cover
Contact Name
Asmaul Husna
Contact Email
asmaulhusna319@gmail.com
Phone
+6282241985296
Journal Mail Official
asmaulhusna319@gmail.com
Editorial Address
Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Darussalam
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
ISSN : 27467775     EISSN : 27467775     DOI : -
urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) provides informative variety of papers geared toward theory and practice in the following area: Issues and ideas, as well as contemporary research findings in the field of economic education Innovation in the field of pedagogy, curriculum, hardware, teaching materials, and methods & models in economic learning evaluation of Economic teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. Reports on events that influence economic education in all levels of education age (from early childhood to adulthood) and three main lines of education, namely formal, nonformal, and informal.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No 1 (2023): Juni 2023" : 6 Documents clear
DISTRAKSI DIGITAL ATAU PENGAYAAN BELAJAR? PERAN SCREEN TIME TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING PADA SAMPEL MAHASISWA DI INDONESIA Reza Aditia; Thamrin Thamrin; Nur Afrianti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v5i1.26744

Abstract

Di era digital, kemajuan teknologi telah menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam penggunaan perangkat digital, terutama di kalangan mahasiswa. Sementara teknologi menawarkan sumber daya informasi yang melimpah, muncul kekhawatiran tentang dampaknya terhadap berbagai aspek kehidupan siswa, termasuk kesehatan mental, pola pembelajaran, dan pengaturan diri. Self-regulated learning (SRL) memainkan peran penting dalam kesuksesan akademik dan pembelajaran sepanjang hayat. Studi ini menyelidiki perbedaan potensial dalam SRL di antara kelompok siswa berdasarkan rata-rata screen time harian mereka. Menggunakan desain penelitian survei, studi ini menggunakan sampel mahasiswa di Indonesia, dengan analisis varians (ANOVA) untuk menilai perbedaan dalam SRL berdasarkan screen time. Analisis post-hoc menggunakan uji GT2 Hochberg dilakukan untuk mengidentifikasi perbedaan kelompok secara spesifik. Hasilnya, studi mengungkapkan perbedaan yang signifikan dalam tingkat SRL di antara kelompok screen time. Temuan ini menekankan pentingnya manajemen waktu layar yang bijak untuk memfasilitasi keterampilan pengaturan diri yang optimal, dengan waktu layar yang berlebihan melebihi 2 jam berdampak negatif pada SRL.
PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN BELAJAR AMAN DAN NYAMAN SERTA INKLUSIF DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH Lilis Asmanijar; Alfi Syahril Fuadi Jaya; Achmad Mustofa; Nana Suraiya
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v5i1.25849

Abstract

Kendala yang beragam dapat muncul dari aneka macam faktor sehingga akibatnya proses pembelajaran kurang optimal, seperti model pembelajaran guru masih monoton sehingga menyebabkan suasana pembelajaran menjadi kaku dan membosankan. Bila tidak disikapi dengan serius maka lingkungan pembelajaran kurang dirasakan manfaatnya oleh peserta didik, maka dari itu kepala sekolah perlu melakukan supervisi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran jelas tentang bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam mewujudkan lingkungan belajar aman dan nyaman serta inklusif di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Wawancara dilakukan terhadap 3 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP Negeri 2 Banda Aceh dibantu oleh teamwork dalam menyukseskan pelaksanaan supervisi yaitu para guru senior yang telah dibentuk untuk menjadi supervisor pada waktu yang telah ditentukan, dengan melakukan pengarahan, pengawasan, memecahkan masalah guru, serta menciptakan hubungan antar pribadi. SMP Negeri 2 Banda Aceh merupakan sekolah dengan lingkungan aman nyaman dan inklusif ini dibuktikan dengan tertibnya kegiatan pembelajaran, guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, maupun siswa yang saling menghargai sehingga SMP Negeri 2 Banda Aceh dapat dipastikan bahwa kepala sekolah telah berhasil dalam mewujudkan lingkungan belajar aman nyaman dan inklusif.Keywords: Supervisi, Kepala Sekolah, Lingkungan Belajar
PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR KAWASAKI DI PT MEGANUSA SEMESTA SHOWROOM DEALER KAWASAKI CABANG BANDA ACEH Eska Winsee Siahaan; Alfi Syahril Fuadi Jaya; Achmad Mustofa
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v5i1.25854

Abstract

Sepeda motor menjadi pilihan alternatif yang digunakan konsumen untuk beraktivitas karena dianggap lebih efektif dan efisien dalam proses pemenuhan kebutuhan, juga digunakan sebagai alat pemuas keinginan sebagai pelengkap gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh brand image dan promotion terhadap keputusan pembelian sepeda motor Kawasaki. Populasi penelitian adalah konsumen PT. Meganusa Semesta yang telah membeli sepeda motor Kawasaki dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan instrumen menggunakan kuesioner dimana pengisian kuesioner atau angket dalam penelitian ini menggunakan pertanyaan tertutup (closed questions) dan dalam daftar penelitian sudah disediakan alternatif jawaban, penyebaran kuesioner (angket) menggunakan bantuan google form. Pada analisa data menggunakan regresi linear berganda, uji t dan uji f pada taraf signifikansi 0,05 serta uji determinasi setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepda motor Kawasaki, 2) Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Kawasaki, 3) Brand image dan promotion secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Kawasaki di PT. Meganusa Semesta secara positif dan signifikan. Hasil uji determinasi bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh brand image dan promotion sebesar 18,6% dan sisanya sebesar 81,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dan diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci: Brand Image, Promotion, Keputusan Pembelian
KOMPETENSI GURU EKONOMI PADA SMA NEGERI 1 DI KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES Fitri Annisa; Zulfadhli Zulfadhli; A. Razak A. Razak
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v5i1.25859

Abstract

AbstrakKompetensi guru merupakan kemampuan seorang guru untuk melakukan tugas dan kewajibannya dengan layak dan bertanggung jawab. Pada undang- undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat 1 disebutkan bahwa Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Fokus penelitian ini adalah menganalisis bagaimana kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru ekonomi dalam profesionalitas kerjanya di SMA Negeri 1 Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden penelitian yaitu 3 orang guru bidang studi ekonomi di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kompetensi sosial guru ekonomi pada SMA Negeri 1 Kutapanjang, telah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bersosialisasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua/wali peserta didik dan membangun hubungan yang harmonis sesama tenaga pendidik di lingkungan sekolah. Selain itu dari segi kompetensi kepribadian pendidik juga secara aktif mengawasi dan membimbing peserta didik terkait kebijaksanaan dalam menggunakan teknologi sebagai upaya preventif masuknya pengaruh-pengaruh negatif sehingga dapat merusak kepribadian peserta didik.Kata Kunci : Kompetensi Guru, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian
TANGGAPAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDA Zakaria Zakaria; Zulfadhli Zulfadhli; Anggi Rahayu Saragih
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v5i1.25848

Abstract

ABSTRAKAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan orang tua terhadap pembelajaran daring semasa pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 4 Kejuruan Muda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Penelitian ini, menggunakan data primer dan data sekunder, dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui tanggapan orang tua terhadap pembelajaran daring pada SMP Negeri 4 Kejuruan Muda. Informan dalam penelitan ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu sampel yang ditetapkan secara sengaja oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini ialah 10 orang tua siswa SMP Negeri 4 Kejuruan Muda. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu data collection, data reduction, display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan orang tua terhadap pembelajaran daring di SMPN 4 Kejuruan muda merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang berada di Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang yaitu belajar di rumah dinilai kurang efektif. Pandangan orang tua terhadap belajar dari rumah (belajar online) adalah : 1) tidak semua anak memiliki fasilitas belajar berbasis internet dan teknologi dikarenakan kondisi ekonomi keluarga yang berbeda-beda sehingga ada kesulitan bagi orang tua terkait penyediaan fasilitas belajar, 2) orang tua tidak memiliki akademik yang sama sehingga dalam mendampingi anak belajar, orang tua merasa kesulitan, 3) anak-anak tidak disiplin waktu dalam pengerjaan tugas sehingga belajar dari rumah dinilai orang tua tidak efektif, 4) tugas yang diberikan guru tidak begitu jelas, 5) harapan orang tua adalah pandemik segera berakhir, dan anak-anak bisa sekolah seperti biasa.Keywords: Tanggapan Orang Tua, Pembelajaran Daring, Covid-19
PENGARUH E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SWASTA SUKMA BANGSA BIREUEN. Agusti Mahliza; Alfi Syahril Fuadi Jaya; A. Razak A. Razak; Asmaul Husna
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v5i1.25847

Abstract

Pendidikan sangat berpengaruh terhadap masa depan bangsa dan negara. Untuk mewujudkan bangsa yang maju maka yang dapat dilakukan adalah menjadikan perkembangan ilmu dan teknologi sebagai landasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan E-learning. E-learning merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, tidak hanya dalam penyampaian materi pembelajaran tetapi juga perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta didik. Melalui E-learning, peserta didik tidak hanya mendengarkan uraian materi dari pendidik saja tetapi juga aktif mengamati, melakukan, dan mendemonstrasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh E-learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian asosiatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPS SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen sebanyak 54 siswa. Pengumpulan data terkait E-learning dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan nilai hasil belajar diambil dari data sekunder pada rekapitulasi nilai evaluasi tengah semester pelajaran Ekonomi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan E-learning tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas IPS SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen. Berdasarkan hasil yang diperoleh nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,718 0,05) dan juga hasil (0,364) (2,00665) yang artinya E-learning tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen.Keywords: E-learning, Hasil Belajar, IPS, Mata Pelajaran Ekonomi

Page 1 of 1 | Total Record : 6