cover
Contact Name
Devi I Mariatul Qiptiah
Contact Email
educouns-g@umsj.ac.id
Phone
+62331-335728
Journal Mail Official
educouns-g@umsj.ac.id
Editorial Address
Jl. Sriwijaya No.32, Kali Oktak, Karangrejo, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68124
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
EDUCOUNS GUIDANCE: Journal of Educational and Counseling Guidance
ISSN : -     EISSN : 3063329X     DOI : https://doi.org/10.70079/egjecg
EDUCOUNS GUIDANCE: Journal of Educational and Counseling Guidance Published by Universitas Moch. Sroedji with E-ISSN number: 3063-329X provides a forum for researchers to publish their research and innovative ideas in the field of. This journal is published twice a year, namely in June and December. This journal focuses on guidance and counseling, middle school education, high school education, higher education, character education, and special education (non-formal, informal, and inclusive).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2024): JUNI" : 5 Documents clear
Urgensi Penanaman Cinta Tanah Air Pada Generasi Milenial Apriyansyah, Dandi; Ferdianto, Fran
EDUCOUNS GUIDANCE: Journal of Educational and Counseling Guidance Vol. 1 No. 1 (2024): JUNI
Publisher : Universitas Moch. Sroedji Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70079/egjecg.v1i1.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi penanaman dan strategi rasa cinta tanah air pada generasi milenial di tengah era globalisasi. Indonesia merupakan negara beragam yang terdiri dari suku bangsa, agama, dan ras yang berbeda-beda. Keberagaman ini perlu disikapi secara serius, salah satunya dengan peningkatan rasa nasionalisme sebagai bentuk cinta tanah air. Nasionalisme akan membantu mengokohkan jati diri bangsa sebagai satu kesatuan meskipun berada dalam keberagaman. Namun di zaman ini, rasa nasionalisme bangsa terus menurun, terutama pada generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan jenis penelitian berupa penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jiwa nasionalisme yang berupa cinta tanah air dan Generasi milenial memiliki keterkaitan yang erat. Nasionalisme cinta tanah air perlu ditanamkan pada generasi milenial sebab mereka mudah menerima budaya dan paham asing. Salah satu caranya adalah menggunakan teknologi sebagai media pengenalan budaya bangsa serta media untuk menanamkan rasa cinta tanah air.
Strategi Bimbingan dan Konseling dalam Mendukung Kesehatan Mental Remaja di Era Digital Melalui Biblioterapi Salsabila, Nur Nafisa; Nurlaili, Anis; Wahyuningtyas, Titik Angereni Wahyuningtyas
EDUCOUNS GUIDANCE: Journal of Educational and Counseling Guidance Vol. 1 No. 1 (2024): JUNI
Publisher : Universitas Moch. Sroedji Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70079/egjecg.v1i1.24

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana strategi bimbingan dan konseling dalam mendukung kesehatan mental remaja di era digital saat ini melalui biblioterapi. Biblioterapi merupakan salah satu dari banyaknya bentuk terapi ekspresif yang mana didalam pelaksanaannya terdapat hubungan individu dengan intisari atau isi buku ataupun tulisan lainnya sebagai sebuah terapi. Untuk menangani masalah yang dihadapi seseorang, biblioterapi menggunakan aktivitas membaca literatur yang dipilih, direncanakan, dan terarah sebagai tindakannya. Biblioterapi dianggap dapat mempengaruhi sikap, perasaan, dan perilaku individu sesuai dengan yang diharapkan dan merangsang pemikiran pembaca. Biblioterapi sederhana, murah, dan dapat dilakukan kapan saja. Ini membutuhkan partisipasi pembaca sepenuhnya dan kemandirian untuk memahaminya. Karena Biblioterapi adalah metode tindakan yang bermakna, perlu disosialisasikan. Dengan adanya Biblioterapi menjadi sarana strategis menangani dampak negatif dari pengaruh teknologi digital seperti kecanduan, depresi, maupun kecemasanan yang berlebihan. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan atau (library research) dengan kualitatif deskriptif. Hasil ini memuat tentang strategi bimbingan dan konseling seperti sesi konseling daring dan biblioterapi online untuk menangani klien guna mendukung kesehatan mental mereka. Adanya pengaruh teknologi digital terhadap kesehatan remaja tentunya membutuhkan usaha untuk menanggulanginya seperti terapi yaitu biblioterapi, meski terapi ini tentu memiliki keuntungan dan kelemahan dalam konteks digital.  
Pola Pikir Bertumbuh Sebagai Aspek Pedagogik Dalam Pendidikan Wulan Sari, Widyanti; Qiptiah, Devi Mariatul
EDUCOUNS GUIDANCE: Journal of Educational and Counseling Guidance Vol. 1 No. 1 (2024): JUNI
Publisher : Universitas Moch. Sroedji Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70079/egjecg.v1i1.25

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan gambaran dan wawasan luas bagaimana pola pikir bertumbuh mempengaruhi cara pandang individu mencapai kesuksesan dalam pendidikan. Metode penelitian yang digunakan disini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Informasi yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu beberapa buku dan sumber literatur lain yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Metode yang digunakan dengan cara mengutamakan penghayatan berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat serta interaksi dan tingkah laku manusia dalam suatu situasi menurut perspektif penulis sendiri dengan suguhan data yang bersifat deskriptif, sehingga objek yang diteliti di pahami secara mendalam oleh penulis. Hasil dari pembahasan memberikan kesimpulan bahwa Pola pikir bertumbuh sebagai faktor utama penentu siap tidaknya peserta didik dalam menerima setiap proses pembelajaran yang akan diterimanya. Disaat peserta didik mulai bisa membuka cara pandangnya, maka mereka akan dengan mudah menyerap segala macam informasi dengan baik dan menginterpretasikannya kedalam pola pikir yang selanjutnya akan digunakan sebagai patokannya dalam bertindak. Abstract This study is carried out to give a broad picture and insight into how a growing mindset affects the individual's view of success in education. The research methods used here use a qualitative approach using a library study method. Information obtained in the study are some books and other sources of literature that could be relied on for its truthfulness. Methods used by putting emphasis on the phenomena occurring in society and human interaction and behavior in a situation according to the writer's own perspective with a descriptive treat of data, thus making the subject thoroughly understood by the writer. The result of the discussion suggests that the mind-set grows as the key factor in whether learners are prepared to receive any learning process that they will receive. When learners begin to open up their vision, they can easily absorb all the information in good order and interpret it into the mindset that will then be used as its base of action.  
Pengaruh Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Terhadap Siswa di Lingkungan Sekolah Adiwiyata Najah, Safinatun; Febriana, Nur ‘Aini Putri Diah; Salsabila, Nur Nafisa
EDUCOUNS GUIDANCE: Journal of Educational and Counseling Guidance Vol. 1 No. 1 (2024): JUNI
Publisher : Universitas Moch. Sroedji Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70079/egjecg.v1i1.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling Cognitive Behaviour Therapy (CBT) terhadap lingkungan sekolah adiwiyata. Konseling sedniri merupakan sebuah kebutuhan pengolahan jiwa yang diberikan kepada orang yang membutuhkan melalui perantara profesional, salah satu terapi konseling yakni terapi kognitif CBT. CBT merupakan salah satu program konseling yang menitik beratkan pada restrukturisasi kognitif dan perilaku menyimpang. Terapi konseling CBT patut diterapkan di tengah lingkungan sekolah adiwiyata, hal ini dikarenakan minimnya kepedulian siswa terhadap lingkungan karena mindset yang diterapkan. Mereka beranggapan bahwa suatu hal yang tidak ada hubungan timbal balik atau sebuah keuntungan sangatlah enggan jika dilaksanakan dengan baik. Oleh sebab itu terapi konseling CBT diharapkan mampu merestrukturisasi kognitif yang menyimpang serta kepercayaan yang dapat membawa perubahan emosi dan perilaku yang lebih baik lagi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka (library research). Hasil penelitian memuat tentang penerapan konseling CBT bagi siswa di lingkungan sekolah adiwiyata serta pengaruh lingkungan adiwiyata terhadap efektivitas CBT.
Upaya Deradikalisme Dalam Lingkungan Sekolah Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ideologi Jagad, Moh. Alief Bias; Saputri, Oktavia Wahyuni
EDUCOUNS GUIDANCE: Journal of Educational and Counseling Guidance Vol. 1 No. 1 (2024): JUNI
Publisher : Universitas Moch. Sroedji Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70079/egjecg.v1i1.34

Abstract

This study aims to demonstrate that deradicalism in the environment will affect the resilience of students' ideologies in the current era. Radicalism is a problem that occurs in the world of education. Schools in Indonesia in recent years have become targets of radicalism. The notion of radicalism that dominates the ideology of students is a special concern for school components. Thus, it is necessary to take serious action to counteract radicalism in the school environment. This research is descriptive qualitative research accompanied by analysis with the support of secondary sources. The results of this study indicate that the strength of this ideology can be seen in the views and attitudes of activists who tend to be exclusive, placing pluralism as an understanding that must be avoided. This tendency continues to strengthen in line with the entry of the radical Islamic group cadre movement into schools. In his study of deradicalism, which contains characters that refer to Pancasila, it has implications for the ideological resilience of students, where this deradicalization effort directs students to become individuals with character in accordance with Pancasila, which is summarized in a Pancasila Student Profile.

Page 1 of 1 | Total Record : 5