cover
Contact Name
Hakim
Contact Email
luqmanhyacob@gmail.com
Phone
+6281288884883
Journal Mail Official
widyagogik@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
ISSN : 2303307X     EISSN : 25415468     DOI : https://doi.org/10.21107/Widyagogik
Core Subject : Education,
Widyagogik, terbit dua kali setahun berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik" : 9 Documents clear
Penerapan Teori Belajar Van Hiele Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Luas Persegi, Persegi Panjang, Dan Segitiga Farisia Pratiwi; Titik Sugiarti; Fajar Surya Hutama
Widyagogik Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.133 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i2.5534

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kepatihan 05 Jember melalui penerapan teori belajar van Hiele.  Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SDN Kepatihan 05 Jember yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I menunjukkan hasil sebesar 56,29 persen dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 76,66 persen dengan kriteria baik. Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I menunjukkan hasil sebesar 55,74 dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 75,71 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar van Hiele dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Kepatihan 05 Jember.
Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menerapkan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Penerapan Konsep Energi Gerak Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Ngabenrejo Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Sri Martini
Widyagogik Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.906 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i2.7169

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Hasil Belajar IPA pada pembelajaran IPA di kelas III SD Negeri 3 Ngabenrejo melalui model pembelajaran Contextual teaching and learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerja sama dengan teman sejawat sebagai observer pada pelaksanaan penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Ngabenrejo, sebanyak 22 siswa terdiri dari 6 siswa putra dan 16 siswa putri. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus dan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes setiap siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar IPA di kelas III SD Negeri 3 Ngabenrejo. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebelum tindakan adalah 57,04 pada siklus I, nilai rata-rata 70 Pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85,68. Kesimpulan penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar IPA pada pembelajaran IPA kelas III SD Negeri 3 Ngabenrejo.
Use-Technical Skills Mahasiswa PIAUD Unisma Dalam Literasi Media Digital Yorita Febry Lismanda
Widyagogik Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.731 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i2.7090

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana personal competence literasi media digital mahasiswa PIAUD Unisma. Berupa sejauh mana use-technical skills mahasiswa PIAUD Unisma dan tingkat literasi media digital berdasarkan komponen use-technical skills. Metode penelitan menggunakan penelitan kualitatif metode survey, teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner dan dokumentasi. Hasil scoring use-technical skills tabulasi data dari angket respon dari responden, menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Basic, responden yang masuk pada kategori ini sebanyak 5 orang atau 6,02 persen dengan skor antara 1-5, (2) Medium, responden yang masuk pada kategori ini sebanyak 12 orang atau 14,46 persen skor antara 6-9, (3) Advanced responden yang masuk pada kategori ini sebanyak 66 orang atau 79,52 persen dengan skor antara 10-14. Dari Hasil tersebut kemampuan use-technical skills mahasiswa PIAUD Unisma angkatan 2019/2020 tergolong sangat tinggi atau berada pada kategori advanced.
Penggunaan Metode Poster Session Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Mahasiswa Tyasmiarni Citrawati; Agung Setyawan; Gilang Maulana Jamaludin; Moh Luqman Hakim
Widyagogik Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.536 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i2.7250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita mahasiswa melalui metode Poster Session. Penelitian kuantitatif eksperimen ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan rancangan nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini terdiri dari 80 mahasiswa dari 200 populasi mahasiswa semester IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dan non tes. Instrumen tes berupa lembar penilaian keterampilan bercerita. Selain itu juga angket dan lembar observasi digunakan untuk instrumen non tes. Pengujian validitas, reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas, uji linier, uji regresi linier sederhana, uji signifikan t, uji gain. Diolah dengan bantuan program Excel 2019. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 89,4 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol hanya 68,7 dan uji signifikasi diperoleh nilai dengan thitung sebesar 7,423 maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil angket respon mahasiswa maka rata-rata skor yang diperoleh mahasiswa 79,74 dari sekor maksimal 80, ini menunjukkan respon mahasiswa terhadap pembelajaran metode Poster Session tinggi. Sehingga menunjukkan bahwa metode Poster Session memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan bercerita  mahasiswa.
Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Lina Novita; Tustiyana Windiyani; Ananda Rizkiana Sakinah
Widyagogik Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.119 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i2.7441

Abstract

Penerapan model pembelajaran merupakan salah satu faktor penting keberhasilan pembelajaran. Guru sudah seharusnya dapat memaksimalkan penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan hasil belajar dengan perlakuan model pembelajaran discovery learning pada materi statistika  kelas IV SD Negeri Ciapus 02 Bogor. Metode yang digunakan quasi eksperimen, dengan memberikan perlakuan pada salah satu kelas. Prosedur pengumpulan data yaitu melalui tes berupa soal pretest dan posttest. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning sebesar 34,29 persen dilihat dari perbandingan ketuntasan hasil belajar antara model pembelajaran discovery learning 88,57 persen dan model pembelajaran konvensional 54,28 persen.  Hal tersebut juga ditunjukkan oleh hasil thitung sebesar 2,1126 lebih besar dari ttabel sebesar 1,9959, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa  terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning  terhadap hasil belajar  pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Ciapus 02 Bogor.
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game 2D Flash Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Untuk Siswa Kelas III UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal Imani Puspita Sari; Mohammad Edy Nurtamam; Umi Hanik
Widyagogik Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.534 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i2.7815

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita mahasiswa melalui metode Poster Session. Penelitian kuantitatif eksperimen ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan rancangan nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini terdiri dari 80 mahasiswa dari 200 populasi mahasiswa semester IV. Teknik pengumpulan  data  dilakukan  dengan metode tes, dan non tes. Instrumen tes berupa lembar penilaian keterampilan bercerita. Selain itu juga angket dan lembar observasi digunakan untuk instrumen non tes. Pengujian validitas, reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas, uji linier, uji regresi linier sederhana, uji signifikan t, uji gain. Diolah dengan bantuan program Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 89,4 dan  rata-rata nilai posttest  kelas kontrol hanya 68,7 dan uji  signifikasi diperoleh  nilai  dengan  thitung  sebesar 7,423  maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil angket  respon mahasiswa maka rata-rata skor yang diperoleh mahasiswa 79,74 dari sekor maksimal 80, ini menunjukkan respon mahasiswa terhadap pembelajaran metode Poster Session tinggi. Sehingga menunjukkan bahwa metode Poster Session memiliki pengaruh  dalam  meningkatkan  keterampilan bercerita  mahasiswa.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN E-QUIZ (ELECTRONIC QUIZ) MATEMATIKA BERBASIS HOTS (HIGHER OF ORDER THINKING SKILLS) UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR Dian Fitri Nur Aini; Nawang Sulistyani
Widyagogik Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.101 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i2.5980

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian e-quiz matematika berbasis HOTS (high order thinking skills) untuk kelas V SD, (2) mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian e-quiz matematika berbasis HOTS (high order thinking skills) untuk kelas V SD. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model Lee and Owens yang terdiri dari lima tahapan, yaitu; (1) Assesment/ Analysis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu Analisis Kebutuhan dan Analisis Front-end; (2) Desain (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Penerapan (Implementation); dan (5) Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan memenuhi aspek kevalidan dengan nilai koefisien validasi sebesar 86,5 persen. Hasil uji coba lapangan  memeroleh persentase kepraktisan produk sebesar 90 persen. Instrumen penilaian e-quiz berbasis HOTS (high order thinking skills) yang dikembangkan pada penelitian ini telah layak digunakan dalam penilaian pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika karena telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.
ANALYSIS OF VERBAL LEARNING ON LEARNING Devi Sakinah Nasution; Neviyarni Neviyarni
Widyagogik Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article, it discusses the analysis of verbal learning using references from relevant studies, verbal learning situation that a person needs in learning to clear, concise and concise languange. In verbal learning there are four analyzes in it, namely : (1) responce and association learning, (2) stimulus discrimination, (3) stimulus selection, (4) stimulus coding.
THE FACTORS AFFECT BULLYING ON CHILDREN (Study at Elementary Schools in the District of Kapas, Bojonegoro) Vesti Dwi Cahyaningrum
Widyagogik Vol 7, No 2 (2020): Widyagogik
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/widyagogik.v7i2.8975

Abstract

Casebullying  in Indonesia that occurred in schools from 2019 to 2020 there were 1,480 cases. Causative factors of actionbullying need to be identified to prevent high numbersbullying at school. The purpose of this study was to determine the relationship between the factors that influence actionbullying in school-age children in the Elementary School of the Kapas District of Bojonegoro. Research design usingcorrelative descriptivethrough approachcross sectional study. The study population was all elementary school-age children in the Kapas Bojonegoro District. Sampling techniquepurposive sampling with a total sample of 94 respondents. Data collection was carried out on January 12 - February 15 2019. The data collection tool was a questionnaire in the form of a scalelikert by interview method. Data analysis using testWho Square(2x2) withConfidence Interval  95% (α = 0.05). The results showed that there was a relationship between individual factors (P-value = 0.000), family factor (P-value = 0.000), peer factor (P-value = 0.003), school factor (P-value = 0.048), media factor (P-value = 0,042) with actionbullying in school age children. It is hoped that the school can improve discipline in schools and provide counseling guidance to children who bully, for parents to avoid giving punishment with violence.

Page 1 of 1 | Total Record : 9