cover
Contact Name
Hanny Haryanto
Contact Email
hanny.haryanto@dsn.dinus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
hanny.haryanto@dsn.dinus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Techno.Com: Jurnal Teknologi Informasi
ISSN : 14122693     EISSN : 23562579     DOI : -
Topik dari jurnal Techno.Com adalah sebagai berikut (namun tidak terbatas pada topik berikut) : Digital Signal Processing, Human Computer Interaction, IT Governance, Networking Technology, Optical Communication Technology, New Media Technology, Information Search Engine, Multimedia, Computer Vision, Information Retrieval, Intelligent System, Distributed Computing System, Mobile Processing, Computer Network Security, Natural Language Processing, Business Process, Cognitive Systems, Software Engineering, Programming Methodology and Paradigm, Data Engineering, Information Management, Knowledge Based Management System, Game Technolog
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017" : 10 Documents clear
Pengembangan dan Implementasi dari Wise Netizen (E-Comment) di Indonesia Indra Gamayanto; Florentina Esti Nilawati; - Suharnawi
Techno.Com Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : LPPM Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.991 KB) | DOI: 10.33633/tc.v16i1.1323

Abstract

Sosial Media merupakan salah satu pilar penting di dalam teknologi informasi, dimana sosial media dapat digunakan untuk menghasilkan sesuatu yang positif dan negative, sosial media juga dapat digunakan untuk memberikan komentar-komentar baik itu yang bersifat membangun secara positif atau menjatuhkan secara negative, dan terakhir sosial media dapat juga membuat seseorang mengalami hal-hal buruk akibat apa yang telah dilakukan oleh orang lain di dalam sosial media. Di dalam Jurnal ini, menciptakan “Netizen Development Methodology” yang memiliki manfaat untuk memberikan petunjuk positif terhadap para pengguna sosial media agar lebih positif dalam menggunakan media tersebut. Facebook dan Twitter, menjadi dua sosial media yang menjadi focus, di dalam jurnal ini tidak menggantikan apa yang sudah ada, tidak mengkritik para netizen dan juga tidak memberikan pendapat-pendapat negative tentang hal-hal yang sudah dilakukan oleh orang lain. Penelitian ini berusaha memberikan apa yang telah diciptakan agar digunakan sebagai masukkan terhadap para pengguna sosial media khususnya di Indonesia agar dapat menjadi lebih positif, agar menghasilkan solusi-solusi kreatif yang dapat membantu satu sama lain, sehingga dapat tercipta kedamaian dan kesatuan antar para pengguna sosial media.   Kata Kunci: Netizen, Sosial media, Moralitas, Etika, Sistem Informasi Manajemen, Hate Speech, Networking 
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Data Pasien Klinik Cemara Egia Rosi Subhiyakto; Yani Parti Astuti; Liya Umaroh; Danang Wahyu Utomo; Eko Hari Rachmawanto; Christy Atika Sari
Techno.Com Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : LPPM Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.346 KB) | DOI: 10.33633/tc.v16i1.1290

Abstract

Pengelolaan data pasien pada sebuah rumah sakit atau klinik menjadi hal yang penting demi lancarnya aktivitas di rumah sakit atau klinik tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan merancang Sistem Informasi Pengarsipan Data Pasien pada Klinik Cemara. Perangkat lunak yang dirancang memiliki fitur penambahan data diri pasien baru, menyimpan data diri pasien, menghapus data pasien yang sudah lama tidak berobat, serta mengupdate data diri pasien, jika sewaktu mendaftar ada ketentuan yang belum terpenuhi. Analisis kebutuhan sistem menggunakan analisis berorientasi objek dengan menggunakan diagram use case untuk menggambarkan fungsionalitas sistem, dan diagram kelas untuk menggambarkan hubungan antar kelas. Setelah dilakukan implementasi dan evaluasi hasil penggunaan aplikasi dilakukan pengujian baik secara alpha maupun beta. Pengujian dilingkungan pengguna menggunakan empat parameter yakni kebermanfaatan aplikasi, kemudahan dipelajari, kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna. Hasil evaluasi menunjukan bahwa 80% pengguna setuju aplikasi bermanfaat, 80% setuju aplikasi mudah dipelajari, dan 80% pengguna puas terhadap aplikasi tersebut. Bahkan 100% pengguna setuju aplikasi mudah untuk digunakan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa aplikasi ini bermanfaat dan membantu dalam proses pengarsipan data pasien di Klinik Cemara.   Kata kunci: Sistem Informasi, Arsip, Pasien, Klinik 
Implementasi Case Base Reasoning Untuk Mendiagnosa Penyakit Gigi dan Mulut Fryda Fatmayati; - Kusrini; Emha Taufiq Lutfi
Techno.Com Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : LPPM Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.986 KB) | DOI: 10.33633/tc.v16i1.1331

Abstract

Penyakit gigi dan mulut dapat dialami oleh semua orang mulai dari anak-anak hingga dewasa.Namun karena biaya berobat ke dokter gigi yang mahal maka masyarakat enggan memeriksanakan keluhannya terutama pada masyarakat kalangan menengah ke bawah. Padahal jika penyakit gigi dan mulut tidak segera dirawat akan bertambah parah. Case-Based Reasoning meniru kemampuan manusia, yaitu menyelesaikan masalah baru menggunakan jawaban atau pengalaman dari masalah lama.Penyajian pengetahuan (knowledge representation) dibuat dalam bentuk kasus-kasus (case).Setiap kasus berisi masalah dan jawaban, sehingga kasus lebih mirip dengan suatu pola tertentu.Cara kerja Case-Based Reasoning adalah dengan membandingkan kasus baru dengan kasus lama. Jika tidak ada yang cocok maka Case-Based Reasoning akan melakukan adaptasi, dengan cara memasukkan kasus baru tersebut ke dalam database penyimpanan kasus (case base), sehingga secara tidak langsung pengetahuan CBR akan bertambah. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mengetahui kemiripan kasus baru dan kasus lama dengan penerapan Case-Based Reasoning (CBR) dan membandingkan dua metode yang digunakan, yaitu Extended Jaccard Coefficient (Tanimoto Coefficient) dan Euclidean Distance similarity dengan memilih hasil akurasi terbaik dari kedua metode tersebut. Hasil pengujian terhadap data uji penyakit gigi dan mulut menunjukkan sistem memiliki unjuk kerja dengan tingkat akurasi menggunakan metode Extended Jaccard Coefficient sebesar 95.24% dan Euclidean Distance Similarity sebesar 100%.   Kata kunci—Case Base Reasoning, Extended Jaccard Coefficient, Euclidean Distance Similarity, penyakit gigi dan mulut 
Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Penilaian Dosen Berdasarkan Indeks Kepuasan Mahasiswa Aldi Nurzahputra; Much Aziz Muslim; Miranita Khusniati
Techno.Com Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : LPPM Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.436 KB) | DOI: 10.33633/tc.v16i1.1284

Abstract

Dalam lingkup perguruan tinggi, aktivitas penilaian kinerja juga diterapkan untuk menilai kinerja dosen. Dasar yang digunakan dalam penilaian tersebut menggunakan dasar tri dhrama perguruan tinggi. Dalam penilaian kinerjanya, diperlukan data terkait kepuasan mahasiswa terhadap dosen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kepuasan mahasiswa jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, FMIPA, UNNES, berjumlah 146 untuk semua dosen di prodi yang berjumlah 12 dosen. Dalam pengambilan data menggunakan kuesioner dari Badan Penjaminan Mutu Unnes. Varibale yang digunakan (1) kehandalan dosen (reliability); (2) sikap tanggap (responsiveness); (3) jaminan (assurance); dan (4) empati (empathy). Data akan diolah dengan melakukan clustering kinerja dosen dalam cluster baik, atau kurang. Metode clustering yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode K-Means. Cetroid data untuk cluster_baik 17.099 dan cluster_kurang 15.874. Sehingga diperoleh penilaian dosen berdasarkan indeks kepuasan mahasiswa dengan 5 dosen cluster_baik dan 7 dosen_cluster kurang. Hasil yang dari penelitian dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dosen dalam mengajar untuk meningkatkan indeks kepuasan mahasiswa. Kata kunci—Clustering, K-Means, Data Mining, Penilaian Dosen 
Analisis Fungsi Keamanan Terhadap Kinerja Router Pada Jaringan Berkecepatan Tinggi Kurniawan Dwi Irianto
Techno.Com Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : LPPM Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.066 KB) | DOI: 10.33633/tc.v16i1.1317

Abstract

Router adalah sebuah perangkat pada jaringan komputer yang digunakan untuk meneruskan paket data. Karena fungsinya, router menjadi peran penting dalam mengukur kinerja jaringan komputer. Router perlu memproses paket data yang masuk dengan kecepatan tinggi dan delay sedikit mungkin. Oleh karena itu, router harus didukung dengan sistem keamanan yang baik juga. Aktivasi aplikasi keamanan dan enkripsi data pada router dan firewall dapat mengkonsumsi sumber daya CPU untuk komputasi tambahan dan hal ini dapat mempengaruhi penurunan kinerja router. Selain itu, mekanisme keamanan di router bisa membawa kemungkinan kemacetan di jaringan pada saat ON/OFF fungsi keamanan sehingga dapat mempengaruhi kinerja router dalam meneruskan paket data. Sebuah analisis kuantitatif didasarkan pada teori antrian dapat digunakan untuk mengukur dan memprediksi serta meningkatkan kinerja router. Dalam tulisan ini, beberapa skenario simulasi akan dilakukan untuk menganalisis pengaruh fungsi keamanan di router pada jaringan kecepatan tinggi. Skenario tersebut menggunakan distribusi Generalized Exponential (GE-type) untuk mencerminkan interarrival bursty dan waktu servis pada router. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi keamanan di router bisa membawa penurunan pada kinerjanya. Kata kunci— router, keamanan, kinerja, teori antrian, jaringan berkecepatan tinggi
Perancangan Aplikasi Notifikasi Pembuatan Baglog Jamur Tiram I Gusti Ayu Desi Saryanti
Techno.Com Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : LPPM Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.915 KB) | DOI: 10.33633/tc.v16i1.1321

Abstract

Jamur merupakan salah satu jenis makanan yang bergizi bagi manusia. Jamur tiram merupakan salah satu sumber makanan yang setara dengan daging, baik kelezatan maupun kandungan gizinya. Baglog adalah Media tanam jamur yang digunakan sebagai bahan produksi jamur tiram, namun karena informasi pembuatan baglog jamur tiram masih tergolong belum terlalu banyak dan tidak lengkap sehingga banyak pembudidaya jamur tiram  yang belum memahami dengan benar cara pembuatan baglog jamur tiram. Dengan melakukan observasi, study literatur, analisis data, dan perancangan sistem, maka dibuat aplikasi notifikasi pembuatan baglog jamur tiram yang diharapkan dapat membantu dan memberikan informasi tentang pembuatan baglog jamur tiram yang benar kepada para pembudidaya jamur dalam melakukan kegiatan budidaya. Perancangan aplikasi ini dapat membantu pengembang aplikasi dalam memberikan informasi dan mempermudah para pembudidaya jamur tiram dalam proses pembuatan baglog jamur tiram. Kata kunci: Jamur, Baglog, Unified Modeling Language
Katalog Penjualan Rumah Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality Alders Paliling
Techno.Com Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : LPPM Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.184 KB) | DOI: 10.33633/tc.v16i1.1300

Abstract

Penerapan teknologi augmented reality kian diminati oleh pihak produsen untuk memasarkan produk  yang dihasilkan. Teknologi augmented reality mampu meproyeksikan objek dua dimensi ataupun tiga dimensi kedalam lingkungan nyata. Teknologi virtual reality mampu membawa pengguna masuk kedalam lingkungan virtual sehingga pengguna merasa berada dalam lingkungan virtual. Penelitian ini menggunakan teknologi augmented reality yang mampu memproyeksikan objek tiga dimensi rumah sehingga katalog menjadi lebih nyata,  dan teknologi virtual reality yang membuat pengguna berinteraksi langsung dengan objek tiga dimensi rumah dan merasa berada di dalam rumah. Aplikasi yang dibangun memanfaatkan sensor accelerometer yang tertanam dalam perangkat mobile android yang memungkinkan pengguna melihat seisi ruangan dengan memiringkan perangkat mobile android kekiri dan kekanan. Jumlah kamera virtual yang digunakan berjumlah lima yang diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga, ruang kamar utama, ruang kamar anak, dan ruang dapur. Aplikasi ini berjalan pada platform android dan menggunakan personal komputer sebagai server yang menyimpan data informasi rumah. Dengan adanya aplikasi ini pengguna dapat merasakan suasana berbeda dalam melihat sebuah katalog. . Kata kunci—Augmentd Reality, Virtual Reality, Katalog, Android
Peningkatan Ketrampilan Pembuatan Desain Kemasan serta Pemanfaatan Media Promosi dan Pemasaran Online Pada Kube Ash-Shidiqqy dan Pik Abdussalam Jepara - Sugiyanto; Aisyatul Karima; Auria Farantika Yogananti
Techno.Com Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : LPPM Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.934 KB) | DOI: 10.33633/tc.v16i1.1283

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat penting bagi pemerintahan Kabupaten Jepara. Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Ash-Shidiqqy, merupakan unit usaha bersama yang dibuat oleh ibu-ibu di Desa Margoyoso-Kalinyamatan untuk memberikan pelatihan kemandirian untuk wanita dan janda melalui usaha pembuatan makanan ringan.Pusat Industri Kreatif (PIK) Abdussalam, merupakan komunitas UMKM yang memproduksi: kerajinan monel, kain troso, batik Jepara, kerajinan rotan dan lain-lain. Untuk kemasan produk, keduanya hanya menggunakan plastik tanpa identitas, hal tersebut yang membuat (KUBE) Ash-Shidiqqy dan UMKM dibawah asuhan (PIK) Abdussalamtidak terlalu dikenal masyarakat. Kemasan tidak menarik dan tidak ada standar dari kemasan yang digunakan.Padahal produk-produk tersebut seringkali digunakan sebagai ciri khas produk Kabupaten Jepara. Pemasaran produk-produk yang ada juga terbatas di wilayah UMKM. Dari masalah yang ada, solusi yang ditawarkan adalah menyediakan pelatihan pembuatan Logo, Kemasan serta promosi dan pemasaran produk melalui media online.Dengan solusi yang ditawarkan, UMKM diharapkan dapat membuat desain kemasannya sendiri serta dapat secara mandiri mengoperasikan media promosi dan pemasaran produk melalui media online untuk menaikkan penjualan  produk UMKM dan meningkatkan kesejahteraan anggota(KUBE) Ash-Shidiqqydan (PIK) Abdussalam.Luaran yang dihasilkan adalah standar kemasan produk UMKM, media promosi dan pemasaran secara online serta tulisan ilmiah Kata kunci— UMKM, Kemasan, Media Promosi, Pemasaran Online 
Parameter Vertex Color Pada Animation Procedural 3D Model Vegetasi Musaceae I Gede Ngurah Arya Indrayasa; M Suyanto; Hanif Al Fatta
Techno.Com Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : LPPM Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1394.04 KB) | DOI: 10.33633/tc.v16i1.1326

Abstract

Penggunaan vegetasi untuk industri film, video game, simulasi, dan arsitektur visualisas merupakan faktor penting untuk menghasilkan adegan pemandangan alam lebih hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari vertex color terhadap efek angin  pada animasi prosedural 3d model vegetasi musaceae serta parameter vertex color yang tepat untuk menghasilkan animasi 3d model vegetasi musaceae realistis. Hasil akhir yang di capai adalah meneliti apakah perubahan parameter vertex color dapat mempengaruhi bentuk animasi procedural 3d vegetasi musaceae serta pengaruh dari vertex color terhadap efek angin pada animasi prosedural 3d model vegetasi Musaceae. Berdasarkan pengamat dan perbandingan pada pengujian 5 sample vertex color diperoleh hasil bahwa perubahan parameter vertex color dapat mempengaruhi bentuk animasi procedural 3d vegetasi musaceae serta di peroleh kesimpulan Sample No.5 merupakan parameter vertex color yang tepat untuk menghasilkan animasi 3d model vegetasi Musaceae yang realistis. Kata kunci—3D, Animasi Prosedural, Vegetation  
Text Mining Untuk Analisis Sentimen Review Film Menggunakan Algoritma K-Means Setyo Budi
Techno.Com Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : LPPM Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.459 KB) | DOI: 10.33633/tc.v16i1.1263

Abstract

Kemudahan manusia didalam menggunakan website mengakibatkan bertambahnya dokumen teks yang berupa pendapat dan informasi. Dalam waktu yang lama dokumen teks akan bertambah besar. Text mining merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menggali kumpulan dokumen text sehingga dapat diambil intisarinya. Ada beberapa algoritma yang di gunakan untuk penggalian dokumen untuk analisis sentimen, salah satunya adalah K-Means. Didalam penelitian ini algoritma yang digunakan adalah K-Means. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akurasi K-Means dengan dataset digunakan 300 positif dan 300 negatif  akurasinya 57.83%,  700 dokumen positif dan 700  negatif akurasinya 56.71%%, 1000 dokumen positif dan 1000  negatif akurasinya 50.40%%. Dari hasil pengujian disimpulkan bahwa semakin besar dataset yang digunakan semakin rendah akurasi K-Means.   Kata Kunci : Text Mining, Analisis Sentimen, K-Means, Review Film 

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 24 No. 3 (2025): Agustus 2025 Vol. 24 No. 2 (2025): Mei 2025 Vol. 24 No. 1 (2025): Februari 2025 Vol. 23 No. 4 (2024): November 2024 Vol. 23 No. 3 (2024): Agustus 2024 Vol. 23 No. 2 (2024): Mei 2024 Vol. 23 No. 1 (2024): Februari 2024 Vol. 22 No. 4 (2023): November 2023 Vol 22, No 3 (2023): Agustus 2023 Vol 22, No 2 (2023): Mei 2023 Vol. 22 No. 1 (2023): Februari 2023 Vol 21, No 4 (2022): November 2022 Vol 21, No 3 (2022): Agustus 2022 Vol 21, No 2 (2022): Mei 2022 Vol 21, No 1 (2022): Februari 2022 Vol 20, No 4 (2021): November 2021 Vol 20, No 3 (2021): Agustus 2021 Vol 20, No 2 (2021): Mei 2021 Vol 20, No 1 (2021): Februari 2021 Vol 19, No 4 (2020): November 2020 Vol 19, No 3 (2020): Agustus 2020 Vol 19, No 2 (2020): Mei 2020 Vol 19, No 1 (2020): Februari 2020 Vol. 18 No. 4 (2019): November 2019 Vol 18, No 3 (2019): Agustus 2019 Vol 18, No 2 (2019): Mei 2019 Vol 18, No 1 (2019): Februari 2019 Vol 17, No 4 (2018): November 2018 Vol 17, No 3 (2018): Agustus 2018 Vol 17, No 3 (2018): Agustus 2018 Vol 17, No 2 (2018): Mei 2018 Vol 17, No 1 (2018): Februari 2018 Vol 16, No 4 (2017): November 2017 Vol 16, No 3 (2017): Agustus 2017 Vol 16, No 2 (2017): Mei 2017 Vol 16, No 1 (2017): Februari 2017 Vol 15, No 4 (2016): November 2016 Vol 15, No 3 (2016): Agustus 2016 Vol 15, No 2 (2016): Mei 2016 Vol 15, No 1 (2016): Februari 2016 Vol 14, No 4 (2015): November 2015 (Hal. 242-342) Vol 14, No 3 (2015): Agustus 2015 (Hal. 165-241) Vol 14, No 2 (2015): Mei 2015 (Hal. 79-164) Vol 14, No 1 (2015): Februari 2015 (Hal. 1-78) Vol 13, No 4 (2014): November 2014 (Hal. 198-262) Vol 13, No 3 (2014): Agustus 2014 (Hal. 132-197) Vol 13, No 2 (2014): Mei 2014 (Hal. 69-131) Vol 13, No 1 (2014): Februari 2014 (Hal. 1-68) Vol 12, No 4 (2013): November 2013 (Hal. 188-240) Vol 12, No 3 (2013): Agustus 2013 (Hal. 136-187) Vol 12, No 2 (2013): Mei 2013 (Hal. 73-135) Vol 12, No 1 (2013): Februari 2013 (Hal. 1-72) Vol 11, No 4 (2012): November 2012 (Hal. 156-210) Vol 11, No 3 (2012): Agustus 2012 (Hal. 108-158) Vol 11, No 2 (2012): Mei 2012 (Hal. 55-106) Vol 11, No 1 (2012): Februari 2012 (Hal. 1-54) More Issue