cover
Contact Name
Moh. Ramin
Contact Email
mohromin93@gmail.com
Phone
+6285231737366
Journal Mail Official
currencyalkhairat@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Palengaan No.2, Bunut, Plakpak, Kec. Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Currency
ISSN : 29639387     EISSN : 29637465     DOI : https://doi.org/10.32806/syfdep09
Core Subject : Economy, Education,
Currency: Journal of Sharia Economics and Banking publishes articles on the latest Islamic banking and finance issues in Indonesia. This journal presents good empirical and theoretical research regarding Islamic banking and financial markets, especially in Indonesia as the country with the largest Muslim population in the world. The journal covers Islamic banking and finance, Islamic capital markets, Islamic social finance, and takaful (Islamic insurance).
Articles 40 Documents
MEKANISME NISBAH PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT MAWADDAH CABANG SOTABAR Asy’ari, Qaiyim; Farid Farza, Moh; Bari, Abdul
Currency (Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah) Vol. 1 No. 1 (2022): Currency
Publisher : LP2M AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ccy.v1i1.224

Abstract

Pembiayaan mudharabah merupakan salah satu produk ada pada Baitul Maal WatTamwil (BMT). Nisbah bagi hasil pada pembiayaan mudharabah harus dinyatakan dengan jelas sehingga tidak menimbulkan potensi ketidak pastian dan ketidak adilan dalam pembagian besar kecilnya nisbah. Jika suatu saat terjadi resiko/kerugian maka harus ada kejelasan pihak mana yang bertanggung jawab terhadap resiko tersebut. Maka dari itu untuk mengetahui adanya kebenaran suatu praktek pembagian nisbah bagi hasil dan pembagian kerugian maka perlu dilakukan penelitian di BMT Mawaddah Cabang Sotabar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa mekanisme nisbah pada pembiayaan mudharabah di BMT Mawaddah Cabang Sotabar ada beberapa tahapan, yaitu dimulai dari anggota dipersilahkan ke bagian pembiyaan kemudian bagian pembiayaan menyerahkan formulir permohonan pembiayaan kepada anggota dan bagian pembiayaan menjelaskan tentang prosedur pembiayaan mudharabah. prosentase nisbah ditetapkan oleh BMT Mawaddah Pusat sehingga anggota tidak dapat bernegosiasi untuk besar kecilnya nisbah bagihasil yang akan didapatkan. Jika anggota menyetujuinya maka transaksi tersebut akan dilanjutkan.
PENERAPAN MULTI AKAD DALAM KONTRAK GADAI DI BANK JATIM SYARIAH CAPEM SAMPANG Ramin, Moh.; Rofiqi, Rofiqi; Ali Wafa, Moh.
Currency (Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah) Vol. 1 No. 1 (2022): Currency
Publisher : LP2M AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ccy.v1i1.225

Abstract

Peneliti menemukan bahwa penerapan multi akad dalam proses Gadai Emas di Bank Jatim Syariah Capem Sampang melalui beberapa akad yaitu; akad Qardh, akad Rahn, dan akad ijarah sudah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI atau sesuai dengan prinsip syariah, yaitu ada akad Qardh sebagai akad pemberian pinjaman murni pada nasabah, akad Rahn sebagai akad yang disepakati nasabah sebagai penyerahan barang jaminan untuk disimpan oleh Bank dengan diikuti akad selanjutnya yaitu akad ijarah sebagai akad yang melengkapi kontrak gadai dan alternative Bank untuk mendapatkan ujroh yang dihitung berdasarkan krakter jaminan. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentatif dan wawancara langsung dengan account officer gadai sebagai pihak yang menangani proses pembiayaan Gadai Emas. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi terkait permasalahan yang peneliti angkat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskripstif kualitatif.
AKUNTABILITAS FUNDRAISING ZISWAF UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER TRUST DI MWC NU PAITON Syaiful Suib, Mohammad; Ni’mah, Hanifatun; Nurma Ayu, Siti; Sabrina, Anadia; Fatimatuz Zahro, Siti; Yuni Erlina Rahmawati, Dwi; Nurjannah, Ike; Camilia Witri , Arini
Currency (Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah) Vol. 1 No. 1 (2022): Currency
Publisher : LP2M AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ccy.v1i1.226

Abstract

Zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf merupakan sumber dana dengan potensi yang sangat tinggi yang dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dinegara Indonesia. Jika pengelolaan dan pendistribusian dana dibidang ZISWAF dapat dikelola dengan pembagian yang merata maka, dapat dipastikan bahwa hal tersebut meringankan beban Negara terhadap warga dibawah standar pra-sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas fundraising ZISWAF terhadap customer trust yang diterapkan di MWC NU Paiton Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini meneliti sejauh mana pelayanan dan juga kinerja lembaga NU tingkat kecamatan dan desa dalam pengelolaan zakat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode ini merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya secara sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas. Teknik pengumpulan data juga didapatkan dengan observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi sebagai penguat berita (isu) yang diperoleh. Untuk dokumentasi sementara mennyimpulkan bahwa lembaga NU tingkat kecamatan dan desa yang ada di Paiton masih belum berjalan dalam fundraising ZISWAF sehingga masyarakat sekitarpun masih belum ada yang berkontribusi mewakilkan zakatnya terhadap lembaga-lembaga NU.
PERAN KSPPS NURI CABANG BATUMARMAR UNTUK MEMBANTU PEREKONOMIAN USHA MIKRO DIMASA PANDEMIC COVID 19 Rahman, Fadali; Matnin, Matnin; Rohmiyati, Rohmiyati
Currency (Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah) Vol. 1 No. 1 (2022): Currency
Publisher : LP2M AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ccy.v1i1.227

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1. Peran KSPPS Nuri cabang Batumarmar dalam membantu perekonomian usaha mikro dimasa pandemi covid 19. 2. Prosedur dalam membantu perekonomian usaha mikro di KSPPS Nuri cabang Batumarmar dimasa pandemi covid 19.3. Kendala yang menjadi resiko pada saat membantu perekonomian usaha mikro dimasa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, adapun yang dimaksud dengan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagi metode ilmiah untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peran yang dilakukan oleh KSPPS Nuri cabang Batumarmar dalam membantu perekonomian usaha mikro dimasa pandemi covid 19 berjalan dengan lancar sehingga pelaku usaha mikro yang kesulitan modal untuk mengembangkan usahanya dimasa pandemi covid 19 ini, sudah berjalan dan sudah mulai berkembang dengan adanya peran KSPPS Nuri cabang Batumarmar.
ANALISIS PENENTUAN NISBAH BAGI HASIL TERHADAP PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI USPPS BMT MAWADDAH Tarmidzi Anas, Achmad; Zainal Arifin, Moh.; Sulistia, Heni
Currency (Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah) Vol. 1 No. 1 (2022): Currency
Publisher : LP2M AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ccy.v1i1.228

Abstract

Fokus penelitian yang diteliti dalam tugas akhir ini adalah analisis penentuan nisbah bagi hasil terhadap pembiayaan mudharabah di USPPS BMT Mawaddah Dalam penelitian ini peneliti mengunakan penelitian kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh dari lapangan yang mengenai permasalahan penelitian diatas. Dan menjawab permasalahan diatas penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksud untuk menggambarkan atau meringkas berbagai kondidi, situasi atau femomena sebagaimana adanya pada saat penelitian dilakukan, yaitu meringkas data tentang analisis penentuan nisbah bagi hasil terhadap pembiayaan mudharabah di USPPS BMT Mawaddah Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan interview (wawancara), observasi, dan metode studi pustaka. Penelitian ini mengimplikasi bahwa analisis penentuan nisbah bagi hasil terhadap pembiayaan mudharabah di USPPS BMT Mawaddah, yaitu: Bank Pembiayaan Syariah Al-Falah Banyusin Palembang tidak mudah memberikan pinjaman kepada nasabah. Hal ini dikarenakan bank tidak menginginkan terjadinya kegiatan yang akan ditanggung oleh bank. Dalam pembiayaan mudharabah besarnya keuntungan ditetapkan berdasarkan kesepakatan bersama antara pihak bank dengan nasabah yang disebut bagi hasil.
STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING KOPERASI DI BMT SIDOGIRI CAPEM WARU Kadir, Abdul; Kunaifi, Aang; Zainuddin, Zainuddin
Currency (Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah) Vol. 1 No. 1 (2022): Currency
Publisher : LP2M AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ccy.v1i1.229

Abstract

Strategi adalah langkah-langkah yang harus dijalankan perusahaan untuk mencapai tujuan. Kadang-kadang langkah yang harus dihadapi terjal dan berliku-liku, namun ada pula langkah yang relatif mudah. Strategi markerketing yang dilakukan oleh BMT ini dengan cara jemput bola serta melakukan pendekatan-pendekatan atau terjun langsung kepada masarakat seperti orang-orang pasar khususnya pasar Waru. Dengan niat mejalin silaturrahim dengan mereka supaya mudah untuk melakukan transaksi setor dan tarik tunai. Peningkatan Daya Saing yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Capem Waru Pamekasan ini sudah memiliki kemampuan untuk menunjukkan hasil yang lebih baik, lebih cepat dan lebih bermakna. kemampuan menegakkan posisi yang menguntungkan dan sudah sesuai dengan prinsip maqashid syariah dimana dalam mempromosikan produk dan jasanya BMT ini bersaing secara sehat tidak pernah memberikan informasi yang dapat menjatuhkan pesaing serta menerapkan prinsip bisnis syariah yang diajarkan Rasulullah SAW yaitu baik, cerdas, transparan, komunikatif, rendah hati, jujur, dan dapat dipercaya serta memberikan pelayanan yang terbaik.
ANALISIS NISBAH DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT UGT NUSANTARA CAPEM PASEAN Fatun, Fatun; Rofiqi, Rofiqi
Currency (Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah) Vol. 1 No. 2 (2023): Currency
Publisher : LP2M AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ccy.v1i2.230

Abstract

Nisbah merupakan imbalan yang berhak diterima oleh kedua belah pihak yang terikat akad, Dalam akad pembiayaan MudharabahNisbah yang ditentukan harus hasil kesepakatan bersama bukan satu pihak saja dan ketentuan nisbah yang ada pada BMT UGT Nusantara Capem Pasean berdasarkan kesepakatan antara anggota dan pihak BMT. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata- kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Maka dari dalam Penetapan nisbah bagi hasil antara BMT UGT Nusantara Capem Pasean dengan anggota yaitu 70%-30% dengan mekanisme bagi hasil menggunakan profit sharing. Proses akad mudharabah merupakan salah satu proses akad antara pemilik modal dan pengelola, akad mudharabah dalam pembiayaannya tidak lepas dari operasional sistem bagi hasil dan apabila ingin melakukan pinjaman maka harus melalui ketentuan yang berlaku di BMT UGT Nusantara Capem Pasean sebagai berikut : 1. Kelayakan Usaha, 2. Analisis Kelayakan Anggota, 3. Nilai Modal Pokok, 4. Jangka Waktu Pinjaman (Tempo).
PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) SIBISA AL-KHAIRAT PAMEKASAN Rahman, Fadali; Wafi, Abd.
Currency (Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah) Vol. 1 No. 2 (2023): Currency
Publisher : LP2M AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ccy.v1i2.231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembiayaan murabahah terhadap profitabilitas. Populasi yang digunakan adalah laporan keuangan yang telah di laporkan saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) Sibisa Al-khairat. Sampelnya adalah neraca dan laporan laba rugi sejak tahun 2018 s/d 2021. Secara teori pembaiayaan murabahah berpengaruh terhadap ROA. Semakin tinggi pendapatan pembiayaan murabahah maka semakin tinggi pula return yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian teknik asosiatif kausal dengan teknik kuantitatif. analisis statistic yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variable kemudian peneliti melakukan analisis Koefisien determinasi yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variable independen (pembiayaan murabahah) terhadap variable dependen (profitabilitas). Instrument pada penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pembiayan murabahahterhadap profitabilitas, Pada hasil perhitungan korelasi antara frequensi menghasilkan angka 0,674 yang menunjukan kedua variable tersebut sangat kuat dan pada perhitungan R square menunjukan koefisien determinasi sebesar 0,454 atau pembiayaan murabahah mempengaruhi profitabilitas sebesar 45,43% dan sisanya dipengaruhi oleh pendapatan lain.
STRATEGI INOVASI PENGEMBANGAN FLORA WISATA SAN TERRA DELAPONTE Asyari, Azis; Arifin, Arifin
Currency (Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah) Vol. 1 No. 2 (2023): Currency
Publisher : LP2M AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ccy.v1i2.232

Abstract

Penelitian "Strategi Inovasi Pengembangan Flora Wisata San Terra Delaponte" bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi inovatif yang dapat digunakan untuk mengembangkan taman wisata San Terra Delaponte melalui pengenalan jenis flora yang unik dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan wawancara dengan pemangku kepentingan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi inovatif yang dapat dilakukan, seperti riset dan pengembangan untuk menemukan jenis flora baru, meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas, mengembangkan program edukasi dan kegiatan terkait flora, mengadakan acara dan festival flora, serta mengembangkan kemitraan dengan pihak lain. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengelola taman wisata San Terra Delaponte atau taman wisata serupa dalam mengembangkan taman wisata dan meningkatkan daya tarik wisatawan.
POLA PEMASARAN PRODUK DI BANK BRI SYARIAH CABANG PAMEKASAN Bahri, Mat
Currency (Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah) Vol. 1 No. 2 (2023): Currency
Publisher : LP2M AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ccy.v1i2.233

Abstract

Ada dua permasalahan yang menjadi fokus penelitian, yaitu; pertama, bagaimana pola pemasaran produk yang di terapkan di Bank BRI Syariah Cabang Pamekasan.? Kedua, apa pola pemasaran yang efektif di Bank BRI Syariah Cabang Pamekasan.? Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah ketua pimpinan cabang, manajer marketing, customer service, dan nasabah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya adalah metode analisis deskriptif-kualitatif. Dari hasil penelitian, diperoleh temuan bahwa: pertama, pola pemasaran produk di Bank BRI Syariah adalah: seluruh proses dimulai dari analisis pasar mengantarkan produk ke pelanggan dan menerima umpan balik. Prosesnya bertujuan untuk mengetahui pasar yang tepat bagi produk dan penempatannya sedemikian rupa sehingga mendapat respon pelanggan yang baik. Ini mencakup promosi dan penjualan produk ke khalayak sasarannya, yaitu calon pembeli dan pelanggan tetap. Berbagai aktifitas yang terlihat dalam pemasaran produk melibatkan analisis pasar, identifikasi permintaan konsumen, perancangan dan pengembangan produk, penetapan harga, penerapan produk baru, komunikasi, periklanan, penentuan posisi, pendistribusian, penjualan, review dan umpan balik. Kedua, Efektivitas pemasaran yang efektif di Bank BRI Syariah Cabang Pamekasan adalah: perkembangannya cukup baik, mengingat indikator penghargaan yang diraih di ukur dari kinerja keuangan atau perolehan laba perusahaan selama 3 tahun terakhir. Tidak perlu di tanyakan lagi bahwa mengamati seorang pemasar melakukan suatu perilaku yang sering meningkatkan kemungkinan bahwa si pengamat melakukan perintah tersebut. Telah tertulis dalam literatur ekonomi bahwa berbagai situasi pemasaran akan efektif mengubah sebuah pasar.

Page 1 of 4 | Total Record : 40