cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6282211345348
Journal Mail Official
journalnusantara130@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
Ulil Albab
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28100581     DOI : 10.56799
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, Seni, Pertanian, Peternakan, Ilmu Komputer, ilmu humaniora dan bidang ilmu lainnya. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin terbit setiap bulan atau 12 kali dalam setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 11: Oktober 2024" : 18 Documents clear
Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Umum Daerah ( PERUMDA ) Pasar Jaya Kinanthi Yuliasari; Ety Nurhayaty
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 11: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i11.4969

Abstract

Permasalahan kinerja karyawan bukanlah timbul begitu saja atau timbul secara sembarangan. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Pasar Jaya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan uji regresi berganda. Adapun Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial variabel X1 dan X2 berdasarkan uji t menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan. Sementara hasil uji F menunjukkan bahwa nilai f hitung adalah 14,862, yang lebih besar dari f tabel sebesar 3.090, dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,00. Hal ini berarti hipotesis ketiga diterima, menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja (X1) dan disiplin kerja (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil uji koefisien determinasi simultan menunjukkan bahwa nilai R Square adalah 0,235 Artinya Secara Simultan Variabel Motivasi (X1), Disiplin Kerja (X2) memeberikan pengaruh terhadap Kinerja (Y) Sebesar 0,235 atau 23,5 % dan sisanya 76,5 % di pengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini .
Pengaruh Pelatihan Kerja, Penghargaan dan Hukuman Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Tosyen Okta Prima Amelia Anggiani; Herudini Subariyanti
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 11: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i11.5456

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peranan yang sangat penting dalam perusahaan karena salah satu faktor penentu berhasil atau tidaknya suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya diperlukan usaha dari sumber daya manusia yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pelatihan kerja, penghargaan dan hukuman kepada pekerja terhadap kinerja karyawan di PT Toysen Okta Prima. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan uji regresi berganda. Adapun Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial variabel X1, X2 Dan X3 berdasarkan uji t menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan. Sementara hasil uji F menunjukkan bahwa nilai f hitung adalah 550,801, yang lebih besar dari f tabel sebesar 2,70, dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,00. Hal ini berarti hipotesis keempat diterima, menunjukkan bahwa variabel Pelatihan Kerja (X1) Penghargaan (X2) dan Hukuman (X3 ) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil uji koefisien determinasi simultan menunjukkan bahwa nilai R Square adalah 0,948 Artinya Secara Simultan Variabel Pelatihan Kerja (X1) Penghargaan (X2) dan Hukuman (X3 ) memberikan pengaruh terhadap Kinerja (Y) Sebesar 94,8% yang memiliki arti kuat.
The Cultural Communication In Society Values Pendalungan Jember Endah Pratiwi; Kunto Arief Wibowo
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 11: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i11.5469

Abstract

The article tries to determine the consider of Pendalungan. of Pendalungan culture,look at communication and multicultural values of Pendalungan culture in Jember Regency . This consider was a qualitative descriptive method. The results showed that 1) there is cultural hybridization with a mixture of new and unique cultures; 2) Communication is carried out with Javanese and Madurese dialects with special dialects and 3) Multicultural values ​​are related to the geographical location of the residence concentric with circles of cultural gradation.
Pengaruh Promosi Jabatan Dan Mutasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Tata Usaha RRI Jakarta Sri Faradiba; Ety Nurhayaty
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 11: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i11.5491

Abstract

RRI Jakarta merupakan lembaga penyiaran tertua di Indonesia, bergerak dalam bidang penyiaran radio yang berlokasi di Jakarta Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi jabatan dan mutasi kerja terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, didukung data sekunder. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan seluruh pegawai yang berjumlah 38 orang bagian Tata Usaha, dengan teknik sampling jenuh. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa, berdasarkan hasil uji parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa variabel promosi jabatan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan karena nilai thitung 3,254> ttabel 2.030 dan nilai sign 0,003<0,005 dan mutasi kerja tidak berpengaruh positif dan signifkan terhadap karyawan karena nilai thitung 0,658 < ttabel 2,030 dan nilai sign 0,515>0,005. Dan dari hasil uji F (simultan) dapat disimpulkan bahwa secara simultan dan signifikan pengaruh promosi jabatan dan mutasi kerja terhadap kinerja karyawan karena nilai fhitung sebesar 10,697 > ftabel 3,020 dan nilai sign 0,000<0,05.
Kepuasan Layanan Penggunaan Sarana dan Prasarana di Universitas Negeri Semarang Widi Widayat; Agung Wiyanto; Anindya Ardiansari; Ahmad Mundzir; Nurlaeli Sri Purnomowati
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 11: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i11.5559

Abstract

Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai institusi yang mengemban amanah membangun peradaban melalui bidang pendidikan, berkewajiban memberikan pelayanan yang terbaik bagi para penggunanya. Disebutkan sebagai pengguna dalam hal ini adalah civitas akademika. Seiring berjalannya waktu, kepuasan atas pelayanan yang diberikan perlu diukur untuk mengetahui tingkat kepuasan yang diterima oleh para pengguna. Proses pengukuran dikemas dalam suatu survei dengan sasaran Dosen, Mahasiswa, dan Tenaga Kependidikan. Kepuasan adalah hasil evaluasi antara harapan (perception) terhadap kualitas layanan dengan kinerja kualitas layanan yang dirasakan (perceived) oleh penggunaan layanan (konsumen/pelanggan). Kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan adalah respons pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya (atau norma kinerja lainnya) dan kinerja aktual produk yang dirasakan oleh pemakai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Service Quality Servqual. Pengolahan data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, analisis kesenjangan untuk melihat kesenjangan antara harapan dan kenyataan serta uji paired sample t test atau uji wilcogson untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara harapan dan kenyataan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kepuasan layanan sarana dan prasarana di UNNES berdasar pandangan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini antara lain 1) jumlah mahasiwa S1, 2) Jumlah dosen UNNES, 3) Jumlah Tenaga Pendidikan UNNES dan dengan sampel sebanyak 1241 orang yang terdiri dari 106 dosen, 112 pegawai, dan 1023 mahasiswa. Data kepuasan ini bisa menjadi rujukan stakeholder dalam hal ini pimpinan UNNES dalam pengambilan kebijakan untuk pengelolaan sarana dan prasarana di UNNES. Berdasarkan hasil penelitian didapat tingkat kepuasan hanya pada kisaran baik atau puas belum mencapai kisaran sangat puas. Oleh karena itu perlu peningkatan layanan sehingga mampu sampai tingkat sangat puas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Service Quality Servqual. Pengolahan data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, analisis kesenjangan untuk melihat kesenjangan antara harapan dan kenyataan serta uji paired sample t test atau uji wilcogson untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara harapan dan kenyataan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kepuasan layanan sarana dan prasarana di UNNES berdasar pandangan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini antara lain 1) jumlah mahasiwa S1, 2) Jumlah dosen UNNES, 3) Jumlah Tenaga Pendidikan UNNES dan dengan sampel sebanyak 1241 orang yang terdiri dari 106 dosen, 112 pegawai, dan 1023 mahasiswa. Data kepuasan ini bisa menjadi rujukan stakeholder dalam hal ini pimpinan UNNES dalam pengambilan kebijakan untuk pengelolaan sarana dan prasarana di UNNES. Berdasarkan hasil penelitian didapat tingkat kepuasan hanya pada kisaran baik atau puas belum mencapai kisaran sangat puas. Oleh karena itu perlu peningkatan layanan sehingga mampu sampai tingkat sangat puas.
Efektivitas Pemanfaatan MyUNNES-Keuangan Konten Aset dalam Pengelolaan Aset PTNBH Widi Widayat; Ahmad Mundzir; Kholiq Budiman
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 11: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i11.5560

Abstract

Perubahan status UNNES dari PTN BLU menjadi PTN BH dengan dasar hukum Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Semarang tertanggal 20 Oktober 2022 yang dikuti perubahan visi, misi, dan tujuan UNNES. Selain perubahan visi, misi dan tujuan juga perubahan tata kelola aset.  Pengelolan aset PTN BH UNNES dapat dikatakan mengalami kenaikan status pengelolaan aset. Kenaikan status pengelolaan ini dulu sebagai pengelola adalah Kemenkeu dengan pengguna Kemendikbudristek dan UNNES sebagai kuasa pengguna, berubah menjadi pengelola adalah tingkat universitas dan pengguna bagi anak satker di lingkungan UNNES. Perubahan kenaikan status menjadikan UNNES memiliki keleluasan besar untuk mengelola asetnya sendiri namun juga memiliki tanggung jawab besar yang harus dijalankan. Peningkatan status pengelolaan aset PTN BH UNNES harus diimbangi kemampuan sumber daya manusia yang mengelola aset dan sistem informasi yang handal sebagi sistem pembantu dalam pengelolaan aset.  Pada tahun 2017 Seksi Aset bersama DSIH melakukan pembuatan sistem My-unnes keuangan konten aset. Perubahan sistem pengelolaan aset yaitu myunnes-keuangan konten myaset unnes tentunya mempengaruhi proses kerja pengelolaan aset dalam menjalankan tugasnya sehari-hari khususnya dalam mendata dan menginventarisasi atau penatausahaan serta laporan aset yang ada di UNNES. Penerapan sistem myaset UNNES diharapkan juga dapat mempermudah dalam penyampaian informasi laporan keuangan khususnya dalam laporan aset UNNES dan penggunaannya dapat mendukung kinerja organisasi semakin baik lagi. Konten Myaset UNNES adalah sistem baru penganti siagung yang mengadopsi sistem sakti. Operator pengelola aset di unit saat ini dapat dipastikan tidak memiliki pengalaman dalam pengelolaan aset dengan sakti atau ke MyUNNES-Keuangan konten aset. Oleh karena itu diperlukan pelatihan agar pengelola aset/operator aset di unit mampu menjalankan sistem my aset tersebut dengan baik. Selain itu juga perlu ada study lebih lanjut tentang fleksibilitas sistem MyUNNES-Keuangan konten aset dalam membantu mempermudah pengelola/operator aset dalam bekerja. Pemakaian myaset akan tergantung sejauh mana kepuasan dari penguna/operator. Kepuasan ini diwujudkan dalam penilaian sejauh mana efektivitas sistem.
Pengaruh Mobile App Design, Marketing Stimulus, Price Sensitivity, Perception Of Cheapness, Dan Impulsive Buying Behavior Terhadap Pengguna Platform Tokopedia Dalam Teori S-O-R Farhan Taruna; Osly Usman; Adnan Kasofi
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 11: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i11.5578

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak mobile app design, marketing stimulus, price sensitivity, dan perception of cheapness terhadap perilaku impulsive buying pada pengguna Tokopedia. Menggunakan pendekatan Model Stimulus-Organisme-Respon (S-O-R), penelitian ini menelaah variabel mobile app design, marketing stimulus, price sensitivity, perception of cheapness, dan impulsive buying. Hasilnya menunjukkan bahwa mobile app design, price sensitivity, dan marketing stimulus secara signifikan mempengaruhi perception of cheapness, yang kemudian memiliki efek kuat terhadap perilaku impulsive buying. Studi ini memberikan wawasan praktis bagi pengembangan strategi pemasaran dan mobile app design untuk meningkatkan keterlibatan pengguna serta konversi penjualan di platform e-commerce.
Polemik Tapera : Paradoks Komunikasi Politik Pemerintah Dari Perspektif Teori Komunikasi Endy Sagita
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 11: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i11.5649

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis komunikasi politik pemerintah dalam diskursus Tapera dan dampaknya terhadap persepsi publik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis konten. Data dikumpulkan melalui studi literatur, analisis berita media, dan wawancara. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi tema-tema utama dalam komunikasi pemerintah dan respons publik terhadap program Tapera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pemerintah berusaha untuk menyampaikan manfaat Tapera, banyak informasi penting yang tidak disampaikan secara jelas,menyebabkan kebingungan dan ketidakpercayaan di kalangan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam komunikasi politik pemerintah. Diperlukan pendekatan yang lebih inklusif dan terbuka untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil, terutama yang berdampak langsung pada kehidupan mereka.
Integrasi Soft Skill Dan Hard Skill: Refleksi Metode Leasson Studi Di Jepang Edi Sumanto; Komarudin Sasi
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 11: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i11.5682

Abstract

Pendidikan modern menekankan pentingnya keseimbangan antara penguasaan hard skills dan soft skills dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten di dunia kerja. Hard skills merujuk pada kemampuan teknis dan akademik, sementara soft skills mencakup keterampilan interpersonal, komunikasi, dan kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas integrasi soft skills dan hard skills melalui pendekatan lesson study di Jepang, sebuah metode kolaboratif yang memungkinkan guru untuk merencanakan, mengamati, dan merefleksikan pengajaran secara sistematis. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan lesson study tidak hanya meningkatkan penguasaan hard skills siswa melalui metode pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah, tetapi juga memperkuat soft skills seperti kerjasama, komunikasi, dan pemikiran kritis. Integrasi ini terbukti efektif dalam membentuk lulusan yang siap menghadapi tantangan global di berbagai sektor. Rekomendasi diberikan untuk implementasi metode ini di sekolah-sekolah internasional dengan adaptasi sesuai kebutuhan lokal.
Pengaruh Motivasi Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Askrindo Cabang Tangerang Farah Aisyah; Ety Nurhayaty
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 11: Oktober 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i11.5690

Abstract

Di era globalisasi saat ini, perusahaan harus lebih memperhatikan pengembangan terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia. Motivasi Kerja dan Beban Kerja merupakan elemen yang mempengaruhi kinerja Perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Askrindo Cabang Tangerang baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian menggunakan kuantitatif statistik. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu karyawan PT Askrindo Cabang Tangerang dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Hasil penelitin ini menunjukan bahwa Motivasi Kerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan hasil uji hipotesis thitung > ttabel (8,412 > 2,010) dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,596. Beban Kerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan dibuktikan dengan hasil uji hipotesis thitung > ttabel (9,007 > 2,010) dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,628. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, beban kerja terhadap kinerja karyawan dan secara simultan motivasi kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan.

Page 1 of 2 | Total Record : 18