pertimbangan (judgment sampling) yaitu koperasi hasil pemeringkatan di Kab. Semarang tahun 2020 dengan kualifikasi “Berkualitas“ dan kualifikasi “Tidak Berkualitas. Berdasarkan hasil perhitungan nilai “Independent Samples Test” pada variances assumed nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang bermakna aspek kelembagaan koperasi berkualifikasi berkualitas dan koperasi berkualifikasi tidak berkualitas.