cover
Contact Name
Ati Rosmiati
Contact Email
indexsasi@apji.org
Phone
+6281361123292
Journal Mail Official
atirosmiati15@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pulonas Baru, No. 6 Lawe Bulan , Kab. Aceh Tenggara, Provinsi Aceh
Location
Kab. aceh tenggara,
Aceh
INDONESIA
Tuwah Pande
ISSN : 29637953     EISSN : 29631254     DOI : 10.55606
Core Subject : Education,
Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran; menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan studi ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut : Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Biologi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan PKN, Pendidikan Agama, Pendidikan Seni Budaya, Psikologi Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran" : 15 Documents clear
EFEKTIVITAS MEDIA FOTO BERIORIENTASI KEHIDUPAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA SMA NEGERI 1 LAWE BULAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 Ainul Mardiah; James Marudut; Irfan Johari
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v1i2.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Media Foto Beriorientasi Kehidupan Sosial Dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasif Pada SMA Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jumlah Informan dalam penelitian ini siswa 21 yaitu kelas X IPA . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab terdahulu maka dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasif Melalui Foto Berorientasi Kehidupan Sosial Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata tes awal Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Persuasifsiswa adalah sebesar 60.62 dengan standar deviasinya sebesar 7.61 dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rata-ratanya sebesar 81.57 dengan standar deviasinya sebesar 5.83 Berdasarkan data hasil tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM bahasa Indonesia untuk SMA sebesar 75, maka Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Persuasif untuk tes akhir siswa termasuk dalam Kemampuan baik. Selain itu, pada nilai tobservasi > ttabel yakni 9.79 > 2,08 maka dengan demikian dari hasil pengujian hipotesis di atas diperoleh kesimpulan bahwa ada Efektivitas Keterampilan Menulis Teks Persuasif Melalui Foto Berorientasi Kehidupan Sosial Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pembelajaran 2021/2022
KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INSTRINSIK PADA SYAIR PERAHU KARYA HAMZAH FANSURI OLEH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 KUTACANE TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 Barina Hasan; Ati Rosmiati; James Marudut
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v1i2.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menganalisis Unsur Instrinsik Pada Syair Perahu Karya Hamzah Fansuri oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kutacane Tahun Pembelajaran 2021/2022. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kutacane tahun pembelajaran 2021/2022 yang berjumlah keseluruhan 70 siswa, terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini siswa 29 yaitu kelas IX Depok yang diambil menggunakan teknik purposif sampling atau pengambilan sampel yang ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab terdahulu maka dapat disimpulkan bahwa ada Kemampuan Menganalisis Unsur Instrinsik Pada Syair Perahu Karya Hamzah Fansuri Oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kutacane Tahun Ajaran 2021/2022. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata tes awal Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Pada Syair Karya Hamzah Fansuri siswa sebesar 78.97 dengan standar deviasinya sebesar 6.35, jika dikaitkan dengan nilai KKM Mata Pelajaran bahasa Indonesia sebesar 75, maka Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Pada Syair Karya Hamzah Fansuri untuk tes awal siswa termasuk dalam kategori baik. Dari pengujian hipotesis didapat, nilai thitung > ttabel atau 78.97 > 2.04 atau hipotesis diterima maka dengan demikian dari hasil pengujian hipotesis di atas diperoleh kesimpulan bahwa ada Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Pada Syair Karya Hamzah Fansuri Oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kutacane Tahun Ajaran 2021/2022.
PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARYA ILMIA SEDERHANA MENGGUNAKAN STRATEGI KONTEKSTUAL KELAS XI SMA NEGERI 1 DARUL HASANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 Saidi; James Marudut; Rekaza Akbar
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v1i2.24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah dengan menggunakan strategi kontekstual siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Darul Hasanah . Masalah Utama penellitian ini adalah” Apakah ada Peningkatan menulis karya ilmiah dengan menggunakan strategi kontekstual oleh siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Darul Hasanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketetrampilan menulis karya ilmiah siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Darul Hasanah dengan menggunakan strategi kontekstual pada siklus I berda pada kategori sangat rendah dan rendah dengan nilai rata- rata adalah 52.83. dan setelah keterampilan menulis karya ilmiahpada siswa kelas XI IPA Negeri 1 Darul Hasanah dengan menggunakan strategi kontekstual pada siklus II berada pada nilai tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 87. 39 dengan presentase 19 siswa kategori tinggi (85%). Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Darul Hasanah dengan menggunakan strategi konseftual mengalami peningkatan . Dengan demikian pembelajaran menggunkan strategi kontekstual dapat diterapkan kepada siswa karena mampu membantu agar siswa lebih semangat dalam pembelajaran.
ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUTACANE TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Saleha; James Marudut; Rekaza Akbar
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v1i2.25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran butir soal dan daya beda butir soal Ujian Akhir Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 3 Kutacane Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah metode observasi, dan kuantitatif. Metode observasi ini digunakan untuk mengetahui jumlah peserta didik dan mendapatkan naskah soal dan data lembar jawaban soal Bahasa Indonesia, yang menjadi sampel adalah kelas VIII SMP Negeri 3 Kutacane. Sedangkan metode kuantitatif digunakan pada saat melakukan analisis butir soal Ujian Akhir Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesukaran butir soal Ujian Akhir Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 3 Kutacane Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan soal kriteria mudah (2,5%), soal dengan kriteria sedang(55%) dan soal dengan kriteria sukar (42,5%). Daya beda memiliki kriteria soal dibuang (12,5%), kriteria soal baik sekali tidak ditemukan (0%), kriteria soal baik (17,5%), kriteria soal cukup (22,5%) dan kriteria soal jelek (47,5%). Kesimpulan dari penelitian ini pada tingkat kesukaran adalah soal Ujian Akhir Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 3 Kutacane Tahun Pelajaran 2020/2021 memiliki kriteria soal sedang, dan daya beda soal Ujian Akhir Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 3 Kutacane Tahun Pelajaran 2020/2021 memiliki kualifikasi soal yang baik.
PENERAPAN METODE KONSTRUKTIVISTIK DALAM KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMPNEGERI 2 KUTACANE TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 Silvi Febriani; Ati Rosmiati; Lusi Selvia Fitri
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v1i2.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan metode Konstruktivistikdalam Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa..Kelas VIII..SMP Negeri 2 Kutacane Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jumlah Sampel dalam penelitian ini siswa 28 yaitu kelas VIII Badar. Urutan dari kegiatan awal sampai dengan penutup merupakan metode penelitian pre-eksperiment dengan desain penelitian one group pretest posttest design. metode tersebut menggunakan desain penelitian dengan melakukan pretes, perlakuan, dan postes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab terdahulu maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Metode Konstruktivistik Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kutacane Tahun Pembelajaran 2021/2022. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata tes awal Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi siswa adalah sebesar 52.86 dengan standar deviasinya sebesar 6.60 dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rata-ratanya sebesar 78.39 dengan standar deviasinya sebesar 4.83 Berdasarkan data hasil tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengan Pertama (SMP) sebesar 75, maka Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi untuk tes akhir siswa termasuk dalam Kemampuan baik. Selain itu, pada nilai tobservasi > ttabel yakni 16.26 > 2,052 maka dengan demikian dari hasil pengujian hipotesis di atas diperoleh kesimpulan bahwa ada Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Metode Konstrukvistik Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kutacane Tahun Pembelajaran 2021/2022
ANALYSIS OF MORPHOLOGICAL ERROR IN PRINT NEWSPAPER AS INDONESIAN LANGUAGE TEACHING MATERIALS STUDY YEAR 2020/2021 Sondang Gusti Arifa; James Marudut; Rekaza Akbar
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v1i2.27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesalahan-kesalahan morfologi yang ada pada koran Cetak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah koran cetak. Hasil kesalahan yang ada pada koran cetak adalah kesalahan kata dasar tidak baku pada Afiks dan Reduplikasi, pelulusan fonem, penggunaan huruf kapital yang tidak tepat, tidak ada penggunaan tanda penghubung pada Reduplikasi. Kesalahan Afiksasi 15 kesalahan (Prefiks sebanyak 7 kesalahan, Sufiks sebanyak 2 kesalahan, Konfiks sebanyak 6 kesalahan), Reduplikasi 13 kesalahan.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOVERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KUTACANE TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Leli Nurdari; Lusi Selvia Fitri; M. Supratman
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v1i2.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan berbicara oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kutacane Tahun Pembelajaran 2021/2022. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kutacane yang berjumlah 100 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 24 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one group preetest and posttest design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Adapun data yang diperoleh nilai rata-rata tes awal keterampilan berbicara adalah sebesar 59,58 dan termasuk dalam kategori kurang, dengan standar deviansinya sebesar 6,27 dan mengalami peningkatan pada hasil tes akhirnya dengan nilai rata – rata 82,83 dengan standar diviansinya sebesar 2,5. Berdasarkan hasil nilai tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Kutacane sebesar 70, maka kemampuan siswa dalam dalam keterampilan berbicara untuk tes akhir siswa termasuk dalam kategori baik. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 16,30 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% adalah sebesar 2,064 dengan demikian thitung > ttabel atau 16,30 > 2,064 maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode cooperative script untuk meningkatkan keterampilan berbicara oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kutacane Tahun Pembelajaran 2021/2022.
ANALISIS BENTUK KETIDAKADILAN GENDER TERHADAP PEREMPUAN DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA KAJIAN FEMINISME Mika Puspita Sari; James Marudut; Rekaza Akbar
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v1i2.29

Abstract

Mika Puspita Sari. 2022. Bentuk ketidakadilan gender terhadap perempuan dalam novel surga yang tak dirindukan karya Asma Nadia kajian feminisme. Skripsi. Kutacane: program studi S1 pendidikan bahasa dan satra indonesia, sekolah keguruan dan ilmu pendidikan, stkip us kutacane. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai bentuk ketidakadilan gender dalam novel surga yang tak dirindukan karya Asma Nadia. Manfaat penelitian ini untuk dapat menambah wawasan tentang bentuk ketidakadilan gender pada novel tersebut bagi siapapun para pembacanya. Penelitian yang dilakukan ini dengan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat bentuk ketidakadilan gender yang dialami oleh beberapa tokoh perempuan yaitu Arini sebagai tokoh utama yang mengalami bentuk ketidakadilan gender yang meliputi subordinasi dan beban ganda. Sedangkan Mei Ros istri kedua dari suaminya Arini mengalami bentuk ketidakadilan gender yang berupa beban ganda dan kekerasan.
PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAWE ALAS TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 Ria Sagita Sastra; James Marudut; Rekaza Akbar
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v1i2.30

Abstract

Berbicara merupakan salah satu kemampuan berbahasa dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang lebih sering memutuskan untuk menyampaikan pesan, karena korespondensi lebih menarik jika dilakukan dengan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Model Reciprocal Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini siswa 25 yaitu kelas X IPA 1 yang diambil menggunakan teknik purposif sampling atau pengambilan sampel yang ditentukan. Adapun alasan penelitian menggunakan teknik purposive adalah kelas tersebut merupakan kelas yang belum pernah dilakukan penelitian dengan judul yang sama.Data yang dikumpulkan dalam penelitian berupa skor tes. Data skor tes ini adalah skor hasil tes awal dan skor hasil tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab IV, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2021/2022. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata tes awal Pembelajaran Keterampilan Berbicara siswa adalah sebesar 58.80 dengan standar deviasinya sebesar 7.25 dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rata-ratanya sebesar 82.20 dengan standar deviasinya sebesar 5.84 Berdasarkan data hasil tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM bahasa Indonesia untuk SMA sebesar 75, maka Pembelajaran Keterampilan Berbicara untuk tes akhir siswa termasuk dalam Kemampuan baik. Selain itu, pada nilai tobservasi > ttabel yakni 12.38 > 2,06 maka dengan demikian dari hasil pengujian hipotesis di atas diperoleh kesimpulan bahwa ada Peningkatan Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2021/2022
THE EFFECT OF USING PICTURE ON STUDENT VOCABULARIES OF NOUN ESPECIALLY IN ANIMAL IN THE V CLASS OF SD SWASTA MUHAMMADIYAH KUTACANE Cindy Shania; Muhammad Tahir; Raja Fauziah
Tuwah Pande: Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STKIP USMAN SAFRI KUTACANE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/tuwahpande.v1i2.31

Abstract

This research is aimed to investigate the effect of using picture on student Vocabularies to find out the students’ difficulties in vocabulary by using picture. This is an experimented research design which used the descriptive quantitative method in analyzing the data. The data of this research was the Vth grade students of SD Muhammadiyah Kutacane, Kutacane. In the 2022/2023 academic year by using total sampling methods, 50 students were chosen as the sample. The sample was divided into two groups; 25 students as experimental group and 25 students as control group. The experimental group was given treatment by group using picture vocabularies and control group using direct method. The instrument of the research is written test, which used pre-test and post-test. The result of this research showed that tobserved(16.6 > 2.01) with and df = 48. It means Ha is accepted. Therefore, there were significant effects of using picture vocabularies.

Page 1 of 2 | Total Record : 15