cover
Contact Name
Siti Patonah
Contact Email
sitifatonah@upgris.ac.id
Phone
+6281326274259
Journal Mail Official
cerdasmendidik@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Jl. Sidodadi Timur no.24, Dr. Cipto - Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Cerdas Mendidik
ISSN : -     EISSN : 30310393     DOI : https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.20656
Core Subject : Education,
Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. Secondary Education 4. Higher Education 5. Inclusive Education
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2025)" : 24 Documents clear
IMPLEMENTASI MEDIA FILM EDUKASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR Rahmayati, Sekar; Kiswoyo, Kiswoyo; Patonah, Siti
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 4, No 2 (2025)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v4i2.25196

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas 4 Sekolah Dasar melalui implementasi media film edukasi “Ayah Aku Ingin Sekolah”. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menunjukkan bahwa film edukasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Pancasila, membangkitkan empati siswa, serta mendorong siswa untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi dan refleksi, dengan perubahan sikap seperti toleransi dan gotong royong yang lebih nyata. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran Pancasila yang lebih inovatif dan efektif. Rekomendasi penelitian ini meliputi peningkatan penggunaan film edukasi dan penyediaan fasilitas yang memadai untuk mendukung pembelajaran di Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Pancasila dan pengembangan pendidikan karakter di Indonesia.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI SEKOLAH DASAR Maulafi, Ghifani Khikam; Patonah, Siti; Priyanto, Wawan
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 4, No 2 (2025)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v4i2.24173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas VI Sekolah Dasar dengan materi Sistem Tata Surya. Media ini dikembangkan sebagai solusi atas rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran konvensional. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan tahapan yang sistematis untuk menghasilkan produk media yang layak digunakan.Media yang dikembangkan memuat konten pembelajaran seperti susunan planet, karakteristik planet, dan benda langit lainnya, disertai animasi, gambar interaktif, dan kuis evaluasi yang menarik. Hasil uji validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa produk dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji coba terbatas pada siswa kelas VI menunjukkan respon positif terhadap media, dengan peningkatan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi.Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Android ini dapat menjadi alternatif pendukung proses pembelajaran IPAS di sekolah dasar, terutama dalam menyampaikan materi yang bersifat abstrak seperti Sistem Tata Surya.
PENGARUH PENALARAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SISWA KELAS IV SDN SENDANGGUWO 02 SEMARANG Iir, Marviana; Sulianto, Joko; Wijayanti, Arfilia
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 4, No 2 (2025)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v4i2.25183

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting untuk kemajuan dan perkembangan suatu bangsa karena dengan pendidikan manusia dapat memaksimalkan kemampuan dirinya. Cooperatif learning tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar sekaligus meningkatkan rasa percaya diri siswa dan jiwa sosial sesama teman kelas serta mampu mengembangkan pikiran dalam berpikir dan memecahkan masalah. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Sendangguwo 02 Semarang, dengan perhitungan normalitas menunjukkan data hasil dari nilai rata- rata pada tahap awal sebesar 58,57 dan tahap akhir dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD yaitu sebesar 72,62.
ANALISIS REPRESENTASI KESETARAAN GENDER DALAM FILM SERIES ANAK NUSSA RARRA Nantasari, Aprilia; Basyar, Mohammad Aniq Khoirul; Purnamasari, Veryliana
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 4, No 2 (2025)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v4i2.25241

Abstract

Konteks penelitian ini adalah Film Series Anak Nussa Rarra yang dapat memberikan pendidikan kesetaraan gender pada anak. Tujuan penelitian ini adalah mencari indikator kesetaraan gender dan juga representasi kesetaraan gender dalam Nussa Rarra dikarenakan sedikitnya film animasi yang tidak layak dijadikan tontonan oleh anak karena masih jarang ditemukan nilai kesetaraan gender. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dengan menonton tayang animasi Nussa Rarra dan mencatat hasil observasi sehingga dapat memudahkan peneliti untuk medata, setelah itu data juga dikumpulkan dengan dokumentasi berupa tangkapan layar. Hasil penelitian ini ditemukan 4 indikator kesetaraan gender yaitu akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat. Penelitian ini terdapat 8 nilai kesetaraan gender yang muncul dari 20 episode tayangan Nussa Rarra. Serta didapatkan hasil representasi dari dialog, adegan, aktivitas tokoh, dan penggambaran watak tokoh yang memberikan makna nilai kesetaraan gender sehingga dapat diterima oleh penonton untuk dijadikan bahan pembelajaran.
Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian di Kelas II Sekolah Dasar Valentina, Serly Candra; Damayani, Aries Tika; Patonah, Siti
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 4, No 2 (2025)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v4i2.24017

Abstract

Penelitian ini muncul sebagai respon terhadap kurangnya penggunaan model pembelajaran yang variatif dan kontekstual sehingga berdampak pada rendahnya pencapaian hasil belajar siswa. Fokus utama dalam penelitian diarahkan untuk mengidentifikasi dan mengungkapkan tingkat efektivitas model Project Based Learning dalam pembelajaran pada materi perkalian di kelas II sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest – posttest. Subjekterdiri dari 22 siswa kelas IIA SD Negeri Gayamsari 01 Kota Semarang tahun ajaran 2024/2025. Data penelitian ini dianalisis dengan bantuan IBM SPSS 30. Hasil uji normalitas diperoleh signifikansi pretest 0.05 dan signifikansi posttest 0.05 sehingga data berdistribusi normal. Berdasarkan analisis uji paired sample t-test dengan tingkat signifikansi yaitu 5% diperoleh hasil thitung sebesar 8.333 sedangkan ttabel sebesar 2.086, maka thitung ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, uji N-Gain menunjukkan nilai 64% yang dikategorikan dalam tingkat efektivitas sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian di kelas II sekolah dasar.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR Ardiyanti, Eka Riski; Patonah, Siti; Damayani, Aries Tika
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 4, No 2 (2025)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v4i2.24381

Abstract

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD N 1 Wonodadi masih tergolong rendah. Rendahnya capaian hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang optimalnya pemanfaatan model pembelajaran dan media yang mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penerapan model pembelajaran Project Based Learning yang didukung oleh media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar IPAS. Model pembelajaran Project Based Learning memiliki enam langkah utama yang meliputi: menentukan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memantau perkembangan proyek, menguji hasil, dan melakukan evaluasi terhadap pengalaman belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one-group pretest-posttest dan melibatkan 17 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 40 mengalami peningkatan signifikan menjadi 82,2 pada posttest. Nilai N-gain yang diperoleh adalah sebesar 0,7098 dan termasuk dalam kategori tinggi. Uji normalitas juga menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berbantu media audio visual terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD N 1 Wonodadi.
KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU WORDWALL TERHADAP SIKAP ILMIAH MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI TLOGOSARI WETAN 01 Febyana, Dhiyannisha Rachma; Wijayanti, Arfilia; Sulianto, Joko
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 4, No 2 (2025)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v4i2.25186

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning (PBL) berbantu Wordwall terhadap sikap ilmiah siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri Tlogosari Wetan 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu menggunakan desain Single Group Interrupted Time-Series. Instrumen yang digunakan berupa angket, observasi, dan wawancara. Hasil uji t menunjukkan nilai t = -40.048 dengan sig. (2-tailed) = 0.000, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sikap ilmiah sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantu Wordwall efektif terhadap sikap ilmiah siswa.
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SD NEGERI REJOSARI 02 KOTA SEMARANG Setyani, Lawnisa Adita Purnama; Wardana, Muhammad Yusuf Setia; Untari, Mei Fita Asri
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 4, No 2 (2025)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v4i2.25214

Abstract

Kurangnya interaksi dan pemahaman siswa dalam menyerap informasi menjadi tantangan bagi mereka saat mempelajari Bahasa Jawa. Pentingnya kemampuan literasi (berbahasa) yang sangat berhubungan dengan proses belajar, alasan ini membuat keterampilan ini harus diasah dan dilatih mulai dari tingkat sekolah dasar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi siswa kelas III dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SD Negeri Rejosari 02 Kota Semarang serta mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan 66-96% siswa dapat mengikuti serangkaian pembelajaran dengan baik serta menguasai aspek keterampilan literasi. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan pemahaman literasi Bahasa Jawa seperti dalam beberapa indikator menggunakan media flashcard yang menarik dan metode “meringitian” yang mengajak siswa untuk aktif berpartisispasi dalam belajar Bahasa Jawa. Pemberian tugas untuk pemahaman lebih lanjut tentang materi yang diberikan, serta pembiasaan komunikasi dalam Bahasa Jawa selama pembelajaran.
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Disiplin Peserta Didik Kelas IV SD N 2 Mojoagung Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal Damayanti, Krisma; Setianingsih, Eka Sari; Kiswoyo, Kiswoyo
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 4, No 2 (2025)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v4i2.24386

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tersebut, dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap sikap disiplin siswa kelas IV SD Negeri 2 Mojoagung, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi orang tua, guru, dan sekolah dalam membentuk karakter disiplin anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2024 di SD Negeri 2 Mojoagung. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV beserta orang tua mereka. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 8 siswa dan 8 orang tua. Metode pengumpulan data meliputi observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen angket telah diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan. Teknik analisis data yang digunakan mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan analisis korelasi menggunakan SPSS. Langkah-langkah penelitian disusun secara sistematis mulai dari identifikasi masalah, penyusunan instrumen, pengumpulan data, hingga analisis dan interpretasi hasil. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mempertegas bahwa peran keluarga sangat penting dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada anak. Sekolah memang menjadi institusi formal pendidikan, tetapi pengaruh terbesar terhadap perilaku anak berasal dari lingkungan keluarganya. Oleh karena itu, orang tua harus menyadari bahwa pola interaksi dan kebiasaan yang dibentuk di rumah akan tercermin dalam perilaku anak di luar rumah, termasuk di sekolah. Penelitian ini juga membuka peluang untuk penelitian selanjutnya mengenai aspek karakter lainnya yang dipengaruhi oleh pola asuh orang tua.
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA TOKOH- TOKOH DALAM SERI VIDEO ANIMASI “RIRI CERITA ANAK INTERAKTIF” Ula, Silvia Wahyu Illahil; Cahyadi, Fajar; Budiman, Muhammad Arief
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 4, No 2 (2025)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v4i2.25190

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Pengembangan Karakter Mandiri yang tergambar pada tokoh- tokoh dalam seri video animasi “Riri Cerita Anak Interaktif” Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan Karakter Mandiri yang tergambar pada tokoh- tokoh dalam seri video animasi “Riri Cerita Anak Interaktif”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan di seri video animasi Riri Cerita Anak Interaktif dengan teknik pengumpulan data berupa triangulasi teknik dengan metode yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karakter mandiri yang tergambar pada tokoh-tokoh dalam seri video animasi Riri cerita anak interaktif menghasilkan beberapa indikator karakter mandiri ciri-ciri karakter mandiri dalam belajar. Seperti memiliki hasrat atau inisiatif, percaya diri, kreatif, disiplin, merencanakan sesuatu sendiri berani mengambil keputusan dan berani menghadapi masalah serta memenuhi hak dan kewajibannya secara mandiri. Adapun adanya tokoh-tokoh dan cerita yang sesuai realita serta animasi yang menarik, singkat jelas dapat menggambarkan atau menjadi rangsangan bagi anak-anak agar dapat diambil contoh dan ditiru perilaku positif tentang penerapan sikap mandiri dalam kegiatan belajar dan sehari-hari.

Page 1 of 3 | Total Record : 24