cover
Contact Name
Ramlah Puji Astuti
Contact Email
ramlah.puji.astuti@ugj.ac.id
Phone
+628119825049
Journal Mail Official
ramlahpujiastuti@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pemuda No. 32 Cirebon
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pintar Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
ISSN : 28092627     EISSN : 28092635     DOI : https://doi.org/10.33603/.v1i2
Jurnal PINTAR Abdimas merupakan sarana untuk mempublikasikan publikasi ilmiah dan artikel pengabdian kepada masyarakat (PKM). Jurnal ini dikelola dan berada di bawah naungan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ). Jurnal ini mencakup, antara lain : 1. Kewirausahaan 2. Pemberdayaan UMKM 3. Manajemen Akuntansi 4. Ekonomi kreatif 5. Kearifan lokal 6. Inovasi & Bisnis 7. Agribisnis & agroteknologi 8. Teknik sipil 9. Teknik Electro 10. Perencaan wilayah dan kota 11. Ilmu Hukum 12. Ilmu Komunikasi & Ilmu Sosial 13. Pelayanan Masyarakat 14. Pendidikan 15. Kesehatan 16. Teknologi Tepat Guna
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2023): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2023" : 7 Documents clear
Strategi Inovatif dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di Era Digitaliasi Fitriani, Suci
Jurnal Pintar Abdimas Vol 3 No 1 (2023): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang vital dalam pembangunan ekonomi dan sosial, namun banyak daerah yang mengalami kesulitan dalam memanfaatkan potensi wisata mereka, terutama dalam era digital. Desa Cikalahang di Kabupaten Cirebon memiliki sejumlah daya tarik wisata yang belum optimal dalam pemasarannya. Oleh karena itu, diperlukan strategi inovatif untuk mengembangkan pariwisata berkelanjutan yang memanfaatkan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan menerapkan strategi inovatif dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di Desa Cikalahang, dengan fokus pada peningkatan daya tarik wisata melalui pemanfaatan media digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup observasi, wawancara, dan diskusi dengan pengelola objek wisata serta masyarakat setempat. Kegiatan yang dilakukan selama Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) meliputi pembuatan spot foto menggunakan ecobrick, pemasangan plang petunjuk jalan, dan pembuatan video promosi yang disebarluaskan melalui platform media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi inovatif ini berhasil meningkatkan daya tarik wisatawan dan aksesibilitas ke lokasi. Spot foto yang dibuat dari ecobrick  menarik  perhatian  pengunjung  dan  mempromosikan  kesadaran  akan  isu lingkungan. Pemasangan plang jalan memberikan informasi yang jelas, sedangkan video promosi yang diunggah di media sosial efektif dalam menarik minat wisatawan, terutama generasi muda.
Cupang Future Ready: Kesiapan Menghadapi Era 5.0 Amini, Zakiyah; Fathur Rachman, Afrizal
Jurnal Pintar Abdimas Vol 3 No 1 (2023): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KKN di Desa Cupang dilaksanakan dengan tema "Cupang Future Ready: Kesiapan Menghadapi Era 5.0," bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui penguatan sektor ekonomi, pendidikan ,pertanian, dan sosial. Fokus utama program ini adalah pelatihan & pendampingan UMKM dalam inovasi produk dan pemasaran digital, serta pembuatan kompos dan pestisida nabati sebagai solusi ramah lingkungan. Selain itu, program ini juga memberikan edukasi tentang pentingnya anti-bullying kepada siswa sekolah dasar untuk menciptakan lingkungan sosial yang aman dan kondusif. Metode pelaksanaan meliputi kegiatan lapangan, pelatihan, dan sosialisasi yang melibatkan langsung masyarakat dan tokoh setempat. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam adopsi inovatif produk oleh UMKM, pengenalan pertanian kepada siswa sebagai penanaman usia dini, serta partisipasi aktif siswa dalam kampanye anti-bullying. KKN ini tidak hanya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara langsung, tetapi juga membuka peluang pengembangan jangka panjang di Desa Cupang. Melalui kolaborasi ini, diharapkan desa dapat lebih siap menghadapi tantangan era digital yang semakin kompleks.
Desain Usaha Mikro Produk Lokal Menjadi Branding Desa Picungpugur Suzana, Anna
Jurnal Pintar Abdimas Vol 3 No 1 (2023): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa Picungpugur merupakan salah satu daerah di Kecamatan Lemahabang yang meiliki ciri khas pproduk lokal tape ketan yang dibungkus dari daun jambu. Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai pemilik usaha sehingga memerlukan pemahaman dan pengetahuan serta skill tentang berwirausaha. Program kami ini bertujuan untuk membantu perkembangan UMKM yang ada di Lemahabang Khususnya di Desa Picungpugur, Kabupaten Cirebon. Dengan strategi pemasaran yang tepat, Serta Pembuatan legalitas Nomor induk berusaha (NIB) sangat penting untuk meningkatkan daya saing usaha mikro sekaligus memberikan legitimasi formal. Penelitian menggunakan metode pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan 15 pelaku usaha, dan focus group discussion (FGD). Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan validasi melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil ppenelitian ini yaitu program berhasil mengidentifikasi tiga masalah utama: keterbatasan sumber daya (80% responden), kurangnya pengetahuan pemasaran digital (90% responden), dan ketakutan terhadap biaya legalisasi (75% responden). Intervensi berupa workshop pemasaran digital dan pendampingan NIB meningkatkan kapasitas pelaku usaha sebesar 65%. Inovasi produk bolu tape ketan sebagai branding baru berhasil meningkatkan nilai tambah produk hingga 40%. Kesimpulan penelitian ini yaitu implementasi strategi branding terintegrasi melalui pendampingan, pelatihan, dan legalisasi terbukti efektif meningkatkan daya saing usaha mikro. Program OVOP berhasil menciptakan produk inovatif yang memperkuat identitas desa sebagai sentra tape ketan berkualitas. Melalui penelitian ini diharapkan Pelaku usaha mengetahui cara atau strategi yang diterapkan untuk dapat membantu perkembangan UMKM agar lebih kreatif dan inovatif yang ada di desa Picungpugur.
Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasis Web (Studi Kasus: Desa Karangtengah Kab. Cirebon) Muthiarsih, Tiara
Jurnal Pintar Abdimas Vol 3 No 1 (2023): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perancangan sebuah platform digital, yaitu website, sebagai sarana penyebarluasan informasi bagi masyarakat Desa Karangtengah. Tujuan utama dari perancangan ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan desa melalui akses informasi yang mudah dan cepat. Dalam hal ini penggunaan WordPress dapat berupa dapat berupa website sebagai media informasi Desa Karangtengah. Paper ini akan menjelaskan secara rinci setiap tahapan dalam proses perancangan, mulai dari identifikasi kebutuhan hingga implementasi fitur-fitur yang sesuai. Melalui metode penelitian kualitatif dan metodologi pengembangan waterfall, kami berhasil merancang dan mengimplementasikan website responsif yang menampilkan profil desa, pembaruan berita, struktur pemerintahan, dan informasi layanan masyarakat. Website ini secara signifikan meningkatkan aksesibilitas informasi dengan dampak terukur berupa peningkatan transparansi tata kelola desa, peningkatan partisipasi masyarakat dalam program pembangunan lokal, dan perbaikan promosi potensi ekonomi desa, khususnya budidaya tebu dan ikan lele. Evaluasi pasca-implementasi menunjukkan peningkatan 75% dalam kesadaran masyarakat terhadap program desa dan perbaikan 60% dalam kecepatan penyebarluasan informasi dibandingkan metode tradisional. Transformasi digital ini sejalan dengan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa yang mengamanatkan sistem informasi digital untuk tata kelola pedesaan.
Inovasi Hijau: Transformasi Limbah Organik Menjadi Pupuk Eco-Enzyme sebagai Peluang Usaha Sunimah, Sunimah
Jurnal Pintar Abdimas Vol 3 No 1 (2023): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertanian salah satu sektor pentimg dalam kehidupan masyarkat, seperti Desa Sindanghayu yang mayoritas penduduknya ialah bermata pencaharian sebagai petani sehingga banyak hasil pertanian yang tersedia di desa tersebut. Namun permasalahan yang terjadi ialah limbah organiK yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat menimbulkan keresahan. Maka dari itu peneliti berupaya untuk mengubah limbah organik menjadi pupuk eco-enzyme agar dapat membuka peluang usaha baru dari inovasi tersebut. Eco-enzyme merupakan produk fermentasi yang dihasilkan dari limbah organik yang dilarutkan dengan gula merah dan air. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan teknologi yang ramah lingkungan dalam mengelolah limbah rumah tangga menjadi suatu produk yang memiliki karakteristik dan maanfaat serta memberi keuntungan bagi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu ekperimental dengan mencampurkan limbah sayur dan buah dengan larutan gula merah dan air. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perubahan warna menjadi kecoklatan dan aroma asam yang dihasilkan eco- enzyme selama proses fermentasi, pH eco enzyme biasanya akan menjadi asam dibawah 4,0. Eco enzyme ini memberikan manfaat sebagai perangsang pertumbuhan pada akar, sebagai disinfektan, serta menambah peluang usaha bagi masyarakat desa Sindanghayu.
Pengembangan Digitalisasi UMKM Desa Sindangkasih Oleh KKN 33 Universitas Swadaya Gunung Jati Parihah, Nurul
Jurnal Pintar Abdimas Vol 3 No 1 (2023): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adminkoperasi. (2024). Lima manfaat punya NIB. https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/1534/lima-manfaat-punya-nib Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM dalam menghadapi digitalisasi. Oikos-Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 16, 33. Agustin, R., Sari, D. M., & Pratama, A. (2023). Dampak ekonomi digitalisasi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi regional di Indonesia. Jurnal Ekonomi Digital, 15(2), 45–62. Alfina Winda C. (2024). Pentingnya NIB bagi pelaku usaha. https://www.kompasiana.com/alfina83975/666695acc925c456ef36f002/pentingnya-nomor-induk-berusaha-nib-bagi-pelaku-umkm-pilar-utama-kemajuan-usaha-kecil-menengah Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Nur’aini, S., Nur Adha, A. A., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Ariyadi, A. A. (2023). Sosialisasi digital marketing UMKM dalam optimalisasi potensi ekonomi desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 239–247. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56878 Athaya Mutiara Denasfi. (2022). Pentingnya e-commerce sebagai media marketing bagi para pelaku UMKM. Briapi. (n.d.). Ketahui perkembangan e-commerce di Indonesia. https://developers.bri.co.id/id/news/ketahui-perkembangan-e-commerce-di-indonesia-pengertian-jenis-dan-manfaatnya Di, U., Jambuwok, D., Ec, D., & Hidjat, R. S. (2024). Sosialisasi digitalisasi UMKM dan buku warung kepada para pelaku. 1(6), 538–542. Fitriany, F., & Halim, S. E. (2023). Sosialisasi digital marketing bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.53654/ar.v2i1.369 Handayani, T., Pusporini, P., & Resti, A. A. (2023). Analisis strategi digital marketing usaha mie menurut perspektif ekonomi Islam. Jesya, 6(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.889 Ira Promasanti Rachmadewi, Firdaus, A., Qurtubi, Q., Sutrisno, W., & Basumerda, C. (2021). Analisis strategi digital marketing pada toko online usaha kecil menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2). https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968 Juwita, A., & Handayani, S. (2022). Analisis platform digital dan implementasi teknologi pada usaha mikro kecil menengah. Jurnal Teknologi Bisnis, 8(1), 112–128. Juwita, D., & Handayani, A. N. (2022). Peluang dan tantangan digitalisasi UMKM terhadap pelaku ekonomi di era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 2(5), 249–255. https://doi.org/10.17977/um068v2i52022p249-255 Mansir, F., & Fatimah, S. (2021). Penggunaan aplikasi pembukuan melalui digital marketing dan media sosial pada UMKM Bangunjiwo Bantul. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32694 Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi digital marketing pada usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050 Novaldo. (2024). Mengapa e-commerce penting? Berikut manfaatnya bagi bisnis. https://digitalcenter.id/mengapa-e-commerce-penting-berikut-manfaatnya-bagi-bisnis/ Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran guna meningkatkan daya saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1). https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275 Sugeng, S. L. P. (2022). Manajemen marketing jasa pendidikan di era digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335 Trihanura Pranurti, C., & Basmantra, I. N. (2023). Dompet digital sebagai alat alternatif pembayaran non-tunai pada UMKM di Desa Padangsambian. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30656/ka.v5i1.4448
Meningkatkan Literasi Keuangan Petani Desa Walahar Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Dwirayani, Dina; Umam, Khoerul
Jurnal Pintar Abdimas Vol 3 No 1 (2023): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Swadaya Gunung Jati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertanian merupakan sumber mata pencaharian utama bagi mayoritas penduduk, khususnya di pedesaan,sektor pertanian memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia dan kontribusinya terhadap pengentasan kemiskinan, namun menghadapi tantangan seperti rendahnya literasi keuangan dan manajemen di kalangan petani kecil. Di Desa Walahar, sebagian besar petani memiliki lahan kurang dari 0,5 hektare dan tergolong dalam kategori sosial ekonomi D dan E, dengan pengeluaran bulanan di bawah Rp1,25 juta. Hal ini menegaskan pentingnya program peningkatan literasi keuangan guna mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan literasi keuangan dan keterampilan manajemen keuangan petani. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, melalui wawancara mendalam dan survei komprehensif untuk mengevaluasi dampak program. Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan pencatatan dan manajemen keuangan para petani, sehingga mereka dapat mengadopsi praktik pengelolaan yang lebih efisien. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa peningkatan literasi keuangan di kalangan petani tidak hanya meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola keuangan, tetapi juga berpotensi mendukung keberlanjutan ekonomi dalam jangka panjang, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Page 1 of 1 | Total Record : 7