cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 19799594     EISSN : 25415492     DOI : 10.21831
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 1 (2020): March-May" : 8 Documents clear
Pengaruh model pembelajaran dan sikap sosial terhadap hasil belajar Sejarah SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang Wasiso, Andrian Jati; Winarsih, Sarkadi Murni
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2020): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.304 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i1.23590

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan sikap sosial terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain treatmen by level 2x2. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI IIS. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IIS 1 dan XI IIS 4. Dengan jumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar adalah tes pilihan ganda dan yang digunakan untuk sikap sosial adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar sejarah siswa yang belajar dengan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap sosial siswa (3) hasil belajar sejarah siswa yang belajar dengan model pembelajaran TSTS dan memiliki sikap sosial tinggi lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dan memiliki sikap sosial tinggi (4) hasil belajar sejarah siswa yang belajar dengan model pembelajaran TSTS dan memiliki sikap sosial rendah lebih rendah dari siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dan memiliki sikap sosial rendah.Kata Kunci : hasil belajar sejarah, model pembelajaran, sikap sosial
Pengembangan media tes berbasis online pada Mata Pelajaran Fisika untuk sekolah menengah atas Prisuna, Bayu Fitra
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2020): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i1.30167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan media tes berbasis online yang telah dikembangkan dengan model pengembangan 4-D serta mengetahui kualitas tes berbasis online yang telah dikembangkan dengan pengembangan instrumen menggunakan analisis iteman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Sampel uji coba terbatas adalah peserta didik di Sekolah Madania Makassar sebanyak 10 orang dan peserta didik kelas XI IPA 5 di SMAN 4 Makassar sebanyak 35 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa respon peserta didik dan guru terhadap pelaksanaan media tes berbasis online berada di kategori baik dan sangat baik sedangkan respon guru terhadap pelaksanaan media tes berbasis online berada di kategori sangat baik. Instrumen tes berbasis online yang dianalisis dengan iteman menghasilkan 20 butir soal yang dinyatakan valid dari 38 butir soal.
Upaya meningkatkan minat belajar pelajaran seni budaya melalui model discovery learning dengan media puzzle Kasmiatun, Kasmiatun
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2020): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i1.29984

Abstract

Best practice ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pelajaran seni budaya terhadap materi ragam hias pada bahan alam (kayu) menggunakan model discovery learning dengan media puzzle. Karya tulis ini menceritakan pengalaman terbaik guru dalam menyelesaikan sebuah permasalahan pembelajaran di kelasnya. Hasil analisis data nilai minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yaitu nilai persentase klasikal minat belajar siswa 89% dengan kategori 94% tinggi yang berdampak pada nilai hasil belajar siswa sehingga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 92% dan ketuntasan klasikal 87.5%. Kesimpulan best practice ini adalah bahwa penggunaan model discovery learning dengan media  puzzle dapat meningkatkan minat belajar siswa pelajaran seni budaya terhadap materi ragam hias pada bahan alam (kayu) di kelas VII A SMP Negeri 1 Teluk Bayur.
Buku panduan pembelajaran disiplin berlalu lintas di taman kanak - kanak Cholimah, Nur; Budi Maryatun, Ika; Christianti, Martha; Sapti Cahyaningrum, Eka
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2020): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i1.27634

Abstract

Pengenalan sejak dini, berlalu lintas yang baik, akan menjadikan kegiatan tersebut menjadi budaya yang melekat sampai dewasa. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan buku panduan berlalu lintas yang dapat digunakan untuk pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Tujuan penelitian adalah pembuatan buku panduan yang dapat digunakan sebagai panduan praktis bagi guru PAUD/TK dalam mengajarkan disiplin berlalu lintas sejak dini kepada anak-anak, dan mengenalkan berbagai profesi yang berkaitan langsung dengan adanya taman lalu lintas melalui pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development Borg & Gall. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan memiliki kualitas penyajian yang terdiri dari dua item, yaitu kemenarikan gambar dan isi buku; menggunakan bahasa yang jelas dan dapat dipahami dengan baik serta tidak bermakna ganda. Buku panduan disusun menggunakan sistematika penulisan: Bab I Pendahuluan, Bab II Kajian Taman Lalu Lintas, Bab III Prosedur Pembuatan Taman Lalu Lintas, Bab IV Pembelajaran di Taman Lalu Lintas, dan Bab V Penutup, dan Lampiran. Materi yang ditampilkan untuk buku panduan sesuai dengan Kurikulum 2013. Buku panduan sudah dianggap baik oleh para guru dan sesuai dengan karakteristik pembelajaran pada anak usia dini. Buku panduan berlalu lintas untuk taman kanak- kanak ini, diharapkan memasukkan langkah-langkah saintifik: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau mengolah informasi, dan terakhir mengkomunikasikan.A traffic discipline learning guidebook in kindergartenEarly recognition, good traffic, will make these activities become an inherent culture into adulthood. This study was conducted to develop a traffic manual that can be used for learning in kindergarten. This study explores the use of a guidebook as a practical guide for PAUD/TK teachers in teaching the discipline of traffic early on to children, and introducing various professions that are directly related to the existence of a traffic park. The method of the study is research and development by Borg & Gall. Data collection using interviews, questionnaires, observation, documentation. The results showed that the manual has a quality presentation consisting of two items, namely the attractiveness of the picture and the contents of the book; use language that is clear and can be understood properly and does not have a double meaning. The guidebook was prepared using systematic writing: Chapter I Introduction, Chapter II Study of Traffic Parks, Chapter III Procedures for Making Traffic Parks, Chapter IV Learning in Traffic Parks, and Chapter V Closing, and Appendix. The material displayed for the guidebooks is under the 2013 Curriculum. The guidebooks are considered to be good by teachers and following the characteristics of learning in early childhood. The traffic manual for kindergartens is expected to include scientific steps: observing, asking questions, gathering information, associating the information and communicating.
Method of discussion and learning styles towards student's critical thinking ability Fuad, A. Jauhar
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2020): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.23 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i1.23592

Abstract

Active learning with student centering can improve critical thinking skills. Debates and discussions encourage active learning. Both are oriented toward critical thinking ability, in addition to the learning styles also make an impact on critical thinking ability. This paper aims to answer whether there are (1) differences in students critical thinking ability in the debate class and discussion class, (2) differences in critical thinking ability of students who have divergent learning styles and convergent learning style, and (3) interaction between learning method and learning style to critical thinking ability? This study uses a pseudo experimental design. Subjects in this study are students semester II. Analytical technique using Anova. The results of this study conclude: (1) there is no difference in critical thinking ability between debating class and discussion class, (2) there is difference of critical thinking ability between convergent learning style and divergent learning style, convergent learning style is better than divergent learning style, and (3) there is interaction between learning method and learning style to critical thinking ability which means that the influence of learning method on critical thinking ability is influenced by learning style.
Pemilihan Media Pembelajaran Terbaik Sebagai Sarana Pembelajaran yang Efektif Menggunakan Metode SAW Trisnawati, Trisnawati; Puastuti, Dwi; Sholeha, Lutvia
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2020): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i1.30474

Abstract

Dalam menentukan media pembelajaran bagi anak PAUD dan TK,  guru harus memiliki kreativitas yang tinggi dan  wawasan yang luas. Jumlah PAUD dan TK yang ada di kecamatan pringsewu ada 52 dan penelitian dilakukan di salah satu PAUD yang ada di kecatamatan pringsewu yaitu PAUD AL HADDII. Sistem pendukung keputusan bisa menjadi cara alternatife yang interaktif guna membantu mengambil keputusan melalui data dan informasi. Metode Simple Addtive Weighting (SAW) dapat membantu dalam pengambilan keputusan suatu  masalah dalam perhitungan.akan tetapi perhitungan dengan menggunakan metode Simple additive weighting ini hanya akan menghasialkan nilai terbesar yang akan terpilih sebagai alternatif terbaik. Perhitungan akan sesuai dengan metode ini apabila alternatif yang terpilih memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Dengan demikian melakukan perankingan terhadap bobot nilai yang diambil dari criteria C1audio,C2 Visual,C3 audio visual, C4lingkungan, C5 permainan, C6 seni rupa. Dari hasil tiga alternative yang diuji didapatkan nilai dari hasil A1 = 67, A2 = 91.5, A3= 92, dengan nilai terbesar ada pada A3 sehingga A3 yaitu kurikulum 2013. Media pembelajaran nya adalah music, gambar, dongeng, keluarga, membangun menara, dan kolase.  dapat dikatakan sebagai media pembelajaran Terbaik. Manfaat yang ingin dicapai dari penelitian adalah untuk meningkatkan kulitas hasil belajar anak,proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik , dan dalam penyampaian materi pembelajaran dapat disamaratakan.
Pengimplementasian e-modul etnokonstruktivisme terhadap motivasi belajar peserta didik Kelas V sekolah dasar Kurniawati, Eka Feri
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2020): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i1.26589

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar berupa modul pembelajaran. Modul pembelajaran dibuat dalam bentuk eletronik modul atau e-modul dengan dengan berbasis etnokonstruktivisme. Penelitian  ini megadopsi model dari Branch yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri No.80/I Muara Bulian yang berjumlah 28 orang. Hasil dari penelitian ini digunakan untuk melihat kelayakan dan motivasi peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan dan untuk mengetahui  motivasi  peserta didik. Hasil data yang diperoleh menunjukkan dari 28 responden yang mengisi angket motivasi menunjukkan bahwa frekuensi terbesar sebanyak 19 dengan presentase 67.8% termasuk ke dalam kategori Baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis etnokonstruktivisme layak untuk dikembangkan dan digunakan sebagai tambahan bahan ajar guna mendukung kegiatan pembelajaran untuk membantu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.
Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar Purwaningsih, Arifah Yuli; Herwin, Herwin
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2020): March-May
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpipfip.v13i1.29662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan siswa terhadap kemandirian siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kepatihan Purworejo, SD Negeri Sebomenggalan, SD Negeri 2 Baledono, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian sebanyak 56 orang siswa yang dipilih secara random. Data dikumpulkan dengan menggunakan sakala psikologi serta dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi diri secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa; kedisiplinan secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa; serta regulasi diri dan kedisiplinan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8