cover
Contact Name
Puguh yudho Trisnanto
Contact Email
jurnaljppmi@gmail.com
Phone
+6281252011018
Journal Mail Official
jurnaljppmi@gmail.com
Editorial Address
jl simpang piranha atas perum piranha village kav.3 Kota malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat Indonesia
Published by CV.G-Tech Solutions
ISSN : -     EISSN : 3030831     DOI : https://doi.org/10.810028/jppmi.v1i1
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat Indonesia: adalah Jurnal Produk Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh CV. G-Tech Solutions (Pengembangan Sistem Informasi Teknologi). Merupakan jurnal ilmiah dari hasil kegiatan Produk Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dosen. Jurnal ini dikemas secara padat dan berisi, sehingga mudah dipahami oleh pembaca dari kalangan akademis dan umum. Jurnal ini merupakan implementasi hasil penelitian dan kerjasama dengan DUDI. Redaksi Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat Indonesia mengundang para peneliti, akademisi dan para praktisi untuk bersama menuangkan gagasan dan pemikirannya mengenai upaya dalam mengimplementasikan keilmuan di masyarakat. Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI) dalam Proses Pendaftaran di CV.G-Tech Solutions dengan E-ISSN : 3030-8313 Selain itu, JPPMI terdaftar di Crossref dengan DOI : https://doi.org/10.810028/jppmi.v1i1 dipublikasikan 2 kali dalam April, dan Oktober
Articles 26 Documents
PENTINGNYA PENYIMPANAN DOKUMEN REKAM MEDIS KELUARGA DI RT.06 RW.02 KEL.TUNJUNGSEKAR KOTA MALANG : PENTINGNYA PENYIMPANAN DOKUMEN REKAM MEDIS KELUARGA DI RT.06 RW.02 KEL.TUNJUNGSEKAR KOTA MALANG yudho, puguh; Fadila, Rizki
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat indonesia Vol 1 No 1 (2023): JPPMI- Oktober 2023
Publisher : CV.G-Techsolutions

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.810028/jppmi.v1i1.6

Abstract

Penyimpanan formulir dokumen rekam medis keluarga merupakan bentuk implementasi, kesadaran keluarga di masyarakat RT.06 RW.02 Kelurahan Tunjungsekar Kota Malang. Untuk mendukukung program kesehatan pemerintah dengan melakukan kegiatan dokumentasi dokumen rekam medis menggunakan peralatan teknologi dan non teknologi. Sesuai kemampuan masing-masing kelauarga dalam melakukan kegiatan penyimpanan dokumen rekam medis keluarga, serta melakukan analisis kegiatan pengelompokan kegiatan penyimpanan dokumen rekam medis keluarga sesuai dengan riwayat pemeriksaan keluarga, yang menghasilkan 23% kepala keluarga sudah melakukan penyimpanan dokumen rekam medis keluarga. 15% belum melakukan kegiatan penyimpanan dokumen rekam medis keluarga. Kegiatan tersebut didampingi oleh dosen RMIK Poltekkes Kemenkes Malang selama 4 Bulan dengan hasil laporan penyimpanan dokumen rekam medis keluarga di kelompok dawis.
IMPLEMENTASI LAYANAN DATA INFORMASI KESEHATAN TINGKAT PRIMER DI LINGKUNGAN RT.06 RW.02 KEL.TUNJUNGSEKAR KOTA MALANG: IMPLEMENTASI LAYANAN DATA INFORMASI KESEHATAN TINGKAT PRIMER DI LINGKUNGAN RT.06 RW.02 KEL.TUNJUNGSEKAR KOTA MALANG Rachmat, Gunawan
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat indonesia Vol 1 No 1 (2023): JPPMI- Oktober 2023
Publisher : CV.G-Techsolutions

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.810028/jppmi.v1i1.8

Abstract

Teknologi informasi kesehatan, analisis yang dilakukan berkaitan dengan hasil laporan kepala keluarga di masing-masing dawis hasil menunjukan 3% formulir dokumen rekam medis masing-masing keluarga belum memahami berkaitan dengan alur manajemen data informasi kesehatan. Berkaitan dengan beberapa informasi kesehatan yang dilakukan meliputi : hasil rekam medis pemeriksaan yang dilakukan dokter, hasil pemeriksaan laboratorium, hasil formulir dokumentasi rekam medis dan hasil evaluasi permasalahan penyimpanan dokumen rekam medis keluarga.
IMPLEMENTASI SIMRKE DATA PASIEN BAGI KADER-KADER TENAGA KESEHATAN: IMPLEMENTASI SIMRKE DATA PASIEN BAGI KADER-KADER TENAGA KESEHATAN Yudhi Prabowo, Rahmadyo
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat indonesia Vol 1 No 1 (2023): JPPMI- Oktober 2023
Publisher : CV.G-Techsolutions

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.810028/jppmi.v1i1.12

Abstract

Implementasi SIMRKE Bagi Kader-kader tenaga kesehatan dilingkungan kelurahan tunjungsekar kota malang, memberikan pemecahan permasalahan dokumentasi data kesehatan bagi warga yang masing menggunakan pencatatan manual. Yang dilakukan oleh petugas kader kesehatan beberapa hasil yang diperoleh meliputi : 1) Pemanfaatan teknologi aplikasi SIMRKE 20% kader kesehatan dapat memanfaatkan fitur fungsi tersebut sebagai cetak laporan sesuai dengan laporan hasil program kesehatan dari puskesmas mojolanggu. 2) Modul SIMRKE yang diberikan kepada kader kesehatan, 80% dilakukan implementasi mandiri dengan melakukan kegiatan uji coba fitur fungsi aplikasi sesuai dengan fungsi hasil laporan yang dibutuhkan oleh petugas kader kesehatan. 3) RTL pendampingan implementasi SIMRKE dengan fasilitator dan team pengabmas, 90% berjalan sesuai dengan jadwal pendampingan yang dibuat oleh team pengabmas. 10% dilakukan pendampingan berkala dikarenakan beberapa kader kesehatan belum bisa menggunakan Aplikasi SIMRKE.
DIGITALISASI HASIL PRODUK PENGABMAS DI BUMDES TAMANHARJO BERSINAR SINGOSARI MALANG : DIGITALISASI HASIL PRODUK PENGABMAS DI BUMDES TAMANHARJO BERSINAR SINGOSARI MALANG Trisnanto, Puguh
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat indonesia Vol 1 No 1 (2023): JPPMI- Oktober 2023
Publisher : CV.G-Techsolutions

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.810028/jppmi.v1i1.16

Abstract

layanan informasi kesehatan berbasi IOT merupakan bentuk teknologi transformasi dan informasi data kepada masyarakat secara tidak langsung, serta skala kesehatan masyarkat pada umumnya. Data kesehatan masyarakat yang kompleks, berkaitan dengan kesehatan mandiri, lingkungan dan kelompok masyarkat belum disentuh secara maksimal dengan program pengabmas Institusi Pendidikan Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang, digitalisasi produk pengabmas menjadi sangat penting sebagai monitoring dan evaluasi kegiatan pengabmas di lingkungan mitra dan desa yang sudah dipilih menggunakan MOU dan MOK, dengan menggunakan teknologi IOT mita dan masyarakat melalui pelaksanaan kegiatan pengabmas tersebut, bisa memilih dan memberikan ide pengabmas berikutnya secara berkala, sehingga produk digitalisasi pengabmas dosen Poltekkes Kemenkes Malang, dapat digunakan dan dijalankan dengan maksimal oleh mitra dan seluruh masyarakat di RT.12 RW.02 Keurahan Tunjungsekar Kota Malang, sesuai dengan produk pengabmas yang dipilih dan sesuai dengan ide yang diberikan, untuk meningkatkan kesehatan masyarkat pada umumnya.
KOLABORASI PROFESI KESEHATAN DALAM MENGATASI MASALAH STUNTING : KOLABORASI PROFESI KESEHATAN DALAM MENGATASI MASALAH STUNTING zani , achmad
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat indonesia Vol 1 No 1 (2023): JPPMI- Oktober 2023
Publisher : CV.G-Techsolutions

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.810028/jppmi.v1i1.21

Abstract

Hasil pengkajian kader posyandu menunjukkan ada sebanyak 12 balita usia 6 sampai dengan 24 bulan yang berisiko stunting. Pada minggu ketiga dan keempat bulan oktober yaitu pada tanggal 20 sampai dengan 31 oktober 2022, tim pengabdian masyarakat melakukan skrining ulang pada balita yang dilaporkan oleh kader. Sejumlah 6 balita memerlukan pendampingan khusus dalam penyiapan MP-ASI dikarenakan balita tersebut mengalami gizi kurang dan atau pendek atau sangat pendek. Kemudian sebanyak 2 balita memerlukan pendampingan perkembangan. Selanjutnya sejumlah 4 balita direkomendasikan tetap aktif mengikuti kegiatan posyandu. Selain itu kader juga turut memantau pertumbuhan dan perkembangan balita yang pada saat skrining ulang tidak mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN ANTENATAL CARE UNTUK MENURUNKAN RESIKO KEHAMILAN DENGAN PENDEKATAN CONTINUUM OF CARE DI PUSKESMAS KROMENGAN MALANG: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN ANTENATAL CARE UNTUK MENURUNKAN RESIKO KEHAMILAN DENGAN PENDEKATAN CONTINUUM OF CARE DI PUSKESMAS KROMENGAN MALANG Mudayatiningsih, Sri; Sri Dewi, Endang
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat indonesia Vol 2 No 1 (2024): JPPMI- April 2024
Publisher : CV.G-Techsolutions

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.810028/jppmi.v2i1.39

Abstract

Kehamilan merupakan proses reproduksi yang normal, tetapi mempunyai resiko terjadinya komplikasi. Komplikasi kehamilan dan persalinan dapat mengancam jiwa dan tidak diduga sebelumnya, maka deteksi dini resiko kehamilan perlu dilakukan untuk mengetahui sedini mungkin adanya komplikasi. Tujuan pengabdian masyarakat adalah untuk melakukan deteksi dini pada ibu hamil dalam mencegah faktor resiko pada ibu hamil. Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan pendekatan continuum of care dalam melakukan deteksi dini resiko ibu hamil di Puskesmas Kromengan dengan cara pendataan dan screnning serta pemeriksaan Antenatal Care terpadu, pemeriksaan laboratorium (Haemoglobine, golongan darah, urine lengkap, HIV, Sphilis, hepatitis) dari seluruh ibu hamil yang ada di tujuh desa wilayah kerja Puskesmas Kromengan Malang. Hasil pendataan dan screnning didapatkan 30 ibu hamil beresiko tinggi yaitu yang berusia dibawah 20 tahun 3 (10%), berusia diatas 35 tahun 9 (30%), riwayat abortus 8 (26,66%), grande multi 1 (3,33%), kategori kurang gizi 2 (6,67%), ibu hamil dengan obesitas 5 (16,67%), dan resiko anemia ringan 16 (53,33%). Kesimpulan hasil pengabdian masyarakat diperoleh ibu hamil yang mempunyai resiko tinggi akan dilakukan pemantauan untuk mencegah dan mengantisipasi kematian ibu hamil dan bersalin yang berdampak pada kesejateraan bayinya.
LAYANAN INFORMASI KESEHATAN PYSIKOLOGIS MENTAL LANSIA DI KELURAHAN TUNJUNGSEKAR KOTA MALANG: LAYANAN INFORMASI KESEHATAN PYSIKOLOGIS MENTAL LANSIA DI KELURAHAN TUNJUNGSEKAR KOTA MALANG yudho trisnanto, puguh; Doddy Riyadi, Bastianus
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat indonesia Vol 2 No 1 (2024): JPPMI- April 2024
Publisher : CV.G-Techsolutions

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.810028/jppmi.v2i1.40

Abstract

Pengetahuan kesehatan di usia lanjut dan Pendampingan kesehatan lansia secara personal dengan melibatkan petugas medis. Perubahan Pikiran warga lansia dari 10 koresponden yang diambil datanya. Menunjukan terjadinya perubahan Pikiran sebanyak 25% meliputi : sulit mengingat informasi, Merasa bingung, lambat dalam berfikir dan sulit membuat keputusan. Merupakan perubahan pikiran dalam bentuk kesehatan pysikologis normal dengan kajian yang sesuai berkaitan dengan umur lansia. Perubahan pikiran tersebut belum optimal tidak diterimanya informasi yang dibutuhkan dari lansia berkaitan dengan proses perubahan Pikiran Lansia dikarenakan sulitnya lansia memberikan informasi kesehatan yang benar dan transparan berkaitan dengan Psyikologis kesehatan lansia tersebut. Perubahan Pikiran warga lansia dari 10 koresponden yang diambil datanya. Menunjukan terjadinya perubahan Pikiran sebanyak 60 % Iritabilitas, marah dan terkadang agresif, 20 % merasa sedih, 20% Penurunan ketertarikan dengan lawan jenis perubahan perasaan ini memiliki banyak faktor yang mempengaruhi terutama dari luar lingkungan diri lansia. Masa lalu dan keluarga paling banyak menimbulkan kesedihan dan marah yang berkepanjangan. Faktor selebihnya merupakan faktor kesehatan menurunnya ketertarikan dengan lawan jenis, tapi tidak mempengaruhi secara siknifikan terjadinya perubahan perasaan lansia yang dialami.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM DETEKSI DINI DAN PENCEGAHAN PENYAKIT TIDAK MENULAR (DIABETES MELLITUS TIPE 2) DI KELURAHAN CEMORO KANDANG KOTA MALANG: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM DETEKSI DINI DAN PENCEGAHAN PENYAKIT TIDAK MENULAR (DIABETES MELLITUS TIPE 2) DI KELURAHAN CEMORO KANDANG KOTA MALANG Milwati, Susi; Yudiernawati, Atti; Wahyuni, Tavip Dwi; Suyanto, Edi
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat indonesia Vol 2 No 1 (2024): JPPMI- April 2024
Publisher : CV.G-Techsolutions

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.810028/jppmi.v2i1.41

Abstract

Prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) terus mengalami kenaikan dari hasil Riskesdas 2018 dibandingkan Riskesdas 2013, antara lain stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi. Berdasarkan pemeriksaan gula darah, diabetes melitus naik dari 6,9% menjadi 8,5%; dan hasil pengukuran tekanan darah, hipertensi naik dari 25,8% menjadi 34,1%. Kenaikan prevalensi penyakit tidak menular ini berhubungan dengan pola hidup, antara lain merokok, konsumsi minuman beralkohol, kurangnya aktivitas fisik, rendahnya konsumsi buah dan sayur. Tingginya prevalensi Diabetes Mellius (DM) karena kurangnya pemahaman dalam mengenali resiko DM , dan yang paling penting pada pengendalian resiko Diabetes mellitus. Keadaan diatas akan menambah beban masalah kesehatan masyarakat. Hal ini mengindikasikan bahwa promosi kesehatan dan pencegahan yang telah ada kurang dapat berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kegiatan ini akan dilakukan melalui mobilisasi masyarakat untuk ikut terlibat mulai dari perencanaan hingga evaluasi kegiatan, melalui edukasi, pelatihan dan pendampingan, sehingga diharapkan program ini akan terus berlanjut secara swadaya oleh masyarakat meskipun kegiatan pengabdian telah selesai.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMANFAATAN APLIKASI MOBILE JKN MELALUI KEGIATAN EDUKASI DI WILAYAH KABUPATEN JOMBANG: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMANFAATAN APLIKASI MOBILE JKN MELALUI KEGIATAN EDUKASI DI WILAYAH KABUPATEN JOMBANG Fadila, Rizki; Setiawan, Eko Rahman; Dewiyani, AAI Citra
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat indonesia Vol 2 No 1 (2024): JPPMI- April 2024
Publisher : CV.G-Techsolutions

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.810028/jppmi.v2i1.42

Abstract

BPJS Kesehatan terus berupaya memperluas cakupan kepesertaan agar dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah melalui penyediaan teknologi sehingga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses dan mendapatkan pelayanan. Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang datang langsung dan antri ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan Jombang daripada menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk memperoleh pelayanan. Tujuan pengabdian masyarakat adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai aplikasi mobile JKN. Metode yang digunakan terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah pemberian sosialisasi dengan nilai p-value sebesar 0.000 (< 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan sosialisasi memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat terkait aplikasi mobile JKN. Diperlukan pelaksanaan kegiatan sejenis secara periodik agar masyarakat mendapatkan literasi yang baik terkait aplikasi Mobile JKN.
EDUKASI KESEHATAN KOMPLEMENTER MENCEGAH DAN MENGATASI MASALAH KESEHATAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DI JURUSAN KEPERAWATAN POLITEKHNIK KEMENTRIAN KESEHATAN KUPANG: EDUKASI KESEHATAN KOMPLEMENTER MENCEGAH DAN MENGATASI MASALAH KESEHATAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DI JURUSAN KEPERAWATAN POLITEKHNIK KEMENTRIAN KESEHATAN KUPANG Tapriadi; zani pitoyo, Achmad; Vidia Marselina, Elystia
Jurnal Produk Pengabdian Masyarakat indonesia Vol 2 No 1 (2024): JPPMI- April 2024
Publisher : CV.G-Techsolutions

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.810028/jppmi.v2i1.44

Abstract

Pelaksanaan Kegiatan dengan Edukasi kesehatan komplementer merupakan pendekatan holistik yang menggabungkan beberapa metode konvensional dan alternatif untuk mencegah dan mengatasi PTM. Pendekatan ini tidak hanya menekankan pada pengobatan, tetapi juga pada pencegahan melalui perubahan gaya hidup sehat dan penggunaan terapi komplementer. Penting untuk memastikan bahwa semua intervensi komplementer dilakukan di bawah pengawasan profesional kesehatan untuk menghindari efek samping dan interaksi negatif dengan pengobatan konvensional.

Page 1 of 3 | Total Record : 26