cover
Contact Name
Zul Anwar
Contact Email
arbainpublishing@gmail.com
Phone
+628983648143
Journal Mail Official
arbainpublishing@gmail.com
Editorial Address
Gunung Arba, Kec. Janapria, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 83554
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Knowledge and Collaboration
Published by Arbain Publishing
ISSN : 30475147     EISSN : 30475147     DOI : 10.59613
Core Subject : Science, Education,
Journal of Knowledge and Collaboration is open access and peer-reviewed journal with e-ISSN XXX-XXX, JKC is an international journal devoted to the study of science and technology in a social context. It focuses on the way in which advances in science and technology influence society and vice versa. It is a peer-reviewed journal that takes an interdisciplinary perspective, encouraging analyses whose approaches are drawn from a variety of disciplines such as History, Law, Sociology, Economics, Political Science and International Relations, Technology, Management, Environmental Studies, Health Science etc.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 8 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration" : 5 Documents clear
Persepsi Penggunaan Media Pembelajaran YouTube dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi di SMKN 14 Jakarta Manurung, Amelia Shevi; Sumiati, Ati; Zulaihati, Sri
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 2 No. 8 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/8dek7q50

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh persepsi penggunaan media pembelajaran YouTube dan disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XII Akuntansi di SMKN 14 Jakarta. Metode survei kuantitatif digunakan dengan sampel 86 siswa yang dipilih melalui teknik probability sampling dan Simple Random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berskala Likert tertutup dan dianalisis dengan statistik deskriptif serta regresi linier berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi penggunaan YouTube dan disiplin belajar, baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,807, yang berarti 80,7% variasi motivasi belajar dijelaskan oleh kedua variabel. Model regresi (Y = 4,442 + 0,175X₁ + 0,801X₂) valid dengan memenuhi asumsi normalitas dan linearitas. Temuan ini menegaskan pentingnya pemanfaatan media digital dan penguatan disiplin untuk meningkatkan motivasi belajar di pendidikan vokasi.
Pengaruh Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Terhadap Kesadaran Situasional Pelajar Patdilah, Patdilah; Usmita, Fakhri
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 2 No. 8 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/8m9wah60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkotika terhadap kesadaran situasional pelajar di SMAN 2 dan SMAN 1 Minas, Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (Cronbach’s Alpha sebelum penyuluhan 0,694. 0,670 dan sesudah penyuluhan 0,746. 0,713). Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum penyuluhan, hubungan antara penyuluhan dan kesadaran situasional berada pada kategori cukup di SMAN 2 Minas (r = -0,676; p = 0,000) dan lemah SMAN 1 Minas (r = -0,053; p = 0,772). Namun setelah penyuluhan dilakukan, hubungan tersebut meningkat signifikan menjadi kuat dan positif, yaitu di SMAN 2 Minas (r = 0,752; p = 0,000) dan di SMAN 1 Minas (r = 0,665; p = 0,000). Temuan ini membuktikan bahwa penyuluhan efektif meningkatkan kesadaran situasional pelajar sesuai dengan teori kesadaran situasional yang dikemukakan oleh Endesley (1995), yang meliputi tahap persepsi, pemahaman, dan proyeksi. Melalui penyuluhan, pelajar tidak hanya mampu mengenali bahaya narkotika, tetapi juga memahami dampak jangka panjangnya dan memproyeksikan resiko yang mungkin terjadi.
Telaah Filsafat Pendidikan, Filsafat Pendidikan Islam, dan Filsafat Pendidikan Muhammadiyah Fitriyanti, Ade
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 2 No. 8 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/58vg3211

Abstract

Filsafat pendidikan merupakan kerangka konseptual yang menentukan arah dan landasan sistem pendidikan, baik dalam aspek tujuan, isi, metode, maupun orientasi nilai. Kajian filsafat pendidikan penting dilakukan untuk memahami perbedaan mendasar antara berbagai pendekatan pendidikan yang berkembang, seperti filsafat pendidikan umum, filsafat pendidikan Islam, dan filsafat pendidikan Muhammadiyah. Filsafat pendidikan umum banyak dipengaruhi oleh rasionalisme, humanisme, dan pragmatism. Filsafat pendidikan Islam bertumpu pada nilai-nilai tauhid, integrasi wahyu dan akal, serta pembentukan insan kamil. Filsafat pendidikan Muhammadiyah, sebagai representasi pendidikan Islam modern di Indonesia, memadukan nilai-nilai keislaman dengan semangat kemajuan, tajdid, dan pemberdayaan masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk menelaah secara komparatif ketiga pendekatan tersebut dengan menganalisis dimensi ontologis, epistemologis, dan aksiologis masing-masing. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat titik temu dan perbedaan mendasar antara ketiganya, di mana filsafat pendidikan Muhammadiyah berperan sebagai model pendidikan yang mencoba menjembatani antara nilai-nilai transendental Islam dan kebutuhan pragmatis pendidikan modern. Kajian ini diharapkan dapat memberikan wawasan konseptual bagi pengembangan pendidikan yang berorientasi pada nilai dan relevansi zaman.
Stimulasi Pengembangan Konsep Diri pada Anak Usia Dini Wardhani, Rr. Dina Kusuma
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 2 No. 8 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/sqpk8959

Abstract

Anak usia dini merupakan masa peka bagi anak. Anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi anak. Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Konsep diri merupakan penentu sikap seorang anak dalam bertingkah laku. Pada anak usia dini, konsep diri merupakan persepsi yang dimunculkan  melalui pengalaman pribadi yang dialami seorang anak dan salah satu langkah pertama ketika seorang anak mempelajari konsep dirinya adalah kesadaran anak terhadap dirinya sendiri.  Tujuan penelurusan ini sebagai  upaya untuk memberikan pemahaman mengenai konsep diri anak  yang tentunya akan mengalami perubahan menuju sekolah dasar. Metode yang digunakan berupa teknik pengumpulan data melalui penelusuran literatur serta kajian jurnal. Hasil kajian berupa adanya masa keemasan anak di mana pada masa ini perkembangan dan pertumbuhan anak sangat cepat, dan pada masa ini dianggap sebagai masa yang sangat tepat untuk menggali segala potensi yang dimiliki dalam diri anak seperti berbagai aspek perkembangan anak. Dengan mengetahui konsep diri anak  maka guru atau pendidik dapat merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan karakteristik siswa tersebut. Pembelajaran yang menyenangkan  memungkinkan siswa untuk memahami sesuatu dari segala sisi. Pada akhirnya, hal ini akan membuat siswa lebih percaya diri dalam menghadapi kegiatan menarik lainnya.
Mengurangi Overconsumption Konten Brainrot Media Sosial Melalui Pendidikan Tazkiyatun Nafs Guna Membentuk Karakter Religius dan Intelektual pada Siswa Madrasah Masruroh, Jarrohhatul
Journal of Knowledge and Collaboration Vol. 2 No. 8 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration
Publisher : Arbain Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59613/12n8k507

Abstract

Penelitian ini menguji intervensi pendidikan tazkiyatun nafs untuk mengurangi overconsumption terhadap konten brainrot media sosial di kalangan remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental design sederhana dengan pendekatan kuantitatif. Dari penelitian yang dilakukan terbukti bahwa pendidikan tazkiyatun nafs mampu mengubah perilaku digital, meningkatkan spiritual dan intelektual serta membentuk self control pada siswa. Penelitian ini berkontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya keagamaan dan psikologi, yang menyentuh aspek spiritual, mental, dan perilaku sekaligus.

Page 1 of 1 | Total Record : 5