cover
Contact Name
Laurensius Sandrio
Contact Email
cocgaku2@gmail.com
Phone
+6282332180797
Journal Mail Official
cocgaku2@gmail.com
Editorial Address
Kampung Lancang, Gang Waembeleng, Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo - Kabupaten Manggarai Barat, 86754
Location
Kab. manggarai barat,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
ISSN : -     EISSN : 29878837     DOI : 10.63604
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa (JPTM) merupakan jurnal ilmiah yang menerapkan proses blinded-peer-review dalam penanganan manuskrip dan bertujuan untuk menjadi media ilmiah bagi para peneliti interdisipliner. Jurnal ini menerbitkan artikel hasil penelitian yang berasal dari berbagai displin ilmu, seperti: Pariwisata, Ekonomi, Teknologi informasi, dan Humaniora. JPTM diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. ISSN Online 2987-8837
Articles 44 Documents
Blockchain Technology: A comprehensive review of technical characteristics, applications, and challenges I Wayan Pio Pratama; Ondi Asroni
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Blockchain technology has gained significant attention in recent years due to its potential to transform a wide range of industries. This review aims to comprehensively analyze blockchain technology's technical characteristics, applications, challenges, and limitations as addressed in academic literature published between 2014 and 2021. A total of 50 articles were included in the review after being evaluated for relevance, quality, originality, clarity, and practical or theoretical implications. The results of the review indicate that research on blockchain has progressed significantly in the past decade, with a wide range of studies exploring its technical characteristics, potential applications, and challenges and limitations. Technical characteristics of blockchain include its decentralized nature, the use of cryptographic techniques, and its potential to improve efficiency and reduce the need for intermediaries. Potential applications of blockchain include finance, supply chain management, and healthcare. Challenges and limitations of blockchain include scalability, energy consumption, regulatory issues, and risks and uncertainties. The results suggest that while blockchain technology has the potential to transform industries, there is still much work to be done to address its challenges and ensure its responsible deployment.
PENGARUH LOVE OF MONEY DAN MACHIAVELLIAN TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI PERPAJAKAN (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI PERPAJAKAN POLITEKNIK ELBAJO COMMODUS Ni Wayan Noviana Safitri; Agus Wahyudi; Ni Made Dwita Ratnaningsih; Liesiana Kurniawati; Dea Arme Tiara Harahap; Ludgardis Deliman
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel love of money dan Machiavellian terhadap persepsi etis mahasiswa DIV Akuntansi Perpajakan Politeknik eLBajo Commodus, Desain penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dengan teknik survey. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 39 kuesioner dan diisi seluruhnya oleh responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai Probabilitas (Sig. t) dari variable love of money adalah 0,410 sehingga hipotesis H1 ditolak, bahwa love of money tidak berpengaruh secara parsial pada persepsi etis mahasiswa akuntansi perpajakan Politeknik eLBajo Commodus. Nilai Probabilitas (Sig. t) dari variable machiavellian adalah 0,015, sehingga hipotesis H2 ditolak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara Machiavellian dan persepsi etis mahasiswa akuntansi perpajakan politeknik eLBajo Commodus. Kontribusi Love of Money dan Machiavellian pada persepsi etis mahasiswa akuntansi sebesar 13,6% sedangkan sisanya sebesar 86,4% merupakan kontribusi dan variable lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
PENGELOLAAN SDM DESA WISATA COLOL : KUNCI PENGEMBANGAN DESA WISATA BERKELANJUTAN Hersanius Kurnia Peong; Laurensius Sandrio; Yosef Kurniawan Ukar
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The complexity of world business with a high level of competition requires creativity and innovation from all Parties. One of the important sector that is developing in response to the issue of competition is tourism sector through tourism villages. The existence of a Tourism Village can boost the national and local economy through increasing the welfare of the community as the main actor in a Tourism Village. This research is motivated by the urgency of managing human resources as an important factor in improving the quality of tourism villages. This practice has become an important discourse so that researchers are motivated to explore one of the Tourism Villages in East Manggarai, namely Colol Village with its unique tourist destinations. This research uses a qualitative descriptive approach with a case study type to determine the extent to which the implemented HR management practices affect the sustainability of this Tourism Village. Researchers collected data by conducting observations and interviews with several Colol Tourism Village stakeholders. The results of the study said that there were several things carried out by the managers even though there were still some limitations in several aspects. Some of these things are HR planning, institutional strengthening, community mobilization, and controlling tourism actors with FGD and Monev. Some of these practices are carried out to maintain this Tourism Village so that it continues to exist in the future.
ANALISIS KONSEP 3A (ATRAKSI, AMENITAS, AKSEBILITAS) DALAM PERENCANAAN PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT: (STUDI KASUS: DESA UMATOOS, KABUPATEN MALAKA) MARIUS YOSEF SERAN; Septian Hutagalung; Roseven Rudiyanto; Laurensius Sandrio; Ida Ayu Rostini
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to analyze the 3A (attraction, amenity, accessibility) concept of tourism planning development in Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka. This research uses a qualitative method and the key informants are the representatives of related stakeholders which from academician, business, community, local government, and mass media. This study uses field observations, in depth interview, focus group discussion, and literature studies. The result of the study showed the existence of main tourist attractions, alternative attractions, other potential nature and cultural tourism products in the village, also numbers of supporting facilities and accessibilities. There are also some weaknesses and potential threats that can become obstacles in the whole process of CBT’s planning development. Therefore, it is recommended that stakeholders need to collaborate in the whole aspects of planning development.
SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA BERBASIS WEBSITE PAYMENT GATEWAY PADA CV. FLAMBOYAN BERSAUDARA Cherlina Helena Purnamasari Panjaitan; Ambrosius Juang
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era teknologi dan digital saat ini bisnis sudah sangat usang jika dijalankan secara konservatif. Keuntungan memiliki website untuk bisnis, salah satunya adalah memberikan informasi kepada calon pelanggan. Karena saat ini, konsumen semakin banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Website akan selalu menjadi tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikan layanan jasa atau produk. Keunggulan memiliki website yang juga menampilkan sosial media dalam bisnis adalah mampu membuat perusahaan selalu terhubung dengan konsumen. Melalui website, perusahaan bisa mudah dalam berinteraksi dengan calon pelanggan baik itu melalui live chat ataupun telepon. Kemudian fitur Payment gateway, merupakan salah satu cara untuk memproses transaksi elektronik. Payment gateway menyediakan alat – alat untuk memproses pembayaran antara customer, businesses dan banks. Payment gateway merupakan bagian terpenting dari suatu transaksi antar customer, business, dan lembaga – lembaga perbankan yang keduanya digunakan. Berdasarkan perkembangan teknologi dan tingkat kebutuhan pelanggan akan kecepatan dalam pelayanan, dan efisiensi waktu, maka dibuat “Sistem Informasi Pelayanan Jasa Berbasis Website Payment Gateway Pada CV. Flamboyan Bersaudara”. Sistem ini dapat memberikan informasi secara detail mengenai jasa cleaning service CV. Flamboyan Bersaudara. Penulis juga melakukan integrasi payment gateway midtrans kedalam sistem online CV. Flamboyan Bersaudara.
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN RESEPSIONIS SEBAGAI PENUNJANG UTAMA OPERASIONAL DI HOTEL THE JAYAKARTA SUITES KOMODO-FLORES Linda Taka; Liesiana Kurniawati; Maria Beatrix Rahinart Wellalangi; Viktoria Sardiana
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

terutama di departemen kantor depan sehingga bagian tersebut dikatakan sebagai pusat operasional di sebuah hotel. Dengan kata lain, resepsionis mempunyai peranan yang cukup besar dalam menentukan keberhasilan pelayanan yang diberikan dari seluruh departemen di dalam hotel. Tugas Akhir ini membahas mengenai peran resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan secara terperinci sehingga seksi resepsionis bisa dikatakan penting untuk sebuah hotel. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari seorang resepsionis dalam melayani dan meningkatkan kualitas pelayanan yang akan diberikan kepada tamu. Sehingga tamu merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, serta mengetahui standar operasional prosedur yang baik agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada tamu di hotel The Jayakarta Suites Komodo Flores. Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara, studi pustaka, dan observasi secara langsung guna mempelajari dan melihat secara nyata bagaimana peran seorang resepsionis di hotel dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Dari hasil analisa, terbukti bahwa peran seorang resepsionis di dalam sebuah hotel sangat penting karena seksi resepsionis mempunyai kesempatan untuk bertemu dan berbicara langsung dengan tamu serta memberikan pelayanan yang berkualitas untuk kenyamanan tamu selama menginap. Peran resepsionis yaitu sebagai wakil manajemen hotel karena pelayanan yang diberikan sangat menentukan keberhasilan pelayanan yang diberikan dari seluruh departemen di dalam hotel, karena kesan pertama dan terakhir tamu untuk hotel terdapat pada kualitas pelayanan dari seorang resepsionis.
Strategi Pemasaran Food and Beverage Departemen Sudamala Resort Komodo Pasca Covid-19 Marianus Duman; Gregorius A. Berybe; Maria B.R. Wellalangi; Fitri Ciptosari; Flaviana Hadia
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Food and Beverage Department Sudamala Resort Komodo pasca covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui teknik wawancara, studi kepustakaan dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan teknik IFE, EFE dan SWOT. Dari hasil analisis yang digunakan diperoleh hasil bahwa Sudamala Resort Komodo sedang menjalankan strategi SO (Strength-Opportunity) yaitu strategi menggunakan kekuatan dan peluang yang dimiliki untuk menjalankan usahanya.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PROMOSI ONLINE MELALUI APLIKASI GRAB-FOOD PADA UMKM KULINER DI KOTA LABUAN BAJO Odilia Luda; Reynaldo Angga Siagian
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari strategi promosi online melalui aplikasi Grab-Food pada UMKM di kota Labuan Bajo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari 40 orang sampel yang merupakan para pelaku UMKM kuliner di kota Labuan Bajo yang terdaftar di grab. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus EPIC Model dengan empat dimensi yaitu Empathy, Persuasion, Impact dan Communikation. Hasil analisis dari masing-masing dimensi adalah Empathy = 4.241, Persuation = 4.458, Impact = 4.683, dan Communication = 3.833. Dari empat dimensi yang telah di teliti, jika di masukan kedalam rentang skala efektivitas maka keempat hasil analisis dari dimensi tersebut berada direntang skala “sangat efektif”. Nilai EPIC rate yang merupakan nilai rata-rata dari keempat dimensi berada di angka 4.303. Nilai ini berada dalam rentang skala “sangat efektif” hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi promosi atau penjualan online untuk usha kuliner menggunakan aplikasi Grab-Food ini sangat efektif digunakan.
PENGARUH JOB SATISFACTION, ORGANIZATIONAL COMMITMENT DAN ORGANIZATIONAL JUSTICE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PADA PT. AEROFOOD INDONESIA UNIT DENPASAR Desak Made Dian Nisa Paramesti; Cokorda Gede Putra Yudistira; I Nyoman Sukayasa
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tiga kriteria yang diidentifikasi oleh para akademisi sebagai penjelasan potensial rendahnya Perilaku Kewarganegaraan Organisasi: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Keadilan Organisasi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami keterkaitan antara kepuasan kerja, komitmen organisasi, dan keadilan organisasional yang berkaitan dengan kecenderungan pekerja PT untuk terlibat dalam kewarganegaraan organisasi. Pabrik Aerofood di Denpasar di Indonesia. Pemodelan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Untuk mengumpulkan informasi, 83 peserta dikirimkan kuesioner. Metode yang digunakan adalah uji-t, uji-F, koefisien determinasi, dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi multivariat menunjukkan bahwa tingkat kepuasan kerja pekerja PT mempunyai pengaruh positif yang besar terhadap tingkat perilaku kewargaan organisasional mereka. Pabrik Aerofood di Denpasar di Indonesia. Perilaku kewargaan organisasional pekerja PT dipengaruhi secara signifikan ke arah positif oleh tingkat komitmen organisasionalnya. Pabrik Aerofood di Denpasar di Indonesia. Perilaku kewargaan organisasional karyawan PT dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh keadilan organisasional sampai batas tertentu. Pabrik Aerofood di Denpasar di Indonesia. Organizational Citizenship Behavior pada pekerja PT dipengaruhi secara signifikan oleh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Keadilan Organisasi sekaligus. Pabrik Aerofood di Denpasar di Indonesia. Perusahaan-perusahaan di sektor operasional, dimana penundaan yang singkat sekalipun dalam satu prosedur dapat menimbulkan efek domino pada output, mungkin akan mendapatkan manfaat yang besar dari perilaku kewargaan organisasi yang baik.
Exit Survey Kepuasan Wisatawan Terhadap Destinasi Wisata Goa Batu Cermin Alfonsius Nove Edmind; Florentinus Darman; Fitri Ciptosari
Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik eLBajo Commodus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting sebagai sumber pendapatan daerah. Goa Batu Cermin merupakan salah satu objek dan daya tarik wisata (ODTW) di Labuan Bajo yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat. Guna menunjang pariwisata di Labuan Bajo pemerintah pusat melakukan penataan Goa Batu Cermin pada 2020 hingga 2021. Guna menjaga kondisi pasar (permintaan dan penawaran) dan tingkat kunjungan wisatawan, maka pengelola destinasi Goa Batu Cermin perlu menentukan kebijakan yang tepat dalam manajemen pemasarannya. Peningkatan dan penurunan jumlah pengunjung pada suatu destinasi wisata sangat erat hubungannya dengan kepuasan wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata Goa Batu Cermin. Selain itu, penelitian ini juga digunakan untuk mengukur keberhasilan dari pembangunan fasilitas di Goa Batu Cermin. Peneilitian ini menggunakan metode exit survey, dengan memberikan kuesioner kepada wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara, dan wisatawan lokal yang berkunjung di Goa Batu Cermin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung terhadap fasilitas dan layanan di Goa Batu Cermin berada diantara 73% (Puas) hingga 86% (Sangat Puas). Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh pengelola destinasi wisata Goa Batu Cermin dalam meningkatkan pengelolaan fasilitas dan layanan, serta dapat digunakan dalam menentukan kebijakan pemasaran yang tepat kedepannya.