cover
Contact Name
Riskha Arfiyanti
Contact Email
deiksisugj@gmail.com
Phone
+6281361170125
Journal Mail Official
deiksisugj@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/DEIKSIS/about/editorialTeam
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23556633     EISSN : 25485490     DOI : https://doi.org/10.33603/dj.v11i1
Core Subject : Education,
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia,  pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menerima publikasi dari pengajar, pemerhati dan peneliti bahasa dan Sastra Indonesia. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Media dan Multimedia Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Kurikulum dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Pengembangan Profesional Guru Bahasa dan Sastra Indonesia, Desain Didaktis dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Lesson Study dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Kajian tentang teori sastra, kritik sastra, sejarah sastra, genre, alih wahana dan sastra bandingan Kajian tenang hubungan sastra dengan kebudayaan, politik, filsafat, sosiologi, psikologi, antropologi, etnologi, genre, linguistik, dan sejarah. Kajian linguistik yang mencakup sosiolinguistik dan psikolinguistik.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2022): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA" : 9 Documents clear
Pengembangan Media Animasi Materi Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Pembelajaran Abad 21 di Kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi Gempita Anjaly Pierda; Irma Suryani; Rasdawita Rasdawita
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9 No 2 (2022): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v9i2.6818

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan proses pengembangan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran video animasi materi teks laporan hasil observasi berbasis pembelajaran abad 21. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Data dalam penelitian ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi proses pengembangan media pembelajaran. Data kuantitatif berupa hasil penilaian media pembelajaran yang berasal dari validator ahli media, ahli materi, respon praktisi dan respon siswa. Data kuantitatif diolah menggunakan skala likert dan rumus N-Gain. Subjek penelitian yaitu peserta didik berasal dari kelas VII di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Kepraktisan media pembelajaran dinilai berdasarkan 3 aspek, yaitu aspek kelayakan konten, kelayakan tampilan, dan aspek teknik kebahasaan dengan nilai rata-rata keseluruhan yaitu, 84,90 berkategori tinggi. Media pembelajaran yang dikembangkan ini tergolong efektif diukur berdasarkan selisih nilai N-Gain tes awal dan tes akhir peserta didik ditinjau dari aspek kognitif dan psikomotorik. Selisih tes awal dan tes akhir aspek kognitif sebesar 0,72 dengan kategori N-Gain tergolong tinggi. Pada aspek psikomotorik, selisih tes awal dan tes akhir sebesaar 0,76 dengan kategori N-Gain tinggi. Berdasarkan hal tersebut, media animasi yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi di jenjang SMP.Kata kunci: Pengembangan, teks laporan hasil observasi, pembelajaran abad 21
Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Youtuber Eropa pada Tataran Linguistik Helmi Muzaki; Nudiyalista Khusna; Elzahra Adelia Putri; Rizka Amalia Putri; Sindi Melinda; Awal Ciptaning Kanugrahan; Auditiya Probo Larasati
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9 No 2 (2022): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v9i2.6908

Abstract

Abstrak. Analisis kesalahan berbahasa pada penutur asing sangat penting untuk dilakukan karena dengan mengetahui kesalahan berbahasa bisa memahami proses pemerolehan bahasa kedua dan membantu memperbaiki kesalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan penutur asing dari benua Eropa berdasarkan linguistik, yaitu fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis dalam penelitian ini    melalui 4 tahap yaitu:  (1) menentukan sampel, (2) mengidentifikasi kesalahan, (3) mendeskripsikan kesalahan, dan (4) menjelaskan kesalahan  (Ellis, 1994)  Sumber data yang digunakan adalah video unggahan para penutur asing dari benua Eropa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya bervariasi kesalahan berbahasa penutur asing benua Eropa. Pada tataran fonologi, yaitu penambahan, penggantian, pengurangan serta penghilangan fonem di awal, tengah, dan akhir kata. Pada tataran morfologi, yaitu ketidaktepatan penggunaan prefiks, penghilangan prefiks, penghilangan konfiks, dan penghilangan kombinasi afiks. Pada tataran sintaksis, yaitu kesalahan penyusunan frasa, kalimat tidak berpredikat, penghilangan konjungsi, dan penjamakan ganda. Pada tataran semantik, yaitu pemilihan diksi yang kurang tepat. Hasil penelitian juga menunjukkan kesalahan berbahasa terbanyak yang dilakukan oleh penutur dari benua Eropa adalah kesalahan pada tataran fonologi. Kata kunci: kesalahan berbahasa, Bahasa Indonesia, Youtuber Eropa
Interferensi Bahasa Betawi Dalam Bahasa Indonesia Pada Tayangan "Obrolan Of The Day" Aldafa Nur Azella; Sinta Rosalina
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9 No 2 (2022): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v9i2.6947

Abstract

Abstrak.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk interferensi bahasa Betawi dalam bahasa Indonesia pada tayangan “Obrolan Of The Day” edisi 14 Desember 2020. Peristiwa interferensi dapat terjadi pada ragam lisan, pada tayangan “Obrolan Of The Day” edisi 14 Desember 2020 menghadirkan bintang tamu yang merupakan seorang bilingual. Hal tersebut memberi peluang terjadinya peristiwa interferensi pada tuturan bintang tamu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk menjelaskan data-data penelitian. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari tayangan Obrolan Of The Day” edisi 14 Desember 2020 pada kanal youtube trans7. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa teknik dokumentasi, simak bebas libat cakap (SBLC) dan catat. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan terjadinya interferensi bahasa Betawi dalam bahasa Indonesia. Interferensi terjadi pada bidang fonologi dengan jumlah 6 data, bidang morfologi dengan jumlah 3 data, dan bidang sintaksis dengan jumlah 11 data.Kata Kunci: bahasa betawi, interferensi, sosiolinguistik
Transivitas dan Konteks Situasi dalam Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor SE. 08 Tahun 2022: Kajian Linguistik Sistemik Fungsional Usti Usti; Gusnawaty Gusnawaty; Muhammad Hasyim; Tadjuddin Maknun
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9 No 2 (2022): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v9i2.6955

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transivitas dan hubungannya dengan konteks situasi dalam Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor SE. 08 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah pada Bulan Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1443 H/2022 M. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan linguistik sistemik fungsional. Sumber data dalam penelitian ini adalah surat edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor SE. 08 tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah pada Bulan Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1443 H/2022 M. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data tulisan. Penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu simak dan catat. Hasil dari penelitian ini, yaitu terdapat empat tipe proses yang muncul, yaitu proses material, behavioural, mental, dan relasional. Partisipan dalam surat edaran tersebut ada dua, yaitu partisipan manusia yang kemunculannya paling banyak dan partisipan bukan manusia (abstrak) yang kemunculannya lebih sedikit daripada partisipan manusia. Sirkumstan yang ditemukan sebanyak lima, yaitu sirkumstan sebab yang muncul paling banyak, disusul dengan sirkumstan lokasi dan sirkumstan cara, kemudian sirkumstan yang paling sedikit kemunculannya adalah sirkumstan penyerta dan masalah. Berkaitan dengan konteks situasi menunjukkan bahwa surat edaran tersebut bergenre instruksi hal tersebut menandakan bahwa penutur memberikan arahan dan petunjuk agar melakukan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam surat edaran tersebut.Kata kunci: transivitas, konteks situasi, surat edaran, Menteri Agama.
Teknik Interviu dalam Inkonsistensi Pembelajaran Daring Terhadap Mahasiswa Universitas Airlangga (Kajian Linguistik Forensik) Yopi Lutfi Subargo; Yarno Yarno; Prakrisno Satrio
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9 No 2 (2022): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v9i2.7057

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknik interviu sehingga diperoleh jawaban objektif tentang sumber masalah pembelajaran yang terjadi pada kelas daring. Jenis penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan pendekatan lingustik forensik untuk mendapatkan informasi sedalam-dalamnya melalui interviu, didukung teori pragmatik yaitu kajian implikatur. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas MKWU Universitas Airlangga kelas D.2-9, semester satu 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan responsif kepada seluruh mahasiswa saat kelas daring. Bersamaan dengan itu, diamati perilaku belajar mahasiswa selama sepuluh kali pertemuan. Data diperoleh dari portal E-Learning Hebat Unair pada akun dosen. Data dianalisis dengan teknik induktif dan berlangsung tiga tahap. Proses analisis itu mencakup 1) reduksi data, 2) sajian data, dan 3) verifikasi data. Intervieu dilakukan terhadap mahasiswa yang terduga inkonsisten selama pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan perilaku belajar saat pembelajaran daring: 1) inkonsistensi mahasiswa saat pembelajaran daring, seperti mahasiswa tidak responsif di dalam kelas, kamera dan audio selalu dimatikan selama pertemuan kelas zoom meeting, pengumpulan tugas terlambat; 2) informasi diperoleh dari interviu mahasiswa menggunakan implikatur percakapan tanpa ada paksaan dan tekanan; 3) masalah kesehatan mental mahasiswa bersumber dari kebosanan, stres belajar di rumah, stagnasi, bingung, keinginan mengekspesikan diri, dan kebutuhan bersosialisasi. Kata Kunci: implikatur, inkonsistensi, interviu, linguistik forensik, pragmatik
Pengembangan Bahan Ajar BIPA dalam Perspektif Etnografi Komunikasi Galih Kusumo; Agnes Herlina Dwi Hadiyanti
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9 No 2 (2022): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v9i2.7097

Abstract

Abstrak. Dalam pengembangan bahan ajar BIPA, pengajar perlu juga melihat bagaimana bahasa tersebut digunakan dalam konteks lingkungan situasi sosial yang sesungguhnya. Bahasa menjadi inti dari komunikasi sekaligus sebagai pembuka realitas bagi manusia dan manusia membentuk kebudayaannya dan masyarakat melalui komunikasi. Untuk dapat mewujudkan hal-hal tersebut dalam bahan ajar, pengajar perlu memperhatikan beberapa faktor seperti analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pelacakan latar belakang budaya siswa BIPA, dan identifikasi kemampuan berbahasa siswa BIPA. Dalam pemilihan bahan pembelaran, pengajar perlu memilih bahan-bahan yang otentik dan berorientasi pada budaya. Hal tersebut akan membantu siswa BIPA untuk mampu memahami dan mampu mempraktikkan berbagai pola komunikasi dalam suatu masyarakat dengan baik dan benar.Kata Kunci: Bahan Ajar, Etnografi Komunikasi, BIPA
Penerapan Model Pedagogi Genre dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Mahasiswa PBSI Sukini Sukini; Bayu Indaryanto; Abdul Rozak
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9 No 2 (2022): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v9i2.7905

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatan kemampuan menulis puisi pada mahasiswa PBSI semester II Universitas Widya Dharma dengan menerapkan model pembelajaran Pedagogi Genre dalam pembelajaran puisi. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa terdapat peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan diterapkannya model pembelajaran pedagogi genre. Mahasiswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar, komunikatif, terjadi scaffolding, dan terjadi peningkatan kemampuan menulis puisi. Nilai KKM dalam menulis puisi 80, ketuntasan klasikal 80%. Pada masa prasiklus nilai rata-rata mahasiswa 72, tingkat ketuntasan 0%. Setelah diterapkan model pedagogi genre pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 79, yang nilainya sama atau lebih dari KKM 25%. Pada siklus II nilai rata-rata mahasiswa 85 yang nilainya sama atau lebih dari KKM 88%. Jadi, penerapan model pembelajaran Pedagogi Genre dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis puisi pada mahasiswa PBSI.Kata Kunci: model pembelajaran, pedagogi genre, menulis puisi
Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Indegenous Culture bagi Peserta Didik ABK di Sekolah Non-Inklusi di Madura Mixghan Norman Antono; Abdul Rosyid
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9 No 2 (2022): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v9i2.7962

Abstract

Abstrak. Keterampilan berbahasa merupakan keterampilan dasar hidup yang harus dikuasai oleh seluruh manusia tanpa terkecuali. Keterampilan ini meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Secara eksplisit keterampilan ini telah diajarkan kepada manusia di fase awal kehidupannya baik secara formal maupun nonformal. Bagi manusia yang dilahirkan normal transformasi pengetahuan keterampilan ini dimungkinkan berjalan tanpa hambatan, tetapi akan sedikit berbeda jika transformasi ini ditujukan untuk manusia yang dilahirkan dengan spektrum kebutuhan khusus tertentu yang secara bersamaan mereka ditempatkan pada sebuah keadaan yang “normal”. Mereka akan sedikit lebih sulit menerima bentuk pengetahuan baru yang dibutuhkan ketika melaksanakan pembelajaran keterampilan berbahasa ini. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang dengan pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis Indegeneous Culture atau budaya asli untuk memudahkan mereka mengenali konsep-konsep pengetahuan yang diajarkan melalui peningkatan keterampilan berbahasa. Hasilnya, setelah menggunakan media interaktif ini didapati bahwa adanya peningkatan motivasi belajar bagi peserta didik ABK untuk mengembangkn potensinya diantara peserta didik “normal” lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang mengutamakan deskripsi dari setiap tahapan kegiatan yang dilakukan. Penelitian diawali dengan menganalisis karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus dan mengimplemnetasikan media pembelajaran interaktif yang menunjukan fakta naiknya atensi peserta didik berkebutuhan khusus terhadap pembelajaran Bahasa IndonesiaKata Kunci: Pendidikan inklusi, Anak berkebutuhan khusus, indigenous culture, media pembelajaran.
Komik Digital Berbasis Keberagaman Budaya Indonesia Sebagai Media Literasi Siswa Sekolah Dasar Ike Nurjanah; Mudopar Mudopar; Ira Rahayu
Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9 No 2 (2022): DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/deiksis.v9i2.8230

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan menyusun  komik digital berbasis keberagaman budaya Indonesia sebagai media literasi siswa sekolah dasar. Hal ini dilakukan karena berdasarkan hasil analisis awal membuktikan bahwa media yang digunakan oleh guru masih tradisional. Guru hanya memanfaatkan media pembelajaran seadanya, seperti penggunaan media gambar atau media tradisional lainnya, bahkan tekadang dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan media. Kondisi tersebut menyebabkan siswa merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Kejenuhan yang dialami oleh siswa berpengaruh juga terhadap hasil dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti merancang media pembelajaran berupa komik digital. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket. Adapun hasil validasi terhadap media komik digital mendapatkan skor rata-rata 93,96% dengan kategori sangat valid, dan hasil kelayakan yang dilakukan oleh validator materi terhadap materi komik digital yang terdiri 2 aspek penilaian yaitu mendapatkan skor rata-rata 98,07%. Validasi yang dilakukan oleh ahli media I mendapatkan skor 93,63%, validasi yang dilakukan oleh ahli media II mendapatkan skor 94,29, validasi yang dilakukan oleh ahli materi  I mendapatkan skor 97,57%, validasi yang dilakukan oleh ahli materi  II mendapatkan skor 98,57% Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV sekolah dasar di SDN 1 Jatipiring. Hasil dari uji coba terbatas dengan penyebaran kuesioner mendapatkan tanggapan bahwa siswa menyatakan sangat setuju bahwa komik digital dapat memudahkan siswa memahami materi pembelajaran, meningkatkan minat baca dan keterampilan literasi siswa. Hasil respon guru terhadap penerapan komik digital berbasis Keberagamaan Budaya Indonesia pada siswa kelas IV SD mendapatkan skor rata-rata 88% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis Keberagaman Budaya Indonesia sebagai media literasi pada siswa kelas IV layak digunakan untuk siswa Sekolah Dasar.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik Digital, Literasi

Page 1 of 1 | Total Record : 9