cover
Contact Name
Khoirul Jazilah
Contact Email
khoirul@lecturer.uluwiyah.ac.id
Phone
+6285850536455
Journal Mail Official
amyta.amaliyatutadris@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Mojosari Mojokerto KM. 4. No. 10 Mojokerto.
Location
Kota mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Amaliyatu Tadris (AMYTA)
ISSN : -     EISSN : 29649226     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Amaliyatu Tadris meliputi :1. Metodologi Pembelajaran, 2. Strategi Pembelajaran, 3. Penelitian Tindakan Kelas, 4. Literasi Media Pembelajaran. 6. Pengembangan Kurikulum, 7. Evaluasi Pembelajaran, 8. Pengembangan Profesi Guru, 9. Integrasi Teknologi dalam Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2024): Agustus" : 3 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI MEDIA CANVA FOR EDUCATION SISWA KELAS VI MI BUSTANUL ULUM BADAS TAHUN 2023/2024 Kristianah, Nunuk; Rofii, Fathur; Natsir, Abdul
Amaliyatu Tadris Vol. 3 No. 1 (2024): Agustus
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan menuntut adanya  keterkaitan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Jadi, guru dituntut mampu menerapkan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai siswa, serta mampu menumbuhkan kreatiVItas siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Penelitian berupaya mendapatkan gambaran yang jelas tentang penggunaan media Canva For Education dalam pembelajaran Sejarah kebudayaan islam kelas VI MI Bustanul Ulum Badas. Tujuan penelitian ini ntuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan media  Canva For Education di  MI Bustanul Ulum Badas dan Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan media Canva For Education di  kelas VI MI Bustanul Ulum Badas Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik Penelitian Tindakan kelas dengan Penyusunan perencanaan.  Pelaksanaan tindakan,  Observasi (pengamatan),  Refleksi dan  menerapkan media Canva For Education dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi peserta didik. Hasil dari penelitian ini yaitu Media Canva For Education memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (55,00%), siklus II (70,00%), siklus III (90,00%).  Media Canva For Education dapat menjadikan siswa merasa lebih mudah memahami pembelajaran.terbukti dengan peningkatan di bidang (a) bekerja dengan sesama teman sebangku yaitu (22,1%) dan mendengarkan/ memperhatikan penjelasan guru (20,8%), dan diskusi antar siswa/antara siswa dengan guru (15,0%).
Strategi Mahasiswa Institut Agama Islam Uluwiyah dalam Menghadapi Soal Listening TOEFL Khikmiyah, Siti; Rama Bintang Hendrianto
Amaliyatu Tadris Vol. 3 No. 1 (2024): Agustus
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penguasaan bahasa Inggris meliputi empat skill, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan mendengar. Namun kenyataannya masih banyak dari para pembelajar bahasa Inggris ini yang merasa kesulitan ketika menghadapai soal-soal ujian bahasa inggris terutama dalam aspek mendengarkan, tak terkecuali juga di kalangan mahasiswa. Hal itu dikarenakan pelafalan bahasa Inggris yang berbeda dengan tulisannya. Dalam menghadapi masalah ini, para mahasiswa memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikan masalahnya. Namun tidak sedikit dari mereka yang masih gagal terutama dalam menghadapi soal listening TOEFL. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait dengan kesulitan, strategi dan solusi terhadap kesulitan mahasiswa terutama dalam mengerjakan soal listeninf for TOEFL. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian berasal dari mahasiswa IAI Uluwiyah yang mengikuti program Intensive English Program (IEP). Terdapat 28 mahasiswa dalam program ini dan semuanya diambil sebagai responden. Data penelitian diambil dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa melalui google form. Dari respon mahasiswa tersebut kemudian peneliti memberikan solusi terhadap kesulitan yang dihadapi mahasiswa. Hasil responden mengungkapakan bahwa bagian tersulit dalam listening for TOEFL adalah bagian B dan C, sedangkan yang agak mudah adalah bagian A. dari penelitian ini terungkapa bahwa hampir keseluruhan mahasiswa memilih menggunakan strategi yang diberikan oleh peneliti, walaupun beberapa masih ada yang menggunakan strategi sendiri yaitu dengan membaca pilihan jawabannya sambil mendengarkan audionya.  
Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MI Roudlotul Ulum Ummah, Risalul; Nur Laila, Fitria
Amaliyatu Tadris Vol. 3 No. 1 (2024): Agustus
Publisher : Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In teaching the science of reading the Al-Qur’an, we use the Yanbu'a method. This method is a practical method in teaching the science of reading the Al- Qur’an. MI Roudlotul Ulum has used the Yanbu'a method to improve reading properly and correctly. This research aims to determine the implementation of the yanbu'a method in learning to read and write the Al-Qur'an (BTQ) at MI Rouldotul Ulum. The problem formulation of this research is how to implement the yanbu'a method in learning to read and write the Al-Qur'an (BTQ) at MI Roudlotul Ulum. This research uses a type of field research with a qualitative field approach. The data collection methods used by researchers are interviews, observation and documentation. Based on the results of the analysis, it can be concluded that the Al-Qur’an learning process using the Yanbu'a method has gone well according to the teaching procedures that have been determined in the Yanbu'a book on teaching guidance. The effectiveness of the yanbu'a method in learning to read and write the Al-Qur’an at MI Roudlotul Ulum can be seen from the supporting factors. The supporting factor for implementing the Yanbu'a method at MI Roudlotul Ulum is the quality or ability of educators in applying the Yanbu'a method.

Page 1 of 1 | Total Record : 3