cover
Contact Name
M. AZKA KESUMA WARDANA
Contact Email
m.azkakesuma.w@gmail.com
Phone
+6287762154904
Journal Mail Official
jebr@instidla.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Negeri Sakti No.16, Negeri Sakti, Kec. Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35366
Location
Kab. pesawaran,
Lampung
INDONESIA
Journal of Economic and Bussiness Retail
ISSN : 28073185     EISSN : 28072987     DOI : -
Core Subject : Economy,
The Journal of Retail Economics and Business aims to share knowledge and current issues related to Retail Economics and Business research. Our specific coverage is Retail Business In the field of business, we accept articles with the following scope: Financial Management and Financial Accounting Operational Management. HR and Knowledge Management. Marketing Management. Strategy Management Entrepreneurship Management Information System Economics In Economics, we accept articles with the following scope: Macroeconomics Microeconomics Translated with DeepL.com (free version)
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)" : 8 Documents clear
STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI KEDAI KOPI DOESOEN COFFEE AND SPACE BANDAR LAMPUNG Prikurnia, Anas Khair; Adriani, Weni Yunisa; Kurniawan, Rudi
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 1 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i1.171

Abstract

ABSTRACTThis research aims to determine strategies for increasing customer satisfaction through service quality at Bandar Lampung coffee shops with studies conducted at Doesoen Coffee Bandar Lampung coffee shops. This type of research uses explanatory research. The population in this research is consumers of the Doesoen Coffee and Space coffee shop. The sampling technique in this research was purposive sampling with a sample of 100 people who visited the coffee shop. Data was obtained from a questionnaire using Likert scale measurements. Based on research data analysis and data analysis, service quality with the dimensions of reliability, responsiveness, assurance and empathy has a significant positive effect on customer satisfaction. This shows that the influence of service quality with the dimensions of reliability, responsiveness, assurance and empathy can increase customer satisfaction at the Doesoen Coffee and Space coffee shop. Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Doesoen Coffee and Space ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan melalui kualitas pelayanan di kedai kopi Bandar Lampung dengan studi yang dilakukan di kedai kopi Doesoen Coffee Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan Eksplanatory Research. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kedai kopi Doesoen Coffee and Space. Teknik  pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan sampel 100 orang yang mengunjungi kedai kopi tersebut. Data diperoleh dari kuesioner menggunakan pengukuran skala likert. Berdasarkan analisis data penelitian dan analisis data, kualitas pelayanan dengan dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dengan dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di kedai kopi Doesoen Coffee and Space.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Doesoen Coffee and Space
IMPLEMENTASI MYOB VERSI 18 PADA USAHA BIDANG JASA PENDIDIKAN Rahmawati, Yannisa; Sormin, Rahma Diani
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 1 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i1.169

Abstract

Sebagai langkah terakhir dalam proses akuntansi, Laporan Keuangan menyajikan informasi terkait posisi keuangan dan perubahan dalam keuangan suatu entitas usaha. Data ini memberikan manfaat bagi pemakai laporan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Dalam rangka penyusunan laporan keuangan, unit usaha sebaiknya mengadopsi pendekatan komputerisasi. Pemanfaatan sistem komputerisasi memungkinkan pelaksanaan kegiatan akuntansi menjadi lebih akurat, efisien, dan menghasilkan penghematan waktu dan tenaga. MYOB (Mind Your Own Business) adalah salah satu program yang dapat secara otomatis menyusun laporan keuangan, mendukung efisiensi dalam proses tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan dengan menggunakan aplikasi seperti MYOB dalam penyusunan laporan keuangan, terlihat bahwa proses ini menjadi lebih efisien dan cepat. Aplikasi ini memberikan beberapa keunggulan, seperti kemudahan penggunaan, fleksibilitas, dan kemampuan untuk menghasilkan data dengan cepat tanpa persyaratan yang rumit.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TRANSPORTASI ONLINE INDRIVER TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BANDAR LAMPUNG ichsan, amirul; Baiduri, Aprilia; Kamila, Anisa; Sanjaya, Vicky f
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 1 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i1.161

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas Pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada transportasi online indriver bandar lampung. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan dan Fasilitas sebagai variabel independen, serta Kepuasan Konsumen sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 59 responden. Dengan pengambilan sampel menggunakan metode teknik purposive sampling. Adapun metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan, namun pada dan variabel fasilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan sehingga dalam hal ini pihak InDriver dapat terus memberikan serta meningkatkan kenyamanan bagi para pelanggan    jasa transportasi online di Bandar Lampung.Kata Kunci :    Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Indriver, Kepuasan Konsumen
Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada ritel modern Chandra superstore Kurniawan, Rudi; Prikurnia, Anas Khair; Adriani, Weni Yunisa
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 1 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i1.176

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh pelayanan terhadap keputusan pembelian di Chandra Superstore Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif kausal dengan penjelasan deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan jumlah sampel 100 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi sebesar 0,723 dan koefisien determinasi sebesar 52,3%. Artinya kualitas pelayanan dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 52,3%, sedangkan sisanya sebesar 47,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini misalnya lokasi, harga, promosi, citra dll. Kata   Kunci:   Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian  
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN MAMI, LAMPUNG) mustofa, ahmad; chosiatul azizah, ana; triono, agus; Sanjaya, Vicky f
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 1 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i1.162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayaan, yaitu: Bukti fisik (tangibles); Reliabilitas (reliability); Daya tanggap (responsiveness); Jaminan (assurance); Empati (emphaty), serta pengaruh kualitas produk yaitu: 1) Performance (kinerja) berhubungan dengan karakteristik operasi dasar dari sebuah produk. 2) Durability (daya tahan) terhadap kepuasan pelanggan rumah makan mami Lampung dengan sampel sebanyak 93 orang pelanggan. Sampel dilakukan dengan pengambilan data melalui kuisioner. Analisis data menggunakan analisis PLS yang menunjukkan hasil bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK ECO PRINT DENGAN DIGITAL BRANDING (STUDI PADA YASMIN WIWID LEBEL UMKM FASHION DI KABUPATEN PESAWARAN) Budiono, Danu; Agustin, Maulina
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 1 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i1.178

Abstract

Meski tidak semua orang setuju dengan pendapat tersebut, kini saatnya melihat sisi positif dari pandemi yang telah terjadi. Pandemi yang masih kita alami, tidak hanya di Indonesia namun juga di berbagai negara di dunia, memberikan dampak secara tidak langsung kepada, tidak hanya melalui pasar, namun juga perubahan yang ada pada konsep bisnis saat ini. kesempatan untuk “beradaptasi”. Ini adalah pesaing, namun mereka juga dapat berubah. Semua orang, bahkan di kalangan organisasi korporasi besar, pasti menyadari hal ini dan demi menjaga sisi ‘ekonomi’ masyarakat, diperlukan strategi pemasaran yang baik, terutama berbagai alternatif selain UMKM. Hal ini merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia telah memberikan dampak yang signifikan pada berbagai sektor, termasuk bisnis. Meskipun pandemi ini tidak diinginkan, namun kita dapat melihat sisi positifnya yaitu memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Pandemi ini telah memaksa pelaku usaha untuk berinovasi dan menemukan cara baru dalam menjalankan bisnis mereka. Hal ini juga berlaku bagi organisasi korporasi besar yang harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Dalam rangka menjaga sisi ekonomi masyarakat, diperlukan strategi pemasaran yang baik, termasuk alternatif selain UMKM. Hal ini merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk membahas penelitian mengenai strategi digital branding yang paling umum diterapkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik dasar yang mendasari para pelaku UMKM dan menguraikan alasan mereka mempertahankan usahanya sebelum dan sesudah pandemi. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling, dan dalam penyebaran kuesionernya, penelitian ini juga menggunakan teknik stepwise clustering dengan harapan memperoleh jawaban berbeda dari lima poin yang telah ditentukan. Sebanyak 169 responden disurvei dalam penelitian ini. Pada tahap pre-testing sebelum penyebaran kuesioner, diperoleh hasil bahwa setidaknya terdapat sembilan atribut yang menjadi dasar preferensi utama dalam menerapkan strategi merek digital. Berdasarkan hasil uji analisis faktor , ditemukan setidaknya ada 2 faktor yang terbentuk, dan dari faktor  tersebut terdapat consensus bahwa strategi optimasi mesin pencari paling cocok untuk di terapkan. ABSTRAKMeski tidak semua orang setuju dengan pendapat tersebut, kini saatnya melihat sisi positif dari pandemi yang telah terjadi. Pandemi yang masih kita alami, tidak hanya di Indonesia namun juga di berbagai negara di dunia, memberikan dampak secara tidak langsung kepada, tidak hanya melalui pasar, namun juga perubahan yang ada pada konsep bisnis saat ini. kesempatan untuk “beradaptasi”. Ini adalah pesaing, namun mereka juga dapat berubah. Semua orang, bahkan di kalangan organisasi korporasi besar, pasti menyadari hal ini dan demi menjaga sisi ‘ekonomi’ masyarakat, diperlukan strategi pemasaran yang baik, terutama berbagai alternatif selain UMKM. Hal ini merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia telah memberikan dampak yang signifikan pada berbagai sektor, termasuk bisnis. Meskipun pandemi ini tidak diinginkan, namun kita dapat melihat sisi positifnya yaitu memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Pandemi ini telah memaksa pelaku usaha untuk berinovasi dan menemukan cara baru dalam menjalankan bisnis mereka. Hal ini juga berlaku bagi organisasi korporasi besar yang harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Dalam rangka menjaga sisi ekonomi masyarakat, diperlukan strategi pemasaran yang baik, termasuk alternatif selain UMKM. Hal ini merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk membahas penelitian mengenai strategi digital branding yang paling umum diterapkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik dasar yang mendasari para pelaku UMKM dan menguraikan alasan mereka mempertahankan usahanya sebelum dan sesudah pandemi. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling, dan dalam penyebaran kuesionernya, penelitian ini juga menggunakan teknik stepwise clustering dengan harapan memperoleh jawaban berbeda dari lima poin yang telah ditentukan. Sebanyak 169 responden disurvei dalam penelitian ini. Pada tahap pre-testing sebelum penyebaran kuesioner, diperoleh hasil bahwa setidaknya terdapat sembilan atribut yang menjadi dasar preferensi utama dalam menerapkan strategi merek digital. Berdasarkan hasil uji analisis faktor , ditemukan setidaknya ada 2 faktor yang terbentuk, dan dari faktor  tersebut terdapat consensus bahwa strategi optimasi mesin pencari paling cocok untuk di terapkan.Kata kunci : Digital Branding, penjualan, EcoprintABSTRAKMeski tidak semua orang setuju dengan pendapat tersebut, kini saatnya melihat sisi positif dari pandemi yang telah terjadi. Pandemi yang masih kita alami, tidak hanya di Indonesia namun juga di berbagai negara di dunia, memberikan dampak secara tidak langsung kepada, tidak hanya melalui pasar, namun juga perubahan yang ada pada konsep bisnis saat ini. kesempatan untuk “beradaptasi”. Ini adalah pesaing, namun mereka juga dapat berubah. Semua orang, bahkan di kalangan organisasi korporasi besar, pasti menyadari hal ini dan demi menjaga sisi ‘ekonomi’ masyarakat, diperlukan strategi pemasaran yang baik, terutama berbagai alternatif selain UMKM. Hal ini merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia telah memberikan dampak yang signifikan pada berbagai sektor, termasuk bisnis. Meskipun pandemi ini tidak diinginkan, namun kita dapat melihat sisi positifnya yaitu memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Pandemi ini telah memaksa pelaku usaha untuk berinovasi dan menemukan cara baru dalam menjalankan bisnis mereka. Hal ini juga berlaku bagi organisasi korporasi besar yang harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Dalam rangka menjaga sisi ekonomi masyarakat, diperlukan strategi pemasaran yang baik, termasuk alternatif selain UMKM. Hal ini merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk membahas penelitian mengenai strategi digital branding yang paling umum diterapkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik dasar yang mendasari para pelaku UMKM dan menguraikan alasan mereka mempertahankan usahanya sebelum dan sesudah pandemi. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling, dan dalam penyebaran kuesionernya, penelitian ini juga menggunakan teknik stepwise clustering dengan harapan memperoleh jawaban berbeda dari lima poin yang telah ditentukan. Sebanyak 169 responden disurvei dalam penelitian ini. Pada tahap pre-testing sebelum penyebaran kuesioner, diperoleh hasil bahwa setidaknya terdapat sembilan atribut yang menjadi dasar preferensi utama dalam menerapkan strategi merek digital. Berdasarkan hasil uji analisis faktor , ditemukan setidaknya ada 2 faktor yang terbentuk, dan dari faktor  tersebut terdapat consensus bahwa strategi optimasi mesin pencari paling cocok untuk di terapkan.Kata kunci : Digital Branding, penjualan, EcoprintABSTRAKMeski tidak semua orang setuju dengan pendapat tersebut, kini saatnya melihat sisi positif dari pandemi yang telah terjadi. Pandemi yang masih kita alami, tidak hanya di Indonesia namun juga di berbagai negara di dunia, memberikan dampak secara tidak langsung kepada, tidak hanya melalui pasar, namun juga perubahan yang ada pada konsep bisnis saat ini. kesempatan untuk “beradaptasi”. Ini adalah pesaing, namun mereka juga dapat berubah. Semua orang, bahkan di kalangan organisasi korporasi besar, pasti menyadari hal ini dan demi menjaga sisi ‘ekonomi’ masyarakat, diperlukan strategi pemasaran yang baik, terutama berbagai alternatif selain UMKM. Hal ini merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia telah memberikan dampak yang signifikan pada berbagai sektor, termasuk bisnis. Meskipun pandemi ini tidak diinginkan, namun kita dapat melihat sisi positifnya yaitu memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Pandemi ini telah memaksa pelaku usaha untuk berinovasi dan menemukan cara baru dalam menjalankan bisnis mereka. Hal ini juga berlaku bagi organisasi korporasi besar yang harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Dalam rangka menjaga sisi ekonomi masyarakat, diperlukan strategi pemasaran yang baik, termasuk alternatif selain UMKM. Hal ini merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk membahas penelitian mengenai strategi digital branding yang paling umum diterapkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik dasar yang mendasari para pelaku UMKM dan menguraikan alasan mereka mempertahankan usahanya sebelum dan sesudah pandemi. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling, dan dalam penyebaran kuesionernya, penelitian ini juga menggunakan teknik stepwise clustering dengan harapan memperoleh jawaban berbeda dari lima poin yang telah ditentukan. Sebanyak 169 responden disurvei dalam penelitian ini. Pada tahap pre-testing sebelum penyebaran kuesioner, diperoleh hasil bahwa setidaknya terdapat sembilan atribut yang menjadi dasar preferensi utama dalam menerapkan strategi merek digital. Berdasarkan hasil uji analisis faktor , ditemukan setidaknya ada 2 faktor yang terbentuk, dan dari faktor  tersebut terdapat consensus bahwa strategi optimasi mesin pencari paling cocok untuk di terapkan.Kata kunci : Digital Branding, penjualan, EcoprintABSTRAKMeski tidak semua orang setuju dengan pendapat tersebut, kini saatnya melihat sisi positif dari pandemi yang telah terjadi. Pandemi yang masih kita alami, tidak hanya di Indonesia namun juga di berbagai negara di dunia, memberikan dampak secara tidak langsung kepada, tidak hanya melalui pasar, namun juga perubahan yang ada pada konsep bisnis saat ini. kesempatan untuk “beradaptasi”. Ini adalah pesaing, namun mereka juga dapat berubah. Semua orang, bahkan di kalangan organisasi korporasi besar, pasti menyadari hal ini dan demi menjaga sisi ‘ekonomi’ masyarakat, diperlukan strategi pemasaran yang baik, terutama berbagai alternatif selain UMKM. Hal ini merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia telah memberikan dampak yang signifikan pada berbagai sektor, termasuk bisnis. Meskipun pandemi ini tidak diinginkan, namun kita dapat melihat sisi positifnya yaitu memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Pandemi ini telah memaksa pelaku usaha untuk berinovasi dan menemukan cara baru dalam menjalankan bisnis mereka. Hal ini juga berlaku bagi organisasi korporasi besar yang harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Dalam rangka menjaga sisi ekonomi masyarakat, diperlukan strategi pemasaran yang baik, termasuk alternatif selain UMKM. Hal ini merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk membahas penelitian mengenai strategi digital branding yang paling umum diterapkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik dasar yang mendasari para pelaku UMKM dan menguraikan alasan mereka mempertahankan usahanya sebelum dan sesudah pandemi. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling, dan dalam penyebaran kuesionernya, penelitian ini juga menggunakan teknik stepwise clustering dengan harapan memperoleh jawaban berbeda dari lima poin yang telah ditentukan. Sebanyak 169 responden disurvei dalam penelitian ini. Pada tahap pre-testing sebelum penyebaran kuesioner, diperoleh hasil bahwa setidaknya terdapat sembilan atribut yang menjadi dasar preferensi utama dalam menerapkan strategi merek digital. Berdasarkan hasil uji analisis faktor , ditemukan setidaknya ada 2 faktor yang terbentuk, dan dari faktor  tersebut terdapat consensus bahwa strategi optimasi mesin pencari paling cocok untuk di terapkan.Kata kunci : Digital Branding, penjualan, Ecoprint
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN STUDI PADA MIE AYAM MBOK_DEE DI BANDAR LAMPUNG angga aji saputra, Saputra Aji; aginda danuarta, aginda; alfina amalia, alfina; Sanjaya, Vicky f
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 1 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i1.164

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayaanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada mie ayam mbok dee di bandar lampung.metode penlitian ini adalah deskriptif dan penelitian kompratif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian pada mie ayam mbok dee di bandar lampung dan sampel penelitian ini sebanyak 80 responden, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu metode Accidental Peneliti berharap kepada mie ayam mbok_dee agar lebih memperhatikan kualitas pelayanannya dan juga dapat memperhatikan fasilitasnya maka konsumen mempunyai rasa ingin membeli ulang karena konsumen juga melihat dari segi pelayanan dan juga fasilitas bukan hanya tentang rasa untuk melakukan pembelian ulang
PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN RIL Angkatan 2019-2022 Pengguna Jasa Maxim) Yulina, Radita Tri
Journal of Economic and Business Retail Vol 4, No 1 (2024): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)
Publisher : Institut Teknolog dan Bisnis Diniyyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69769/jebr.v4i1.170

Abstract

Salah satu kunci keberhasilan perusahaan dibutuhkan sumber daya yang proaktif. Pentingnya pengaruh komunikasi Pemsaran pada perusahaan berperan menumbuhkan suatu ikatan yang terjadi pada pelanggan. Kurangnya tingkat Loyalitas Pelanggan, Banyaknya komplain atau keluhan dari pelanggan  membuat pelanggan kurang puas atau bahkan tidak puas dengan aplikasi maxim..Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian kepustakaan (library research) dengan jenis pendekatan penelitian kuantitatif dengan Jumlah Sampel 100 Mahasiswa Febi Angakatan 2019-2020. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumen dan kuesioner, kuesioner disebarkan melalui google form dengan pertanyaan dan pernyataan yang dibuat oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.0.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Komuniksi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel Komunikasi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Perspektif Ekonomi Islam memandang bahwa Loyalitas Pelanggan merupakan suatu produk atau jasa ditentukan oleh kepuasan atau ketidakpuasan akan suatu produk sebagai akhir dari proses penjualan. Konsep loyalitas pelanggan lebih banyak diartikan dengan perilaku daripada sikap. Salah satu sikap positif pelanggan dapat ditunjukan melalui setia kepada produk perusahaan dan merekomendasikan produk tersebut kepada pihak lain. Memuculkan rasa loyalitas dalam melaksanakan tugasnya sesungguhnya dirahmati Allah SWT.

Page 1 of 1 | Total Record : 8