Rekayasa : Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung (RJITS) is a peer-reviewed scientific journal that provides a national platform for the dissemination of research and development in the field of Civil Engineering and related disciplines. The journal focuses on publishing original research articles, technical papers, and case studies that contribute to the advancement of civil engineering theory, practice, and application. The scope of the journal includes, but is not limited to, the following areas: Structural Engineering Analysis, design, construction, materials, and performance of structures such as buildings, bridges, and towers. Geotechnical Engineering Soil mechanics, foundation engineering, slope stability, ground improvement, and geotechnical modeling. Transportation Engineering Planning, design, operation, and management of transportation systems including roads, railways, and traffic engineering. Hydraulic and Water Resources Engineering Hydrology, fluid mechanics, irrigation systems, drainage, flood control, and water supply systems. Construction Engineering and Management Project planning, scheduling, construction methods, cost estimation, and sustainable construction practices. Environmental Engineering Water and wastewater treatment, solid waste management, air pollution control, and environmental impact assessment. Materials in Civil Engineering Development, testing, and application of construction materials such as concrete, asphalt, steel, and composites. Urban and Regional Planning Infrastructure development, smart city planning, and sustainable urban systems. The journal welcomes contributions from academics, researchers, and professionals engaged in civil engineering and aims to foster innovation, knowledge sharing, and practical solutions in the field.
Articles
5 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 28 No. 2 (2024): Agustus 2024"
:
5 Documents
clear
Analisis Reliabilitas Waktu Tempuh di Jalan Imam Bonjol Kota Bandar Lampung menggunakan Metode Tardy Trips
Pratama, Azmi;
Karami, Muhammad;
Mulya Putri Ofrial, Siti Anugrah
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v28i2.68
Reliabilitas waktu perjalanan merupakan tingkat konsistensi waktu perjalanan yang diukur dalam rentang waktu tertentu yang dapat digunakan sebagai alat analisis kinerja ruas jalan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pola waktu waktu tempuh, dinamika perjalanan yang terjadi, dan menganalisis perhitungan reliabilitas waktu terhadapat Jalan Imam Bonjol. Reliabilitas waktu tempuh yang dibahas pada hari kerja Senin hingga Jumat dimulai pukul 06.00-18.00 WIB. Metode pengumpulan data menggunakan floating car dengan cara mengikuti kendaraan yang diteliti. Hasil penilitian menunjukan pola waktu tempuh mengalami kepadatan pada pagi dan sore hari. Kondisi pagi hari waktu tempuh terlama terjadi dari arah Bukit Kemiling Permai-Bambu Kuning, menuju arah pusat kota. Kondisi sore hari waktu tempuh terlama terjadi pada arah sebaliknya yaitu Bambu Kuning-Bukit Kemiling Permai, menuju daerah tempat tinggal penduduk. Dinamika perjalanan menunjukan titik-titik kemacetan yang disebabkan oleh (1) aktivitas masuk dan keluar kendaraan diberbagai pertigaan di Jalan Imam Bonjol, (2) aktivitas pengaturan lalu lintas dipagi dan sore hari oleh badan pemerintah, (3) aktivitas Pasar Bambu Kuning yang aktif dari pagi hingga sore hari, dan (4) aktivitas berangkat dan pulang siswa sekolah. Hasil analisis reliabilitas waktu tempuh metode Tardy Trips adalah nilai Florida Reliability Index sebagai parameter kinerja ruas jalan, On-Time Arrival sebagai kinerja suatu usaha pengiriman dan Misery Index sebagai ukuran waktu tempuh terlama yang dapat terjadi dalam suatu ruas jalan.
Quantity Material Take Off Penulangan Kolom Zona B Gedung Perawatan Bedah Terpadu RSUD Dr. H. Abdul Moeloek dengan Building Information Modelling (BIM)
saputri, mellynia;
Bayzoni;
Hasti riakara Husni;
Chatarina Niken Dwi Wahyuni Setia Budi Utami
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v28i2.76
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan volume penulangan kolom antara hasil perhitungan menggunakan Autodesk Revit versi 2022 terhadap metode konvensional serta perencanaan cutting plan dan waste material. Objek pada penelitian ini adalah Zona B Gedung Perawatan Bedah Terpadu RSUD Dr. H. Abdul Moeloek . Berdasarkan hasil pemodelan dan perhitungan yang telah dilakukan, didapatkan hasil metode konvensional lebih besar dari metode berbasis BIM dengan persentase selisih nilai volume penulangan kolom sebesar 6,54 %. Pada perhitungan cutting plan dan waste material didapatkan hasil persentase waste tulangan kolom rata-rata sebesar 9,61%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perhitungan Quantity Material Take Off dan pemodelan elemen struktur menggunakan Revit 2022 dapat dilakukan lebih cepat, efektif, dan menghasilkan hasil yang akurat karena pemodelan yang dilakukan dengan menggunakan Autodesk Revit 2022 dapat meminimalisir double counting serta kesalahan saat perhitungan.
Perbandingan Perhitungan BoQ antara Revit 2019 dengan Dokumen Perencanaan pada Pekerjaan Non Struktur
Zumarnis, Putri Ferira;
Husni, Hasti Riakara;
Bayzoni;
Siregar, Amril Ma’ruf
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v28i2.77
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, saat ini dikenal adanya teknologi baru dalam bidang konstruksi yaitu Building Information Modeling (BIM). BIM merupakan proses perencanaan yang mencakup seluruh data dan informasi proyek yang dapat diimplementasikan ke dalam bentuk 3D dengan efisien. Di Indonesia, BIM telah diatur dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 22 Tahun 2018. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi penggunaan BIM dengan membuat pemodelan elemen non struktur menggunakan software berbasis BIM yaitu Autodesk Revit 2019 serta membandingkan hasil perhitungan volume pekerjaan non struktur yang diperoleh dari Autodesk Revit 2019 terhadap dokumen perencanaan. Studi kasus yang digunakan dalam penelitian yaitu Gedung G Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Dari hasil pemodelan dan perhitungan yang telah dilakukan didapat selisih yang cukup signifikan antara perhitungan BoQ menggunaan Revit 2019 dengan dokumen perencanaan yang ada, berikut merupakan rincinan persentase perbandingan hasil perhitungan BoQ menggunakan Revit 2019 terhadap dokumen perencanaan yaitu pekerjaan plesteran dan acian dinding sebesar 17,89%, pekerjaan keramik rocktile km/wc sebesar 20,64%, pekerjaan pintu sebesar 4,65%, pekerjaan jendela sebesar 17,65%, dan pekerjaan plafon sebesar 6,93%. Dari penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa pemodelan elemen non struktur menggunakan Revit 2019 dapat dilakukan dengan mudah dan didapatkan perhitungan BoQ yang lebih akurat dan cepat.
Analisis Hidrologi Aliran Run-Off Menggunakan Software HEC-HMS 4.11 (Studi Kasus Di Fakultas Teknik, Unversitas Lampung)
abdul, abdul rohman;
Wijaya, Riki Chandra;
Purwadi, Ofik Taufik
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v28i2.93
Banjir dapat terjadi jika kapasitas penampang saluran tidak dapat menampung debit aliran permukaan. Banjir dapat dikendalikan dengan cara memperhitungkan kapasitas penampang saluran yang dibutuhkan agar luapan debit dari saluran tidak terjadi. Analisis hidrologi merupakan bagian awal dalam perancangan bangunan air. Analisis Hidrologi yang digunakan pada penelitian ini merupakan pemodelan aliran run-off menggunakan perangkat lunak HEC-HMS 4.11. Lokasi penelitian dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Lampung, lokasi ini diambil karena dikala debit puncak terjadi terdapat beberapa area yang mengalami luapan akibat ketidakmampuan saluran dalam mengalirkan debit hujan dengan optimal. Berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan bahwa hasil analisa perhitungan selisih debit antara debit simulasi dengan debit terukur memiliki nilai persentase tidak lebih dari 1%, sehingga model simulasi hidrologi dapat dilanjutkan untuk menghitung prediksi debit kala ulang. Kemudian hasil analisa pemodelan menggunakan software HEC-HMS diperoleh debit puncak untuk periode kala ulang 5 tahun sebesar 1,103 m³/s, kala ulang ulang 10 tahun sebesar 1,319 m³/s, kala ulang 25 tahun sebesar 1,595 m³/s, kala ulang 50 tahun sebesar 1,801 m³/s dan untuk periode ulang 100 tahun sebesar 2.006 m³/s.
Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Parkir Hotel Di Lampung (Studi Kasus : Hotel Horison Lampung)
Sultoni, Luthfi Radhwa;
Junaedi, Tas’an;
Herianto, Dwi
REKAYASA: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung Vol. 28 No. 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23960/rekrjits.v28i2.99
Hotel Horison Lampung merupakan hotel bintang tiga di Kota Bandar Lampung. Fasilitas hotel harus memiliki kriteria yang dapat memenuhi sebagai syarat berdirinya hotel salah satunya adanya fasilitas parkir. Saat ini pihak hotel Horison sudah menyediakan area parkir, Namun jika terjadi kegagalan dalam menyediakan fasilitas parkir yang memadai akan menyebabkan terhambatnya lalu lintas pada jalan sekitar hotel. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik parkir, kebutuhan parkir dan kapasitas parkir pada hotel Horison Lampung. Data yang digunakan didapat dari survei lapangan berupa data jumlah satuan parkir dan data keluar masuk kendaraan sedangkan data yang lain didapat dari pihak hotel berupa data layout area parkir dan data harian keluar masuk kendaraan dalam 24 jam. Hasil analisis menunjukan rata-rata durasi kendaraan roda empat adalah 444 menit dan kendaraan roda dua adalah 313 menit. Tingkat pergantian parkir roda empat adalah 1,89 kend/SRP/jam, untuk roda dua adalah 1,56 kend/SRP/jam. Indeks parkir roda empat maksimum adalah17,67%, untuk roda dua adalah 57,33%. Kapasitas ruang parkir kendaraann roda empat adalah 322 kend/24jam, untuk kendaraan roda dua adalah 900 kend/24jam. Kebutuhan ruang parkir kendaraan roda empat didapat 126 SRP sedangkan untuk kendaran roda dua didapat 51 SRP. Hal ini menunjukan petak parkir yang ada sudah sesuai kebutuhan bahkan melebihi dari jumlah petak parkir hasil analisis.