cover
Contact Name
Masdar Helmi
Contact Email
rjiftu@eng.unila.ac.id
Phone
+6281394026283
Journal Mail Official
rjiftu@eng.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung E Fakultas Teknik, Universitas Lampung. Jl. Soemantri Brojonegoro No.1, Gedung Meneng, Kota Bandar Lampung 35145, Indonesia.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Rekayasa : Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung
Published by Universitas Lampung
ISSN : 08527733     EISSN : 27150747     DOI : https://doi.org/10.23960/rekrjits
Core Subject : Engineering,
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung (RJITS) is a peer-reviewed scientific journal that provides a national platform for the dissemination of research and development in the field of Civil Engineering and related disciplines. The journal focuses on publishing original research articles, technical papers, and case studies that contribute to the advancement of civil engineering theory, practice, and application. The scope of the journal includes, but is not limited to, the following areas: Structural Engineering Analysis, design, construction, materials, and performance of structures such as buildings, bridges, and towers. Geotechnical Engineering Soil mechanics, foundation engineering, slope stability, ground improvement, and geotechnical modeling. Transportation Engineering Planning, design, operation, and management of transportation systems including roads, railways, and traffic engineering. Hydraulic and Water Resources Engineering Hydrology, fluid mechanics, irrigation systems, drainage, flood control, and water supply systems. Construction Engineering and Management Project planning, scheduling, construction methods, cost estimation, and sustainable construction practices. Environmental Engineering Water and wastewater treatment, solid waste management, air pollution control, and environmental impact assessment. Materials in Civil Engineering Development, testing, and application of construction materials such as concrete, asphalt, steel, and composites. Urban and Regional Planning Infrastructure development, smart city planning, and sustainable urban systems. The journal welcomes contributions from academics, researchers, and professionals engaged in civil engineering and aims to foster innovation, knowledge sharing, and practical solutions in the field.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 26 No. 1 (2022)" : 4 Documents clear
Perencanaan Jaringan Pipa Air Bersih di Kawasan Ekonomi Khusus Desa Tanjung Gunung Kabupaten Bangka Tengah Adriyansyah, Adriyansyah
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 26 No. 1 (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v26i1.28

Abstract

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah bertransformasi dari sektor pertambangan ke sektor pariwisata. Hal tersebut dapat dilihat dari berubahnya status Pantai Pan Semujur yang terletak di Desa Tanjung Gunung Kabupaten Bangka Tengah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Berubahnya Pantai Pan Semujur menjadi KEK Tanjung Gunung berdampak pada meningkatnya kebutuhan air non domestik di kawasan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan air non domestik sebesar 25 l/s diperlukan analisis dan perencanaan yang matang agar air dari sumber air dapat dialirkan ke pengguna. Dalam simulasi ini diameter pipa yang digunakan 8 inch (200 mm) dengan kapasitas pompa 40 l/s dan head 95 m. Hasil analisis hidrolik pada pipa transmisi didapatkan debit aliran 25 l/s, kecepatan aliran 0.8 m/s, tekanan 21.86 m, dan kehilangan tekanan 4.12 m/km. Sedangkan pada pipa distribusi diperoleh debit aliran 25 l/s, kecepatan aliran 0.8 m/s, tekanan 63.08 m, dan kehilangan tekanan 4.12 m/km.
Analisis potensi daerah resapan air di Kabupaten Pringsewu - Propinsi Lampung Simanjuntak, Dessi Natalya; Rahmadi, Eko; Dewi, Citra
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 26 No. 1 (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v26i1.52

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daerah yang berpotensi sebagai daerah resapan air di Kabupaten Pringsewu.Kawasan resapan air sendiri sangat penting bagi Kabupaten Pringsewu untuk menanggulangi banjir maupun kekeringan. Oleh karena hal tersebut, maka perlu melakukan pemetaan denganPemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG). Sedangkan untuk penentuan nilai harkat bobot masing-masing parameter menggunakan metode Analytichal Hierarchy Process (AHP). Hasil penentuan kawasan daerah resapan air menggunakan metode scoring, pembobotan dan overlay dengan menggunakan 5 parameter yaitu tutupan lahan, curah hujan, jenis tanah, kelerengan dan formasi batuan, serta sudah dilakukan validasi di lapangan dapat disimpulkan bahwa sudah cukup valid atau daerah resapan air dapat diterima. Dengan faktor yang paling berpengaruh yaitu tutupan lahan. Kabupaten Pringsewu masuk termasuk kategori berpotensi sebagai daerah resapan air karena 50% luasannya masuk kedalam tingkat berpotensi sebagai daerah resapan air. Dimana luasan terbesar untuk tingkat berpotensi sebagai daerah resapan air berada di kecamatan Pagelaran Utara yaitu sebesar 17%, sedangkan untuk luasan terkecil pada tingkat berpotensi sebagai daerah resapan air berada di kecamatan Banyumas sebesar 2.3%.
Analisis kelayakan struktur baja bangunan pabrik terhadap getaran mesin Wijaya, Aprilia; Alami, Fikri; Widyawati, Ratna
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 26 No. 1 (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v26i1.55

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan bangunan pabrik akibat getaran mesin berdasarkan nilai acceleration, frekuensi alami dan displacement serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang diakibatkan oleh getaran mesin pada struktur baja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental dan metode numerik. Metode eksperimental dilakukan dengan mengambil data menggunakan alat accelerometer sedangkan metode numerik dilakukan dengan menganalisis pemodelan bangunan menggunakan program ETABS. Penelitian ini dilakukan pada bangunan pabrik yang terletak di Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Kota Lampung Selatan, Povinsi Lampung. Peraturan yang digunakan pada penelitian ini antara lain ISO 2631-2: 1989 dan Steel Design Guide 11th Series “Floor Vibration Due to Human Activity”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai acceleration, frekuensi alami dan displacement yang diperoleh dari metode eksperimental dan metode numerik belum memenuhi syarat kelayakan bangunan. Oleh karena itu, diperlukan perkuatan dengan mengubah dimensi balok utama agar nilai acceleration memenuhi syarat kenyamanan bangunan. Setelah dilakukan perkuatan nilai acceleration yang diperoleh <5% gravitasi dan nilai displacement sudah memenuhi syarat kenyamanan bangunan sehingga bangunan sudah dikatakan nyaman dan layak.
Pengaruh gap terhadap tundaan perjalanan pada simpang tak bersinyal Saputra, Diky Andrean; Putra, Sasana; Sulistyorini, Rahayu
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 26 No. 1 (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/rekrjits.v26i1.61

Abstract

Aktivitas lalu lintas yang terjadi pada persimpangan Jalan Diponegoro – Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo sering menimbulkan permasalahan konflik lalu lintas seperti tundaan perjalanan. Konflik yang terjadi diakibatkan oleh peningkatan volume lalu lintas dan diperburuk oleh perilaku pengendara yang cenderung memaksakan untuk melintasi persimpangan sehingga menimbulkan waktu gap pada persimpangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar tundaan perjalanan yang terjadi pada simpang Jalan Diponegoro – Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data primer berdasarkan pengamatan melalui drone camera lalu dilakukan pengolahan data menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dan metode gap acceptance. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan tundaan perjalanan ketika kendaraan mengalami gap akibat konflik crossing saat melintasi persimpangan pada sesi pagi dan sore hari permenit adalah sebesar 14,72 detik dan 9,37 detik sehingga tingkat pelayanan pada persimpangan tersebut termasuk ke dalam kategori B.

Page 1 of 1 | Total Record : 4