cover
Contact Name
Andri Putra Kesmawan
Contact Email
andriputrakesmawan@gmail.com
Phone
+628111304014
Journal Mail Official
journal@idpublishing.org
Editorial Address
Perumahan Sidorejo, Jl. Sidorejo Gg. Sadewa No.D3, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises
ISSN : -     EISSN : 30630975     DOI : https://doi.org/10.47134/umkm
Core Subject : Economy,
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises is a forum for researchers, students, and professionals who want to publish their writing or research. The focus and scope of Journal of Micro, Small and Medium Enterprises include: Marketing Management, Finance Management, Strategic Management, Operation Management, Human Resource Management, E-business, Knowledge Management, Corporate Governance Management Information System, International Business, Business Ethics and Sustainability Entrepreneurship.
Articles 20 Documents
Meningkatkan Kinerja Industri Jasa Makanan di Indonesia Melalui Pelatihan Keterampilan dan Pengalaman Ardani, Arfan; Firdaus, Vera
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises Vol. 1 No. 1 (2024): July
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/umkm.v1i1.398

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak pelatihan, keterampilan, dan pengalaman terhadap kinerja karyawan di Q5 Steak and Bowl, Jawa Timur, untuk mengatasi kesenjangan yang signifikan dalam memahami pengaruh kolektif dari faktor-faktor ini dalam industri layanan makanan regional. Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan purposive sampling, penelitian ini menggunakan SPSS versi 24 untuk analisis data. Temuan menunjukkan bahwa setiap faktor-pelatihan, keterampilan, dan pengalaman-secara signifikan meningkatkan kinerja karyawan secara individu dan kolektif. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya program pelatihan yang komprehensif dan pengembangan keterampilan dan pengalaman dalam meningkatkan efektivitas karyawan, serta menyarankan strategi potensial untuk meningkatkan efisiensi operasional di lingkungan yang serupa.
Kepuasan Berkendara dalam Layanan Perbaikan Sepeda Motor di Indonesia Santoso, Muhammad Nur Habib; Sari, Herlinda Maya Kumala
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises Vol. 1 No. 1 (2024): July
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/umkm.v1i1.399

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak dari kualitas layanan, lokasi, dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel Rojo Utomo Motor Duran di Karangpuri, Wonoayu. Meskipun banyak penelitian tentang kepuasan pelanggan, hanya sedikit penelitian yang secara simultan mengevaluasi ketiga faktor ini dalam konteks bengkel sepeda motor. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengambil sampel sebanyak 96 konsumen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probabilitas berdasarkan rumus Lemshow. Data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, lokasi, dan harga secara signifikan meningkatkan kepuasan konsumen di bengkel Duran. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya faktor-faktor ini dalam industri jasa otomotif dan menyarankan bisnis untuk mengelola aspek-aspek ini secara strategis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Meningkatkan Keterlibatan Konsumen di Indonesia Melalui Pemasaran Digital Strategis dan Keunggulan Produk Machdani, Muchlis Dzul; Kusuma, Kumara Adji; Pebrianggara, Alshaf
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises Vol. 1 No. 1 (2024): July
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/umkm.v1i1.400

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak pemasaran digital, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen untuk produk UMKM Pawon Seafood Mojokerto. Meskipun pengaruh faktor-faktor ini telah diakui terhadap perilaku konsumen, masih sedikit penelitian yang secara khusus mengeksplorasi pengaruh gabungannya dalam konteks usaha kecil dan menengah di Mojokerto. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk memilih 96 responden dan mengumpulkan data melalui kuesioner. Analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan menggunakan SPSS, mengkonfirmasi bahwa pemasaran digital, kualitas produk, dan harga secara signifikan mempengaruhi minat beli konsumen. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi pemasaran terintegrasi untuk meningkatkan keterlibatan konsumen dan memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk usaha kecil yang bertujuan untuk mengoptimalkan upaya pemasaran mereka.
Interaksi Strategis: Menilai Dampak Global dari Pertumbuhan, Perencanaan Pajak, dan Manajemen Laba Purwati, Wahyu Arum; Sriyono, Sriyono
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises Vol. 1 No. 1 (2024): July
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/umkm.v1i1.401

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh pertumbuhan perusahaan, beban pajak tangguhan, dan perencanaan pajak terhadap manajemen laba, dengan kinerja keuangan sebagai variabel moderasi di sektor industri dasar dan kimia di Bursa Efek Indonesia selama periode 2018-2020. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling purposif, penelitian ini menganalisis data dari 48 perusahaan, yang menghasilkan 144 data. Teknik Analisis Regresi Moderasi, yang didukung oleh software Eviews, digunakan untuk analisis data. Temuan menunjukkan bahwa beban pajak tangguhan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan pertumbuhan perusahaan dan perencanaan pajak tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Menariknya, kinerja keuangan tidak memoderasi pengaruh pertumbuhan perusahaan dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba tetapi memoderasi pengaruh perencanaan pajak terhadap manajemen laba. Hasil ini menyoroti perlunya perusahaan mempertimbangkan kompleksitas taktik keuangan dan implikasinya terhadap manajemen laba, menawarkan wawasan berharga bagi peneliti masa depan, manajemen perusahaan, dan investor mengenai tata kelola dan praktik manajemen yang etis.
Menganalisis Dampak Struktur Modal, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas Real Estat Ulandari, Ninis; Setiyono, Wisnu Panggah
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises Vol. 1 No. 1 (2024): July
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/umkm.v1i1.402

Abstract

: Penelitian ini menyelidiki dampak struktur modal, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahaan properti dan real estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019 hingga 2022. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik sampel purposif, penelitian ini mencakup sampel 40 perusahaan, menghasilkan analisis 160 data menggunakan Eviews 12 untuk pengujian statistik, termasuk tes deskriptif, tes Chow, Hausman, dan Lagrange multiplier di antara lainnya. Hasil menunjukkan bahwa masing-masing faktor—struktur modal, likuiditas, dan ukuran perusahaan—secara signifikan mempengaruhi profitabilitas secara individu, serta secara kolektif berkontribusi pada hasil profitabilitas. Studi ini mengisi kesenjangan pengetahuan dalam memahami efek diskrit dan gabungan dari metrik keuangan ini terhadap profitabilitas spesifik sektor dan menyarankan penelitian lebih lanjut bisa mengeksplorasi variabel lain seperti kepemilikan institusional atau kepemilikan manajerial untuk memberikan perspektif pasar yang lebih luas.
Dinamika Tempat Kerja: Meningkatkan Kinerja Karyawan melalui Komunikasi dan Hubungan Efendy, Syahril; Kusuma, Kumara Adji
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises Vol. 1 No. 1 (2024): July
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/umkm.v1i1.403

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak komunikasi, lingkungan kerja, dan hubungan interpersonal terhadap kinerja karyawan di PT United Waru Biscuit Manufactory, mengatasi kekurangan studi spesifik yang menghubungkan variabel-variabel ini di sektor produksi. Menggunakan metode deskriptif-kuantitatif, data dikumpulkan dari 61 karyawan produksi menggunakan kuesioner skala Likert dan dianalisis melalui Partial Least Square (PLS) dengan Smart PLS versi 4.0. Studi ini mengonfirmasi bahwa komunikasi, lingkungan kerja, dan hubungan interpersonal masing-masing berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan. Temuan ini menyarankan bahwa peningkatan komunikasi dan hubungan di tempat kerja, serta perbaikan lingkungan kerja, dapat secara substansial meningkatkan efisiensi karyawan. Penelitian ini berkontribusi pada strategi organisasi dengan menekankan pentingnya memupuk lingkungan kerja yang sehat dan saluran komunikasi yang efektif.
Mengkaji Dampak Citra Merek, Duta Merek, dan Kualitas pada Keputusan Pembelian Pratiwi, Cindi Suryaning; Sari, Herlinda Maya Kumala
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises Vol. 1 No. 1 (2024): July
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/umkm.v1i1.404

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, brand ambassador, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk skincare Everwhite, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk skincare Everwhite di Sidoarjo Jawa Timur. Pengambilan sample 96 responden. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan bantuan software SmartPLS versi4.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa brand image dan brand ambassador secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk skincare Everwhite, serta kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk skincare Everwhite
Kepemimpinan Transformatif dan Budaya Organisasi Meningkatkan Kinerja Karyawan di Industri Logam Indonesia Sholikhah, Imroatus; Sumartik, Sumartik
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises Vol. 1 No. 1 (2024): July
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/umkm.v1i1.405

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak kepemimpinan transformatif, budaya organisasi, dan berbagi pengetahuan terhadap kinerja karyawan di sektor peleburan logam di Indonesia. Menyadari kebutuhan kritis industri akan kepemimpinan yang efektif dan budaya organisasi yang kuat, kami mengidentifikasi adanya kesenjangan pengetahuan tentang dampak yang tepat dari faktor-faktor ini terhadap hasil kinerja. Pendekatan deskriptif kuantitatif dilakukan dengan mensurvei 52 karyawan menggunakan kuesioner terstruktur. Analisis data, termasuk uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji-t melalui SPSS versi 20.0, mengungkapkan bahwa kepemimpinan transformatif dan budaya organisasi secara signifikan meningkatkan kinerja karyawan, sementara berbagi pengetahuan, meskipun positif, tidak menunjukkan dampak yang signifikan. Temuan ini menekankan pentingnya kepemimpinan dan budaya dalam meningkatkan kinerja dalam industri logam, memberikan wawasan yang berharga bagi para praktisi yang ingin meningkatkan produktivitas melalui praktik manajemen strategis.
Product Competitiveness based on Consumer Perception: A Case Study of the Tahu Bakso Miwiti MSME in Bogor Raya Syaniah, Alifia Wardahesa; Alviani, Safira Arafiah; Siregar, Rezani; Fauziah, Siti; Zidane, Tifani Yazid; Sitepu, Rasidin Karo Karo
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises Vol. 2 No. 1 (2025): July
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/umkm.v2i1.695

Abstract

This study aims to analyze the competitiveness of the Tahu Bakso Miwiti product owned by PT. Nasa Boga Bogor based on consumer perceptions in the Bogor Raya area. The product competitiveness is evaluated through five main dimensions: quality, price, service, innovation, and distribution. The research employs a quantitative descriptive method with data collected via online questionnaires completed by 101 consumer respondents. The results indicate that the majority of consumers have a positive perception of the product’s quality, affordable and competitive pricing, fast service, and product flexibility that meets consumer needs. Tahu Bakso Miwiti holds a strong position in the local market with higher consumer preference compared to main competitors. These findings provide a foundation for developing adaptive marketing strategies oriented towards consumer needs to enhance product competitiveness in the local processed food market.
Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Meningkatkan Penjualan Roti Bakar Mentari di Mayor Ruslan Palembang Muhammad Randicha Hamandia; Sri Hertimi; Miftakhul Jannah
Journal of Micro, Small and Medium Enterprises Vol. 1 No. 4 (2025): April
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/umkm.v1i4.701

Abstract

Melatarbelakangi Permasalahan penjualan pada usaha roti bakar mentari yang terkait dengan dimensi pada IMC, memberikan penjelasan tentang bagaimana proses pemasaran yang dilakukan oleh penjual maupun kepada pembeli, untuk mengetahui bagaimana pemasaran ini berjalan dengan baik dapat dilakukan melalui personal selling dalam menentukan strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Tujuan dalam penelitian pertama, untuk menganalisis menganalisis strategi komunikasi pemasaran pada Roti Bakar Mentari. Kedua, untuk mengetahui Peningkatan Penjualan Penjualan Roti Bakar Mentari di Mayor Ruslan Palembang. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan yaitu 1) Dengan menggunakan tiga strategi komunikasi pemasaran ini segmentasi, targeting, dan positioning) bekerja bersama dalam strategi komunikasi pemasaran Roti Bakar Mentari untuk mencapai tujuan bisnis mereka, seperti meningkatkan penjualan, memperluas pangsa pasar, atau membangun loyalitas pelanggan. 2) Peningkatan penjualan roti bakar dapat dicapai dengan kombinasi strategi pemasaran yang efektif, fokus pada kualitas produk dan layanan, inovasi yang berkelanjutan, dan pemahaman mendalam tentang target pasar

Page 1 of 2 | Total Record : 20