cover
Contact Name
Trisnawati Hutagalung
Contact Email
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Asas: Jurnal Sastra
ISSN : 23015896     EISSN : 2580894X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, September dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra" : 13 Documents clear
Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas X Iqlima Iqlima
Asas: Jurnal Sastra Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v9i1.18345

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Think Pair Share  (TPS) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot. Penelitan tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitin ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Tebas. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TPS dapat meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot, yaitu siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 74,55 dan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata sebesar 78.
Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Menulis Cerita Pendek Bambang Panca Syahputra
Asas: Jurnal Sastra Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v9i1.18328

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan pendekatan Saintifik. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian berlokasi di FKIP UMSU Medan. Subjek penelitian ini terdiri dari 35 mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris semester VII-D tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif- kuantitatif untuk mendapatkan data.  Pada tes siklus pertama skor rata-rata adalah 74,4 dan pada tes siklus kedua skor rata-rata adalah 87,4. Peningkatan juga dapat dilihat dari persentase kemampuan menulis siswa dalam tes kompetensi pada siklus pertama 60% (21 siswa) dari jumlah siswa yang memperoleh skor 75. Pada siklus kedua ada 35 siswa mencapai nilai lebih dari 75 dengan persentase 100% yang berarti semua siswa berhasil melebihi standar skor minimum. Ini berarti bahwa penerapan pendekatan Saintifik dalam meningkatkan prestasi siswa dalam menulis cerita pendek berhasil.
Media Audiovisual dalam Menulis Kembali Teks Cerita Fabel oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta Bandung Oktavia Lestari P; Fitri Asma
Asas: Jurnal Sastra Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v9i1.18335

Abstract

AbstrakPenelitian inibertujuan untuk mengetahui efektivitas media audiovisual dalam menulis kembali teks cerita fabel oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Bandung. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP bandung yang berjumlah 34 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, instrument penelitian yaitu efektivitas media audiovisual dalam menilis teks cerita fabel . Setelah menghitung dan mengolah data dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa mengetahui efektivitas media audiovisual dalam menilis teks cerita fabel oleh siswa viii smp swasta bandung berada pada tingkat cukup. Hal ini diketahui dari nilai rata- rata yang diperoleh siswa yaitu 72,05 termasuk dalam katagori baik.
Tindak Tutur Nirgender dalam Tuturan Bahasa Sasak Agus Darma Putra
Asas: Jurnal Sastra Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v9i1.18418

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) tindak tutur nirgender dalam tuturan bahasa Sasak terkait dengan diksi; (2) tindak tutur nirgender dalam tuturan bahasa Sasak terkait dengan isi tuturan; dan (3) tindak tutur nirgender dalam tuturan bahasa Sasak terkait dengan topik tuturan. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan tindak tutur nirgender dalam tuturan bahasa Sasak terkait dengan (1) diksi: umpatan, hujatan, sangkalan; (2) isi: pelabelan, pembatasan, diskriminasi; dan (3) topik tuturan dalam bidang pendidikan.
Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Lagu Bahaya Komunis Karangan Jason Ranti Ahmad Nur Cahyo; Timbul Apri Ardinata Manullang; Muhammad Isnan
Asas: Jurnal Sastra Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v9i1.18329

Abstract

AbstrakSarkasme diartikan sebagai gaya bahasa yang mengandung unsur ejekan, olok-olok dan sindiran. Gaya bahasa sarkasme ini sering digunakan dalam beberapa hal yaitu : 1) umpatan, celaan, candaan perkataan kasar; 2)Ajakan mempengaruhi pembaca atau pendengar agar berbuat serta mengikuti perkataan yang diucapkan; 3) Pemberitahuan artinya sebagai alat komunikasi yaitu memberikan informasi atau berita kepada orang kedua. Sarkasme ternyat tidak hanya disampaikan dikomunikasi secara formal tetapi jua dapat didalam lirik lagu. Lagu diartikan sebaga rangkaian kata kata yang indah penuh makna. Semi (1993:106) berpendapat  bahwa lirik lagu adalah bagian dari bentuk  puisi. Lagu yang disisipkan dengan gaya bahasa sarkasme membuat perubahan makna  dan kesan lagu. Penelitian ini menitik pada gaya bahasa pengarang untuk mengetahui apa makna sebenarnya dari suatu kalimat yang pengarang buat didalam lagu tersebut serta kualitas estetika pada lagu tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data yang dalam penelitian ini berupa lirik lagu. Penelitian ini berisi pengkajian terhadap lirik lagu  bahaya komunis untuk memberi gambaran mengenai makna sarkasme. Data pada penelitian ini adalah lirik lagu jason ranti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menulis kembali lirik lagu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran yang berisi lirik lagu jason ranti yang akan dianalisis berdasarkan kajian semantik sarkasme. Teknik analisis yang digunakan  berupa analisis isi (content analysis) untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan dalam lagu.  Berdasarkan kajian semantik isi lagu bahaya komunis mengandung variasi makna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lagu bahaya komunis syarat akan sarkasme dan maksud tertentu
Analisis Gaya Bahasa dalam Puisi “Danau Toba” Karya Sitor Situmorang Margaretha O. Panjaitan; Ester Anugrah Telaumbanua; Fitri Ariani
Asas: Jurnal Sastra Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v9i1.18341

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya bahasa dalam puisi Danau Toba Karya Sitor Situmorang. Puisi merupakan karya sastra yang berbentuk bahasa dan menggambarkan perasaan dari penggarangnya dan disampaikan kepada para pembaca dan khusunya bagi pecinta sastra. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini maka metode penelitian yang akan digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif adalah penggambaran atau penyajian data berdasarkan kenyataan-kenyataan secara objektif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik baca tulis. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah diuraikan di atas, puisi “Danau Toba” karya Sitor Situmorang, penulis menemukan tiga gaya bahasa di antaranya, gaya bahasa penegasan, gaya bahasa perbandingan, dan gaya bahasa pertentangan.
Efektivitas Strategi Pembelajaran Aktif Quiz Team terhadap Hasil Belajar Menelaah Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 Shella Shefty Rizqi; Abdurahman Adisaputera
Asas: Jurnal Sastra Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v9i1.18546

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran aktif Quiz Team terhadap hasil belajar menelaah teks biografi siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah kelas X TG2 berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan penelitian deskriptif dengan tipe tes awal-tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre- test siswa yaitu sebesar 47,83 dengan kategori kurang, dan tidak memenuhi KKM yaitu sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 79,67 dengan kategori baik dan telah memenuhi KKM. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung>Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (yaitu 0,127 < 0,161), hasil uji normalitas data post-tes tadalah (-0,022 < 0,161). Hasil uji homogenitas hasil belajar menelaah teks biografi siswa adalah Fhitung< Ftabel yakni 1,38<4,19 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 13,9 > 2,04, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif Quiz Team efektif terhadap hasil belajar menelaah teks biografi siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun ajaran 2018/2019.
Peristiwa Tutur dalam Prosesi Selamatan Laut di Desa Tanjung Luar Lombok Ri’ina Ri’ina; Hary Murcahyanto; Muh. Jaelani Al-Pansori
Asas: Jurnal Sastra Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v9i1.18331

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan menganalisis Peristiwa Tutur dalam Prosesi Selamatan Laut di Desa Tanjung Luar, Kabupaten Keruak, Lombok. Responden dalam penelitian ini adalah orang-orang lokal yang masih percaya pada kekuatan magis prosesi yang diadakan setahun sekali sebagai bentuk penghormatan kepada masyarakat Tanjung Luar karena mereka telah diberkati dengan lautan luas tempat di mana hidup mereka bergantung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh, dianalisis dengan teknik analisis data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada acara pidato dan tindak tutur dalam prosesi selamatan laut, yaitu dari awal pembukaan program hingga akhir proses Tikolok sehingga menciptakan kesan yang sangat mendalam bagi masyarakat Tanjung. Luar menjaga tradisi nenek moyang. Bahasa yang digunakan dalam acara prosesi salah satunya adalah; Lamun kau teqa lamun kau darat! Kaming kalopah, suram anung rajane (Saya tidak suka menerima utusan dan perintah, jika rajamu adalah rajamu yang mengutusmu. Panggil rajamu!). Kalimat Perintah, diikuti oleh tindakan, sehingga dapat digolongkan sebagai tindak tutur.
Bahasa Negara di Ruang Publik: Peluang dan Tantangan Emasta Evayanti Simanjuntak
Asas: Jurnal Sastra Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v9i1.18342

Abstract

AbstrakUndang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2009 mengamanatkan untuk mengembangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, memelihara dan mempertahankan bahasa daerah, serta mengusahakan internasionalisasi bahasa Indonesia. Tugas konstitusi tersebut bukanlah tugas yang mudah mengingat kompleksitas kebahasan yang ada di dalam konteks masyarakat yang global. Tergerusnya posisi bahasa Indonesia di negara sendiri bukanlah tanpa sebab. Sikap bahasa penutur terhadap bahasa Indonesia semakin melemah dan munculnya kebanggaan yang berlebih terhadap penggunaan bahasa asing. Artikel ini memotret realitas kekinian bahasa nasional, bahasa Indonesia, di tengah himpitan bahasa asing di ruang publik. Oleh karena itu, artikel ini menawarkan peluang untuk tetap menjadikan bahasa Indonesia hidup dan bermartabat dalam terpaan dan kencangnya angin globalisasi.
Analisis Gaya Bahasa dalam Cerpen “Tio Na Tonggi” Karya Hasan Al Banna Annissa Annissa; Revensyah Sihombing; Siti Rahmadhani Siregar; Trisnawati Hutagalung
Asas: Jurnal Sastra Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v9i1.18333

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya bahasa dalam cerpen karya Hasan Al Banna yang berjudul “Tio Na Tonggi”. Metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian kepustakaan dengan studi dokumen teks dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca tulis.Berdasarkan hasil analisis data yang ditemukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa terdapat lima gaya bahasa yang ada dalam cerpen yang berjudul “Tio Na Tonggi”. Lima gaya bahasa tersebut adalah gaya bahasa metafora, gaya bahasa depersonifikasi, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa hiperbola dan gaya bahasa simile.

Page 1 of 2 | Total Record : 13