cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kimia
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitian dan pembelajaran kimia mahasiswa.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2016)" : 15 Documents clear
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SECARA ALGORITMIK DAN HEURISTIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Sumardi, Nur Sastikawati; Haryono, Haryono; Utami, Budi
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.372 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran problem solving secara algoritmik dan heuristik terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi model pembelajaran problem solving secara algoritmik dan heuristik dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan kelas XI IP2 3 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Anava Dua Jalan dengan faktor 2x2. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) tidak ada pengaruh model pembelajaran problem solving secara algoritmik dan heuristik terhadap prestasi belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif (2) ada pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar aspek kognitif,sedangkan pada aspek afektif tidak ada pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa, (3) ada interaksi antara model pembelajaran problem solving secara algoritmik dan heuristik dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar kognitif siswa, sedangkan pada prestasi belajar afektif siswa tidak ada interaksi antara model pembelajaran problem solving secara algoritmik dan heuristik dengan kemampuan matematika.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI MIA 3 SEMESTER GENAP SMA BATIK 2 SURAKARTA Trisnawati, Rizka Anggraini Fajar; Haryono, Haryono; E S, Widiastuti Agustina
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.755 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anlisis dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen,  angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dapat meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Pada siklus I, ketercapaian kemampuan analisis siswa sebesar 57% dan meningkat menjadi 73% pada siklus II. Ketercapaian prestasi belajar untuk aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 54% dan meningkat mejadi 78% pada siklus II, ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 87% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II, dan untuk aspek keterampilan hanya dilakukan pada siklus I dengan ketercapaian sebesar 100%.
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Widyawati, Ratna Tri; Masykuri, Mohammad; Utami, Budi
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.374 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran TGT dan STAD pada materi pokok Termokimia, (2) perbedaan prestasi belajar siswa yang ditinjau dari motivasi belajar kimia tinggi dan rendah pada materi pokok Termokimia, (3) interaksi antara model pembelajaran TGT dan STAD dengan motivasi belajar kimia siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Termokimia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI ICT dan kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/ 2016 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk prestasi belajar kognitif dan metode angket untuk prestasi belajar afektif dan motivasi belajar kimia. Uji hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Ada perbedaan prestasi belajar ranah kognitif dan ranah afektif siswa dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD pada materi pokok Termokimia. Penggunaan model TGT memberikan prestasi belajar kognitif dan afektif lebih baik daripada model STAD. 2) Ada perbedaan prestasi belajar ranah kognitif dan ranah afektif siswa yang ditinjau dari motivasi belajar kimia tinggi dan motivasi belajar kimia rendah pada materi pokok Termokimia. 3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif TGT dan STAD dengan motivasi belajar kimia siswa terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa pada materi pokok Termokimia.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DILENGKAPI HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SEMESTER GANJIL SMA N 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Cahyanto, Muhammad Agung Safari; Utomo, Suryadi Budi; Yamtinah, Sri
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.98 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan berpikir kritis siswa; (2) prestasi belajar siswa pada materi Termokimia  kelas XI di SMA N 3 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016 dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) dilengkapi Handout. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang  terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N 3 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran CPS dilengkapi Handout dapat meningkatkan: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Termokimia. Hal ini dapat dilihat dari persentase siklus I 78,13%, dari hasil tersebut tidak dilakukan tindakan siklus II karena sudah mencapai target dari yang ditetapkan awal yaitu 75%. (2) Prestasi belajar siswa pada aspek kognitif meningkat dari 65,63% pada siklus I menjadi 78,13% pada siklus II. Persentase aspek afektif pada siklus I adalah 81,65%  dan untuk aspek psikomotor pada siklus I mencapai 87,15%.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN HANDOUT DAN EKSPERIMEN PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI GONDANGREJO Ariyanti, Dewi; Utomo, Suryadi Budi; Mulyani, Bakti
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.37 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan handout dan eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2015/2016. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI berbantuan handout dan eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari persentase ketercapaian pada prasiklus sebesar 42,86% meningkat menjadi 85,71% pada siklus I. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil prestasi belajar siswa aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Prestasi belajar aspek kognitif pada siklus I sebesar 42,86% meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Prestasi belajar aspek afektif pada prasiklus sebesar 50% meningkat menjadi 82,% pada siklus I. Prestasi belajar aspek psikomotor pada siklus I telah mencapai 100%.
KONTRIBUSI KEMAMPUAN MEMORI DAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI KOLOID DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Annas, Azwar; Ashadi, Ashadi; Haryono, Haryono
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.02 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara (1) kemampuan memori dengan prestasi belajar, (2) kemampuan analisis dengan prestasi belajar, (3) kemampuan memori dan kemampuan analisis dengan prestasi belajar pada materi pokok Koloid di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode Korelational. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil 2 kelas dari 5 kelas dengan teknik Purosive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes. Teknik analisis data dengan analisis korelasi dan regresi linear. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan memori dengan prestasi belajar pada materi Koloid, dari uji t-dua pihak diperoleh nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi Pearson 0,855 (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan analisis dengan prestasi belajar pada materi Koloid, dari uji t-dua pihak diperoleh nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi Pearson 0,832. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan memori dan kemampuan analisis dengan prestasi belajar pada materi Koloid, dari uji F diperoleh nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi ganda 0,866, R2sebesar 0,749.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DILENGKAPI FLASH CHEMQUIZ UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATERI HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X-8 SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Widyawati, Riana Lilis; Utomo, Suryadi Budi; Saputro, Sulistyo
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.577 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan minat belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi dengan Flash ChemQuiz; (2) meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi dengan Flash ChemQuiz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-8 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui angket, tes, observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi dengan Flash ChemQuiz dapat meningkatkan minat siswa pada materi pokok hidrokarbon dengan persentase siswa dengan kategori minat sangat tinggi dan tinggi pada siklus I sebesar 83,33%; (2) penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi dengan Flash ChemQuiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon dengan persentase ketuntasan aspek kognitif pada siklus I sebesar 43,33% menjadi 83,33% pada siklus II. Ketuntasan prestasi belajar aspek afektif sebesar 93,33% pada siklus I. 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 3 SEMESTER GENAP SMA N 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Puspitadewi, Rizky; Catur Saputro, Agung Nugroho; Ashadi, Ashadi
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.357 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA N 1 Teras tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tndakan Kelas (PTK) yang dilaksanakannya dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 3 SMA N 1 Teras tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes, angket, observasi, wawancara dan kajian dokumen. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Pada siklus I, persentase ketercapaian minat belajar siswa sebesar 64,71% dan meningkat pada siklus II menjadi 82,35%. Peningkatan prestasi belajar dilihat dari aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 61,77% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,29%, dari aspek sikap persentase ketercapaian pada siklus I dan siklus II sebesar 100%. Sedangkan untuk prestasi belajar aspek keterampilan hanya dilakukan pada siklus I dan memberikan hasil ketercapaian sebesar 100%
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN QUANTUM LEARNING (QL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 SURAKARTA Primastuti, Juventie; Ashadi, Ashadi; Yamtinah, Sri
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.158 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrolisis garam; (2) pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrolisis garam; dan (3) interaksi antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Learning dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain faktorial 2×3 dengan analisis kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji statistik parametrik ANAVA dan nonparametrik Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Learning terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, tetapi tidak ada pengaruh kedua model pembelajaran tersebut terhadap prestasi belajar aspek sikap dan aspek keterampilan pada materi pokok hidrolisis garam; (2) ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, tetapi tidak ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar aspek sikap dan aspek keterampilan pada materi pokok hidrolisis garam; dan (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Quantum Learning dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan siswa pada materi pokok hidrolisis garam.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTANKELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Kurniasari, Ayuk Widiyastuti; Setyowati, Widiastuti Agustina Eko; Utomo, Suryadi Budi
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.74 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkanprestasi belajar danaktivitas belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah berupa tes dan nontes (observasi, diskusi, wawancara, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwamodel pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar dapat meningkatkan aktivitas belajarsiswa, dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa dari 0% pada prasiklus menjadi 36% pada siklus I, dan menjadi 75% pada siklus II dan prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan (44,4% menjadi 77,7%), aspek sikap 100% pada siklus I, dan aspek keterampilan 100% pada siklus I.

Page 1 of 2 | Total Record : 15