cover
Contact Name
Havid Ardi
Contact Email
havid_a@fbs.unp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
havid_a@fbs.unp.ac.id
Editorial Address
Abdi Humaniora Sekretariat Pusat Kajian Humaniora, Gedung Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP). Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang, Sumatera Barat, Indonesia. 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Abdi Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora
ISSN : 27209652     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora
Core Subject : Education, Social,
Abdi Humaniora: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Humaniora adalah jurnal yang memuat implementasi hasil penelitian dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mencakup kajian pengembangan dan penerapan IPTEKS dalam bidang humaniora. Fokus dan Skop jurnal mencakup hasil penelitian dan implementasi pengabdian kepada masyarakat yang mencakup konsep, model dan implementasinya sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Abdi Humaniora akan menerbitkan Artikel terpilih dalam hasil penelitian dan sosialisasi dan implementasi pengembangan IPTEKS di bidang humaniora, pendidikan, pengajaran.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2023)" : 5 Documents clear
Pengaruh Hybrid Learning pada Mata Kuliah Telaah Drama: Studi Kasus KS Ku-Liek Gisti Kartika
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v4i2.128095

Abstract

This research refers to the hybrid learning method applied to the Indonesian Drama Review course taken by students of the Indonesian Literature study program, Faculty of Language and Arts, Universitas Negeri Padang class of 2020 in the fourth semester of lectures. In practice, students experience many obstacles so they have to ask for help from an art community called Ku-Liek Art Community (KS Ku-Liek). This research method is a qualitative method with a case study approach model. Research participants were selected using purposive techniques with the help of key persons consisting of Indonesian Literature students and the Ku-Liek Art Community management board. The data collection method used interviews and observations. The results obtained were (1) the influence of hybrid learning in encouraging the independence of Indonesian literature students for the development of the Drama Studies course, (2) the role and quality of KS Ku-Liek in helping students to succeed in the Drama Studies course, and (3) the influence of hybrid learning in providing opportunities for the development and promotion of KS Ku-Liek. The hybrid method is considered effective in encouraging students to be more independent, and creating opportunities for art communities that are oriented towards improving the quality of education.
Pelatihan Bahasa Jepang Bagi Mahasiswa Prodi Keperawatan Stikes Syedza Saintika Padang Damai Yani; Firza Firza; Vivi Yuderna
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v4i2.120555

Abstract

Pada tahun 2005, pemerintah Indonesia mengutarakan permintaan adanya kerjasama pengiriman perawat-perawat Indonesia ke Jepang. Permintaan ini dilatarbelakangi adanya surplus tenaga keperawatan dan defisit pada permintaan pekerjaan di Indonesia, terutama bagi mereka lulusan sekolah/akademi Keperawatan (akper) ataupun Perguruan Tinggi Keperawatan. Kemampuan berbahasa Jepang menjadi salah satu syarat bagi tenaga perawat Indonesia yang ingin bekerja di Jepang. Beberapa hal yang menjadi kendala dalam mempelajari bahasa Jepang diantaranya: aksara yang digunakan dan struktur kalimatnya.PKM ini memberikan pelatihan bahasa Jepang kepada mahasiswa prodi keperawatan Stikes Syedza Saintika Padang, Pelatihan ini bertujuan untuk: Memberikan pengetahuan tentang bahasa dan budaya Jepang, yang meliputi: memperkenalkan budaya kerja Jepang, Memperkenalkan bahasa Jepang dasar berupa aisatsu (salam) dan jikoushokai (perkenalan), Memberikan pengetahuan tentang istilah – istilah yang berhubungan dengan keperawatan dalam bahasa Jepang.
Pelatihan Pembuatan Media Ajar Multimedia Interaktif Berbasis IT di SMAN 1 V Koto Kp Dalam Nora Fudhla; Fauzan Aulia; Rifki Oktoviandry; Maulluddul Haq
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v4i2.120248

Abstract

The community service described in this article aimed at offering solutions upon thelackof optimal empowerment of technological capabilities, and knowledge of creating teaching content for teachers at SMAN 1 V Koto Kp Dalam Padang Pariaman, in responding to the demands for ongoing digital learning. Based on the situation at school, these problems lead to two main problems, 1) the lack of teacher's ability to design digital teaching materials/teaching media and 2) the teacher's lack of understanding in choosing the right integrated digital learning application used to accommodate connections and collaboration between teachers and students. The solutions offered are providing a workshop that facilitates teacher to be able to create interactive teaching contents through digital multimedia application. Prior to the workshop, a need analysis was carried out to know the teachers’ perception on the use of digital multimedia application for learning process and what application would suit best to the teachers’ technological capability and situations. The results show teachers’ positive responds and needs of digital application to create teaching contents and a web-based application, namely Canva, was chosen to be taught. The teachers were then guided to produce teaching contents through several available features in Canva such as Presentation, Infographic, Worksheet and Video Making. 
Pelatihan pembuatan buku bacaan bahasa Jepang Tadoku, MGMP Bahasa Jepang, Kabupaten Agam Maulluddul Haq; Reny Rahmalina; Prisyanti Suciaty
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v4i2.120231

Abstract

Permasalahan yang sering dialami oleh guru dalam pembelajaran bahasa Jepang di tingkat SMA yang melatarbelakangi kegiatan pengabdian ini adalah kurangnya pengetahuan guru bahasa Jepang terhadap pendekatan membaca ekstensif (tadoku), serta minimnya ketersediaan buku bacaan berbahasa Jepang yang dapat digunakan sebagai suplemen dalam pembelajaran bahasa Jepang, khususnya pada kegiatan membaca. Keterbatasan ini disebabkan oleh sulitnya untuk mendapatkan buku bacaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, serta harga yang tidak terjangkau apalagi jika langsung memesan buku asli dari Jepang. Kegiatan pelatihan pembuatan buku tadoku ini menawarkan solusi terhadap permasalahan guru dengan cara memanfaatkan keterampilan guru yang sudah ada untuk menciptakan buku bacaan berbahasa Jepang yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa di sekolah.   
Bimtek Pemantapan TPACK bagi Guru SMAN 3 Padang Panjang berbasis Internet of Things Rifki Oktoviandry; Nur Rosita; Syafitri Ramadhani; Prisyanti Suciaty
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v4i2.120432

Abstract

Sektor pendidikan telah merujuk pada pendekatan Internet of Things di abad ke-21. Faktanya, guru berusaha mengelola dan mengintegrasikan penggunaan teknologi ke dalam pengetahuan pedagogis dan konten di kelas. Pengabdian ini mencoba memaparkan penilaian self-rating guru dalam menerapkan teknologi dalam proses pengajaran mereka untuk meningkatkan kompetensi konten dan pedagogik mereka agar lebih berkembang. Sebanyak 25 orang guru di SMAN 3 Padang Panjang telah mengisi kuesioner TPACK yang diadaptasi dari Schmidt (2009) untuk mengetahui pengetahuan mereka di bidang teknologi, pedagogik, dan konten. Pendekatan deskripsi data qualitative digunakan untuk menganalisis data angket scoring menggunakan likert scale 1-4. Terlihat bahwa skala penilaian diri guru pada TPACK berkembang dengan baik. Kemudian, tersirat bahwa mereka tidak dapat mengembangkan konten dan pedagogi tanpa teknologi. Dengan demikian, teknologi menjadi faktor penting untuk mendukung pedagogi dan pengetahuan konten dalam pembelajaran abad 21.

Page 1 of 1 | Total Record : 5