cover
Contact Name
Andi Prayudi
Contact Email
endompu@gmail.com
Phone
+6285253338343
Journal Mail Official
admin@jompu.org
Editorial Address
Jln. A.Yani Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat - Indonesia
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 30639190     DOI : https://doi.org/10.59584/jakat.v1i2.80
JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang mencakup kajian pengembangan dan penerapan IPTEKS. Jurnal ini ditujukan untuk mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang mencakup konsep, model dan implementasinya sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Jurnal JAKAT menerbitkan artikel terpilih dibawah lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Articles 10 Documents
Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 6 di SMPN 03 Madapangga Andi Prayudi; Amanda Amanda; Miftahul Az-Zahra; Nurahmania Nurahmania; Nurhikmah Nurhikmah; Rifki Sibhatullah
JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Juli 2024
Publisher : JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59584/jakat.v1i1.36

Abstract

Kampus Mengajar (KM) merupakan bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan secara langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program Kampus Mengajar Perintis ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi Sekolah Dasar yang terdampak pandemi dengan memberdayakan para mahasiwa yang berdomisili di sekitar wilayah sekolah untuk membantu para Guru dan Kepala Sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Manfaat dari program ini adalah pembimbingan belajar bagi para siswa SD, dan sekaligus pemberdayaan mahasiswa untuk membantu kegiatan sekolah. Lokasi pelaksanaan kegiatan KM Angkatan 6 tahun 2023 di SMPN 03 Madapangga, Sekolah yang beralamat di Desa Campa, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Program kegiatan tersebut meliputi penataan ulang buku-buku, pembuatan dan pemanfaatan pojok baca setiap kelas, adabtasi teknologi melalui pembelajaran interaktif, kelas tambahan, jum’at bersih, penghijauan. Program ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi siswa dan guru demi meningkatkan pembelajaran disekolah.
Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Program Kuliah Kerja Nyata di Desa Hu’u Lita Sasmita
JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Juli 2024
Publisher : JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59584/jakat.v1i1.37

Abstract

Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) oleh dosen dan mahasiswa STKIP Yapis Dompu dilaksanakan di Desa Hu’u Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dengan kegiatan meliputi 2 (dua) program yaitu program pokok (Sosialisai stunting, seminar stunting, dapur sehat) dan program pilihan (bimbingan belajar, pembangnunan tugu TPU, pembuatan papan nama gang, keagamaan, juma’at bersih, bakti sosial, latihan tari tradisional). Kegiatan KKN terlaksana selama 2 bulan.
Kuliah Kerja Nyata Angkatan XII Mahasiswa STKIP Yapis Dompu di Desa Kadindi Barat Mahdin Mahdin; Legis Widodo; Fita Andriyani
JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Juli 2024
Publisher : JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59584/jakat.v1i1.40

Abstract

Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) oleh dosen dan mahasiswa STKIP Yapis Dompu dilaksanakan di Desa Kadindi Barat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dengan kegiatan meliputi Program Bimbingan Belajar, Pelaksanaan Kegiatan Olahraga, Program Pembuatan Papan Nama Gang, Program Keagamaan, Jumat Bersih, dan Bakti Sosial. Kegiatan KKN terlaksana selama 2 bulan.
Pembuatan Papan Nama Desa Sori Tatanga untuk Menunjang Informasi Desa Taufiiq Hidayat
JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Juli 2024
Publisher : JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59584/jakat.v1i1.58

Abstract

Permasalahan yang terjadi dibeberapa titik jalan Desa Sori Tatanga dibutuhkan papan nama gang satu dengan yang lain, hal itu dibutuhkan karena jika ada warga yang ingin berkunjung ke desa itu tidak tahu nama dusun tersebut, sehingga menyulitkan mereka untuk mencari alamat yang ingin dikunjungi. Keberadaan papan nama gang satu dengan yang lain dapat mempermudah warga ketika masuk ke wilayah desa Sori Tatanga yang ingin mencari alamat di desa Sori tatanga. Kegiatan KKN terdiri dari 5 tahap, pertama dengan mengadakan survey lokasi untuk menentukan tempat-tempat yang membutuhkan dan yang akan dipasang papan nama gang petunjuk dusun, setelah menemukan lokasi yang akan dipasang papan nama gang langkah selanjutnya adalah membuat papan nama gang, persiapan yang dilakukan yaitu pertama membuat desain papan yang akan digunakan, setelah desain dibuat kemudian menentukan alat dan bahan yang diperlukan, pembuatan papan nama gang berdasarkan desain yang sudah ditentukan, setelah pembuatan selesai proses selanjutnya yaitu pengecetan Selanjutnya pemasangan papan/plang pada titik lokasi yang sudah ditentukan. Pelaksanaan program KKN ini sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan. Pembuatan papan nama gang penunjuk di Desa Sori Tatangga oleh tim KKN dan dibantu oleh beberapa warga Desa Sori Tatanga. Papan nama gang ini berjumlah 16 papan nama gang.
Pelatihan TOEFL bagi Pemburu Beasiswa S2 di dalam maupun di Luar Negeri untuk Mendukung Terjalannya Program Beasiswa NTB Ismail Ismail; Rusdin Rusdin; Diana Purwati; Arif Bulan
JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): Juli 2024
Publisher : JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59584/jakat.v1i1.61

Abstract

Dari tahun 2018 sampai tahun 2023, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah memogramkan BeasiswaNTB sebagai program unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yangada di NTB dengan mengirim putra-putri terbaik untuk melanjutkan studi ke luar negeri maupun kedalam negeri. Rumah Bahasa merupakan program dari Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP)Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dibentuk untuk mendukung terjalannya program BeasiswaNTB. Berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Rumah Bahasa memberikanpelatihan peningkatan dan penguatan kapasitas berbahasa asing bagi masyarakat NTB, khususnyamasyarakat Dompu. Tujuan peningkatan bahasa asing dimaksudkan untuk membuka peluang bagi yangingin melanjutkan sekolah ke luar negeri maupun untuk keperluan peningkatan kapasitas pada tempatkerja. Pelatihan TOEFL Rumah Bahasa Kab. Dompu Batch V ini dilaksanakan mulai bulanJuli – November 2021. Adapun tahap pelaksanaan Pelatihan sebagai berikut: Pertama, tahampersiapan (meet and greet), Tes Kemampuan Awal Peserta (diagnostic Test),Pembelajaran, Tes Perkembangan Kemampuan (Try out), dan Tes Resmi TOEFL (OfficialTest). Pelaksanaan pelatihan ini berjalan lancar dan seluruh peserta sangat merasakanmanfaat dari pelatihan ini. Kemudian semoga pelatihan-pelatihan seperti ini bisa terus dilakukandi masa akan datang.
Pengaruh Penggunaan Fasilitas Komputer terhadap Efektivitas dan Efisiensi Proses Pembelajaran TIK di SMPN 3 Dompu Perdana, Ikhtiar
JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59584/jakat.v1i2.78

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan fasilitas komputer terhadap efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMPN 3 Dompu. Metode PKM yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara kepada guru dan siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran TIK. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan fasilitas komputer secara signifikan meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memperbaiki pemahaman siswa terhadap materi dan meningkatkan keterlibatan dalam aktivitas pembelajaran interaktif. Selain itu, penggunaan komputer juga membantu meningkatkan efisiensi waktu pembelajaran dan memfasilitasi akses ke sumber daya pendukung pembelajaran TIK. Kesimpulannya, integrasi yang baik dari fasilitas komputer dalam pembelajaran TIK dapat memberikan kontribusi positif terhadap hasil pembelajaran siswa di SMPN 3 Dompu.
Pentingnya Sistem Teknologi Informasi terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah SMPN 03 Woja Kabupaten Dompu Waldi, Leo; Jumarlan, Jumarlan; Afandi, Gista Anang; Juliadin, Juliadin; Erwinsyah, Muhammad
JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59584/jakat.v1i2.79

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi sekolah di SMPN 3 Woja dengan berbagai fasilitas penting terutama sarana dan prasarana dalam penggunaan teknologi informatika disekolah. Pengabdian terjun langsung dalam melakukan pendataan yakni observasi awal mengenai keadaan sekolah dan dikumpulkan dalam bentuk rangkuman yang signifikan. Dalam hasil pengabdian yang dilakukan diperoleh hasil bahwasannya sekolah tersebut sangatlah minim dalam memanfaatkan penggunaan teknologi informasi yang tersedia. Hal ini disebabkan kurangnya media pembelajaran yang memadai untuk membantu proses pembelajaran berlangsung. Maka dari itu, pentingnya sistem teknologi informasi ini diterapkan untuk membantu terhadap proses pembelajaran disekolah.
Implementasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Terhadap Proses Akademik Siswa Sekolah Dasar Negeri 29 Dompu. Syafrullah, Muhammad; Isbulah, Isbulah; Rabbani, Muhammad; Mahdin, Mahdin; Setiawan, Agung Desta
JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59584/jakat.v1i2.80

Abstract

sekolah dasar merupakan jenjang yang akan di mulai dari umur 7-12 tahun, yang dimana pada jenjang sekolah dasar sangat jarang kita temukan adanya pembelajaran yang mencakup tentang teknologi digital, pemanfaatan teknologi digital yang strategis dan tepat guna dalam pendidikan berperan penting dalam upaya membangun kembali pendidikan sekaligus mendorong pembelajaran yang berkualitas bagi anak bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi dan peran teknologi digtal dalam pembelajaran skolah dasar. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa teknologi digital sangat berperan penting dan harus menjadi isu prioritas dalam penetapan kebijakan pendidikan di indonesia, dalam upaya meujudkan masyarakat masa depan indonesia. Pembelajaran melalui teknologi digital telah mengubah paradigma pembelajaran tradisional dengan memberikan peluang baru bagi siswa untuk mengembangka keterampilan dan pengetahuan. Melalui metode pembelajaran yang interaktif, media yang beragam,dan fleksibilitas pembelajaran jarak jauh, teknologi digital memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Siswa dapat mengakses sumber daya digital yang kaya akan informasi, mulai dari e-book hingga video pembelajaran, yang membantu meningkatkan daya serap dan pemahaman mater. Selain itu kolaborasi dan interaksi antara siswa juga di tingkatkan melalui platform pembelajaran online, memungkinkan untuk mereka berbagi ide, mendukung satu sama lain, dan belajar Bersama dalam lingkungan virtual. Teknologi digital juga mebantu siswa untuk mengembangkan keterampilan yang relavan dengan era digital, seperti literasi digital, kritis berpikir, dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan teknologi. Dalam era ini, penting, penting bagi pendidik dan Lembaga pendidikan untuk terus mengintegrasikan teknologi digital dengan strategi pembelajaran yang tepat, sehingga siswa dapat memanfaatkan potensi teknologi ini untuk meningkatkan pembelajaran mereka.
Kurang Efektifnya Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Pada SMPN 3 Dompu Akibat Fasilitas Yang Kurang Memadai Rasul, Abdul; Zanah, Aisyah Raudlatul; Setiawan, Adit
JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59584/jakat.v1i2.81

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung pengaruh kurangnya fasilitas komputer pada SMPN 3 Dompu yang dapat mengganggu ke-efensian dalam proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara kepada guru dan siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran TIK. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan fasilitas komputer secara signifikan meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memperbaiki pemahaman siswa terhadap materi dan meningkatkan keterlibatan dalam aktivitas pembelajaran interaktif. Selain itu, penggunaan komputer juga membantu meningkatkan efisiensi waktu pembelajaran dan memfasilitasi akses ke sumber daya pendukung pembelajaran TIK. Kesimpulannya, integrasi yang baik dari fasilitas komputer dalam pembelajaran TIK dapat memberikan kontribusi positif terhadap hasil pembelajaran siswa di SMPN 3 Dompu.
Teknologi Informasi di Lingkungan SDN 31 Dompu Putra, M. Faisal Perdana; Nurfadilah, Nurfadilah; Fadillah, Muhammad; Faisal, Muhammad
JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober 2024
Publisher : JAKAT : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini membatasi pada perolehan informasi yang berkaitan dengan identifikasi pola-pola pemanfaatan teknologi informasi khususnya di SDN No. 31 Dompu. Pola pemanfaatan teknologi informasi di sekolah secara umum adalah pola pemanfaatan sebagai alat bantu administrasi , pola pemanfaatan sebagai media pembelajaran, dan pola pemanfaatan sebagai sumber belajar. Beberapa hambatan dalam memanfaatkan teknologi informasi adalah: sebagian guru belum terampil memanfaatkannya, fasilitas belum lengkap untuk menunjang pembelajaran yang berkualitas serta jumlah fasilitas yang belum memadai memenuhi jumlah siswa yang ada. Di samping itu ada media pembelajaran yang tersedia tidak kompatibel dengan fasilitas pendukungnya  

Page 1 of 1 | Total Record : 10