cover
Contact Name
Abdi Rahim Damanik
Contact Email
abdirahimdmk@gmail.com
Phone
+6285767845317
Journal Mail Official
admin@jrsikom.my.id
Editorial Address
Jl Purwo, Karangsari, Simalungun, Sumatera Utara
Location
Kab. simalungun,
Sumatera utara
INDONESIA
(JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer
Published by Siantar Codes Academy
ISSN : -     EISSN : 3090076X     DOI : 10.180997/jrsikom.v1i3
JRSIKOM: Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer adalah jurnal Nasional dalam bahasa indonesia dengan frekuensi terbitan sebanyak 4 (kali) kali dalam Setahun. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian terbaik anda agar bisa dibaca oleh banyak orang. Jurnal JRSIKOM hanya menerbitkan artikel dengan tema komputer. Ruang lingkup publikasi ini meliputi : Teori Komputasi (Computational Theory, Arsitektur dan Organisasi Komputer (Computer Architecture and Organization), Sistem Operasi (Operating Systems), Jaringan Komputer (Computer Networks), Basis Data (Database Systems), Keamanan Komputer (Computer Security), Grafika Komputer (Computer Graphics), Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence), Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing), Pemrograman (Programming), Sistem Informasi (Information Systems), Ilmu Data (Data Science), Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development), Komputasi Awan (Cloud Computing), Komputasi Kuantum (Quantum Computing)
Articles 33 Documents
Perancangan Aplikasi Pemantauan Pemakaian Air untuk Efisiensi Sumber Daya Alam dengan Visual Studio 2010 Renni Fitriani; Rika Harnita; Wulan Ariska Dewi
(JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer Vol. 1 No. 1 (2025): Volume 1 Nomor 1
Publisher : PT Siantar Codes Academy Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.180997/jrsikom.v1i1.1

Abstract

Membangun aplikasi pemantauan pemakaian air merupakan langkah strategis dalam upaya efisiensi sumber daya alam, terutama di tengah meningkatnya kebutuhan air bersih. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi berbasis desktop menggunakan Visual Studio 2010 yang dapat memantau, menganalisis, dan melaporkan penggunaan air secara real-time. Aplikasi ini dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang intuitif, memungkinkan pengguna untuk menginput data pemakaian air, serta menghasilkan grafik dan laporan yang informatif. Dengan keberhasilan pengembangan aplikasi ini, diharapkan dapat menjadi model bagi inisiatif lain dalam pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, serta mendukung program-program pemerintah dalam konservasi air dan lingkungan
Perancangan Aplikasi Latihan Soal Ujian Berbasis Android Menggunakan Android Studio Pada SMP Negeri 2 Pematangsiantar M.Taufan Sembiring; Imam Fajar Azhari; Raihan Wigatra
(JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer Vol. 1 No. 1 (2025): Volume 1 Nomor 1
Publisher : PT Siantar Codes Academy Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.180997/jrsikom.v1i1.2

Abstract

perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu penerapan teknologi informasi dalam pembelajaran adalah pengembangan aplikasi latihan soal berbasis Android. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat membantu siswa dalam mempersiapkan ujian dengan lebih efektif dan fleksibel. Aplikasi ini dirancang menggunakan Android Studio, dengan fitur utama berupa latihan soal interaktif, penilaian otomatis, dan umpan balik instan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran, memberikan akses mudah ke materi soal, serta menyediakan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam mendukung proses pembelajaran berbasis teknologi.
Perancangan Aplikasi Membuat Aplikasi Kuis Pendidikan Menggunakan Android Studio Pada SMP Negeri 1 Pematangsiantar Imam Auzzari Pane; M.Farhan Akbar; Putri Ramadhani Pohan; Amna Sari Almaida Dalimunthe
(JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer Vol. 1 No. 1 (2025): Volume 1 Nomor 1
Publisher : PT Siantar Codes Academy Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.180997/jrsikom.v1i1.3

Abstract

Penilaian siswa merupakan bagian penting dalam proses pendidikan yang membutuhkan alat yang efektif dan efisien. Dalam penelitian ini, dikembangkan aplikasi penilaian siswa berbasis Android yang bertujuan untuk mempermudah guru dalam mengelola data penilaian, absensi, dan informasi siswa. Aplikasi ini diimplementasikan menggunakan Android Studio dan SQLite untuk pengelolaan data lokal. Proses pengembangan mengikuti tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Aplikasi ini memiliki fitur login, registrasi, dan manajemen nilai, serta antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Pengujian dilakukan untuk memastikan kelancaran aplikasi pada berbagai perangkat Android dan memverifikasi fungsionalitas sistem. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi sesuai harapan, dengan kinerja yang optimal dan tanpa masalah signifikan. Aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan penilaian dan absensi siswa, serta memberikan pengalaman yang praktis bagi guru dan siswa. Untuk pengembangan selanjutnya, disarankan untuk menambah fitur analisis data dan kemampuan untuk mengakses data secara online.
Perancangan Aplikasi Pembelajaran Interatif Dengan Adroid Studio Pada SMK Teladan Pematangsiantar Eka Fadillah; Ela Permatasari; Fahri Afif Lesmana
(JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer Vol. 1 No. 1 (2025): Volume 1 Nomor 1
Publisher : PT Siantar Codes Academy Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.180997/jrsikom.v1i1.4

Abstract

Perkembangan  teknologi  digital,  khususnya  dalam  bidang  pendidikan,  telah memberikan dampak yang signifikan terhadap cara pembelajaran dilakukan. Salah satu teknologi yang banyak digunakan adalah aplikasi mobile berbasis Android yang dikembangkan menggunakan Android Studio. Aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Android memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran dengan menyediakan materi yang lebih menarik dan interaktif. Namun, banyak institusi pendidikan yang masih menghadapi tantangan dalam penerapan teknologi ini, seperti kurangnya media pembelajaran yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Android Studio untuk menjawab masalah tersebut. Aplikasi yang dikembangkan mengintegrasikan berbagai fitur interaktif seperti video pembelajaran, kuis, dan modul latihan yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, serta memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas di berbagai wilayah.
Perancangan Aplikasi Edukasi Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Android Studio Ilham Rajagukguk; Dinda Padini; M.Iqram; Ahmad Yogi Purba
(JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer Vol. 1 No. 1 (2025): Volume 1 Nomor 1
Publisher : PT Siantar Codes Academy Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.180997/jrsikom.v1i1.5

Abstract

Teknologi telah menjadi bagian penting dalam mendukung inovasi di bidang pendidikan, termasuk pada tingkat sekolah dasar. Dalam era digital ini, penggunaan aplikasi edukasi berbasis teknologi semakin diperlukan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan efektif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi edukasi berbasis Android menggunakan Android Studio yang dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar. Aplikasi ini dirancang dengan pendekatan user-centered design untuk memastikan bahwa antarmuka dan fungsionalitasnya mudah digunakan, relevan, serta sesuai dengan kebutuhan siswa. Konten dalam aplikasi mencakup berbagai mata pelajaran utama seperti Matematika, Bahasa Indonesia, dan Sains. Materi pembelajaran disajikan melalui kombinasi fitur interaktif, seperti permainan edukatif, animasi visual, kuis adaptif, dan tantangan belajar yang dapat memotivasi siswa untuk lebih terlibat dalam pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti sistem skor, leaderboard, dan pembaruan konten yang dapat disesuaikan dengan kurikulum. Uji coba aplikasi dilakukan pada kelompok siswa sekolah dasar untuk mengevaluasi efektivitas, keterlibatan, dan pengalaman pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi, aplikasi ini terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat pemahaman konsep pembelajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang inovatif dan menyenangkan. Dengan pemanfaatan aplikasi ini, diharapkan siswa dapat lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran
Perancangan Aplikasi Penjadwalan Daur Ulang Sampah Berbasis Visual Studio 2010 Mutiara Andini Saragih; Riskita Al Khairiyah; Sovia Vepiola Siahaan
(JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer Vol. 1 No. 1 (2025): Volume 1 Nomor 1
Publisher : PT Siantar Codes Academy Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.180997/jrsikom.v1i1.6

Abstract

Aplikasi berbasis teknologi informasi memiliki potensi besar dalam mendukung pengelolaan sampah secara lebih efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi penjadwalan daur ulang sampah berbasis Visual Studio 2010 yang dapat mempermudah pengaturan jadwal pengangkutan sampah. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam mendukung sistem pengelolaan sampah berkelanjutan. Penelitian ini mencakup desain antarmuka pengguna, implementasi algoritma penjadwalan, dan pengujian aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini memiliki tingkat efisiensi dan akurasi tinggi dalam penjadwalan pengelolaan sampah.
Perancangan Aplikasi Penjadwalan Pelajaran Dengan Android Studio Pada SMP Negeri 3 Pematangsiantar Dini Maysaroh; Nabila Sary Hidayah; Anggrian Pramana
(JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer Vol. 1 No. 1 (2025): Volume 1 Nomor 1
Publisher : PT Siantar Codes Academy Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.180997/jrsikom.v1i1.7

Abstract

Aplikasi penjadwalan pelajaran merupakan solusi digital untuk mengatasi tantangan dalam pengelolaan jadwal pembelajaran di lingkungan sekolah. Dengan menggunakan teknologi Android Studio, aplikasi ini dirancang khusus untuk memberikan kemudahan bagi siswa dan guru dalam mengatur jadwal pelajaran, mengelola mata pelajaran, serta memantau kegiatan pembelajaran sehari-hari. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi terkait jadwal secara langsung melalui perangkat Android mereka tanpa perlu bergantung pada media manual seperti papan pengumuman atau buku jadwal. Dalam pengembangannya, aplikasi ini mengadopsi metode kerja berbasis offline untuk memastikan pengguna tetap dapat mengakses dan mengelola jadwal meskipun tanpa koneksi internet. Walaupun sederhana, aplikasi ini dirancang dengan memperhatikan kebutuhan utama sekolah untuk mempermudah koordinasi jadwal dan mengurangi risiko kesalahan informasi.
Perancangan Aplikasi Kamus Pendidikan Berbasis Android Pada Dinas Pendidikan Pematangsiantar Wulan Putri Atmaja; Marisa Agnes Simamora; Nurul Vauzia
(JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer Vol. 1 No. 1 (2025): Volume 1 Nomor 1
Publisher : PT Siantar Codes Academy Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.180997/jrsikom.v1i1.8

Abstract

Di era globalisasi, kemampuan memahami berbagai bahasa menjadi kebutuhan utama, terutama dalam dunia pendidikan. Akses terhadap sumber daya belajar yang multibahasa dapat membantu siswa dan pengajar memahami materi dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi kamus pendidikan berbasis Android yang mendukung terjemahan dalam empat bahasa utama, yaitu Indonesia, Inggris, Jepang, dan Cina. Aplikasi ini dilengkapi fitur autentikasi pengguna (login dan register), splash screen interaktif berbasis animasi GIF, serta pengelolaan data kata dan terjemahan menggunakan. Metode pengembangan yang digunakan mencakup analisis kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka modern, implementasi modular, dan pengujian untuk memastikan fungsionalitas aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi berjalan stabil pada berbagai perangkat Android, memiliki antarmuka yang ramah pengguna, serta mampu menyimpan dan menampilkan data terjemahan dengan baik. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat pendukung pembelajaran bagi siswa dan pengajar dalam memahami istilah-istilah penting dari berbagai bahasa.
Perancangan Aplikasi Penyelamatan Lingkungan Mengurangi Penggunaan Plastik dengan Sistem Berbasis Visual Studio 2010 Andreas Sirait; Fenny Fenessa Pardede; Junita Ari Pratiwi Sihotang
(JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer Vol. 1 No. 1 (2025): Volume 1 Nomor 1
Publisher : PT Siantar Codes Academy Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.180997/jrsikom.v1i1.9

Abstract

Penyelamatan lingkungan merupakan upaya penting untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan plastik terhadap ekosistem dan kesehatan manusia. Aplikasi "Penyelamatan Lingkungan: Mengurangi Penggunaan Plastik dengan Sistem Berbasis Visual Studio 2010" bertujuan untuk memberikan solusi praktis dengan menggunakan platform berbasis Visual Studio 2010 untuk memfasilitasi pengguna dalam mengurangi penggunaan plastik melalui berbagai fitur, seperti pelaporan pengurangan plastik, kampanye, tips ramah lingkungan, serta pemberian reward, Sistem ini dirancang untuk mengumpulkan data dari pengguna terkait upaya mereka dalam mengurangi penggunaan plastik, yang kemudian akan digunakan untuk memberikan reward kepada pengguna yang mencapai target tertentu. Dengan menggunakan Visual Studio 2010 sebagai platform pengembangan, aplikasi ini dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang intuitif, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan login, mengikuti kampanye, melihat tips pengurangan plastik, serta melaporkan hasil pengurangan plastik mereka. Selain itu, aplikasi ini menyediakan sistem penghargaan untuk memotivasi pengguna agar lebih aktif dalam mengurangi penggunaan plastik.
Smart Videolearn: Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Android Studio Gomal, Iqmal Hardiansyah; Haliza Harahap; Shauqi Abdillah Lubis; Manahara Siboan Tua Hutajulu
(JRSIKOM) Jurnal Riset Sistem Informasi dan Aplikasi Komputer Vol. 1 No. 1 (2025): Volume 1 Nomor 1
Publisher : PT Siantar Codes Academy Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.180997/jrsikom.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini menyajikan pengembangan SMART VIDEOLEARN, sebuah aplikasi pembelajaran video interaktif yang dirancang untuk Android Studio. Kemajuan teknologi yang pesat telah memengaruhi praktik pendidikan secara signifikan, terutama selama pandemi COVID-19, di mana pembelajaran tatap muka tradisional terganggu. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan solusi yang efektif bagi guru dan siswa untuk terlibat dalam pembelajaran jarak jauh melalui media interaktif. Metodologi penelitian mencakup fase analisis kebutuhan untuk mengumpulkan persyaratan pengguna, diikuti dengan penerapan perangkat lunak menggunakan model waterfall, yang memastikan pendekatan sistematis terhadap pengembangan perangkat lunak. Pengujian dilakukan menggunakan metode pengujian black-box untuk memvalidasi fungsionalitas dan logika aplikasi, memastikannya memenuhi harapan pengguna. Temuan menunjukkan bahwa aplikasi tidak hanya meningkatkan pengalaman belajar tetapi juga mendukung guru dalam menyampaikan konten secara efektif dalam lingkungan virtual. Penelitian ini berkontribusi pada bidang teknologi pendidikan yang sedang berkembang dengan menyediakan alat praktis yang memanfaatkan konten video interaktif untuk memfasilitasi pembelajaran

Page 1 of 4 | Total Record : 33