cover
Contact Name
M. Rokim
Contact Email
muhrokim@staihitkediri.ac.id
Phone
+6282230109057
Journal Mail Official
jurnaljmi@staihitkediri.ac.id
Editorial Address
Dsn. Petuk RT 01 04, Puhrubuh, Kec. Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64161
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Ta'lim
ISSN : 2963704X     EISSN : 29636965     DOI : -
Jurnal Yang Memuat Solusi Problematika Tentang Ekonomi, Sosial, Budaya, Hukum, Pendidikan, Dsb, Yang diperoleh Melalui Penelitian
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 43 Documents
Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa MTs Rudhlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri Ifa Muzari’ah
Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda setiap individu, dalam pembelajaranya terkadang memerlukan bantuan dari teman sebaya terutama di lingkungan sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar. . Tujuan penelitian ini akan melihat pengaruh dukungan sosial teman sebaya, gambaran gaya belar terhadap motivasi belajar. penelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan teknik simple random dengan jumlah sampel 125 siswa. Teknik analisi menggunakan regresi ganda variabel dummy. Dengan alat ukur dukungan sosial teman sebaya (26 valid), gaya belajar (30 valid) dan motivasi belajar (27 valid). Hasil penelitian menunjukkan Terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan gaya belajar terhadap motivasi belajar sebesar 0.090 atau sebesar 9% dengan persamaan Y = 66,940 + 0,238 - 5,051 + 0,539.
Penbandingan Minat Dan Prestasi Belajar Antara Mahasiswa Berlatar Belakang Pendidikan Pesantren Dan Non Pesantren Di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri Muhamad Rokim; Yusnan Setiawan
Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam dunia pendidikan, prestasi belajar banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di antara berbagai faktor tersebut adalah Minat belajar untuk itu peneliti mengambil rumusan yaitu 1) Bagaimanakah Minat dan prestasi belajar mahasiswa yang latar belakang pondok pesantren? 2) Bagaimanakah Minat dan prestasi belajar mahasiswa yang latar belakang non pondok pesantren? 3) apakah terdapat perbedaan Minat dan prestasi belajar antara mahasiswa yang latar belakang pondok pesantren dan non pondok pesantren?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, dokumentasi, populasi peneliatian ini sekaligus di jadikan sampel sebanyak 110 adalah mahaiswa jurusan pendidikan bahasa arab Analisis data statistik dengan rumus t-test independent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan yang signifikan antara Minat dan prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang pondok pesantren dan non pondok pesantren. dengan perbandingan skor rata-rata Minat belajarnya 115,00 : 99,67, sementara perbandingan perbedaan tingkat prestasi belajarnya 81,86: 79,13. Hasil analisis perhitungan statistik melalui rumus t-test independent diperoleh hasil nilai Sig (2-tailed) untuk Minat sebesar 0,000 dan prestasi sebesar 0,004 yang lebih kecil dari pada nilai alpha 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Minat dan prestasi belajar antara mahasiswa yang berlatar belakang pondok psantren dan non pondok pesantren di jurusan pendidikan bahasa arab IAIN Kediri.
Formulasi Strategi Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Berbasis Pesantren Ragil Arwani
Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mempertahankan eksistensi sebuah lembaga pendidikan merupakan sebuah keniscayaan. Namun tidak sedikit lembaga yang gagal dalam melakukan hal tersebut, dikarenakan kurang tepatnya perumusan langkah-langkah strategis yang diambil. UNHASY Tebuireng dan UNWAHA Tambakberas merupakan Perguruan Tinggi yang telah mencapai pengembangan kelembagaan dari level Sekolah Tinggi dan Institute menjadi level Universitas. Untuk itu, penelitian ini membahas tentang formulasi strategi pengembangan lembaga Perguruan Tinggi berbasis Pesantren yang difokuskan pada 2 masalah utama yakni: (1) perumusan arah organisasi kedepan melalui pengembangan lembaga pendidikan tinggi; dan juga (2) perumusan strategi kebijakan dalam pengembangan lembaga pendidikan tinggi. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan multi-situs, yang mana dalam pengumpulan data, diperoleh dengan teknik wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi secara mendalam, dengan harapan dapat menjabarkan temuan-temuan yang diperoleh secara detail dan komprehensif dalam penelitian ini. Hasil penilaian ini memuat beberapa rumusan strategi pengembangan yakni menentukan arah organisasi yang tersurat dalam visi, misi, tujuan dan obyejtif. Selanjutnya dibarengi dengan perumusan strategy yang meliputi 4 aspek yakni perubahan struktural, penambahan keilmuan, perbaikan SDM, perbaikan sarana prasarana dan layanan sistem administrasi berbasis teknologi. Adapun kebijakan-kebijakan terkait strategi meliputi (1) pengangkatan pembantu pimpinan puncak yang berkompeten, sehingga memperkuat kapasitas kelembagaan melalui kerja sama dengan institusi lain; (2) penambahan program studi baru sebagai upaya tercapainya integrasi keilmuan umum dan agama; (3) perekrutan tenaga pendidik yang menjadi fokus utama dalam peningkatan mutu pada aspek kuantitatif, yang selanjutnya secara kualitatif dengan mencapai gelar akademik tertinggi (S3) bagi pendidik dan juga adaya diklat dan seminar guna meningkatkan kemampuan pedagogik, penelitian dan juga pengabdian masyarakat; dan terkahir (4) penambahan gedung dan fasilitas berbasis teknologi guna menunjang layanan akademik menjadi lebih efekti dan efisien terutama pada masa pandemi seperti sekarang ini.
Persepsi Santri Terhadap Penerapan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Zaidatul Laili Maghfiroh
Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Arabic is a compulsory subject for santries in Islamic boarding schools. In learning Arabic in this digital era, technology has a big role to play. This is not limited to Islamic boarding schools which in fact have modern characteristics, namely the Syarif Hidayatullah Cyber ​​Islamic Boarding School. One of the innovations that can be done is by utilizing audio-based podcast learning media. This article aims to determine the santries' perception of the use of podcasts as an audio-based Arabic learning media. The data in this study were obtained from the results of field observations and questionnaires distributed, and the respondents who contributed were 92 santries. This study uses a descriptive approach with qualitative research methods. The data collection technique in this study was carried out by distributing questionnaires through Google forms to a number of Syarif Hidayatullah Cyber ​​Islamic Boarding School santries. Data analysis was carried out by grouping the average answer scores on the questionnaire, looking for the percentage of respondents' responses, and interpreting the results of respondents' responses based on percentages. The results of the study were that most of the santries knew and used podcasts. Podcasts are considered innovative as audio-based Arabic learning media. With the podcast, santries are aware of the importance of learning Arabic for their future.
Telaah Indahanya Bahasa Al-Qur’an Secara Lafadz Farhan Masrury
Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa yang masih terjaga eksistensinya sampai sekarang. Terjaganya bahasa arab tidak lain karena kitab suci al-Qur’an turun dengan menggumnakan bahasa arab, sehingga bahasa tersebut terus dipelajari guna untuk mempelajari, memahami, dan menafsirkan al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam. Sebelum al-Qur’an diturunkan, bangsa arab sudah terkenal dengan bahasa dan sastranya. Hal tersebut terbukti dengan bahasa yang mereka gunakan dan karya sastra yang mereka ciptakan. Keindahan bahasa dan sastra menurut mereka adalah simbol keagungan yang mereka anggap tidak ada yang menyainginya. Berbeda ketika al-Qur’an turun dengan bahasa yang indah, yang tidak terkalahkan oleh karya sastra manapun. Sehingga banyak orang Arab yang meniru gaya bahasa al-Qur’an dalam karangan sastra mereka. Gaya bahasa al-Qur’an adalah variasi yang digunakan oleh al-Qur’an dalam mengungkapkan dan menyampaikan maksud yang dikehendakinya. Al-Qur’an merupakan surat Allah kepada hamba-hamba-Nya. Sebagai surat tentu saja berisikan berita gembira, peringatan petunjuk, perintah-perintah, dan larangan-larangan. Bahasa al-Qur’an tidak hanya memperhatikan gagasan yang disampaikan, akan tetapi juga memperhatikan manusia dan dunianya
Problematika Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia Dzikri Wahyu Ramadhani
Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu Vol. 1 No. 2 (2022): Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The implementation of learning experiences various dynamics of change from time to time. One of them is during the Covid-19 pandemic. The Covid-19 pandemic has changed the order of human life around the world in all fields, especially in the field of education. The purpose of writing this article is to identify various kinds of problems that arise during online learning during the Covid-19 pandemic. This article was written using the literature study method by reviewing research data sources and related references. Learning from home is one of the right methods to keep learning in the midst of these dire conditions. Due to the rapidly changing circumstances, various problems arise in this online learning method, such as lack of preparation and lack of supporting facilities. To overcome the problems that arise, cooperation and awareness are needed between educators, students, parents, guardians, families, and people around to support the success and effectiveness of online learning from home.
Penerapan Model Kooperative Learning Tipe Take And Give Pada Pembelajaran IPS Paket B Dalam Menuju Kurikulum Merdeka Belajar Di PKBM Among Warga Tahun 2022 Lutfi Dian Niaga
Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu Vol. 1 No. 2 (2022): Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan non-formal paket B merupakan pendidikan kesetaran yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan formal di SMP. Pembelajaran yang diselenggarakan pada kesetaraan Paket-B harus dapat memenuhi kebutuhan warga belajar. Muatan pembelajaran atau mata pelajaran yang diberikan tidak jauh berbeda dengan pembelajaran yang ada disekolah formal. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) salah satu subjek pembelajaran yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melatih dan memberikan pengalaman belajar dalam pembelajaran dibutuhkan metode atau model pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Hal tersebut terbukti dengan Penerapan Model Kooperative Learning Tipe Take And Give mampu Menuju Merdeka Belajar di Warga Belajar Paket-B Pkbm Among Warga Tahun 2022
Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak Siti Khofifah
Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu Vol. 1 No. 2 (2022): Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan tempat atau wadah bagi para anak-anak untuk dibimbing dalam segala aspek, akhlak ilmu, dan keterampilan merupakan hal yang sangat penting dibina didalam lingkungan sekolah, jadi bukan hanya pengetahuan yang diutamakan namun terlebih kepada membentukan karakter dan penanaman nilai-nilai moril terhadap para anak-anak yang berada dalam lingkungan sekolah dan tentunya itu semua tidak lepas dari peran pendidik yang berada dalam lingkungan sekolah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif dengan memilih kelas V sebagai sampel dan 2 informan yang dianggap memiliki pengetahuan dan informasi mengenai permasalahan yakni Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa: Observasi dan Dokumentasi, serta wawancara secara mendalam terhadap informan. Data tersebut dianalisis secara kualitatif. Hasil pelitian ini menunjukkan hasil yang cukup baik dalam Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak dengan mewawancarai informan yang dilihat dari aspek pengaruh pendidik, murid, kantin, ruang kelas dan lapangan bermain, adapun pendidik dan murid sama-sama memiliki pengaruh positif dan juga pengaruh negatif terhadap pembentukan karakter anak.
Sistem Penerimaan Guru Pada Lembaga Pendidikan Swasta (Studi di Yayasan SMK Al-Huda Kota Kediri) Mohamad Fahrudin Efendi
Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu Vol. 1 No. 2 (2022): Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerimaan Tenaga pendidik dan kependidikan merupakan salah satu unsur terpenting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan, yang meliputi pengelola satuan pendidikan, penilik, pamong belajar, pengawas, peneliti, pengembang, pustakawan, laboran dan teknisi sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem penerimaan guru baru dengan fokus penelitian, yaitu: 1) Perencanaan penerimaan guru baru 2) Kriteria atau kualifikasi penerimaan guru baru 3) Pelaksanaan penerimaan guru baru 4) Implikasi guru baru yang direkrutmen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai sistem penerimaan guru baru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penerimaan tenaga pendidik baru ini sudah cukup baik yang meliputi: 1) pelaksanaan penerimaan guru baru ini bisa terlaksana dengan melakukan tahap penetapan tujuan dan sasaran, pembentukan panitia yang bagus, penetapan daya tampung dan perumusan strategi sosialisasi yang akan digunakan. Pelaksanaan sosialisasi dengan menggunakan strategi intern dan ekstern 2) Kriteria atau kualifikasi tenaga pendidik baru dengan cara musyawarah kepala sekolah, ketua yayasan dan panitia dengan mengacu pada nilai tes atau sesuai kriteria kelulusan yang di tetapkan bersama. 3) Pelaksanaan penerimaan guru baru diadakan untuk memenuhi kebutuhan lembaga dengan membentuk kepanitiaan dengan waktu yang lama serta koordinasi setiap seminggu sekali dan seleksi dilakukan dengan bentuk tes tulis, dan tes wawancara kemudian praktik. 4) Implikasi guru baru ini bisa dilihat dari kinerjanya yang dilakukan oleh kepala sekolah secara kontinu dan ketua yayasan dengan pengawasan tidak langsung.
Pandangan Al-Qur’an Terkait Merubah Bentuk Tubuh Farhan Masrury
Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu Vol. 1 No. 2 (2022): Ta'lim : Jurnal Multidisiplin Ilmu
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Changing God's creation is one of the phenomena that occurs today due to the influence of technological developments, so that the primitive society will be increasingly eroded by technological sophistication and turn into a modern society that is able to turn ugliness into beauty and disability into perfection. Indeed, Allah forbids humans from changing Allah's creation as described in the Qs. an-Nisa 'verse 119. Mufassirin interprets the conversion in question as changing the nature of God's religion and changing the human body.