cover
Contact Name
Havid Ardi
Contact Email
havid_a@fbs.unp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
havid_a@fbs.unp.ac.id
Editorial Address
Abdi Humaniora Sekretariat Pusat Kajian Humaniora, Gedung Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP). Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang, Sumatera Barat, Indonesia. 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Abdi Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora
ISSN : 27209652     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora
Core Subject : Education, Social,
Abdi Humaniora: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Humaniora adalah jurnal yang memuat implementasi hasil penelitian dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mencakup kajian pengembangan dan penerapan IPTEKS dalam bidang humaniora. Fokus dan Skop jurnal mencakup hasil penelitian dan implementasi pengabdian kepada masyarakat yang mencakup konsep, model dan implementasinya sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Abdi Humaniora akan menerbitkan Artikel terpilih dalam hasil penelitian dan sosialisasi dan implementasi pengembangan IPTEKS di bidang humaniora, pendidikan, pengajaran.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2024)" : 5 Documents clear
Workshop English for Public Relation and Journalism berbasis Digital bagi Siswa SMKN 2 Padang Panjang Carbiriena Solusia; Devy Kurnia Alamsyah; Atmazaki Atmazaki; Nur Rosita
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v6i1.131089

Abstract

Sektor Pariwisata semakin menggeliat baik dalam kancah lokal maupun global. Hal ini membuat posisi kehumasan dan jurnalistik menjadi sangat krusial dalam tataran pemasaran pariwisata kepada turis lokal maupun manca negara. Lulusan siswa SMK konsentrasi Produk Siaran Program Televisi (PSPT) sebagai calon aktor akan terlibat didalamnya dan SMKN 2 Padang Panjang sebagai salah satu SMK yang memiliki program kejuruan produksi siaran program televisi menggaungkan broadcasting sebagai penciri utama sekolah. Pembelajaran broadcasting di sekolah ini haruslah diintegrasikan dengan bahasa Inggris, mengingat program revitalisasi SMK adalah pengaplikasian bilingual learning ecosystem dimana bahasa Inggris adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan SMK dalam upaya mempersiapkan diri menghadapi persaingan global yang semakin kompleks. Hal ini diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran berbasis produksi dengan pendekatan teaching factory dan business centre.  Namun demikian, terdapat beberapa permasalahan internal terkait hal ini seperti belum meratanya kemampuan siswa dalam hal kehumasan dan jurnalistik, belum spesifiknya bahan ajar Bahasa Inggris untuk SMK dalam konsentrasi jurusan tersebut, rendahnya keterampilan siswa dalam berbahasa Inggris dalam konteks kegunaan kehumasan dan jurnalistik. Maka dari itu diperlukan langkah kongkrit untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan pemberian workshop kepada siswa. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah memberikan workshop terpadu atau pelatihan penguatan kompetensi kehumasan dan jurnalistik berbasis digital berbahasa Inggris sebagai implementasi bilingual learning ecosystem di SMK.
Pelatihan Makrame dalam Kriya Tekstil Serta Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan SDM Anak-Anak Panti Asuhan Hanifa III Kampung Mato Aia Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam Asra Ilal Khairi; Siti Aisyah; Heldi Heldi; Tasya Adesaputri; Shinta Sasmiati
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v6i1.131791

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada peningkatan keterampilan anak-anak Panti Asuhan Han- ifa III di Gadut Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, melalui pelatihan kriya tekstil, khususnya makrame, dan strategi pemasaran yang efektif. Program ini bertujuan untuk mengatasi kurangnya keterampilan kerajinan di kalangan anak-anak yang selama ini lebih banyak menerima pendidikan umum dan agama. Pelatihan ini mem- berikan mereka kemampuan praktis untuk membuat berbagai barang dekorasi rumah seperti hiasan dinding, gan- tungan kunci, dan gantungan tanaman dengan teknik makrame. Selain itu, program ini juga mencakup kompo- nen pemasaran, mengajarkan anak-anak cara mempromosikan produk mereka secara efektif, khususnya melalui media sosial, untuk membuka peluang usaha. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta, dengan sebagian besar berhasil menghasilkan produk makrame yang dapat dipasarkan. Inisiatif ini tidak hanya memberdayakan anak-anak dengan keterampilan yang berharga, tetapi juga memberikan mereka kesempatan untuk mandiri secara finansial dan berpotensi menghasilkan pendapatan di masa depan.
Edukasi Literasi Digital dengan Pendekatan Diet Media Sosial untuk Ibu-Ibu Majelis Taklim di Lubuk Minturun Kota Padang Muhd. Al Hafizh; Hade Afriansyah; Yunita Engraini
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v6i1.130794

Abstract

Diet adalah konsep yang familiar di kalangan ibu-ibu, dengan berbagai jenis diet seperti Atkins, keto, dan vegan untuk menjaga kesehatan dan penampilan tubuh. Namun, belum ada "diet" media sosial, meskipun rata-rata ibu di Indonesia menghabiskan 3-4 jam sehari di media sosial, yang berpotensi menyebabkan obesitas digital. Obesitas digital dapat menumpuk informasi, mengganggu fokus, dan menurunkan produktivitas. Program PKM tentang edukasi literasi digital untuk ibu-ibu majelis taklim menjadi sangat penting karena ibu-ibu adalah pilar utama dalam mendidik generasi. Di era digital, pendidikan generasi milenial menghadapi tantangan baru. Jika ibu-ibu tidak dapat mengatasi masalah teknologi dan informasi, akan terjadi gap generasi antara orangtua dan anak dalam hal teknologi dan pengetahuan. Tujuan kegiatan ini adalah: 1) Membantu ibu-ibu terbebas dari obesitas digital, menciptakan kenyamanan dan ketentraman dalam kehidupan mereka. 2) Meningkatkan soft skills literasi digital terkait kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. Metode pelaksanaan meliputi pemetaan perilaku digital, pelatihan, sosialisasi, dan pendampingan. Luaran yang diharapkan adalah artikel ilmiah, artikel media massa, video kegiatan, dan keterampilan pemanfaatan media sosial yang lebih baik bagi ibu-ibu
Pelatihan Teknik Melukis Imajinatif bagi Guru SBdP dI SDN 10 Ganting dan SDN 31 Pasir Kandang Padang Yusron Wikarya; Yofita Sandra; Rahmi Oktayory Wikarya; Nessya Fitryona; Eswendi Eswendi; Fadhil Nugraha Wikarya; Fahmi Ade Fahrezi
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v6i1.131315

Abstract

The priority problem consists of two aspects, namely: (1) the aspect of mastering the concept of imaginative painting techniques. (2) The aspect of applying imaginative painting techniques. The methods for solving the problem are: (1) model design, (2) counseling and discussion, (3) training. The end of the activity is expected to produce: (1) scientific publications in accredited national journals, (2) activity videos, and (3) publications in print/online media, (4) increased understanding of the concept of imaginative painting, and (5) increased imaginative painting skills. After the activity is completed, it has produced: (1) scientific articles published in accredited national journals, (2) activity videos published on YouTube, and (3) news articles published in print/online media, (4) increased understanding of the concept of at least 70% of the imaginative painting material mastered by participants, (5) Increased skills of at least each participant producing two imaginative paintings.
Meningkatkan Kemampuan TPACK dengan Artificial Intelligence for Education (AIEd) bagi Guru SMPN 4 Padang Panjang Ainul Addinna; Eni Kurniawati; Prisyanti Suciaty; Nur Rosita
ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/abdihumaniora.v6i1.131087

Abstract

Tahun 2024 menjadi tahun yang berbeda bagi guru di Indonesia yang mana guru diharuskan mengisi e-kinerja di aplikasi PMM dan menetapkan Refleksi Kompetensi. Refleksi Kompetensi ini berfokus pada kesesuaian kompetensi guru dengan kebutuhan peserta didik. Kompetensi guru ini salah satunya adalah TPACK atau Technological Pedagogical Content Knowledge yang dapat berbantukan Artificial Intelligence (AI). TPACK adalah framework pengetahuan guru abad 21 yang berguna menunjang skill pengajaran. Sementara AI adalah sejumlah aplikasi yang dapat mempermudah dan menunjang pengajaran. Dengan alat bantu ini, guru dapat mengoptimalkan kualitas dan kuantitas pembelajaran baik dari segi persiapan materi, pemberian tugas terstruktur secara digital, pelaksanaan pengajaran, dan evaluasi secara online yang hasilnya dapat secara cepat dan in real time. Hal ini membuat kegiatan mengajar dapat dilakukan tanpa kertas (paperless), tanpa papan tulis (boardless), dan dapat dilakukan dari mana saja (anywhere) dan kapan saja (anytime). Oleh sebab itu, workshop ini adalah salah satu cara yang efektif dalam meningkatkan kompetensi professional dan pedagogik guru. Disisi lain, pelatihan ini juga memberikan kebermanfaatan digital literacy skill bagi guru dalam pembelajaran di era digital. Guru akan mampu menyiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran 4.0 yang tidak terbatas ruang dan waktu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5