cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6287831398687
Journal Mail Official
peshum.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
PESHUM
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28288017     DOI : 10.56799
PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, Sosiologi, Psikologi, Sosial, Budaya, Antropologi. (3) Humaniora: Sastra, Sejarah, Bahasa, Seni, Filsafat, Agama, Hukum. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora terbit setiap 6 kali dalam setahun.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2: Februari 2023" : 20 Documents clear
Cerita Legenda Dusun Kroncong Kabupaten Kediri dalam Pembelajaran Sastra di SD Pendit Gustanu; Mohammad Kanzunnudin
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 2: Februari 2023
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v2i2.1146

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cerita rakyat Kabupaten Kediri. Pendeskripsian cerita rakyat meliputi isi cerita, tema, alur, tokoh, latar, dan amanat. Pendeskripsian nilai edukatif (pendidikan) dalam cerita rakyat meliputi nilai pendidikan moral, nilai pendidikan adat, nilai pendidikan agama (religi), nilai pendidikan sejarah (historis), dan nilai pendidikan kepahlawanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini informasi dideskripsikan secara teliti dan analitis. Strategi penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Cerita, legenda, dan pembelajaran menjadi satu dalam deskripsi cerita mengenai asal-usul terjadinya Dusun Kroncong Kecamatan Kandat Kediri. Data penelitian dikumpulkan melalui beberapa sumber, yaitu informan, tempat dan benda-benda fisik, dan dokumen. Salah satu Informan adalah dari : Lurah, Juru Kunci, Tokoh Adat, RW, dan Warga sekitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi langsung, rekaman, wawancara, pencatatan, dan analisis dokumen. Teknik cuplikan (sampling) yang digunakan adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa asal-usul Dusun Kroncong Kecamatan Kandat Kediri adalah berawal dari Perkelahian oleh dua ekor banteng yang berada di dusun Gondang Desa Purworejo. Dari dusun sebelahnya, yaitu di dusun Kroncong suara dari pertarungan dua Ekor Banteng terdengar dengan suara kemrungsung (dari Dusun Kroncong), sedangkan dari Dusun Ngletih, karena terkena imbas darah dari adu banteng (Ngletih identik dinamakan dengan getih/darah), Sedangkan dari Dusun Gondang tepatnya di Pasar Gondang terdapat pohon beringin sebagai titik dari tempat perkelahian. Makanya nama Gondang identik dengan kondang/terkenal. karena sebagai titik pusat perkelahian dua banteng.
Analisis Cerita Lisan Asal–usul Nyai Ageng Ngerang dan kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Eka Ernawati; Mohammad Kanzunnudin
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 2: Februari 2023
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v2i2.1185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Cerita Dukuh Ngerang Desa Tambakromo Kabupaten Pati, motif – motif di dalam cerita asal – usul Nyai Ageng Ngerang, dan mendiskripsikan kaitannya dengan pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. Masalah yang diangkat di dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kaitanya dengan pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah Penelitian yang bersifat Kualitatif dengan objek penelitian adalah cerita asal –usul Nyai Ageng Ngerang. Metode dan Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Observasi, metode wawancara, metode rekam, dan metode catat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, Nyai Ageng Ngerang adalah seorang tokoh ulama wanita wali Nukbah yang semasa dengan dewan Walisongo yang menyebarkan agama Islam di daerah Juana dan daerah lereng pegunungan Kendeng Pati selatan sampai akhir Hayatnya dimakamkan di Pedukuhan Ngerang Desa Tambakromo Pati, Jawa Tengah. Makamnya dari kota Pati ke selatan 17 km, dan motif – motif yang ditemukan didalam cerita asal –usul Nyai Ageng Ngerang adalah (1) Motif Mitologi tentang asal usul nama ulama wanita yang terdapat di dukuh Ngerang,,(2) Motif tentang pengujian , dan (3) Motif tentang kesetiaan. Kaitan cerita Asal –Usul Nyai Ageng Ngerang dengan pembelajaran tentang memahami sebuah dongen untuk Sekolah Dasar kelas IV pada Standar Kompetensi yang menjadi sasaran pembelajaran adalah Ketrampilan mendengarkan” dengan KD yang yang akan dikembangkan melalui Rencana Pelaksanaan pembelajaran yaitu menyampaikan hasil identifikasi tokoh –tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tertulis dan visual.Adapun Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah, Tanya jawab, penugasan dan diskusi.
Cerita Rakyat Legenda Desa Sunggingan Kaitannya dalam Pembelajaran Sastra di SD Mita Apprillia Sari; Mohammad Kanzunnudin
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 2: Februari 2023
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v2i2.1196

Abstract

Pembelajaran sastra saat ini sangat memprihatinkan dimana pembelajaran sastra mulai hilang gaungnya, karena kalah dengan kemajuan teknologi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui cerita rakyat legenda Desa Sunggingan kaitannya dalam pembelajaran sastra di SD. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara dan dokumentasi yang kemundian di analisis secara deskriptif. Dalam Pembelajaran Sastra anak di SD tepatnya untuk anak-anak yang ada di Desa Sunggingan dapat mengetahui tentang sejarah desanya. Sehingga dalam perputaran arus Global yang deras sekarang ini, mereka dapat mengetahui tentang asal-usul terjadinya nama suatu daerahnya, dan mereka dapat menguri-uri budoyo untuk mengetahui akan sejarah daerahnya masing-masing.
Hubungan Big Five Personality Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Tugas Akhir Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19 Azdira Nurul Ainie; Kurniati Zainuddin; Nur Akmal
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 2: Februari 2023
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v2i2.1361

Abstract

Peneӏitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan big five personaӏity dengan prokrastinasi akademik daӏam penyeӏesaian tugas akhir pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Peneӏitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik random sampӏing. Responden daӏam peneӏitian ini adaӏah mahasiswa Fakuӏtas Psikoӏogi UNM berjumӏah 310 orang. Instrumen yang digunakan, yaitu Skaӏa Prokrastinasi Akademik dan Big Five Inventory (BFI). Anaӏisis data yang digunakan, yaitu uji Spearman dengan bantuan apӏikasi JASP 0.16.1. Hasiӏ peneӏitian pada uji hipotesis menunjukkan bahwa dimensi openness to experience memiӏiki hubungan positif dengan prokrastinasi akademik (r=0,257 p=0,000), dimensi conscientiousness memiӏiki hubungan negatif dengan prokrastinasi akademik (r=0,010 p=0,868), dimensi extraversion memiӏiki hubungan negatif dengan prokrastinasi akademik (r=-0,111 p=0,052), dimensi agreeabӏeness memiӏiki hubungan positif dengan prokrastinasi akademik (r=0,403 p=0,000), dimensi neuroticism memiӏiki hubungan positif dengan prokrastinasi akademik (r=0,253 p=0,000). Peneӏitian ini berimpӏikasi pada bidang psikoӏogi sosiaӏ dan psikoӏogi pendidikan dan bermanfaat untuk mahasiswa bahwa dengan mengetahui tipe kepribadian dapat mencegah muncuӏnya prokrastinasi akademik.
Korelasi Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di MIS Ash-Sholatiyyah Lasem Menuju Era Kurikulum Merdeka Belajar Anita Wahyu Lestari
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 2: Februari 2023
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v2i2.1381

Abstract

Tujuan penulisan yang akan dicapai adalah untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara supervisi klinis kepala sekolah dengan kinerja guru di MIS ASh-Sholatiyyah Lasem. Metode dalam penelitian ini yaitu Ex Post Facto dengan menggunakan penulisan korelasi. Populasi dalam penulisan ini adalah guru MIS Ash-Sholatiyyah Lasem yang berjumlah 12 orang guru. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi, dan wawancara. Teknik dan analisis data melalui langkah-langkah yang meliputi editing dan skoring. Hasi penelitian adalah terdapat hubungan antara supervisi kilinis kepala sekolah dengan kinerja guru di MIS Ash-Sholatiyyah Lasem. Supervisi klinis sangat penting dilakukan oleh kepala sekolah, karena salah satu faktor yang menjadikan sekolah baik dan berkualitas itu adalah sumber daya manusia yang ada di sekolah tersebut terutama guru. Sekolah yang baik memerlukan kinerja guru yang baik pula. Kinerja guru dapat berjalan dengan baik melalui supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala sekolah. Semakin baik pelaksanaan supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala sekolah, maka semakin baik pula kinerja yang dilakukan oleh guru. Terdapat hubungan positif antara variabel X (supervisi klinis kepala sekolah) dan variabel Y (kinerja guru), dengan perolehan nilai koefisien korelasi sebesar 0,71. Dengan perolehan nilai tersebut, hubungan antara kedua variabel dikategorikan sebagai hubungan positif signifikan dengan kategori yang cukup/sedang.
Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MIS Ash-Sholatiyyah Lasem Anita Wahyu Lestari
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 2: Februari 2023
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v2i2.1382

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah, meliputi: (1) Disiplin; (2) Komitmen; (3) Kemampuan dan (4) Tanggung jawab guru. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan pengawas di MIS Ash-Sholatiyyah Lasem. Hasil penelitian ditemukan: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru, adalah gaya memberitahukan (telling), selain gaya telling, kepala sekolah juga menerapkan gaya situasional; (2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan komitmen guru adalah gaya selling (konsultatif) dengan mengarahkan guru untuk menyelesaikan tugasnya; (3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru, yaitu gaya partisipatif yang diterapkannya pada saat rapat internal dewan guru dan rapat lainnya; dan (4) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan tanggung jawab guru, ialah gaya delegatif yaitu melakukan sharing authority kepada anggota untuk melaksanakan tugas organisasi. Diharapkan kepada pengawas dan kepala sekolah supaya dapat memberikan dorongan dan arahan dalam kerja tentang disiplin, komitmen, kemampuan dan tanggungjawab guru secara efektif dan efesien untuk meningkatkan kerja di sekolah.
Peningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Tentang Akar Pangkat Tiga Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD Pada Siswa Kelas 5 MI Ash Sholatiyyah Lasem Anita Wahyu Lestari
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 2: Februari 2023
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v2i2.1383

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk meningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan metode STAD dalam pembelajaran Matematika materi akar pangkat tiga pada peserta didik Kelas 5 MI Ash Sholatiyyah Lasem semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas 5 MI Ash Sholatiyyah Lasem Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang sejumlah 26 peserta didik dengan jumlah peserta didik laki-laki, dan peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes dan non tes. peneliti menggunakan analisis deskriptif, yaitu analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan nilai tes antar siklus dan indikator kinerja. Hasil tindakan pada proses pembelajaran adalah, dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan siswa lebih senang, aktif, dan tampak antusias ketika mengikuti proses pembelajaran karena siswa dilibatkan langsung dalam kegiatan pembelajaran Matematika materi Akar Pangkat Tiga.dan hasil belajar peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajarnya, yaitu dari kondisi awal dari nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 85 dan nilai terendah 60 dengan rata-rata kelas 74,5. Dilihat dari ketuntasan belajar siswa, dari 26 siswa yang sudah berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 20 siswa (77%) dan jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal sebanyak 5 siswa (23%).
Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa Melalui Metode Sosiodrama Siswa Kelas VI MI Ash-Sholatiyyah Kecamatan Lasem Anita Wahyu Lestari
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 2: Februari 2023
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v2i2.1384

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan yang bersifat khusus yaitu meningkatkan keterampilan siswa melalui menaikkan persentase ketuntasan belajar siswa dari 25 % menjadi minimal 75%. Metode penelitian in yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah murid kelas VI MI Ash-Sholatiyyah Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 anak terdiri dari 11 murid perempuan dan 9 murid laki – laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus mempunyai tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data – data diambil dari nilai latihan soal dan lembar observasi. Tolak ukur keberhasilannya adalah bila persentase nilai siswa yang mencapai KKM adalah minimal 75%. Penelitian tindakan kelas berhasil karena dapat mencapai tujuan umum penelitian yaitu meningkatkan persentase keterampilan siswa tentang peningkatan keterampilan dalam mata pelajaran bahasa jawa dengan mencapai tujuan khusus penelitian yaitu meningkatkan keterampilan siswa melalui menaikkan persentase ketuntasan belajar siswa dari 25 % menjadi minimal 75%. Sebelum diadakan penelitian persentase keterampilan adalah sebesar 25%. Pada akhir penelitian persentase keterampilan siswa adalah sebesar 85%.
Kesejahteraan Psikologis Wanita Lajang Pada Dewasa Madya Firda Nurfaizah Anhar; Rohmah Rifani; Hilwa Anwar
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 2: Februari 2023
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v2i2.1385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesejahteraan psikologis wanita lajang pada dewasa madya. Penelitian ini menggunakan aspek kesejahteraan psikologis Ryff, yang terdiri dari penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, kemandirian, penguasaan lingkungan, tujuan hidup dan pertumbuhan pribadi. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah kualitatif dengan pendekatan instrumental case study. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, dan observasi. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 subjek, dengan 2 subjek wanita lajang dewasa madya dan 4 informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis subjek terlihat baik karena ditandai dengan status yang dimiliki subjek saat ini tidak menjadi penghalang dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, selain itu relasi yang didapatkan dilingkungan subjek sangat baik, sehingga hal tersebut membuat subjek lebih menikmati kehidupan sehari-hari layaknya wanita pada umumnya. Selain itu, subjek dapat dikatakan melaksanakan tugas sebagai dewasa madya pada umumnya dikarenakan subjek dapat mengembangkan minat yang dimiliki, memiliki tanggung jawab yang baik dalam bekerja, dan subjek memiliki kedekatan yang baik dalam keluarga. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan agar penelitian ini bermanfaat bagi masyarakat dalam memahami wanita lajang yang ada disekitarnya, dan menjadi referensi ilmiah untuk peneliti selanjutnya.
Pola Emotional Eating Pada Wanita Dewasa Awal Dalam Hubungan Berpacaran Jarak Jauh Dwi Gilda Irmawati; Rohmah Rifani; Nur Afni Indahari
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 2 No. 2: Februari 2023
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v2i2.1386

Abstract

Timbulnya masalah-masalah akan menuntun individu untuk mencari solusi sebagai usaha mengatasi stres yang dihadapi, salah satunya adalah dengan melampiaskannya pada makanan saat perasaan sedang tidak menentu, atau dikenal dengan istilah emotional eating. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui emotional eating pada wanita dewasa awal dalam hubungan berpacaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling, dengan jumlah subjek sebanyak 105 responden (n=105 perempuan). Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala emotional eating yang berbentuk skala Likert. Skala emotional eating diadaptasi dari Arnow dengan aspek frustration, anxiety, dan depression. Data penelitian ini dianalisis menggunakan bantuan SPSS dan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata emotional eating pada wanita dewasa awal dalam hubungan berpacaran jarak jauh berada pada kategori sedang. Wanita dewasa awal yang berpacaran jarak jauh cenderung bersikap, patah hati, merasa bersalah, frustasi, kesal, marah, merasa tidak mampu, tidak berdaya, memberontak dan cemburu sehingga wanita dewasa awal akan mengalami frustasi. Implikasi dalam penelitian ini adalah dapat memberikan wawasan baru mengenai emotional eating pada wanita dewasa awal dalam hubungan berpacaran jarak jauh.

Page 1 of 2 | Total Record : 20